Beberapa tahun belakangan ini caviar jadi perbincangan seru di antara warganet, apalagi setelah banyaknya public figure yang membuat video mencicip bahkan masak dengan bahan makanan mewah ini. Caviar sendiri merupakan telur ikan sturgeon yang cukup langka karena hanya bisa hidup di perairan tertentu. 

Apa sih kelebihan caviar? Adakah manfaatnya untuk kesehatan? Lalu, bagaimana bisa harganya mahal? Semua pertanyaan di kepala Sedulur bakal dijawab di sini. 

BACA JUGA: 8 Makanan Pokok Orang Indonesia dari Nasi hingga Singkong

Asal usul caviar

caviar
Instagram @arcticroeofscandinavia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, caviar berasal dari telur ikan sturgeon yang menurut Ensiklopedia Britannica hanya hidup di perairan yang bersuhu sedang, yaitu di belahan bumi bagian Utara. Ia ditemukan melimpah di perairan tawar Rusia dan Ukraina. Namun, juga bisa bermigrasi ke Ameria Utara. 

Ikan ini berukuran besar hingga bisa mencapai panjang 2-3 meter dan memiliki struktur tulang yang kompleks. Ia terdiri dari 29 spesies dan hanya spesies tertentu yang bisa menghasilkan telur caviar. Salah satunya Beluga (Huso huso) yang hanya bisa ditemukan di sungai Laut Caspia, Laut Hitam, dan Laut Azov, semuanya masuk dalam wilayah Rusia dan Ukraina. Spesies lain yang menghasilkan telur berharga tersebut adalah Ossetra dan Sevruga. 

Caviar sendiri adalah salah satu makanan mewah tertua di dunia. Ia lebih dulu ditemukan ketimbang truffle dan champagne. Para aristokrat dan bangsawan di era Byzantium sudah mengonsumsinya. 

Bagaimana cara memanennya? 

caviar
Instagram @modfarm

Dari poin sebelumnya sudah terjawab caviar dari ikan apa. Lalu, bagaimana cara memanen caviar? Melansir Slate, caviar diproses dengan cara mengambil langsung telur dari ovarium ikan betina yang sedang hamil. Produsen tidak bisa menunggu sampai betina melepaskan telurnya karena nanti akan susah diambil dan dikemas. Pengambilan telur harus dengan cara menyayat perut ikan dan mengambil ovarium telur ikan sturgeon. Inilah mengapa banyak pihak menyoroti proses produksi telur ikan mewah tersebut sebagai sesuatu yang kontroversial. 

Bahkan Amerika Serikat dan Rusia sudah melarang perburuan ikan sturgeon liar karena populasinya yang terus berkurang dan terancam punah. Namun, produsen tak kehilangan akal mereka mulai melakukan beberapa pembenahan dalam rantai produksi agar menjamin keberlangsungan hidup ikan tersebut sekaligus menjamin produksi tetap berjalan. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari

Kenapa caviar mahal? 

caviar
Pexels

Sebenarnya sudah bisa dibaca dari beberapa poin di atas. Sturgeon adalah ikan yang hanya ada perairan tertentu dan khusus untuk caviar, hanya ada tiga spesies yang bisa menghasilkan. Mereka hidup di alam bebas dan baru bisa ditangkap di musim migrasi saat sang betina sedang bersiap melepaskan telurnya. Hal ini adalah proses yang tidak sebentar dan perlu ketelitian. 

Kini sudah banyak produsen yang melakukan metode ternak dengan teknik khusus. Melansir Institute of Food and Technologists, ikan sturgeon dibesarkan dalam akuarium dan kolam khusus dengan makanan yang benar-benar dijaga serta air yang sirkulasi oksigennya baik. Proses perawatan ini membutuhkan waktu 10 tahun, yaitu sampai ikan betina dewasa dan bisa menghasilkan telur. Proses ekstraksi telurnya dilakukan dengan teknik pijat atau bedah. 

Belum lagi proses pengemasannya yang juga tidak bisa sembarangan. Telur-telur tersebut hanya diawetkan dengan garam untuk menjaga keaslian rasa caviar, kemudian didinginkan sebelum dikemas. Proses pengemasan benar-benar harus steril agar caviar tetap dalam keadaan baik sampai ke tangan konsumen. 

Harga caviar

Pexels

Caviar Beluga asal Iran adalah jenis yang paling mahal, tetapi juga paling dicari. Harganya mencapai 35 ribu USD per kilogram. Disusul dengan Osetra dan Sevruga di posisi ketiga. Ada beberapa caviar versi murah yang diproduksi di Tiongkok. Mereka juga memiliki satu spesies sturgeon bernama Kaluga. Harganya lebih murah dibanding caviar produksi Rusia, Iran, dan Amerika Serikat. Telur ikan sturgeon yang dijual di pasaran berharga sekitar 100 USD per 30 gram. Namun, ada pula yang versi lebih murah yaitu 65-85 USD. 

Manfaat kesehatan 

caviar
Pexels

Harga yang mahal memang sebanding dengan manfaat yang dimiliki. Berikut daftar manfaat caviar yang bisa jadi motivasimu mencicipinya.

  • Kaya vitamin B12 yang penting untuk metabolisme tubuh dan mengatasi rasa lelah. Inilah yang membuat banyak orang percaya caviar bisa meningkatkan stamina tubuh. 
  • Mengandung lemak baik omega 3 yang cukup langka ditemukan dalam makanan. Hanya ada beberapa bahan makanan yang mengandung omega 3 seperti zaitun dan alpukat. Omega 3 dikenal baik untuk otak dan sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan janin. Lemak yang biasanya melimpah di makanan adalah omega 6 yang justru bila berlebih memicu inflamasi. 
  • Meningkatkan daya tahah tubuh karena kaya akan vitamin C, A, dan E. 
  • Menyehatkan kulit karena kaya akan omega 3 dan vitamin E
  • Kaya kalsium, sebenarnya sama seperti salmon. Ia bisa jadi alternatif sumber kalsium untuk yang ingin mengurangi produk susu sapi. 

Menarik juga caviar ini, mahal, tetapi permintaannya tinggi. Kalau memang ada rezeki, boleh sekali-kali mencobanya, Sedulur.  

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.