manfaat air

Dalam tubuh manusia setidaknya ada sekitar 60 persen kandungan air yang mengalir dari ujung kaki sampai kepala. Jadi tidak heran, manfaat air bagi keberlangsungan hidup manusia begitu penting. Misalnya untuk minum dan menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Fakta bahwa air merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh semua makhluk hidup juga terlihat dari banyaknya air di bumi. Dengan luas mencapai 510 juta kilometer persegi, sebesar 70 persennya merupakan air.

Lantas apa saja manfaat air yang bisa Sedulur rasakan? Benarkah air hanya bermanfaat untuk makhluk hidup atau juga bisa menjaga keberlangsungan lingkungan? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Manfaat air bagi manusia secara langsung

Pertama mari kita membahas manfaat air bagi kehidupan manusia secara langsung. Hal ini sendiri tidak lepas dari kadar air dalam tubuh manusia yang begitu tinggi. Bila dalam sehari saja manusia tidak memenuhi kebutuhan air untuk melakukan hidrasi, maka akan banyak masalah kesehatan yang muncul.

Begitu pentingnya air bagi tubuh pun diakui oleh para peneliti kesehatan. Salah satunya dari temuan dari Archive Fur Kriminologie, dimana manusia akan mati setelah tidak minum air selama delapan hari. Sementara jika manusia masih minum dan tidak makan, akan bertahan selama lebih dari dua minggu.

Berikut ini beberapa manfaat air bagi manusia yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh dan jadi penopang dalam segala aktivitas kehidupan.

1. Menjaga hidrasi tubuh

Manfaat air
Icy Canada

Untuk bisa menjaga kehidupan dan kebugaran tubuh, manusia wajib mengkonsumsi air setiap harinya. Bahkan, dalam sehari kebutuhan air pada manusia bisa mencapai 3 liter.

Asupan cairan ini penting untuk menjaga manusia agar tetap bisa terhidrasi selama sehari. Apalagi manusia selalu melakukan aktivitas yang mana mereka akan selalu mengeluarkan cairan. Proses pengeluaran cairan seperti ini harus diganti secara berkala agar tubuh manusia tidak lemas.

Menurut US National Center for Science and Enginering Statistic, ada dua perbedaan kebutuhan asupan air bagi manusia yang dibedakan menurut gendernya. Dimana pria membutuhkan sekitar 3,7 liter atau 125 ons air per hari. Sedangkan wanita membutuhkan 2,7 liter atau 91 ons air per hari.

2. Melumasi sendi

Manfaat air
Headtopics

Setelah kebutuhan air tercukupi, manfaat air selanjutnya adalah membantu dalam membasahi atau melumasi persendian tubuh manusia. Ini merupakan salah satu manfaat terpenting air bagi tubuh karena sendi yang jadi penghubung tulang rawan dan cakram tulang belakang terdiri dari 80 persen air.

Apabila asupan air harian tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami banyak permasalahan kesehatan seperti nyeri sendi. Masalah ini akan muncul karena sendi mengering dan tidak mampu meredam goncangan akibat pergerakan tubuh manusia.

3. Jadi dasar lendir dan liur tubuh

Manfaat air
Tripboba

Air juga menjadi sumber liur dan lendir bagi tubuh. Ini menjadi manfaat air selanjutnya karena liur dan lendir pada tubuh memiliki banyak fungsi seperti mencerna makanan, menjaga kelembapan organ vital dan mengisolasi bakteri.

Selain itu, air juga menjadi sebuah alat untuk menjaga kebersihan mulut dan mencegah kerusakan gigi.

4. Mengalirkan oksigen

Manfaat air
NRDC

Oksigen adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh agar bisa tetap hidup. Pada proses pengaliran oksigen, aliran darah yang hampir 90 persen terdiri dari air akan menjadi mesin utamanya. Bayangkan, apabila asupan air tidak tercukupi maka aliran oksigen pada tubuh juga akan tidak normal dan ini bisa berakibat fatal pada kesehatan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat air
Skinmd

Sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, maka seseorang harus mencukupi kebutuhan airnya. Hal ini karena kulit yang sehat biasanya perlu banyak asupan air agar bisa terhidrasi dan tidak kering. Dengan meminum cukup air dan membasahi kulit, maka kesehatan bagian terluar tubuh kita ini akan terjaga baik.

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

6. Melapisi otak hingga sumsum tulang belakang

Brain otak
The Washington Post

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Hal itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran. Manfaat air bagi manusia dibutuhkan sebagai pencegahan supaya kerja otak tetap terjaga.

7. Mengatur suhu tubuh

Manfaat air
The Washington Post

Manfaat air yang tak kalah penting yaitu mengatur suhu tubuh. Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, ia mendinginkan tubuh setelah olahraga.

Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu mentolerir tekanan panas.

Memiliki banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi saat berolahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek ini.

