makanan kelinci

Kelinci merupakan hewan peliharaan yang kerap diternak. Demi kelancaran ternak kelinci, pemelihara harus memberikan makanan kelinci yang tepat. Sebagaimana umumnya mahluk hidup, kelinci juga membutuhkan makan agar dapat bertahan hidup dan mendapatkan tumbuh kembang.

Terdapat beberapa makanan kelinci bergizi yang bisa didapat dengan mudah. Kelinci sendiri merupakan hewan herbivora yang menyukai tumbuh-tumbuhan untuk dimakan. Namun, perlu Sedulur ketahui, tidak semua tumbuhan dapat dimakan oleh kelinci.

Berikut ini daftar makanan kelinci yang sehat dan bergizi, serta bisa Sedulur dapatkan dengan mudah untuk diberikan kepada kelinci peliharaan di rumah. Yuk, mari langsung cek daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Makanan Anak Kucing Umur Satu Bulan yang Aman Diberikan

1. Rerumputan

makanan kelinci
pertanianku

Makanan kelinci yang pertama adalah rerumputan. Ini juga merupakan jenis tumbuhan yang sangat mudah Sedulur dapatkan. Rumput adalah jenis pakan kelinci yang kaya serat dan baik untuk kebutuhan nutrisi kelinci. Terutama ketika kelinci dalam keadaan mengandung atau menyusui.

Terdapat beberapa jenis rumput yang baik untuk dikonsumsi oleh kelinci. Pertama adalah rumput alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, rumput kering atau jerami. Semua jenis rumput tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan mudah, karena biasa diperjualbelikan sebagai pakan kelinci oleh beberapa penjual pakan hewan.

Satu hal yang tidak boleh Sedulur lupakan yaitu memastikan setiap rumput bebas dari pestisida. Karena setiap jenis tumbuhan yang mengandung pestisida menjadi makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Pestisida mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

2. Kangkung

keluyuran

Jika bertanya apa makanan kelinci yang paling disukai? Jawabannya adalah kangkung. Memberikan kelinci sayuran merupakan opsi tepat untuk memenuhi asupan nutrisinya. Sayur kangkung menjadi makanan yang baik untuk kelinci. Meski demikian, Sedulur jangan memberikan sayur kangkung terus-menerus, ya. Berilah variasi sayuran lain untuk dikonsumsi kelinci agar pola makannya tetap terjaga.

3. Seledri

makanan kelinci
petlovers

Jenis makanan kelinci lainnya adalah seledri. Sedulur dapat menambahkan seledri dalam menu makanan wajib untuk kelinci kesayangan. Seledri merupakan tumbuhan yang kaya akan vitamin dan nutrisi, sehingga dapat membuat kelinci Sedulur tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Sedulur mungkin menyukai seledri karena aroma wangi dan daunnya yang lembut dapat membuat makanan yang disantap menjadi nikmat. Nah, berbeda dengan kelinci, ia lebih menyukai batang seledri karena teksturnya renyah dan mudah dikunyah oleh gigi kelinci.

4. Selada

bukalapak

Salah satu makanan kelinci agar cepat besar yaitu selada. Kandungan sayuran ini kaya akan mineral, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya. Selada memiliki tekstur renyah dan aroma yang menyegarkan. Itulah yang membuat kelinci sangat lahap saat menyantap selada.

Bukan hanya kelinci, banyak di antara Sedulur yang mungkin juga menyukai sayuran ini. Selada dapat menjadi lalapan yang sangat nikmat karena dapat menyempurnakan menu makanan, terutama hidangan yang menggunakan sambal dan ikan asin. Bahkan, belakangan ini, selada menjadi sangat populer karena kerap muncul di drama Korea sebagai penyempurna santapan makanan.

5. Kol/kubis

makanan kelinci
petlovers

Jika ditanya apa saja makanan kelinci? Asupan utama bagi kelinci adalah sayur-sayuran, tentu saja. Selain rumput, kangkung, seledri, dan selada, Sedulur juga bisa memberikan sayur kol untuk kelinci. Baik kol berwarna putih atau kol berwarna ungu. Lagi-lagi, hal yang membuat kelinci menyukai kol karena teksturnya yang renyah.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pakan favorit dari kelinci adalah sayuran yang bertekstur renyah. Selain renyah, kol juga terkenal dengan kandungan serat tinggi yang dapat memberikan asupan nutrisi bagi kelinci. Jangankan kelinci, manusia pun menyukai sayuran satu ini.

BACA JUGA: 13 Pilihan Makanan Ikan Cupang agar Cepat Besar & Sehat

6. Brokoli

keluyuran

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan kelinci yang bagus. Kandungan dari brokoli kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan kelinci. Selain itu, brokoli juga mengandung serat tinggi, yang berfungsi membantu sistem pencernaan kelinci terjaga.

Namun, sayuran ini memiliki harga yang cukup mahal jika sekadar dijadikan sebagai pakan kelinci. Lebih ideal apabila dimakan sebagai asupan gizi Sedulur sehari-hari. Tidak perlu Sedulur berikan brokoli sebagai pakan utama, Sedulur bisa mencampur brokoli dengan sayuran lain untuk memenuhi asupan gizi kelinci.

7. Tomat

makanan kelinci
petlovers

Tomat merupakan jenis makanan yang baik untuk kelinci. Hal tersebut karena tomat sangat kaya antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh kelinci agar tidak mudah terkena penyakit. Tomat disarankan diberikan kepada kelinci yang masih kecil karena dapat berfungsi mengoptimalkan imunitas tubuh kelinci dengan baik.

