Mual dan muntah adalah gangguan klinis yang umum terjadi dan bisa menjangkiti segala usia. Tak peduli anak-anak dan dewasa. Bahayanya lagi muntah dan mual merupakan respon tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi sehingga bisa jadi bukan gangguan utama, melainkan gejala awal dari kondisi klinis yang lebih parah. 

Namun, memang dalam dunia medis, sebelum dilakukan penangangan atau pemeriksaan lanjutan. Mual dan muntah sebagai gejala paling kentara akan diredakan dulu dengan beberapa obat yang diresepkan dokter. Apa saja sih jenis obat muntah yang aman dikonsumsi pasien? Berikut beberapa ulasannya. 

BACA JUGA: Biduran: Pengertian, Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

Apa saja penyebab muntah?

  • Infeksi pada saluran pencernaan atau dikenal dengan istilah stomach flu. Selain rasa mual dan muntah, pengidapnya juga bisa mengalami sakit perut, diare, dan demam. Pihak yang disalahkan untuk penyakit ini adalah virus bernama norovirus dan rotavirus yang menempel pada makanan atau permukaan benda hingga masuk ke tubuh manusia. 
  • Keracunan makanan bisa terjadi bila terjadi kesalahan saat mengolah makanan. Misalnya daging yang masih mentah atau kurang matang, basi, atau menggunakan alat makan yang tidak higienis. Daging binatang liar yang tidak matang juga bisa memicu keracunan. Biasanya selain muntah, ia diiringi pula dengan sembelit atau diare, pegal, pusing, demam, menggigil, dan melilit. 
  • Mabuk perjalanan juga bisa menyebabkan muntah dan rasa pusing. Ini terjadi saat otak tidak bisa mengakses informasi yang diterima indera-indera kita seperti mata, telinga, dan tubuh secara umum. Mabuk perjalanan bisa terjadi saat tubuh terguncang hebat saat naik kendaraan atau wahana permainan. Setiap orang memiliki toleransi guncangan yang berbeda-beda sehingga pemicu pastinya juga beragam bagi tiap individu. Anak-anak, ibu hamil, pengidap masalah pada telinga dalam, pasien Parkinson’s disease memiliki risiko lebih tinggi. 
  • Kehamilan juga bisa memicu rasa sering merasa mual tapi tidak muntah. Menurut ahli hal ini terjadi karena produksi hormon gonadotropin yang diproduksi plasenta. 
  • Gagar otak pun bisa jadi penyebab muntah yang cukup umum terjadi. Biasanya muntah muncul beberapa jam setelah terjadi benturan keras di kepala. Bisa pula disertai dengan kehilangan kesadaran selama sekitar 30 menit. Durasi hilang kesadaran bisa meningkat sesuai dengan tingkat keparahan injuri. 
  • Tukak lambung dan maag juga bisa menyebabkan muntah. Namun, peluangnya kecil dan bila sudah sampai muntah, berarti kontraksi dan inflamasi pada lambung cukup parah. 
  • Usus buntu yaitu kondisi di mana usus buntu terinfeksi dan menyebabkan rasa sakit tiba-tiba di bagian perut, diare, kesulitan buang angin, hilangnya nafsu makan, demam, hingga mual dan muntah. 
  • Migrain yaitu sakit kepala di satu sisi yang bisa mengganggu aktivitas dan konsentrasi. 
  • Alergi atau efek samping obat tertentu. Untuk ini silakan ingat-ingat nama dan jenis obatnya agar bisa dikonsultasikan pada dokter dan dihindari di masa depan. 
  • Gangguan klinis serius lainnya seperti serangan jantung, gangguan pada ginjal dan liver, tumor, kanker, diabetes ketoasidosis, dan lain sebagainya. Pada kondisi ini, muntah biasanya hanya gejala penyerta untuk gejala-gejala lain yang lebih serius. 

BACA JUGA: Apa Itu Gerd Anxiety, Ini Gejala Penyebab & Cara Mengobatinya

-->

Sebagai manusia biasa, kita akan mencari pertolongan pertama dulu untuk mengatasi rasa mual dan muntah ini. Biasanya obat-obatan alami pun digunakan, seperti berikut ini. 

