pendiri hp pertama kali

Telepon genggam atau handphone (HP) merupakan barang elektronik yang digunakan banyak orang. Dalam beberapa tahun belakangan, HP telah menjadi salah satu barang yang penting untuk dimiliki dan dibawa ketika bepergian. Apalagi saat ini HP juga mendukung beragam aktivitas selain untuk keperluan komunikasi. Mulai dari bermain gim, menonton film, melakukan pekerjaan, hingga berbelanja. Namun, apakah Sedulur sudah tahu bagaimana sejarah terciptanya HP? serta siapakah pendiri HP pertama kali?

Nah, Sedulur tidak perlu bingung jika belum mengetahui jawaban dari pertanyan-pertanyaan di atas. Sebab, Super sudah merangkum informasi selengkapnya, mulai dari profil singkat sosok pencipta HP pertama kali hingga sejarah dan perkembangan HP sejak pertama diciptakan hingga saat ini. Untuk itu, yuk, langsung disimak informasinya pada artikel berikut ini!

BACA JUGA: Perlu Diketahui! Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Profil singkat Martin Cooper, pendiri HP pertama kali

pendiri hp pertama kali
Kompas

Dilansir Kompas.com, telepon genggam (HP) ditemukan pertama kali oleh Martin Marty Cooper pada tahun 1972 – 1973. Ia diketahui merupakan seorang veteran kelahiran Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 1928 silam.

-->

Pada 1950, ia mendapatkan gelar sarjana teknik elektro dari Illinois Institute of Technology (IIT) di Chicago. Ia diketahui melanjutkan studinya dan memperoleh gelar magister dalam bidang rekayasa elektronika pada 1957. Namun sebelum mengikuti studi S2, Martin Cooper sempat bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan bertugas selama Perang Korea.

Setelah merampungkan tugasnya di Angkatan Laut AS, ia bergabung dengan Teletype Corporation. Sekadar diketahui, Teletype Corporation adalah sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan peralatan komunikasi di Amerika Serikat.

Selanjutnya pada 1954, Martin Cooper bergabung dengan Motorola yang juga bergerak di bidang telekomunikasi. Bergabungnya Martin Cooper dengan Motorola menjadi awal dari kemunculan ide untuk menciptakan telepon genggam atau telepon seluler hingga dirinya mendapat julukan “Bapak Telepon Seluler.”

BACA JUGA: Sejarah Perkembangan Uang dari Barter hingga Digital

Cerita Martin Cooper dan penciptaan HP pertama kali

pendiri hp pertama kali
Tribun Medan

Saat bekerja di Motorola, Martin Cooper memegang tanggung jawab dalam pengembangan teknologi. Ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Penelitian dan Pengembangan di perusahaan tersebut.

Martin Cooper diketahui berperan penting dalam mengubah teknologi informasi yang sebelumnya terbatas hanya digunakan dalam satu bangunan tunggal. Tepatnya pada 1960, ia mengubah lembaran teknologi informasi tersebut menjadi semakin luas sehingga dapat menghubungkan antarkota.

Penelitian dan pengembangan terhadap alat komunikasi tanpa kabel yang menjadi cikal bakal penemuan telepon genggam sendiri dimulai pada tahun 1970. Kala itu, kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola, John F. Mitchell menugaskan Martin Cooper di divisi telepon mobil (Carphone). Dari sanalah kemudian keduanya mulai memikirkan tentang alat komunikasi portabel berukuran kecil dan ringan sehingga bisa dibawa ke mana saja.

Martin Cooper kemudian ditunjuk untuk memimpin proyek penelitian dan pengembangan alat komunikasi portabel. Menurut catatan sejarah, mereka membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk menciptakan prototipe pertama dari ide tersebut di tahun 1972.

Uji coba panggilan pertama dengan HP

Detiknet – Detik.com

Dikutip dari Gramedia Blog, prototipe yang telah ditemukan tadi kemudian diujicobakan pada 3 April 1973. Saat itu, Martin Cooper melakukan panggilan kepada Dr. Joel S. Engel yang merupakan seorang kepala riset di Bell Labs.

“Joe, I’m calling you from a “real” cellular telephone. A portable handheld telephone. (Joe, aku memanggilmu dari telepon seluler “yang sebenarnya.” Sebuah telepon genggam portabel).”

Peristiwa bersejarah itu dilakukan di hadapan para wartawan dan orang-orang yang melintas di jalanan Kota New York. Selain itu, peristiwa tersebut juga menandai Martin Cooper sebagai penemu pertama telepon genggam sekaligus orang pertama yang melakukan panggilan dengan telepon genggam.

Pada tahun yang sama atau tepatnya pada tanggal 17 Oktober 1973, Martin Cooper, John F. Mitchell, dan insinyur lain yang turut terlibat lantas mendaftarkan paten atas penemuan itu. Penemuan cikal bakal telepon genggam itu sendiri diberi nama “Radio Telephone System.”

