bank tertua di dunia

Berbicara tentang tempat menyimpan uang yang aman, pasti Sedulur akan berpikir mengenai bank, bukan? Tempat menabung dengan berbagai fasilitas ini ternyata sudah ada sejak lama, loh. Bahkan, ada beberapa bank tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Secara definisi, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan juga menyalurkannya kepada masyarakat, baik dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Apakah Sedulur tertarik mengetahui mana saja yang termasuk bank tertua di dunia? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Rekonsiliasi Bank: Pengertian, Fungsi, & Prosedur Pembuatan

1. Banca Monte dei Paschi di Siena

bank tertua di dunia
Bloomberg

Berdiri sejak 27 Februari 1472 di Siena, Italia. Bank ini didirikan atas perintah Magistrature Republik Siena. Bank ini diklaim sebagai bank tertua di dunia yang masih beroperasi hingga kini. Banca Monte dei Paschi juga seringkali disingkat menjadi BMPS. 

Sejak abad ke-17, Bank Monte dei Paschi sudah mulai memperluas operasinya ke seluruh negeri. Selain itu, mereka juga menawarkan pinjaman pertama kepada warga Italia. BMPS juga sangat berpengaruh terhadap perekonomian lokal, bahkan hingga berabad-abad lamanya.

Hingga saat ini, BMPS telah memiliki 2.032 cabang domestik dan 41 cabang luar negeri. Tak hanya itu, bank tertua di dunia ini juga merupakan bank ritel komersial terbesar keempat yang ada di Italia. Untuk menghindari shutdown, BMPS sudah di bailout oleh pemerintah Italia layaknya beberapa bank besar lain di dunia.

BACA JUGA: Pengertian Bank Syariah: Fungsi, Jenis dan Istilah di Dalamnya  

2. Berenberg Bank di Hamburg

bank tertua di dunia
Berenberg Bank

Bank tertua di dunia berikutnya adalah Berenberg Bank yang secara legalitas bernama Joh. Berenberg, Gossler & Co. KG. Berenberg Bank merupakan bank swasta yang hingga kini masih terus beroperasi sejak didirikan pada tahun 1590 oleh keluarga Berenberg-Gossler. 

Nama bank ini mengacu pada nama seorang bankir bernama Johann Berenberg dan menantu laki-lakinya, yang bernama Johann Hinrich Gossler. Bank ini juga tidak pernah mengubah identitas hukum atau namanya sejak awal didirikan. Bahkan, bank ini masih dimiliki oleh keturunan para pendirinya.

Berenberg Bank memiliki kantor pusat di Hamburg dan memiliki jangkauan wilayah operasi di berbagai dunia. Beberapa cabangnya beroperasi di London, Luksemburg, Paris, Wina, Munich, Frankfurt, Münster, Stuttgart, Jenewa,  San Francisco, New York, Düsseldorf, Boston, Chicago, dan Shanghai.

3. Sveriges Riksbank di Stockholm

bank tertua di dunia
riksbank

Berikutnya adalah Sveriges Riksbank yang sudah berdiri sejak tahun 1668 di Stockholm, Swedia. Bank tertua ketiga di dunia yang merupakan bank sentral negara Swedia ini masih terus beroperasi hingga kini. 

Saat awal didirikan, Riksbank berada di bawah kendali langsung oleh Riksdag of Estates, atau otoritas tertinggi Swedia setelah raja, guna mencegah campur tangan pihak kerajaan terhadap urusan manajemen bank. Hal ini dilakukan karena Riksbank merupakan pengganti peran bank sentral Swedia sebelumnya, yakni Stockholms Banco yang harus gagal di bawah kendali raja.

Pada tahun 2000-an, Sveriges Riksbank mengalami krisis global yang mengharuskannya menutup semua cabang bank yang ada di Swedia. Mereka akhirnya menyerahkan penanganan koin ketagihan kepada pihak perusahaan swasta. 

