Menghitung kecerdasan manusia biasanya dilakukan dengan tes IQ. Sedulur pasti pernah mengikuti tes ini saat masih di bangku sekolah. Faktanya kecerdasan orang normal adalah sekitar 90-130. Di atas itu, ia bisa dapat label genius alias berbakat spesial. 

Namun, ada nih beberapa orang di dunia yang memiliki IQ dengan rentang nilai 160 hingga lebih dari 200. Siapa saja mereka? Ternyata Albert Einstein tidak termasuk di dalamnya. 

BACA JUGA: Contoh Hak di Masyarakat yang Dimiliki Setiap Orang

1. Nikola Tesla 

Department of Energy

Nikola Tesla adalah penemu asal Serbia yang bermigrasi ke Amerika Serikat di abad 19. Tak hanya menemukan listrik, ia juga orang pertama yang mengembangkan motor. Beberapa penemuannya dipatenkan dan masih didapuk sebagai inovasi penting dalam peradaban manusia. Dilansir dari beberapa sumber, Tesla memiliki rentang skor IQ sebesar 160-310. Kini namanya diabadikan oleh sebuah perusahaan teknologi yang diinisiasi Elon Musk. 

-->

2. Kim Ung Yong

Storypick

 Kim Ung Yong sempat menghebohkan dunia dengan kemampuannya memecahkan persamaan matematika rumit di usia 4 tahun. Saat itu, nilai IQ-nya bahkan mencapai 210. Angka yang fantastis dan membuatnya dapat label anak prodigy. Di usia 48 tahun, media Korea Herald menuliskan liputan tentang kehidupan sang genius di usia dewasa. Ia memilih untuk bekerja sebagai pegawai korporat biasa. Banyak yang menyayangkan keputusannya keluar dari NASA. Namun, Kim mengaku bahagia dan puas dengan pilihannya. 

3. Sho Yano 

orang terpintar di dunia
Publico

Jepang adalah salah satu negara yang terpintar di dunia berdasarkan rata-rata. Sho Yano adalah salah satunya. Meski berdarah Jepang, ia besar di Amerika Serikat dan kepandaiannya pun mencengangkan publik AS saat itu. Ia berhasil masuk perguruan tinggi di usia 9 tahun dan lulus dengan gelar cumlaude di usia 12. Ia kemudian melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran hingga usia 21 dan kini memilih berkarier sebagai dokter. 

4. Johann Goethe 

orang terpintar di dunia
Consciensia

Namanya diabadikan sebagai institusi bahasa Jerman terbesar di dunia, Goethe ternyata adalah sosok genius dengan IQ sekitar 210-225. Tak heran bila ia dikenal pula sebagai seorang polimat yang bisa menekuni banyak bidang sekaligus. Tak hanya novelis dan penyair, ia adalah praktisi hukum, sutradara drama pementasan, dan lain sebagainya. Menariknya, Goethe tidak pernah melakoni sekolah formal. Melansir Ensiklopedia Britannica, ia belajar dari rumah bersama kakak perempuannya berdasar program dan kurikulum yang dibuat sang ayah. 

BACA JUGA: Mengenal Caviar, Telur Ikan yang Mahal Serta Manfaatnya

5. Leonardo da Vinci 

Universo Racionalista

Dikenal sebagai pelukis, Da Vinci sebenarnya juga seorang polimat. Ia menekuni berbagai bidang selain seni termasuk teknik dan arsitektur. Selain lukisan dan patung buatannya yang fenomenal, ia mampu banyak terlibat proyek pembangunan dan sempat berkontribusi dalam pengembangan senjata untuk militer Italia. Meski di masa itu belum ada tes khusus untuk menilai intelijensi manusia, nilai IQ Da Vinci diperkirakan mencapai 180-220. Ensiklopedia Britannica menyebut bahwa buku catatannya menunjukkan bukti bahwa observasi dan pemikirannya jauh menerawang ke masa depan.

6. William Sidis

orang terpintar di dunia
IMDb

Orang terpintar di dunia sepanjang masa ternyata dipegang olehsosok William James Sidis. Ia tercatat memiliki skor IQ sebesar 300 yang sangat langka. Sidis lahir di akhir tahun 1800-an dan didapuk sebagai orang Amerika Serikat tercerdas. Dilansir NPR, Sidis berhasil lulus dari Harvard di usia 16 tahun dan mampu membaca surat kabar di usia 2 tahun. Ia juga dikenal sebagai poliglot yang mampu berbicara dalam bahasa Inggris, Latin, Prancis, Jerman, Hebrew, Rusia, Turki, dan Armenia. Kecerdasannya yang luar biasa tak lepas dari ambisi ibu dan ayahnya yang menginvestasikan waktu dan dana untuk membelikan sang putra berbagai media belajar. 

