renang gaya punggung

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan di air. Selain itu, sangat mungkin untuk dipelajari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya dijadikan sebagai cabang dalam olimpiade, renang juga dapat dijadikan sarana rekreasi sehat bagi keluarga. Renang gaya punggung adalah yang cukup mudah untuk dipelajari.

Saat berenang, gaya yang dapat dipilih sangat bervariasi. Setiap gaya tersebut tentunya memiliki gerakan yang khas dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satu gaya dalam renang yaitu renang gaya punggung. Sesuai namanya, gaya ini dilakukan dengan cara posisi punggung menghadap ke permukaan air.

Tertarik mengetahui informasi mengenai renang gaya punggung lebih jauh lagi? Simak informasi berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

-->

Pengertian

pengertian
iStock

Renang gaya punggung dikenal juga sebagai back stroke merupakan renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air dan posisi wajah menghadap ke udara. Gaya renang ini dilakukan dengan posisi tubuh telentang dengan gerakan kaki dan lengan yang hampir sama dengan gerakan pada renang gaya bebas.

Posisi wajah yang menghadap ke atas dimaksudkan untuk membuat perenang gaya punggung dapat dengan mudah mengambil nafas. Oleh karena itu, pada gaya ini para perenang hanya akan bisa melihat ke atas dan tidak dapat melihat ke depan, terutama saat melakukan perlombaan.

Perenangnya juga hanya bisa memperkirakan dinding di tepi kolam menggunakan perhitungan jumlah gerakan yang sudah dilakukan. Gaya ini merupakan satu-satunya gaya dalam olahraga renang yang dilakukan dalam posisi telentang atau menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya. Cocok dilakukan oleh semua tingkatan perenang mulai dari tingkat pemula hingga ahli sekalipun. 

Hal ini karena renang gaya punggung memiliki gerakan yang santai dengan kecepatan rendah, pernafasan yang lebih rileks, dan mudah. Tidak hanya itu, renang gaya ini juga sangat mengandalkan kesadaran spasial, waktu, dan keseimbangan untuk menjaga gerakan sehingga dapat tetap mengalir dengan sempurna.

Manfaat renang gaya punggung tentunya sangat penting bagi tubuh. Jenis olahraga ini dapat membantu membangun daya tahan, melatih kekuatan, membantu menurunkan berat badan, membantu menjaga detak jantung, serta dapat membantu menghilangkan dampak stres bagi tubuh. 

Sementara itu, renang gaya ini juga memiliki beberapa kekurangan. Gaya ini hanya dapat melihat atas dan ke depan. Jika seorang atlet sedang berlomba menggunakan gaya ini, maka ia hanya bisa memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan yang telah dilakukan.

Kekurangan renang gaya punggung yang lain adalah perenang cenderung memiliki risiko tenggelam yang lebih tinggi daripada gaya yang lainnya.

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

Sejarah renang gaya punggung

sejarah
iStock

Untuk lebih memahami renang dengan gaya ini, alangkah lebih baiknya jika Sedulur mengetahui sejarahnya. Renang gaya punggung merupakan renang dengan gaya tertua setelah gaya bebas yang sudah dikenal sejak masa kuno. Namun, renang ini baru dikenal luas oleh masyarakat pada 1912. Hal ini karena pada masa tersebut terdapat perlombaan nasional dan internasional yang meliputi beberapa gaya seperti gaya bebas, dada, dan punggung.

Pada awalnya, gaya punggung yang digunakan dalam renang adalah gaya punggung yang dilakukan dengan menggunakan kedua lengan ke atas. Namun seiring berjalannya waktu, renang gaya punggung ini telah berubah menjadi gaya punggung yang dikenal saat ini.

Berikut adalah beberapa teknik dasar yang dapat dipelajari saat ingin berlatih renang menggunakan gaya punggung. Simak baik-baik, ya.

BACA JUGA: Renang Gaya Dada: Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasarnya

Sikap tubuh renang gaya punggung

sikap tubuh renang gaya punggung
iStock

1. Teknik meluncur dalam renang gaya punggung

Sikap tubuh dalam renang gaya ini dilakukan dengan mengambang dalam posisi tubuh terlentang. Sikap tubuh seperti ini merupakan salah satu keunggulan yang dapat dilakukan dalam renang gaya punggung meskipun bagi beberapa pemula. Gaya ini termasuk gaya penuh tantangan karena masih takut jika mengalami tenggelam.