1. Air putih 

Pexels

Obat alami paling sering dipakai untuk obat muntah anak adalah air putih. Minumkan pada mereka saat mengalami motion sickness atau mabuk perjalanan. Ini bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah muntah. 

2. Teh tawar 

Pexels

Sedulur juga bisa memberikan teh tawar untuk seseorang yang muntah dan mual. Pastikan dalam keadaan hangat sehingga bisa memberikan kenyamanan di perut dan tubuh. 

3. Air seduhan jahe 

obat muntah
Pexels

Jahe juga dipercaya mampu memberikan rasa nyaman pada tubuh dengan cara menenangkan saraf. Ia baik pula untuk lambung dan usus terutama untuk mengurangi inflamasi tanpa memicu efek samping seperti obat-obatan kimia lain yang biasa dipakai untuk meredakan mual akibat gangguan pada lambung. 

4. Air hangat yang diberi perasan jeruk lemon

obat muntah
Pexels

 Lemon mengandung ascorbic acid atau vitamin C yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan meredakan inflamasi pada lambung. Ia bisa mencegah terjadinya muntah karena mengandung alkali yang tinggi. Alkali bersifat basa sehingga mampu menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Walau tetap mengandung asam sitrat, Sedulur bisa menguranginya dengan melarutkan air lemon dalam air putih hangat. 

5. Makanan tawar 

Pexels

Cari makanan yang kadar gula dan garamnya rendah bahkan tidak ada sama sekali sehingga bisa diberikan untuk membantu menyerap asam lambung berlebih. Sedulur bisa menggunakan biskuit atau cracker untuk bayi yang tanpa tambahan gula dan garam, pasta, telur rebus tanpa bumbu, sampai multigrain seperti oatmeal. 

6. Suplemen vitamin B6

obat muntah
Pexels

Suplemen ini biasanya diresepkan sebagai obat muntah dewasa khususnya untuk ibu hamil di trimester pertama yang sering mengalami morning sickness. Namun, pastikan hanya konsumsi 30-100 mg per hari. Jika berlebihan ia justru bisa menimbulkan komplikasi seperti detak jantung yang tidak normal, berkurangnya massa otot, hingga kesemutan. 

BACA JUGA: Fakta dan Kegunaan Obat Paratusin untuk Flu dan Batuk

Emetrol biasa dipakai sebagai dan usus seperti kasus keracunan makanan dan stomach flu yang menyebabkan muntah dan diare. Emetrol tidak disarankan dikonsumsi pengidap diabetes karena mengandung gula sehingga perlu alternatif khusus. 

8. Omeprazole 

obat muntah
Instagram @barichicky

Omeprazole adalah obat muntah lambung yang banyak dipakai dokter untuk mengatasi muntah dan mual akibat kadar asam lambung yang naik. Ia aman untuk pengidap diabetes, tetapi perlu konsultasi dokter bila seseorang punya kondisi klinis yang berkaitan dengan ginjal, liver, tulang dan HIV. Ia juga tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. 

9. Antihistamin 

obat muntah
Instagram @pascoecanada

Selama ini dikenal sebagai pereda alergi, nyatanya antihistamin juga bisa dipakai untuk menetralkan asam lambung. Biasanya ia dipakai pula dalam kandungan obat muntah di apotik yang disebabkan mabuk perjalanan. 

10. Prochlorperazine

obat muntah
Instagram @rawbtastic

Obat muntah ini biasa diresepkan dokter untuk orang yang baru saja menjalani operasi, terapi pengobatan kanker, dan pengidap gangguan kecemasan. Obat jenis ini mampu mengurangi gejala mual dan muntah. Namun, tidak disarankan untuk anak-anak dan lansia yang menderita demensia. 