8. Wortel

bukalapak

Ini adalah sayuran yang sangat identik dengan kelinci. Dalam film kartun, Sedulur pasti sering melihat penggambaran tokoh hewan kelinci selalu membawa wortel kemana pun mereka pergi. Lagi-lagi, hal yang membuat kelinci menyukai wortel yaitu teksturnya renyah dan rasanya manis. Sedulur pasti sangat paham akan jenis pangan satu ini.

9. Ubi jalar

makanan kelinci
kioshewan

Umbi-umbian merupakan makanan yang sangat disarankan dikonsumsi oleh kelinci. Selain wortel, jenis umbi yang cocok diberikan kepada kelinci adalah ubi jalar. Kandungan serat dan vitamin serta mineral yang tinggi dapat membuat kebutuhan nutrisi harian kelinci terpenuhi secara maksimal.

10. Jagung

kompas

Jagung menjadi salah satu makanan favorit kelinci. Kandungan nutrisi yang tinggi dari jagung sangat dibutuhkan kelinci. Selain itu, tekstur jagung juga sangat unik, lembut namun renyah sekaligus. Hal tersebut yang membuat kelinci begitu menyukai jenis biji-bijian ini.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

11. Kacang atau biji-bijian

makanan kelinci
floradanfauna

Selain jagung, Sedulur juga bisa memberikan biji-bijian lainnya. Biji-bijian dikenal mengandung kadar kalori tinggi dengan asupan nutrisi yang cukup untuk kelinci kesayangan. Enggak cuma biji-bijian, berbagai jenis kacang pun cocok dimakan kelinci. Contohnya, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai. Tekstur kacang yang renyah akan membuat kelinci Sedulur lahap saat mengunyahnya.

12. Buah apel

tokopedia

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kelinci, Sedulur bisa memberikannya buah-buahan. Sama seperti sayuran, kadar nutrisi, vitamin, dan serat dari buah-buahan sangat tinggi. Hal ini membuat buah-buahan ideal menjadi makanan kelinci agar cepat besar dan sehat.

Salah satu buah-buahan yang disukai kelinci adalah buah apel. Kandungan gula alami dan tekstur yang renyah serta lembut dari buah apel membuat kelinci sangat menyukai buah ini. Namun, jika Sedulur merasa buah apel memiliki harga yang cukup mahal untuk menjadi pakan kelinci, lebih baik tidak menjadikannya sebagai pakan utama. Sedulur bisa mencampurnya dengan jenis pakan kelinci lainnya seperti kangkung, wortel, atau tomat.

13. Buah pepaya

makanan kelinci
tokopedia

Buah selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai makanan kelinci adalah pepaya. Pepaya merupakan salah satu buah yang disukai kelinci. Memiliki kadar serat dan kandungan air tinggi membuat buah pepaya bermanfaat menjaga pencernaan kelinci tetap sehat. Namun, Sedulur tidak boleh memberikan pepaya kepada kelinci secara berlebihan. Hal tersebut justru dapat membuat kelinci menceret dan mengalami gangguan pencernaan. Tentunya Sedulur enggak mau hal itu terjadi, ‘kan?

14. Pelet khusus kelinci

industrikelinci

Jika Sedulur tidak sempat menyiapkan daftar makanan kelinci di atas, Sedulur bisa memberikan pelet khusus kelinci. Pakan ini cocok diberikan, terutama apabila Sedulur tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk memberi makan kelinci. Banyak toko pakan hewan yang menjual pelet khusus kelinci dengan nutrisi lengkap sesuai kebutuhan kelinci. Meski demikian, konsumsi pelet juga tidak boleh berlebihan. Sedulur tetap harus menjaga keseimbangan pola makan kelinci melalui sayur-sayuran atau buah-buahan.

Setelah mengetahui apa saja makanan kelinci yang dapat memengaruhi pertumbuhannya, Sedulur juga wajib mengenali daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Sedulur bisa simak daftarnya di bawah ini.

  1. Biji buah seperti biji apel, biji aprikot, persik, dan plum tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Jadi ketika Sedulur hendak memberikan kelinci buah-buahan tersebut, pastikan bijinya sudah terlebih dahulu dibuang. Sebab dalam biji buah tersebut mengandung sianida yang berbahaya untuk kelinci.
  2. Daun kentang. Kelinci memang boleh diberi makan kangkung, namun lain halnya dengan daun kentang. Daun ini diketahui bisa menyebabkan kelinci mengalami keracunan sehingga harus dihindari.
  3. Selada iceberg. Tidak semua jenis selada bisa dikonsumsi hewan ini. Selada iceberg memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan kelinci mengalami diare bahkan kematian.
  4. Bawang-bawangan. Kelinci juga tidak diperkenankan mengonsumsi bawang-bawangan seperti bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah. Bumbu masakan ini bisa menyebabkan kelinci mengalami anemia hemolitik atau kehilangan sel darah merah.
  5. Cokelat. Makanan manis ini juga tidak boleh dikonsumsi kelinci. Hal ini karena cokelat mengandung teobromon dan kafein yang berbahaya untuk kesehatan kelinci.
  6. Biskuit. Selain cokelat, makanan manis lainnya yang dilarang dikonsumsi kelinci yaitu biskuit. Makanan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sekian daftar makanan yang dapat diberikan untuk kelinci. Sudah siap memberikannya pada kelinci kesayangan Sedulur? Jangan lupa memberikan asupan makanan secara rutin, ya. Berilah sumber makanan yang segar dan berkualitas agar kebutuhan nutrisi kelinci tetap terjaga dengan baik serta tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.