Padahal, posisi tidur terlentang di atas permukaan air tidak akan menyebabkan orang tenggelam.Malah dapat digunakan untuk melakukan pengambilan nafas secara leluasa karena posisi wajah yang selalu di atas permukaan air.

Berikut ini adalah cara latihan posisi meluncur dalam renang gaya punggung:

  • Kedua tangan berpegangan pada tepi kolam dengan jarak tangan kanan dan kiri selebar bahu.
  • Kedua kaki dilipat atau dibengkokkan ke atas sehingga kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dengan kuat.
  • Posisikan kedua lutut ada di antara kedua lengan.
  • Kedua lengan melepas pegangan pada tepi kolam dengan kepala diluruskan ke belakang.
  • Bersamaan dengan gerakan di atas, kedua kaki langsung mendorong dinding kolam dengan kuat sehingga tubuh terdorong ke jalur renang. 
  • Wajah kemudian tetap di atas permukaan air dengan kedua lengan berada di sisi tubuh.
  • Lakukan latihan ini berkali-kali sehingga mampu meluncur dengan sikap terlentang yang baik.

2. Bentuk-bentuk posisi badan meluncur

Tahap persiapan:

  • Posisikan badan terapung terlentang dengan kedua lengan di samping badan.
  • Tarik ibu jari ke atas menyusur ke samping tubuh hingga menyentuh bahu bagian atas.
  • Putar pergelangan tangan mengarah ke luar.

Tahap pelaksanaan:

  • Merentangkan lengan ke arah luar dan ke atas.
  • Meluruskan lengan hingga tingginya kira-kira sama dengan bahu.

Tahap lanjutan:

  • Kedua lengan menempel di samping badan dan pastikan tubuh rileks sambil merasakan luncuran.
  • Mulailah dengan belajar meluncur menggunakan pelampung yang dipegang dengan kedua tangan lurus di atas kepala.
  • Mulailah meluncur tanpa pelampung dengan berdiri di pinggir kolam dan menghadap dinding kolam.
  • Mendorong kedua kaki pada lantai ke belakang serta kedua lengan ke belakang.

BACA JUGA: Teknik Dasar Renang Gaya Bebas: Gerakan Kaki & Pernapasan

Gerakan kaki

gerakan kaki renang gaya punggung
iStock

Gerakan kaki renang gaya punggung dilakukan dengan cara yang sama seperti gerakan gaya bebas, akan tetapi dilakukan dalam keadaan terlentang. Perenang dengan gaya ini dapat melakukan latihan gerakan kaki dengan terlentang dan kedua lengan di atas kepala.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan kaki:

  • Perenang berdiri di tepi kolam dengan punggung rapat pada dinding kolam.
  • Kedua lengan dibengkokkan ke atas sehingga tangan dapat memegang tepi kolam.
  • Saat sudah mendengar ada aba-aba ‘siap’, perenang segera mengangkat kedua kakinya ke atas atau ke arah permukaan air bersama-sama dengan badan.
  • Posisi badan dan kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
  • Pada aba-aba ‘ya’, perenang mulai menggerakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah.
  • Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, dengan lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki.
  • Gerakan dilakukan dengan lemas dan tidak kaku, gerakan lebih banyak dilakukan ke atas dari pada gerakan ke bawah.

Cara melakukan latihan gerakan kaki:

  • Latihan gerakan kaki dilakukan sambil duduk.
  • Latihan gerakan kaki dilakukan sambil merentangkan kedua lengan samping.
  • Latihan gerakan kaki dilakukan menggunakan papan seluncur
  • Latihan menggerakkan kaki sambil memegang pinggir kolam.