7. Carl Gauss 

orang terpintar di dunia
The Guardian

Gauss adalah salah satu orang terpintar matematika di dunia. Ia hidup di abad ke-18 hingga 19 dan berhasil menemukan banyak teori matematika macam geometri, probabilitas, geodesi, aljabar, astrononomi, dan lainnnya. Meski mentereng prestasinya, Gauss lahir dari keluarga miskn di Gottingen, Jerman. Ia mendapat bantuan dana untuk belajar dari seorang bangsawan. Para pengamat dan ilmuwan memperkirakan IQ Gauss mencapai 250-300 dilihat dari pencapaiannya selama hidup. 

8. Terence Tao

UCLA Newsroom

Jika Gauss hidup di masa lalu, label orang terpintar di dunia pada bidang matematika di era modern dipegang oleh Terence Tao. Ia adalah seorang warga Australia keturunan Tiongkok yang memiliki skor IQ sekitar 210-230. Kini ia menjadi staf pengajar di Departemen Matematika UCLA, Amerika Serikat dengan gelar profesor di usia yang masih 40-an tahun. Kecerdasannya terungkap saat ia masih berusia 7 tahun. 

BACA JUGA: Energi Panas: Pengertian, Jenis, Sifat, Contoh & Manfaatnya

8. Marie Curie 

orang terpintar di dunia
Eufemea

Tak hanya laki-laki, sebagian prodigy dunia adalah perempuan. Salah satunya Marie Curie yang merupakan seorang warga negara Prancis keturunan Polandia. Curie memulai kariernya sebagai profesor dan pengajar di sebuah kampus di Prancis untuk jurusan Fisika. Di sela-sela kesibukannya, Curie melakukan banyak eksperimen mandiri bersama sang suami di laboratorium sederhana di rumahnya.

Sampai akhirnya ia berhasil menemukan senyawa radium yang bersifat radioaktif. Penemuannya banyak dipuji bahkan ia menyabet Nobel Prize karena itu. Namun, sebuah tragedi terjadi di sebuah pabrik dan akhirnya membuka fakta bahwa radium harus dipergunakan secara hati-hati mengingat karakternya yang membahayakan kesehatan. 

9. Marilyn vos Savant 

orang terpintar di dunia
Medium

Daftar orang genius dari gender perempuan diperpanjang dengan kehadiran Vos Savant. Namanya fenomenal setelah tercatat sebagai pemilik IQ tertinggi di dunia oleh Guinness Book of Records sepanjang tahun 1986 hingga 1989. Vos Savant memukau dunia dengan IQ 228. Marilyn dikenal sebagai penulis dan bahkan punya satu kolom khusus di mana ia akan menjawab pertanyaan pembaca. Ia juga berhasil menciptakan sebuah permainan teka-teki bernama Numbrix di tahun 2008.

10. Ainan Celeste Cawley 

Today

Gelar orang terpintar di dunia disabet pula oleh Ainan Cawley asal Singapura. Ia menghebohkan dunia dengan IQ setinggi 263. Di usia 14 tahun, ia sudah masuk perguruan tinggi. Media setempat memberikan banyak pujian padanya karena ia tidak hanya berbakat secara akademik, tetapi juga pandai bermain musik dan programming. Ainan adalah seorang Singapura keturunan Irlandia. 

BACA JUGA: 10 Wanita Tercantik di Dunia, Peringkat Pertama Bikin Kaget

11. William Shakespeare 

Marie Claire

Siapa yang tak kenal dengan Shakespeare? Novel dan dramanya mengguncang dunia. IQ dari penulis dan pementas drama ini diperkirakan lebih dari 200. Sesuatu yang mungkin tidak mencengangkan mengingat karya-karyanya memang brilian dan masih dibaca orang hingga kini. 

12. Srinivasa Ramanujan 

orang terpintar di dunia
Hindustan Times

India juga dikenal sebagai bangsa terpintar di dunia. Salah satu yang menarik perhatian adalah Ramanujan. Kisah hidupnya pernah difilmkan dengan judul The Man Who Knows Infinity. Dev Patel memerankan sosoknya. Ramanujan memiliki latar belakang yang amat unik. Ia berasal dari kasta bawah India dan tak hanya mengenyam beberapa tahun sekolah formal karena ia bosan dengan pelajaran yang terlalu mudah. Sampai seorang petinggi koloni Inggris melihat bakatnya dan memberinya kesempatan berkuliah di Cambridge. Hidupnya tak panjang, tetapi ia berhasil menemukan teori dan persamaan matematika yang sampai sekarang masih dipakai. 

Daftar di atas tidak diurutkan berdasarkan IQ tertinggi, sebab beberapa hanya berupa rentang skor alias tanpa angka pasti. Mereka juga hanya sebagian dari ratusan orang yang memiliki IQ mencapai lebih dari 200 di dunia ini. Tentunya masih banyak orang yang tidak atau belum tercatat karena ketidakadaan akses dan faktor lainnya. Misalnya B.J. Habibie sebagai orang terpintar di Indonesia juga tidak tercantum. Jadikan motivasi saja, ya, Sedulur. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.