Menjawab pertanyaan siapa yang paling cantik di dunia ini, jawaban akan sangat beragam dan relatif. Ada banyak lembaga independen yang rutin mengeluarkan daftar tokoh perempuan tercantik di dunia. Namun, ada dua versi yang paling dikenal dan sering jadi patokan. Pertama berdasarkan ekuasi golden ratio, di mana simetri wajah dihitung dan dinilai kedekatannya dengan angka patokan sempurna. Di sisi lain ada pula TC Candler dan Independent Critics yang sudah melakukan kurasi, baik film terbaik maupun tokoh terkenal tercantik sejak tahun 1990. 

Penilaian mereka tak hanya berkutat pada kesempurnaan bentuk wajah, tetapi juga beberapa hal hal lain seperti attitude, orisinalitas, prestasi, bahkan voting dari pemirsa. Tentunya daftar terbaru masih di Desember 2021 lalu, sementara untuk daftar tahun 2022 masih dalam tahap pengumuman nominasi.  Siapa saja mereka? Yuk, simak daftarnya. 

BACA JUGA: 14 Tokoh Terkenal yang Masuk Kategori Pria Tertampan di Dunia 2021

1. LISA 

siapa yang tercantik di dunia ini
Instagram @lalalalisa_m

Buat audiens Indonesia, LISA adalah nama yang amat familier. Ia merupakan member girl group BLACKPINK yang beberapa tahun belakangan mendulang popularitas. Gadis bernama asli Lalisa ini juga baru saja merilis proyek solonya. LISA sendiri memang memenuhi kriteria standar kecantikan Asia dengan mata lebar, kulit cerah, dan bibir penuh.

-->

Di samping penampilannya yang memukau, Lisa juga sosok yang berbakat dan mencolok di BLACKPINK dengan posisinya sebagai rapper yang suaranya khas. Sudah menang di tahun 2021, nama LISA kembali dicantumkan dalam nominasi wanita tercantik di dunia tahun 2022 versi TC Candler.

2. Emilie Nereng 

siapa yang tercantik di dunia ini
Instagram@emilienutrition

Nereng adalah seorang blogger dan musisi asal Norwegia. Kariernya sebagai public figure dimulai dengan hobinya menulis blog pribadi di tahun 2009. Tak disangka jumlah kunjungan di situsnya fantastis dan ia mendulang perhatian khalayak. Meski blognya berbahasa Norwegia, kontennya merambah pembaca internasional karena unggahan penggemar dalam bahasa Inggris di Reddit. Sempat vakum menulis blog dan mengeluarkan single, kini Nereng juga menggunakan platform Instagram dan YouTube untuk berbagi info dan tips tentang hidup sehat. 

3. Halima Aden 

siapa yang tercantik di dunia ini
Instagram @halima

Halima Aden adalah supermodel berhijab asal Somalia yang beberapa waktu lalu sempat memutuskan untuk berhenti dari fesyen karena alasan kepercayaannya. Saat itu ia merasa makin tak nyaman dengan tuntutan brand yang menginginkannya mengenakan pakaian yang makin ketat dan terbuka. Namun, di akhir 2021, sang model mengumumkan rencananya comeback, tetapi hanya akan bekerjasama dengan brand-brand yang bersedia menerima prinsip dan kepercayaannya. 

BACA JUGA: 8 Fakta Snowdrop, Drama Korea yang Membelokkan Sejarah

4. Ivana Alawi 

siapa yang tercantik di dunia ini
Instagram @ivanaalawi

Siapa yang paling cantik di dunia ini pada urutan keempat ditempati aktris, model, dan YouTuber bernama Ivana Alawi. Ia merupakan perempuan keturunan Filipina dan Maroko yang aktif di YouTube sejak 2019. Kanalnya didapuk sebagai salah satu yang memiliki jumlah pelanggan terbesar di Asia Tenggara dan Filipina dengan konten yang lekat dengan hiburan sehari-hari macam prank, traveling, dan daily vlog. Seperti banyak public figure lainnya, Alawi bergelut pula di bisnis skincare dengan nama Ivana Skin. 

5. Nancy Jewel McDonie 

Instagram @nancyjewel_mcdonie_

Nancy adalah anggota girl group Korea Momoland yang debut di tahun 2016 setelah melalui serangkaian sayembara. Wajahnya mencolok karena ia memiliki keturunan Kaukasia dari sang ayah yang merupakan warga Amerika Serikat. Nancy sempat tersandung beberapa skandal selama berkarier sebagai artis di Korsel, mulai dari komentarnya yang asal tentang eating disorder hingga manipulasi foto atas dirinya. Namun, ternyata ia meraih vote banyak dari pemirsa TC Candler tahun 2021 lalu. 

