Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer

Game Korea saat ini sedang menjadi primadona gara-gara serial Netflix berjudul Squid Game. Film game Korea ini menceritakan permainan tradisional di Negeri Ginseng yang diadaptasikan ke dalam sebuah cerita film berseri. Tentu, berkat hal ini permainan di Korea menjadi dikenal oleh kalangan luas, bahkan dunia.

Saat ini masyarakat pun mulai penasaran dengan game nomor 1 di Korea Selatan maupun film-film serupa Squid Game lainnya. Sebab, permainan tradisional yang dikenalkan di dalam serial itu memang begitu menarik. Lalu apa saja sih game tradisional yang paling seru dan populer di Korea? Simak ulasannya!

BACA JUGA: 20+ Game PPSSPP Terbaik Bisa dimainkan di Android / PC 2022

1. Lampu Hijau Lampu Merah

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
wallpapersden.com

Jika kamu nonton Squid Game pasti langsung paham dengan salah satu game nomor 1 di Korea Selatan ini. Game atau permainan lampu hijau lampu merah atau juga disebut hisbiscus has bloomed ini sering dimainkan oleh anak-anak di sana dan cukup populer.

-->

Caranya adalah, pemain hanya diperbolehkan berjalan ketika penjaga menyebut lampu hijau dan saat penjaga menyebut lampu merah, pemain atau peserta harus berhenti saat itu juga. Biasanya, game ini diikuti oleh banyak orang yang berjalan ke arah penjaga ketika lampu hijau. Mirip dalam permainan di serial Squid Game ‘kan?

2. Game Ddakji dengan Kertas Lipat

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
www.thesprucecrafts.com

Game korea terpopuler ini juga terlihat dalam serial Squid Game. Anak-anak di Korea juga banyak dan suka dengan pemainan tradisional ini. Cara sangat mudah, yaitu hanya menggunakan kertas lipat, lalu membalik satu item dari sisi A ke B dengan potongan lain yang warnanya serupa. Nantinya kertas lipat pun warnanya akan lebih menarik dan selang-seling. Jadi gak heran kalau banyak anak-anak di Korea suka dengan pemainan ini.

BACA JUGA: Profil Lengkap Wi Ha Joon “Squid Game” yang Belum Banyak Tahu

3. Permainan Permen Dalgona

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
idxchannel.com

Beberapa orang menyebutnya sugar honeycombs, tetapi kalau di Korea masyarakat di sana lebih familier dengan sebutan permainan permen dalgona. Untuk memainkan game ini, pemain menggunakan permen gulali sebagai medianya.

Kemudian semua pemain atau peserta membuat gambar di atas gulali sesuai dengan bentuk yang sudah dipilih oleh pemain lain. Selain itu, ini juga bisa menjadi game masakan Korea karena peserta juga bisa membuat gulali sendiri sebelumnya. Wah, pasti seru ya?

4. Permainan Kelereng atau Gganbu

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
imdb.com

Pemainan ini juga muncul di serial Squid Game. Dalam film Korea game ini peserta wajib memiliki kelereng yang nantinya dilempar pada sebuah lubang. Namun selain melempar kelereng ke dalam lubang, ada juga permainan tebak-tebakan ganjil genap yang juga menggunakan media kelereng.

Tapi game ini gak cuma terkenal di Negeri Ginseng saja, sebab di Indonesia sendiri juga banyak anak-anak yang sering memainkan permainan tradisional ini. Bahkan, jika kamu adalah generasi angkatan tahun 90-an ke belakang, pasti dulu sering memainkan permainan ini, bukan?

BACA JUGA: 7 Hal yang Terungkap Lewat Squid Game Tentang Korea Selatan

5. Permainan Cumi atau Squid Game

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
idntimes.com

Selanjutnya ada game bernama permainan cumi, atau disebut juga dengan squid game. Pemainan tradisional di Korea ini juga sangat populer dimainkan oleh anak-anak di sana atau juga suka disebut dengan game jalanan kehidupan. Cara mainnya juga sangat mudah, tapi awalnya anak-anak harus menggambar tubuh dan kepala cumi-cumi di tanah.

Lalu dipilih dua tim, yaitu tim penyerang dan bertahan. Tugasnya, tim penyerang harus menginjak kepala cumi. Sedangnya tim bertahan harus berada di dalam garis untuk berusaha menghalau tim penyerang. Penyerang dikatakan menang jika berhasil masuk atau menginjak kepala cumi tanpa tertangkap oleh tim bertahan.

6. Bola Bekel ala Korea

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
alchetron.com

Di Indonesia kita juga mengenal permainan bola bekel. Di Korea ternyata juga ada dengan nama gonggi. Mirip dengan permainan bekel di Indonesia, pemain harus melempar 5 bola plastik kecil bernama gonggitdol ke udara dan harus ditangkap dengan cepat.

Nah, pemain yang bisa menangkap semua bolanya akan dinyatakan sebagai pemenang. Di sana, ini juga menjadi game Korea lucu karena bola-bolanya berwarna-warni dan membuat anak-anak suka serta semakin semangat memainkannya.

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

7. Permainan Tradisional Korea Jegichagi

Super Seru, Ini Permainan Tradisional Korea yang Populer
bobobox.co.id

Game Korea jegichagi ini sebenarnya lebih ditujukan kepada anak-anak perempuan, meskipun awalnya juga dimainkan oleh anak laki-laki di Korea. Biasanya permainan tradisional ini bisa dimainkan secara kelompok. Caranya, salah satu satu pemain menendang bola yang bernama gaegi ke udara, lalu peserta lain menjaganya agar tidak terjatuh terkena tanah.

Jadi orang pertama yang tidak bisa menjaga dan menjatuhkan gaegi, akan dinyatakan kalah. Biasanya di Korea permainan ini sering dimainkan saat tahun baru Seollal atau Imlek di Korea Selatan.

Nah, itulah tadi berbagai game Korea terpopuler dan film game Korea yaitu Squid Game yang harus kamu tonton. Tapi selain permainan tradisional, dalam dunia teknologi Negeri Ginseng itu juga memiliki video game Korea. Sebagai contohnya adalah Playerunknown’s Battlegrounds atau dikenal dengan sebutan PUBG.

Meskipun ini bukan game Korea terbaru, tapi sampai sekarang masih banyak peminatnya. Sebenarnya PUBG berasal dari Brendan Greene asal Amerika Serikat. Kemudian dikembangkan bersama dengan salah satu studio game Korea bernama Bluehole. Nah, dari semua jenis permainan ini, Sedulur mau ikutan main gak nih?