Tahukah Sedulur apa planet terpanas di dalam Tata Surya kita? Jika Sedulur mengira planet Merkurius adalah yang paling panas, maka jawaban Sedulur tersebut kurang tepat. Planet Merkurius memang termasuk salah satu yang paling panas, terutama karena posisinya yang paling dekat dengan Matahari. Akan tetapi, predikat planet dengan suhu permukaan terpanas ternyata jatuh kepada planet Venus.

Venus berada di urutan kedua sebagai yang terdekat dengan Matahari. Namun, karena situasi atmosfer dan iklim di dalamnya, suhu planet tersebut sangat panas melebihi Merkurius. Penasaran bagaimana fenomena tersebut dapat terjadi? Yuk, simak ulasan singkat dari planet terpanas di Tata Surya berikut ini!

BACA JUGA: Sel Volta: Pengertian, Rumus, Prinsip, Rangkaian & Contohnya

Venus, planet terpanas di Tata Surya

planet terpanas
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, Venus adalah planet yang paling panas di antara planet-planet lainnya di Tata Surya. Ia sendiri merupakan planet terdekat kedua dari Matahari, setelah Merkurius. Venus mengelilingi Matahari selama sekitar 224,7 hari Bumi dan termasuk ke salah satu planet yang tidak memiliki satelit alami.

-->

Venus sering disebut sebagai ‘saudara Bumi’ karena ukuran, gravitasi, serta komposisi struktur dalam yang diperkirakan sangat mirip. Walaupun begitu, ternyata dapat perbedaan yang signifikan dari kedua planet tersebut. Mulai dari atmosfer dan iklim venus yang berkali-kali lebih panas ketimbang Bumi, hingga tekanan atmosfer permukaan yang mencapai 92 kali lebih besar daripada Bumi.

BACA JUGA: Sosok Pencipta HP Pertama Kali dan Sejarah Perkembangannya

Topografi Venus

planet terpanas
Depositphotos

Sebelum teknologi semaju sekarang, para ilmuwan sering memiliki asumsi yang sangat beragam terkait kondisi Venus. Setelah melalui beberapa ekspedisi luar angkasa, dapat diambil kesimpulan bahwa 80% permukaan Venus terdiri dari dataran vulkanik. Sedangkan 20% sisanya merupakan dataran tinggi yang mayoritas berlokasi di wilayah utara atau selatan planet tersebut.

BACA JUGA: Perlu Diketahui! Ini 8 Bank Tertua di Dunia, Ada yang Masih Aktif!

Keadaan permukaan planet terpanas Venus

planet terpanas
Depositphotos

Diperkirakan, kondisi permukaan Venus sekarang dibentuk melalui aktivitas vulkanik ratusan juta tahun yang lalu. Hal tersebut diindikasikan dengan banyaknya gunung berapi di planet tersebut. Menurut data terakhir yang berhasil dihimpun, ada sekitar 167 gunung berapi berukuran besar yang dapat mencapai 100 km lebarnya.

BACA JUGA: Fenomenal! Ini 8 Lukisan Raden Saleh yang Mendunia

Struktur dalam Venus

Depositphotos

Para ilmuwan belum benar-benar mengetahui seratus persen mengenai struktur dalam dari planet ini. Hal tersebut dikarenakan sampai sekarang kita tidak memiliki data seismik, struktur dalam, dan juga geokimia dari Venus.

Walaupun begitu, Venus diperkirakan memiliki struktur dalam yang mirip dengan Bumi karena ukuran dan kepadatan yang hampir sama dengan planet tempat tinggal kita ini. Kemungkinan besar juga Venus mempunyai inti, mantel, dan kerak.

BACA JUGA: Dampak Kemiskinan yang Ditimbulkan Beserta Penyebabnya

Atmosfer serta iklim Venus planet terpanas

Depositphotos

Jika berbicara tentang atmosfer dan iklim Venus, tentunya kita tidak akan bisa mengabaikan fakta bahwa ia merupakan planet terpanas di Tata Surya. Panasnya Venus melebihi panas planet Merkurius yang letaknya terdekat dari Matahari. 