6. Yael Shelbia 

siapa yang tercantik di dunia ini
Instagram@yaelshelbia

Shelbia adalah seorang model asal Israel yang usianya cukup muda. Ia ditawari pekerjaan ini setelah potretnya di Instagram pribadi ditemukan oleh agensi. Tahun 2021 bukan tahun pertamanya masuk dalam daftar 10 perempuan tercantik. Ia pernah bertengger di posisi ketiga dan kedua di tahun 2018 dan 2019. Disusul posisi pertama di tahun 2020. Meski mulai dikenal, Shelbia masih mempertahankan statusnya sebagai public figure yang low profile. 

7. Tzuyu 

Instagram @twicetagram

Tzuyu adalah penyanyi asal Taiwan yang bergabung dengan girl group TWICE sejak 2012. Ia merupakan member termuda di sana dan dipercaya sebagai salah satu yang terpopuler. Lagi-lagi karena fitur wajahnya yang mencerminkan standar kecantikan ideal Asia. Tzuyu juga sudah berkali-kali masuk dalam daftar perempuan tercantik dunia sejak tahun 2015. Kini ia menempati posisi ketujuh.

BACA JUGA: 13 Aktor Korea Paling Tampan dan Bertalenta Tahun 2022

8. Lyodra Ginting 

Instagram @lyodraofficial

Wanita tercantik di Indonesia ternyata ditempati Lyodra Ginting. Penyanyi muda pendatang baru ini pertama dikenal sebagai peserta ajang festival musik bergengsi Italia, Sanremo Music Festival Junior tahun 2017. Festival tersebut sendiri merupakan ajang pencarian bakat terbesar di Italia dan pemenangnya akan dikirim menjadi perwakilan untuk Eurovision. Beberapa tahun setelahnya, ia menjadi pemenang ajang pencarian bakat Indonesian Idol di tahun 2019. Mengusung genre ballad, kini Lyodra menjadi salah satu diva Indonesia yang diperhitungkan. 

9. Jasmine Tookes

Instagram @jastookes

Tookes adalah model kulit hitam yang merupakan putri dari seorang stylist ternama. Ia ditemukan oleh agensi saat sedang mengikuti ibunya bekerja dan akhirnya memulai karier modeling di usia 15 tahun. Ia menikah dengan Juan David Borrero di tahun 2021 lalu di Ekuador setelah menjalin asmara selama kurang lebih 5 tahun. 

10. NANA  

siapa yang paling cantik di dunia ini
Instagram @jin_a_nana

NANA adalah nama panggung Im Jin Ah, seorang penyanyi, model, dan aktris asal Korsel yang aktif sejak tahun 2009. Ia lebih dulu menjadi seorang penyanyi lewat girl group After School sebelum akhirnya merambah model dan akting. Kariernya tidak redup di usia 30 ini. Proyek film dan drama terus membanjiri NANA mulai dari Kill It, The Swindlers, hingga yang terbaru Glitch.

BACA JUGA: 12 Aktor China Paling Tampan dan Terpopuler Tahun 2022

Siapa yang paling cantik di dunia ini ?

Tentunya TC Candler bukan satu-satunya lembaga yang menelurkan daftar perempuan tercantik di dunia. Beberapa tak mau kalah. Berikut beberapa rangkumannya.

  • Disarikan dari beberapa sumber, Bella Hadid didapuk menjadi wanita tercantik di dunia tahun 2020 No 1 berdasarkan golden ratio. Ini berarti wajahnya mendekati skala sempurna secara hitungan simetri.
  • Sementara, wanita tercantik di dunia sepanjang masa menurut majalah Esquire dipegang oleh Lupita Nyong’o. Ia dikenal sebagai aktris yang membintangi 12 Years a Slave, Black Panther, dan Us. Tak heran mengingat Nyong’o adalah sosok aktris yang menghargai kecantikan alaminya, berbakat di bidang yang ia geluti, serta jauh dari skandal. 
  • Menurut World Population Review, Brasil adalah negara dengan wanita tercantik di dunia. Terbukti banyak supermodel yang berasal dari Brasil. Ini karena penduduk mereka yang cukup beragam mulai dari kulit hitam, indigenous, dan imigran Eropa. 

Terjawab sudah rasa penasaran Sedulur tentang siapa yang paling cantik di dunia ini. Untuk daftar 10 wanita tercantik di dunia tahun 2022, Sedulur perlu menunggu sampai akhir tahun nanti. Namun, kamu bisa ikutan memberikan suara lewat asosiasi yang diprakarsai TC Candler. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.