Manfaat vitamin A

Manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh begitu penting. Mungkin khasiat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata sudah banyak diketahui. Namun tak hanya itu saja, ternyata ada banyak manfaat vitamin A yang bisa dirasakan terutama untuk menjaga organ dan sel penting dalam tubuh.

Dalam istilah medis vitamin A juga sering disebut sebagai retinol. Retinol sendiri bisa didapatkan secara alami lewat buah-buahan atau sayuran. Selain itu, ada beberapa suplemen yang bisa menambah asupan retinol supaya tubuh tetap bugar dan sehat.

Lalu, apa saja manfaat vitamin A selain untuk menjaga kesehatan mata? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 11 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

-->

Mengenal vitamin A

Manfaat vitamin A
Jovee

Vitamin A adalah asupan nutrisi mikro yang perlu dipenuhi meskipun jumlahnya sedikit. Dalam dunia medis, vitamin A dibedakan menjadi dua jenis yakni retinol dan beta karotenoid. Keduanya merupakan enzim yang didapatkan dari vitamin A yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Retinol sendiri merupakan bentuk aktif dari vitamin A yang berasal dari produk hewani, seperti susu, keju, ikan salmon, daging merah, hati, kuning telur, minyak ikan kod, dan margarin. Dalam retinol biasanya juga dihasilkan retinyl ester.

Sedangkan beta karotenoid biasanya didapatkan dari memakan sayuran. Sumber vitamin A nabati ini biasanya berasal dari kangkung, bayam, rumput laut, wortel, paprika, dan kacang-kacangan.

Adapun kebutuhan vitamin A tiap orang itu berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan umur serta jenis kelaminnya. Berikut ini rekomendasi asupan sesuai usia:

  • Balita: 400 IU
  • Anak usia 4-9 tahun: 450-500 IU
  • Remaja dan orang dewasa: 600-650 IU
  • Ibu hamil dan menyusui: 90-950 IU

Selanjutnya mari kita bahas manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh secara lengkap. Simak ulasannya di bawah ya.

1. Mencegah kerabunan

Manfaat vitamin A
Unsplash

Ini merupakan manfaat vitamin A yang paling utama dan terkenal. Yup, vitamin A mampu untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkan seseorang dari resiko rabun. Enzim yang berasal dari vitamin A sangat diperlukan tubuh untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal saraf menuju otak.

Selain itu manfaat vitamin A untuk mata, juga datang dari kandungan beta karoten yang ada pada vitamin A. Beta karoten diketahui mampu memperlambat degenerasi mata sehingga resiko rabun senja bisa diatasi. Enzim pada retinol ini juga berfungsi untuk memelihara pigmen rhodopsin dalam retina.

2. Mencegah diabetes

Vitamin A atasi diabetes
Urbanasia

Kandungan beta karoten dalam vitamin A memang menjadi zat yang sangat istimewa. Selain mampu menjaga kesehatan mata, beta karoten bisa membantu menurunkan resiko diabetes dan penyakit janting.

Ini menjadi manfaat vitamin A bagi tubuh yang begitu penting karena penyakit seperti diabetes dan jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia.

3. Menurunkan resiko kanker

Cara mengurangi resiko kanker
CNN Indonesia

Manfaat vitamin A bagi tubuh lainnya yang tak kalah penting adalah mencegah resiko kanker. Hal dikarenakan kandungan vitamin A yang juga memiliki zat antioksidan.

Kandungan beta karoten yang berubah menjadi karotenoid juga membantu merusak pembentukan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Kanker sendiri muncul karena stress oksidatif yang begitu tinggi.

4. Membantu tumbuh kembang janin

Menjaga kesehatan janin
Banner Health

Manfaat vitamin A untuk anak bisa dirasakan sejak mereka masih dalam kandungan. Ibu hamil yang mendapat asupan vitamin A yang cukup akan memiliki janin yang kuat dan tumbuh dengan sehat.

