ciri ciri benda cair

Benda yang ada di sekitar kita pasti memiliki sifat dan cirinya masing-masing. Termasuk ciri ciri benda cair. Selain cair, terdapat juga benda yang bersifat padat dan gas. Terkait dengan sifat-sifat benda adalah pengetahuan dasar yang telah diajarkan sejak di bangku pendidikan sekolah dasar.

Mungkin saja Sedulur lupa dengan pengetahuan tersebut karena telah beelalu cukup lama. Oleh karena itu, untuk menyegarkan kembali ingatan akan pengetahuan ciri-ciri benda cair, simak sifat dan ciri-cirinya yang dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian benda cair

Pengertian
kelaspintar

Benda cair merupakan salah satu bentuk dan wujud dari sebuah benda yang berupa cairan dengan sifat-sifat khusus yang unik. Hal ini membedakan benda cair dengan benda padat dan gas. Ciri benda cair sendiri bersifat tidak tetap karena molekul penyusunnya bergerak dengan bebas dan terus menerus berubah mengikuti wujud dan bentuk wadahnya.

Benda cair mempunyai ciri khusus yaitu fleksibel dan akan mengikuti bentuk wujud dari wadahnya.

-->

Untuk setiap ciri ciri benda padat cair dan gas memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Ketiganya juga dapat berubah bentuk dengan beberapa tahapan dan syarat yang harus terpenuhi.

Lantas apa saja yang menjadi ciri-ciri benda cair dan contohnya? Langsung saja kita simak ulasannya di sini!

BACA JUGA: 8 Sifat Benda Gas Terlengkap, Pengertian, Ciri & Contohnya

1. Bentuknya dapat berubah mengikuti wadahnya

Bentuk
ngertiaja

Ciri yang pertama adalah dapat berubah mengikuti bentuk wadahya. Hal ini disebabkan oleh sifat molekul cairan yang tidak rapat dan tidak padat, melainkan merenggang dan memudahkannya bergerak bebas menyesuaikan bentuk wadahnya dipengaruhi tekanan.

Untuk membuktikan hal ini sangat mudah. Sedulur tinggal memasukkan air kedalam gelas. Kemudian pindahkan air ke dalam mangkuk. Bentuk dari air tersebut akan selalu mengikuti gelas dan mangkuk.

2. Menempati ruang

ciri-ciri benda cair
alvianiesme

Sifat dan ciri ciri benda cair yang kedua adalah selalu menempati ruang. Untuk mengetahui bentuk benda cair maka kita harus memberi ruang untuk benda cair tersebut agar tidak meresap ke segala arah. Hal ini menunjukan bahwa benda cair selalu membutuhkan wadah atau ruang untuk mempertahankan massanya dalam kondisi tertentu.

Jika benda cair tidak dalam ruang atau wadah maka benda cair itu akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah atau meresap ke segala arah. Hal ini akan menghilangkan massanya. 

3. Mempunyai massa

benda cair mempunyai ciri khusus yaitu
detik

Ciri ciri benda cair selanjutnya yaitu mempunyai massa. Namun, massa atau berat benda cair selalu mengikuti bentuk material yang ada di dalam cairan tersebut dan tekanan kerapatan dari molekul cairan tersebut.

Massa benda cair biasanya menggunakan ukuran cc, milliliter, liter, dan sejenisnya. Untuk menghitung massa benda cair tentu harus dilepaskan dari ruang yang menempatinya atau wadahnya yang biasanya berasal dari benda padat yang juga memiliki massa tersendiri. Biasanya untuk mengukur massa cairan bisa melalui ukuran di dalam wadahnya sehingga massa wadahnya tidak terhitung. 

4. Mengalir ke tempat yang lebih rendah

Mengalir
idntimes

Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah merupakan ciri ciri benda cair. Ciri-ciri ini adalah konsekuensi dari benda cair yang selalu bergerak bebas jika berada di dalam ruang atau tempat yang tidak datar. Bergeraknya benda cair selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Hal ini disebabkan oleh benda cair yang memiliki tekanan dan harus menyesuaikan dengan gravitasi bumi yang membuat bendanya selalu menuju ke tempat yang lebih rendah. Sedulur bisa melihat sifat ini dari sebuah sungai yang selalu mengalir dari hulu yang lebih tinggi di pegunungan ke hilir di tempat rendah yang mendekati lautan.

