game psp

PSP atau yang merupakan singkatan dari PlayStation Portable, menjadi konsol genggam yang sempat menjadi trend pada masanya. Namun sayang, konsol ini dinilai terlalu dini dan Sony hanya mempertahankannya untuk dua generasi saja.

Walaupun begitu, konsol genggam yang satu ini juga mempunyai beberapa game eksklusif yang layak masuk jajaran game terbaik sepanjang masa. Terlebih lagi, kualitas grafis dan gameplay yang ditawarkan tidak kalah dengan game konsol lain kala itu.

Nah, kabar baiknya, kini adalah sebuah emulator PSP bernama PPSSPP yang diperuntukkan bagi para pengguna smartphone. Bagi Sedulur yang dulu belum sempat merasakan keseruan konsol PSP, maka dapat mendownload PPSSPP. Setelah itu, silahkan download 10 game PSP terbaik yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Game Online Gratis Terbaru, Terpopuler & Menghasilkan Uang

-->

1. WWE Smackdown vs RAW 2011

game psp
videogamesblogger

Pada masanya, demam WWE “World Wrestling Entertainment” sempat masuk ke Indonesia. Tidak hanya orang tua, namun anak-anak juga banyak yang menggemari olahraga gulat yang satu ini. Jika Sedulur dulu juga gemar menyaksikan WWE, tentu masih ingat dengan nama-nama pemerannya kan?

Sebenarnya demam WWE ini tidak hanya melanda Indonesia saja, namun juga hampir di seluruh dunia. Jadi tidak heran jika game PSP berjudul WWE Smackdown vs RAW 2011 menjadi salah satu seri yang populer dan banyak dimainkan. Game ini adalah seri terakhir yang berisikan banyak sekali pegulat modern, tapi masih tetap mempertahankan gameplay arcade yang terasa sangat menyenangkan.

2. Shin Megami Tensei – Persona 3 Portable

game psp
zerochan

Bagi Sedulur yang hobi menonton anime, maka wajib untuk mencoba game PSP yang berjudul Shin Megami Tensei – Persona 3 Portable. Game yang satu ini, merupakan salah satu game dengan genre J-RPG “Japan RPG” terbaik yang pernah dibuat oleh developer Atlus.

Kemudian untuk pengalaman memainkan game ini secara portabel, tentu saja akan memberikan keasyikan tersendiri. Selain itu, Atlus juga memberikan beberapa improvisasi untuk versi PSP ini. Beberapa diantaranya seperti improvisasi mekanis, dan juga berbagai konten tambahan yang pasti dapat dijadikan sebagai nilai lebih.

3. Harvest Moon – Hero of Leaf Valley

game psp
goodreads

Sepertinya Harvest Moon – Hero of Leaf Valley ini layak untuk masuk ke dalam daftar kumpulan game PSP ukuran kecil terbaik. Bagi para pecinta seri Harvest Moon, pastinya ini adalah salah satu seri yang wajib untuk dicoba.

Nilai plus yang dihadirkan dari game ini, yakni aspek nostalgia dan juga sisi mekanis klasik gameplay yang dihadirkan. Apalagi untuk hitungan sebuah game yang mengedepankan aspek beternak serta bertani, seri Hero of Leaf Valley ini juga mampu menghadirkan cerita yang seru. Bahkan Sedulur bisa mendapatkan empat buah ending yang berbeda, tergantung keputusan dari permainan.

4. Assassin’s Creed – Bloodlines

game psp
assassinscreed.fandom

Sampai saat ini, seri Assassin’s Creed masih terus berkembang melalui berbagai judul yang berbeda-beda. Tidak hanya dari judulnya saja, namun juga karakter dan juga latar yang digunakan dalam setiap serinya juga tidak selalu sama.

Akan tetapi, nama Altair sebagai salah satu assassin legendaris tidak bisa dilewatkan begitu saja. Para player Assassin’s Creed menganggap Altair sebagai karakter yang selalu berada di dalam ingatan. Dan ternyata, petualangan dari Altair masih memiliki kelanjutan dalam game PSP yang satu ini. Jika Sedulur penasaran dengan kelanjutan kisah Altair, langsung saja mainkan Assassin’s Creed – Bloodlines.

5. Grand Theft Auto – Vice City Stories

game psp
wallpaperaccess

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi berapa jumlah penggemar dari game bergenre open-world yang satu ini. Bisa dikatakan jika Grand Theft Auto alias GTA menjadi game open-world terbaik hingga saat ini. Nah, apakah Sedulur tahu, jika Rockstar juga menghadirkan seri GTA khusus untuk konsol PSP?