BACA JUGA: Rekonsiliasi Bank: Pengertian, Fungsi, & Prosedur Pembuatan

4. C. Hoare & Co di London

bank tertua
Fintech Magazine

Bank tertua di dunia berikutnya adalah C. Hoare & Co yang didirikan oleh Sir Richard Hoare pada tahun 1672 di London, Inggris. Sir Richard Hoare merupakan seorang pandai emas yang mendapatkan penganugerahan gelar bangsawan oleh Ratu Anne. Bank ini juga menjadi bank swasta tertua di Inggris Raya yang kini dikelola oleh generasi ke-10 dan ke-11 keluarga Hoare.

Bank C. Hoare & Co melayani klien dengan kekayaan bersih tinggi. Mereka juga memberi mereka pinjaman, rekening tabungan, hipotek, dan layanan perencanaan pajak dan harta benda. Bank C. Hoare & Co sudah memiliki klien dari kalangan tokoh ternama, contohnya adalah Jane Austen, Lord Byron, Eton College, dan Catherine dari Braganza yang merupakan istri Raja Charles II.

5. Metzler Bank di Frankfurt

bank
Bankhaus Metzler

Metzler Bank pada awalnya merupakan perusahaan yang bergerak pada bisnis perdagangan kain. Bisnis yang didirikan oleh Benjamin Metzler dari Saxony pada tahun 1674 tersebut berubah fungsi menjadi bank pada sekitar tahun 1760.

Kini, Metzler Bank menyediakan beberapa layanan keuangan, mulai dari bank dagang, transaksi sekuritas, manajer aset, hingga konsultan keuangan di beberapa perusahaan.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM Semua Bank yang Benar & Aman!

6. Barclays Bank di London

bank
Barclays Bank

Barclays Bank merupakan salah satu bank tertua di dunia yang didirikan oleh dua orang bankir bernama John Freame dan Thomas Gould pada tahun 1690. Namun, pada tahun 1736, menantu Freame yang bernama James Barclay menjadi mitra besar dalam bisnis tersebut. Ia kemudian mendorong orang-orang untuk menyebutnya sebagai “Barclays”.

Pada awal tahun 1900-an, Barclays Bank mulai mengembangkan sayap bisnisnya dengan mengakuisisi bank-bank kecil yang ada di Inggris. Bahkan, bank ini juga masih terus melakukannya hingga saat ini. 

Barclays Bank memiliki sekitar 48 juta pelanggan dan klien global. Bank ini menawarkan beberapa layanan perbankan dan investasi multinasional dan pernah menjadi sponsor utama pada liga utama sepakbola Inggris, English Premier League (EPL).

7. Coutts di London

bank
The Guardian

Berikutnya adalah Coutts, yakni bank asal Inggris yang sudah ada sejak abad ke-17. Pada mulanya, bank ini merupakan bank emas yang didirikan oleh seorang bankir muda asal Skotlandia bernama John Campbell pada tahun 1692,.

Namun, setelah Campbell meninggal dunia pada tahun 1712, keluarganya mulai mewarisi bisnis tersebut. Pada tahun 1755, cucu Campbell yang bernama Polly menikah dengan seorang pedagang dan bankir bernama James Coutts. Mereka pun akhirnya mengambil alih bisnis tersebut.

Coutts telah dimiliki oleh Royal Bank of Scotland (RBS) sejak awal tahun 2000-an. Untuk memfokuskan bisnis di Inggris Raya, RBS juga menjual sayap internasionalnya kepada Union Bancaire Privée, yakni salah satu bank swasta terbesar yang ada di Swiss.

BACA JUGA: Dampak Kemiskinan yang Ditimbulkan Beserta Penyebabnya

8. Bank Rakyat Indonesia di Indonesia

bank
Bisnis Tempo

Beranjak dari bank tertua di dunia yang berasal dari luar negeri, Indonesia ternyata juga memiliki bank tertua yang masih beroperasi hingga kini. Bank Rakyat Indonesia atau biasa disebut Bank BRI ini didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto.

Pada awalnya, Bank BRI memiliki nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, atau dalam bahasa Indonesia berarti “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”. Kehadiran bank ini bertujuan untuk melayani masyarakat Indonesia dalam hal perbankan hingga saat ini. 

Demikian informasi mengenai deretan bank tertua di dunia yang beberapa masih beroperasi hingga saat ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur semua, ya. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.