8. Menyehatkan sistem pencernaan

Water
The Washington Post

Sistem pencernaan manusia itu begitu kompleks. Namun, dibalik kompelksitas sistem tersebut selalu saja membutuhkan yang namanya air. Misalnya saja, manusia memanfaatkan air untuk berkeringat, buang kecil, dan bahkan buang air besar.

Melihat hal di atas, tentu manfaat air juga berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan manusia. Dimana air akan mengakomodir sistem pencernaan untuk membuang sampah atau zat-zat beracun yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Air juga menjadi fasilitator utama organ seperti ginjal untuk menyaring seluruh racun dan zat berbahaya bagi tubuh sehingga manusia tidak mengalami keracunan dan tetap sehat. Keberadaan air juga membantu organ tubuh agar bisa bekerja secara maksimal dan efesien.

Contohnya, air bisa mengurangi resiko penyakit batu ginjal. Selain itu, air juga membuat saluran usus tetap sehat dan bisa menyerap seluruh sari makanan dengan baik.

9. Membantu diet

Diet minum
Travel Begins

Bagi orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, biasanya para ahli gizi akan menyarankan untuk mengkonsumsi banyak air. Ternyata hal ini memang berdampak posifit dan menjadi manfaat air bagi kesuksesan diet seseorang.

Selain itu, meminum air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang.

10. Meningkatkan kinerja dalam aktivitas berat

Manfaat air
Vecteezy

Beberapa ilmuwan telah mengusulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas berat.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

BACA JUGA: Siklus Air: Pengertian, Proses, Jenis Beserta Urutannya

Manfaat air bagi manusia secara tidak langsung

Setelah mengetahui manfaat air bagi tubuh manusia secara langsung, maka selanjutnya kita akan membahas deretan manfaat air bagi kehidupan sehari-hari.

Manfaat ini meliputi banyak bidang dari sosial, ekonomi, sampai kepentingan lingkungan sekitar. Berikut ini manfaat air bagi manusia secara tidak langsung.

1. Membantu dalam urusan rumah tangga

Vecteezy
Reviewed

Berbagai kegiatan rumah tangga juga memerlukan air. Beberapa kegiatannya adalah mandi, mencuci baju, mencuci piring, dan mengepel rumah.

2. Kepentingan umum

Water
Kidadl

Dalam kegiatan sosial, manusia juga memerlukan air untuk lingkungannya. Misalnya untuk membersihkan sarana umum, hiasan kota, dan tempat rekreasi.

3. Pertanian

Manfaat air
Vecteezy

Air diperlukan untuk menyiram lahan pertanian yang ditanami berbagai sumber makanan nabati. Contohnya untuk menanam sayur-sayuran dan umbi-umbian.

Hal di atas selain menjadi manfaat air bagi tumbuhan, juga bisa membantu dalam menjaga lingkungan secara lebih luas. Keberadaan tanaman yang dikelola secara masif dan besar, bisa membantu manusia tetap mendapatkan asupan oksigen yang baik di udara.

Keberadaan air juga akan berpengaruh pada pertumbuhan pohon-pohon disekitar lingkungan pertanian dan menunjang ekosistem yang lebih sehat di sekitar manusia.

BACA JUGA: 8 Sifat Benda Cair Terlengkap Dengan Ciri dan Contohnya

4. Peternakan

Tangan basah
BBVA

Manfaat air bagi hewan tidak berbeda jauh dengan manusia. Sebagai makhluk hidup yang memiliki aktivitas fisik, maka hewan akan membutuhkan kadar air yang hampir mirip dengan manusia.

Hal ini akan bermanfaat untuk mengembangkan peternakan. Dimana air tidak hanya menjadi asupan minum ternaik, tapi juga membantu menjaga kebersihan hewan ternak yang dimiliki manusia.

5. Perikanan

Ikan Salmon
County 17

Sumber makanan hewani lainnya adalah ikan, udang, dan binatang air lainnya. Untuk membudidayakannya, maka penting untuk memiliki ketersediaan air yang cukup. Ini jadi manfaat air yang kadang tidak banyak disadari oleh orang-orang.

6. Keberlangsungan industri

Pembangkit Listrik tenaga air
The Washington Post

Manfaat air bagi lingkungan juga bisa dilihat dari adanya pemanfaatan dibidang industrial. Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah pembangkit listrik tenaga air yang menjadi sumber energi terbaharukan.

Dengan memanfaatkan air, tentu lingkungan sekitar akan lebih terjaga karena penggunaan sumber daya alam fosil yang terbatas bisa tergantikan. Selain itu pemanfaatan air di bidang industri juga mengurangi resiko polusi.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang manfaat air yang bisa dirasakan manusia pada kehidupan sehari-hari. Zat ini tak hanya penting bagi kesehatan tapi juga banyak hal penunjang manusia dalam tiap aktivitasnya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan jadi hal yang bermanfaat kedepannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!