BACA JUGA: Pengertian TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) & Contohnya

Sejarah perkembangan HP di dunia

Harapan Rakyat

Penemuan HP pertama kali oleh Martin Cooper tidak berhenti pada prototipe yang telah dipaparkan sebelumnya. Sebab, penemuan itu kemudian dikembangkan hingga diciptakan produk handset atau telepon genggam pertama yang diberi nama DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). 

Produk telepon genggam pertama yang diproduksi di bawah bendera Motorola ini memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan telepon genggam masa kini. Sebab, DynaTAC memiliki ukuran panjang sekitar 25 cm dan berat 1,1 kg. Tak hanya besar, telepon genggam ini juga hanya memungkinkan penggunanya berbicara selama 35 menit sebelum baterainya habis.

Dari segi teknologinya, Motorola DynaTAC merupakan telepon genggam berbasis 1G atau dikenal dengan istilah AMPS dengan frekuensi 825 Mhz hingga 894 Mhz. Oleh karenanya, ponsel generasi pertama ini memiliki sifat analog.

HP generasi II: mulai digunakan chip

Motorola DynaTAC disebut sebagai generasi pertama dalam sejarah telepon genggam di dunia. Selanjutnya, generasi kedua ditemukan pada sekitar tahun 1990-an, sebagaimana dilansir Gramedia Blog. Kala itu teknologi yang digunakan pada HP semakin berkembang. Satu di antaranya ditandai dengan penggunaan chip dan juga menggunakan teknologi 2G.

Selain penggunaan chip dan teknologi 2G, ponsel pada generasi ini juga mengalami perubahan berupa sinyal analog menjadi sinyal digital. Perkembangan lainnya adalah dipasangnya fitur pengirim pesan dan panggilan tunggu.

Adapun beberapa contoh HP generasi II adalah Motorola International 3200 dan Nokia 1011.

HP generasi III: hadirnya teknologi 3G

Telepon genggam generasi III (sekitar tahun 2000-an) mulai menggunakan teknologi 3G yang membuat jangkauan sinyal semakin luas. Pada generasi ini juga telah dikenal sistem operasi seperti Android, iOS, Symbian, dan Windows Mobile. Hal ini membuat ponsel pada masa itu telah memiliki beragam fitur.

HP generasi IV

Selanjutnya adalah generasi IV yang dimulai tahun 2010-an dan disebut sebagai generasi terakhir dalam sejarah telepon genggam di dunia hingga saat ini. Pada generasi ini, teknologi yang ditawarkan semakin canggih, seperti adanya teknologi nirkabel Wireless Broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan sebagainya.

Pada generasi ini, ponsel juga telah mendukung beragam aktivitas selain untuk kepentingan komunikasi. Mulai dari bermain gim secara daring (online), menonton film, dan berbagai fitur multimedia lainnya. 

BACA JUGA: Pengertian Media Sosial Beserta Sejarah, Manfaat & Fungsinya

Sekilas tentang perkembangan HP di Indonesia

Good Money

Sebelumnya sudah dipaparkan profil pendiri HP pertama kali dan sejarah singkat perkembangan HP di dunia. Lantas, bagaimana dengan perkembangan HP di Indonesia?

Dilansir Kompas.com dan Kata Data, sejarah telepon genggam atau telepon seluler di Indonesia  dimulai pada sekitar tahun 1984. Kala itu, muncul teknologi seluler yaitu Nordic Mobile Telephone (NMT). Selanjutnya, ponsel mulai beredar luas di tahun 1985-an. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah timeline perkembangan HP di Indonesia hingga kini.

  • Tahun 1993: PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital GSM.
  • Tahun 1994: PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama di Indonesia
  • Tahun 1995: Telkomsel didirikan sebagai operator GSM nasional bersama Satelindo.
  • Tahun 1999: Mulai beredar HP monophonic dan dikenal sistem SMS atau pesan singkat.
  • Tahun 2000-an: Teknologi pada telepon genggam semakin berkembang. Di antaranya ditandai dengan munculnya Nokia Communicator dan PDA.
  • Tahun 2006: Muncul ponsel dengan layanan 3G dan ponsel pintar, seperti BlackBerry, iPhone, dan gawai berbasis Android.
  • Tahun 2014: Mulai beroperasi teknologi 4G LTE di samping teknologi 3G yang semakin terjangkau dan luas.
  • Tahun 2021: Teknologi pada telepon genggam semakin berkembang dan mulai dikenal jaringan 5G.

Demikian tadi pembahasan tentang sejarah HP di dunia, termasuk profil Martin Cooper yang disebut sebagai pendiri HP pertama kali. Selain itu juga telah dipaparkan perkembangan HP di dunia maupun di Indonesia secara khusus. Nah, semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.