BACA JUGA: 20 Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa, Jarang Diketahui!

5. Dapat melarutkan zat tertentu

melarutkan
mommyasia

Sifat dan ciri ciri benda cair kelima adalah dapat melarutkan suatu zat tertentu. Ini merupakan sifat yang hanya dimiliki oleh benda-benda cair. Ketika benda cair melarutkan zat tertentu, terdapat beberapa gejala perubahan yang dialami oleh benda cair tersebut. Seperit perubahan warna, rasa dan mengeluarkan aroma tertentu.

Sifat ini bisa dibuktikan sendiri. Kamu bisa mengambil air panas atau air hangat kemudian larutkan gula dan aduk. Dalam air tersebut terjadi perubahan rasa. Air akan menjadi manis karena pengaruh dari zat gula namun tidak ada gejala perubahan warna dan perubahan aroma.

6. Dapat meresap melalui celah-celah

ciri ciri benda padat cair dan gas
satuharapan

Yang menjadi ciri ciri benda cair selanjutnya adalah dapat meresap melalui celah-celah. Ini merupakan kelebihan dari benda cair yang memiliki sifat harus menepati ruang dan wadah tertentu. Jika benda cair berada dalam wadah yang memiliki celah dan pori-pori, benda tersebut akan meresap dan memasuki celah dan pori-pori tersebut.

Celah kecil tersebut tetap membuat ruang-ruang yang akan membuat benda cair tertekan ke dalamnya. Sedulur bisa membuktikan sifat benda cair ini saat menyiram tanaman. Air akan terserap ke dalam tanah karena material tanah yang memiliki rongga atau material yang tidak rapat sehingga air akan terserap ke dalamnya. 

7. Menekan ke segala arah

ciri benda cair
suara

Ciri ciri benda cair ini berkaitan dengan sifatnya yang membutuhkan ruang dan selalu mengikuti bentuk dari wadahnya. Sedulur bisa membuktikan ciri-ciri ini dengan menggoyang-goyangkan air dalam wadah maka air akan bergerak pula memberikan tekanan pada wadah tersebut.

Atau saat Sedulur mengocok cairan di dalam botol maka juga akan menghasilkan tekanan dalam wadahnya. Tekanan tersebut menuju kesegala arah karena sifat benda cair yang bergerak bebas.

8. Permukaan benda cair yang selalu datar

ciri-ciri benda cair dan contohnya
grid.id

Ciri ciri benda cair yang terakhir adalah permukaannya yang selalu datar dalam kondisi diam, hal tersebut dikarenakan tekanan dari benda cair untuk membentuk sesuai wadahnya. Jadi bagaimanapun bentuk wadahnya, permukaan benda cair pasti akan selalu datar.

Sedulur bisa membuktikan sifat ini pada benda cair saat meletakan air dalam baskom yang cekung. Permukaan air dalam baskom tersebut tetap datar, tidak mungkin ikut melengkung atau bergelombang.

BACA JUGA: 6 Sifat Benda Padat dengan Pengertian, Ciri & Contohnya

Perubahan wujud benda cair

Perubahan wujud
grid.id

Benda cair, padat dan gas dapat mengalami beberapa perubahan wujud. Untuk benda cair sendiri dapat mengalami beberapa perubahan wujud. Perubahan wujud tersebut mencakup:

  • Membeku: perubahan yang terjadi dari benda cair menjadi padat
  • Menyublim: perubahan yang terjadi dari benda cair menjadi gas tanpa perlu menjadi cair terlebih dahulu
  • Mengembun: perubahan yang terjadi dari benda gas menjadi cair
  • Mencair: perubahan yang terjadi dari benda padat menjadi cari
  • Menguap: perubahan yang terjadi benda cari menjadi uap panas

Sekian pembahasan mengenai sifat dan ciri ciri benda cair. Semoga bisa menyegarkan kembali ingatan Sedulur terkait bagaimana beberapa jenis benda bekerja. Wajar belaka jika Sedulur sudah melakukan sifat dari benda cair, pasalnya hal tersebut merupakan pengetahuan yang sudah lama Sedulur terima.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.