Dari beberapa judul yang ada, seri Vice City Stories menjadi pilihan utama. Kontennya yang kaya, membuat game ini layak untuk meraih predikat salah satu game PSP terbaik. Grafis yang dihadirkan dalam Vice City Stories ini, tidak jauh berbeda dari seri Vice City di platform PC dan PlayStation 2. GTA Vice City Stories ini selalu punya tempat di hati para penggemarnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Game Android Penghasil Uang, Wajib Coba!

6. Naruto Shippuden – Ultimate Ninja Impact

game psp
naruto.fandom

Walaupun kini serial animasinya sudah selesai dan dilanjut dengan kisah sang anak yakni Boruto, namun tidak pernah bisa dibantah jika Naruto berhasil memberikan banyak sekali kenangan manis bagi para pecintanya, tidak terkecuali para gamers.

Ya, untuk saat ini jumlah dari seri game Naruto sangat banyak. Mulai dari game yang dibuat untuk platform PC, PlayStation, hingga PSP. Nah, jika Sedulur pengguna PPSSPP ingin bernostalgia dan mengenang masa-masa perjuangan Naruto, maka satu judul yang wajib untuk dimainkan adalah Naruto Shippuden – Ultimate Ninja Impact. Dalam game ini, termuat banyak konten yang bisa dinikmati dalam waktu lama.

7. Tekken 6

game psp
worthpoint

Apabila Sedulur suka dengan game-game bergenre fighting, maka judul game yang paling direkomendasikan adalah Tekken 6. Tentu saja Sedulur sudah tidak asing lagi kan dengan nama dari game tersebut?

Bandai Namco selaku developer, telah berhasil membuat Teken 6 versi PSP ini sangat mirip dengan versi konsolnya. Terlepas dari beberapa keterbatasan konten dikarenakan kemampuan dari perangkat PSP itu sendiri, game yang satu ini tetap bisa memberikan pengalaman bermain Tekken 6 yang sama seperti perangkat PlayStation 2.

8. God of War – Ghost of Sparta

game psp
mobygames

Sony menjadikan God of War – Ghost of Sparta sebagai salah satu seri eksklusif untuk PSP. Tentunya hal ini membuat game tersebut terasa sangat berharga untuk dimainkan sekarang. Hal ini karena cerita dalam game tersebut tidak akan bisa Sedulur temui di seri God of War yang lain.

Bahkan cerita dalam seri Ghost of Sparta ini bisa menjadi kunci mengapa Kratos memutuskan untuk melakukan semua petualangannya dari awal hingga akhir. Aksi Kratos yang ditampilkan dalam game ini juga masih sama seperti yang ditawarkan pada versi konsolnya. Kratos juga akan tetap melawan berbagai jenis monster raksasa dengan aksi-aksinya yang memukau.

9. Metal Gear Sold – Peace Walker

game psp
sobatgame

Dulu pada masa kejayaannya, Hideo Kojima memang berhasil membuktikan jika dirinya mampu menghadirkan Metal Gear Solid terbaik dalam keadaan apapun. Ya, mungkin perangkat PSP ini memang terasa cukup terbatas jika dibandingkan dengan konsol lain.

Walaupun begitu, seri Peace Walker ini tetap menampilkan grafis dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, gameplay yang dihadirkan juga khas akan MGS yang akrab bagi para penggemarnya. Ditambah lagi dengan alur cerita seru yang membuat para pemain penasaran akan kelanjutan kisah di dalamnya. Sedikit tambahan, ini adalah game pertama garapan Hideo Kojima secara penuh.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Game Offline Terbaik Untuk Android & iOS

10. Midnight Club – LA Remix

game psp
wallpaperaccess.com

Rekomendasi game PSP terbaik adalah Midnight Club – LA Remix. Bisa dibilang Midnight Club sendiri adalah game bergenre balap mobil underrated. Pasalnya game ini memang kurang populer di kalangan para gamers, namun sebenarnya grafis dan gameplay yang dihadirkannya sangat memukau.

Hal itu juga berlaku untuk seri Midnight Club – LA Remix. Rockstar sebagai developer, telah melengkapi game besutannya ini dengan dua kota yang dapat dijelajahi secara bebas. Tentu saja fitur mewah tersebut sangat jarang atau bahkan tidak akan Sedulur jumpai dalam game balap mobil lain, termasuk dari seri Need For Speed.

Sebenarnya masih ada banyak lagi game PSP yang bisa Sedulur temukan. Namun yang paling penting, pastikan 10 judul game di atas masuk ke dalam list game-game yang wajib dimainkan di PPSSPP milik Sedulur.