BACA JUGA: Ranitidine: Kenali Pemakaian, Manfaat dan Efek Sampingnya

11. Antasida 

Instagram @farmaciasantacarolina

Antasida banyak dijual sebagai obat muntah dewasa di apotik. Ia biasa dipakai untuk meredakan gejala maag dengan cara menetralkan asam lambung. Beberapa bisa saja menggunakannya untuk mengatasi sembelit dan diare. Antasida yang dijual di pasaran biasanya ditambahkan garam mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium.

Ia mudah ditemukan di toko obat dalam bentuk tablet kunyah dan aman dikonsumsi orang dewasa di atas usia 16 tahun. Harus dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Namun, ia tidak disarankan untuk pengidap asam urat, diabetes, dan penggumpalan darah. Serta tidak disarankan untuk orang yang alergi pada aspirin dan aspartam. Bumil dan busui juga tidak boleh mengkonsumsi obat ini sembarangan.

12. Domperidone 

obat muntah
Instagram @biorika_healthcare

Domperidone bekerja dalam tubuh dengan cara mempercepat pencernaan sehingga dapat mencegah risiko begah hingga muntah pada pengidap maag dan gangguan lambung lainnya. Tergolong obat keras, ia hanya bisa diakses dengan resep dokter meski tersedia di apotek. 

13. Dimenhidrinat

Instagram @myakey_hoon

Obat muntah yang satu ini banyak dipakai untuk mengobati rasa tak nyaman saat mabuk perjalanan hingga vertigo. Obat ini dapat menyebabkan kantuk sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi saat akan berkendara atau bekerja yang butuh konsentrasi tingkat tinggi. Walau aman untuk anak-anak, ia tidak disarankan diberikan pada bayi di bawah dua tahun. 

14. Makanan yang harus dihindari

Pexels

Ada beberapa bahan makanan yang wajib dihindari dulu sampai muntah mereda. Mereka antara lain. 

  • Makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur 
  • Protein hewani seperti daging, keju, dan susu 
  • Minuman bersoda, alkohol, dan mengandung pemanis bisa meningkatkan rasa begah dan kembung

BACA JUGA: Apa Itu Disleksia: Simak Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

Cara mengatasi mual dan muntah secara alami 

Sedulur bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi makanan dan minuman di atas. Disertai dengan cara-cara berikut, yaitu. 

  • Minum dan makan sedikit demi sedikit 
  • Makan makanan yang lembut selama mual masih terasa 
  • Istirahat cukup 
  • Hentikan konsumsi obat yang memicu gejala mual dan muntah 

Kapan harus ke dokter? 

Jika pengobatan alami dan kimia ternyata belum bisa mengatasi masalah muntah dan mual Sedulur. Ada baiknya cari tahu gejala lain yang menyertai serta cek riwayat kesehatan Sedulur. Bisa jadi muntah hanyalah gejala penyerta dari gangguan serius lain seperti diabetes, jantung, liver, dan organ vital lainnya. Bila menemukan gejala berikut, ada baiknya segera mencari bantuan medis ke fasilitas kesehatan terdekat. 

  • Muntah yang berat dan terjadi cukup sering dalam beberapa jam 
  • Disertai dengan diare 
  • Terjadi dehidrasi karena tubuh terus menolak makanan dan minuman 
  • Disertai demam lebih dari 37,8 derajat 
  • Pandangan kabur 
  • Sakit kepala yang hebat 
  • Mulut kering 
  • Haus berlebih 
  • Urin yang gelap 
  • Lemas dan tidak bertenaga 
  • Sulit atau jarang buang air kecil 
  • Linglung dan kebingungan 
  • Rasa nyeri pada dada 
  • Sakit pada perut yang hebat 

Hal-hal di atas ada baiknya untuk tidak diremehkan begitu saja. Penanganan dini bisa mencegah komplikasi dan risiko kematian. 

Muntah dan mual selama ini adalah hal yang biasa saja buat kebanyakan orang. Namun, bila berlangsung cukup lama hingga mengganggu aktivitas dan disertai pula dengan gejala ikutan lainnya. Sedulur tak perlu ragu mencari pertolongan medis. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.