BACA JUGA: 18 Manfaat Renang Secara Rutin, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Gerakan lengan

sikap tubuh renang gaya punggung
iStock

Pada teknik gerakan lengan, terdapat tiga fase yang harus dilakukan, yaitu:

a. Fase menarik dimulai setelah telapak tangan masuk beberapa inci dari permukaan air sampai titik maksimal tekukan siku. Fase ini juga dapat dilakukan dengan telapak tangan tepat berada di samping luar bahu.

b. Fase mendorong dimulai dari akhir tarikan. Fase ini dilakukan dengan posisi tangan mendorong ke belakang dan ke bawah saat dalam gerakan seperempat lingkaran.

c. Fase Istirahat dimulai saat tangan keluar dari permukaan air dengan ibu jari keluar lebih dahulu. Tangan lalu diletakkan di atas bahu dengan lengan tegak lurus dengan bahu. Kemudian, tangan diputar keluar dan masuk lagi ke permukaan air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Fase istirahat ini harus dilakukan dengan rileks dan seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong. 

Berikut adalah beberapa teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung:

  • Salah satu di antara ujung kaki dikaitkan dengan setang di tepi kolam
  • Kaki yang lain digunakan untuk bertumpu pada dinding kolam dengan posisi agak ke bawah untuk memberi kekuatan penyangga badan.
  • Sikap badan terlentang dengan muka menghadap ke atas dan dagu agak ditarik serta kedua lengan di sisi badan.
  • Lengan secara bergantian diayunkan lurus ke permukaan air melampaui kepala dan masuk ke air dengan posisi di samping kepala.
  • Setelah tangan masuk ke air, gerakan menarik dimulai dengan mendorong air kuat-kuat sehingga lengan lurus di sisi badan.
  • Jari-jari tangan dapat dirapatkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik.  

BACA JUGA: Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Tujuan & Teknik Dasarnya

Posisi pengambilan nafas

pengambilan nafas
iStock

Posisi pengambilan nafas pada renang gaya punggung dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dengan pernapasan perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Gerakan pengambilan napas renang gaya ini dilakukan saat istirahat dari satu lengan dan mengeluarkan napas pada saat istirahat lengan yang lain.

BACA JUGA: Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk & Manfaatnya

Gerakan koordinasi renang gaya punggung

koordinasi renang gaya punggung
iStock

Gerakan koordinasi sangat penting. Latihan koordinasi dapat dilakukan dengan latihan yang terpadu dari semua unsur gerakan yang ada pada gaya punggung, yaitu mulai gerakan meluncur yang dilanjutkan dengan gerakan kaki, lengan, dan pernapasan. Semua gerakan harus dilakukan secara tepat sehingga renang dengan gaya punggung dapat dilakukan dengan benar.

Start renang

posisi start renang gaya punggung adalah
iStock

Posisi start renang gaya punggung adalah posisi yang dilakukan dengan cara mengandalkan gaya punggung dan diselingi dengan gerakan salto maupun disertai dengan gerakan tangan dan kaki. Start renang dilakukan dengan cara semua perenang berjajar di dalam air dan menghadap ke dinding dengan memegang pegangan start.

Berikut adalah teknik start renang gaya punggung yang biasa dilakukan.

  • Posisi tangan dan kaki menggantung sebelum start dimulai.
  • Kedua lengan ditarik mendekati dinding, kemudian dilanjutkan dengan sikap menolak dan sikap kepala menengadah.
  • Serentak dengan tolakan kaki, kedua lengan harus diayunkan dengan kepala menengadah.
  • Ayunan lengan dilakukan dengan bergerak membuka ke samping.
  • Setelah kaki menolak, posisi kedua lengan harus sudah lurus.
  • Ketika tubuh masuk ke permukaan air, tubuh dilentingkan sedemikian rupa.
  • Posisi tubuh meluncur di bawah permukaan air.

 BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Pembalikan renang gaya punggung

Cara membalik dalam renang gaya punggung dapat dilakukan dengan gerakan setengah salto. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. 

  • Tangan kiri menyentuh dinding kolam dan lutut dibengkokkan lalu ditarik.
  • Lutut diarahkan ke lengan yang berada di dinding kolam dengan bantuan tarikan tangan.
  • Dayungan tangan dan tarikan lutut yang membentuk setengah salto akan membawa kedua lengan tiba di dinding kolam.
  • Setelah tiba di dinding kolam, kedua lengan diluruskan ke atas kepala.
  • Serentak tolakan kaki dengan meluruskan kedua belah lengan.
  • Tubuh meluncur dari dinding kolam.

Itulah informasi mengenai sejarah dan teknik dasar renang gaya punggung yang dapat Sedulur pelajari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang sedang belajar melakukan gerakan-gerakan dalam olahraga renang. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.