Hal ini tak lepas dari berbagai macam enzim yang ada pada vitamin A menstimulasi janin sehingga memiliki perkembangan otot, jantung, dan otak yang baik.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat vitamin A
Freakz Appeal

Seperti berbagai vitamin lain, vitamin A juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan dari serangan penyakit. Vitamin A atau retinol akan membantu merangsang sistem imun dalam pembentukan sel B dan T yang berperang sebagai pelindung tubuh.

Dengan asupan yang tercukupi, sel-sel pelindung yang dihasilkan dari retinol ini akan melawan semua mikroorganisme jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, retinol juga berpengaruh dalam produksi sel darah putih yang memiliki fungsi melawan pathogen penyakit di dalam darah. Tidak heran orang yang kekurangan vitamin A akan lebih mudah sakit dan proses sembuhnya memakan waktu lama.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik dan Aman Konsumsi

6. Menyehatkan kulit

Vitamin untuk kulit
Verywell Health

Manfaat vitamin A untuk kulit juga tak kalah penting.Enzim yang dihasilkan vitamin ini bisa membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Menurut Journal of the American Academy of Dermatology, retinol sendiri akan membantu melakukan peremajaan kulit dan membantu tubuh agar memproses pergantian sel mati secara maksimal. Tidak heran, jika manfaat vitamin A untuk wajah begitu banyak dan penting.

7. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin a untuk tulang
Jean Hailes

Kesehatan tulang biasanya selalu berhubungan dengan kalsium. Namun, vitamin A memiliki peran penting dalam menguatkan rangka tubuh ini.

Seperti dilansir dari International Journal of Environmental Research and Public Health, para peneliti menemukan hasil bahwa resiko patah tulang lebih banyak didapat oleh orang-orang yang kekurangan vitamin A.

8. Membantu pengobatan campak

campak
Popmama

Penyakit campak merupakan penyakit berbahaya, terutama pada anak-anak karena bisa menyebabkan kematian. Campak bisa menyerang karena tubuh mengalami kekurangan vitamin A.

Tidak heran lembaga kesehatan dunia, WHO menyarankan agar pasien campak selalu diberikan suplemen vitamain A dengan dosis 200.000 IU agar bisa segera sembuh. Pasalnya, vitamin A bisa membantu menjaga kornea dan permukaan sel epitel yang menyerang pasien campak.

Hal ini juga yang menjadi manfaat vitamin A dosis tinggi karena bisa memenuhi asupan retinoid untuk pasien yang terkena campak.

9. Meningkatkan hemoglobin

Sel darah marah hemoglobin
Halodoc

Sel darah merah atau hemoglobin sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Apabila kekurangan vitamin A, tubuh akan mengalami gangguan metabolisme zat besi yang membuat produksi sel darah merah terganggu.

Hal ini dikuatkan dengan penelitian dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia yang menyebutkan bahwa anak-anak yang kekurangan vitamin A memiliki resiko besar terserang anemia.

10. Menyehatkan sel reproduksi

Marriage life
For Your Marriage

Vitamin A juga mampu membantu pasangan suami istri mendapatkan keturunan. Hal ini dikarenakan enzim vitamin A bisa menutrisi sel sperma dan sel telur agar menjadi subur.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, vitamin A perlu dilengkapi dengan asupan vitamin B, vitamin C, folat, omega 3, selenium dan zinc.

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

Resiko overdosis vitamin A

Overdosis vitamin
Lifepack

Manfaat vitamin A dosis tinggi tidak terlalu banyak, tetapi bila vitamin ini dikonsumsi secara berlebihan atau overdosis, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

Ada beberapa tanda akibat kelebihan vitamin A yang bisa dirasakan seperti berikut ini.

  • Iritasi pada kulit
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mual
  • Kerusakan hati
  • Nyeri sendi dan tulang
  • Kematian

Untuk itu, sebaiknya Sedulur selalu memperhatikan dosis dalam mengkonsumsi vitamin A. Atau bila diperlukan lakukan konsultasi dengan ahli gizi supaya bisa menghitung asupan retinoid yang tepat untuk tubuh.

Demikian penjelasan tentang manfaat vitamin A di tubuh dan berapa asupan yang baik. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur supaya tidak meremehkan asupan vitamin ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.