Suhu di permukaan Venus mencapai 462 derajat Celcius, karena banyaknya kandungan karbon dioksida dan sulfur pada atmosfer Venus membuat panas terperangkap di dalam atmosfer.

Fakta-fakta menarik tentang planet Venus sebagai planet terpanas

Nah, setelah Sedulur mengetahui beberapa deskripsi umum dari planet Venus, berikut ini merupakan beberapa fakta menarik dari planet yang dinamai dengan nama Dewi Cinta dan Kecantikan mitologi Romawi tersebut. Yuk, simak bersama-sama!

1. Sehari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi

Tahukah Sedulur bahwa 1 hari di planet Venus sama dengan 243 hari di planet Bumi? Ya, rotasi planet terpanas tersebut memang sangat lambat. Berdasarkan data, Venus memiliki kecepatan rotasi sekitar 6,52 km/jam. Sebagai perbandingan, planet Bumi yang kita tinggali ini memiliki kecepatan rotasi sekitar 1674,4 km/jam.

Dari dua angka tersebut, sudah dapat Sedulur observasi bahwa perputaran rotasi Venus sangat lambat. Maka dari itu, wajar jika 1 hari di planet Venus sama dengan 243 hari di planet Bumi.

2. Venus planet terpanas lebih daripada Merkurius

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan Matahari di jajaran Tata Surya kita. Walaupun begitu, ia tidak mendapatkan julukan planet terpanas. Predikat tersebut malah jatuh ke planet Venus yang sejatinya berada di urutan kedua planet terdekat dengan matahari.

Kenapa? Fenomena panasnya Venus sangat berkaitan dengan atmosfer serta iklimnya. Atmosfer pada planet tersebut sangat padat dan terdiri dari 96,5% karbon dioksida serta 3,5% nitrogen. 

Atmosfer tersebut, ditambah dengan awan tebal sulfur dioksida, ternyata memiliki efek rumah kaca yang sangat kuat, bahkan terkuat di seantero Tata Surya. Akibatnya, panas planet tersebut terus-terusan terjebak di dalamnya sehingga suhu permukaan Venus lebih panas ketimbang Merkurius. Venus dapat bersuhu 462 derajat Celcius, sedangkan Merkurius hanya berkisar pada 420 derajat Celcius.

3. Arah rotasi Venus terbalik

Semua planet di dalam Tata Surya memiliki arah rotasi yang sama, yaitu bergerak searah dengan jarum jam. Dengan begitu, Matahari akan terbit dari arah timur di setiap planet. Akan tetapi beda ceritanya dengan planet Venus, dimana Matahari akan terbit dari arah barat.

Ya, kondisi rotasi tersebut memang benar adanya. Zaman dahulu, para ilmuwan sempat terheran-heran dengan anomali Venus yang berotasi mundur. Namun sejatinya, rotasi Venus tetap sama saja dengan planet-planet lain, akan tetapi ia membalik sumbunya 180 derajat. Jadi jika dilihat dari planet lain, Venus seolah-olah berotasi mundur. 

4. Venus adalah objek paling terang kedua setelah Bulan

Planet Venus adalah objek paling terang kedua setelah Bulan kita. Hal tersebut disebabkan oleh pantulan cahaya Matahari dari awan-awan tebal sulfur dioksida. Bahkan ketika siang hari, Sedulur dapat melihat planet Venus ini jika kondisi langit  yang cerah dan arah melihat planet yang benar. 

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi mengenai planet terpanas di Tata Surya, Venus. Planet tersebut berada di urutan kedua planet terdekat dengan Matahari setelah Merkurius. Walaupun begitu, ternyata suhu permukaan antara kedua planet tersebut sangat berbeda. 

Planet Venus memiliki atmosfer dan iklim yang lebih panas karena komposisi lapisan tersebut. Alhasil, efek rumah kaca yang terjadi di dalam planet terpanas itu sangat kuat dan menjaga suhu permukaan untuk tetap panas.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai planet-planet di Tata Surya, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.