Makanan ikan cupang agar cepat besar ternyata tidak boleh sembarangan lho Sedulur. Makanan tersebut harus memiliki kandungan gizi yang baik dan berguna buat tumbuh kembang si ikan cupang. Sebenarnya untuk mencari makanan ikan cupang  bisa kamu cari di toko-toko ikan atau peternak ikan cupang.

Perlu diketahui Sedulur, dalam merawat ikan cupang  ternyata  tidak mudah. Apalagi untuk membentuk warna tubuh ikan yang bagus serta tubuh yang sehat. Di kalangan para peternak cupang atau breeder, pemilihan pakan untuk makanan ikan cupang agar cepat besar ternyata ada aturannya sendiri. Hal ini akan mempengaruhi harga jual pada ikan cupang tersebut.

Nah, dari pada penasaran apa saja makanan ikan cupang agar cepat besar, berikut ulasan lengkap yang berhasil dihimpun oleh tim Aplikasi Super dan dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA : 8 Aplikasi Edit Nama Terbaik di Android, 100% Gratis!

13 Makanan Ikan Cupang Terbaik

1. Jentik nyamuk

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
merahputih

Jentik nyamuk selalu identik menjadi pemicu utama munculnya penyakit malaria. Namun, tunggu dulu Sedulur. Ternyata jentik-jentik nyamuk ini juga berguna sekali sebagai pakan ikan cupang lho. Biasanya hewan ini kita temui diberbagai kubangan air yang tenang, dan apabila sudah terlihat semacam hewan kecil mungil bergerak kesana kemari maka sudah dipastikan itu adalah jentik nyamuk.

Apabila kamu memberikan ikan cupangmu dengan pakan ini, maka berbahagialah. Sebab, jentik nyamuk bisa dijadikan sumber makanan ikan cupang agar cepat  besar lho Sedulur. Jadi, kamu tidak harus menggunakan pelet ikan cupang buat ikan kesayanganmu ini.

2. Cacing darah

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
gdmorganik

Buat kamu yang sedang beternak ikan cupang, makanan yang satu ini mungkin wajib dicoba. Ya, cacing darah ternyata bisa menjadi sumber protein atau makanan ikan cupang kamu lho. Biasanya dikalangan peternak cupang atau kerap diistilahkan sebagai  breeder, sering menggunakan pakan ini untuk pakan ikan cupang mereka.

Sedulur bisa mencari pakan ikan cupang ini di toko-toko ikan. Biasanya para penjual mengemasnya dalam bentuk beku atau biasa dinamakan Bloodworm. Meski demikian, tingkat kandungan gizi pada cacing darah kurang begitu tinggi. Namun, tetap cacing bisa menjadi makanan ikan cupang mu.

3. Cacing sutra

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
99co

Setelah tadi membahas mengenai cacing darah yang memiliki warna merah menyala, maka selanjutnya ada cacing sutra. Untuk mendapatkan makanan ikan cupang ini, kamu harus bersusah payah mencarinya di saluran air yang kotor atau semacam got.  Namun, apabila merasa kurang nyaman mencarinya di saluran air, bisa membeli pakan ikan cupang ini di pasaran atau toko ikan hias.

BACA JUGA : 12 Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru 2022 Untuk HP & PC

4. Microworms

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
IndiaMart

Pilihan selanjutnya buat pakan ikan cupang kamu adalah dengan memberikan microworm. Mengapa disebut dengan microworms, karena cacing ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan ternyata  sangat bagus dijadikan makanan ikan cupang kamu lho Sedulur. Apalagi buat yang sedang beternak jenis ikan cupang.

Microworms juga sangat bagus dijadikan sebagai makanan burayak ikan cupang agar cepat besar. Buat kamu yang ingin membudidayakan Microworm sebagai makanan buat ikan khususnya  cupang ternyata tidak sulit. Sedulur cukup membeli Microworms di pedagang ikan hias lalu selanjutnya adalah meletakkanya di dalam toples.

Jangan lupa juga Sedulur harus memberikan potongan roti tawar yang harus dijadikan remah-remah dan biarkanlah sampai microworms dapat berkembang biak dengan baik dan secara mandiri. Apabila berhasil, bisa dijadikan sebagai makanan ikan cupang kamu.

5. Kutu air

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
99co

Kutir atau kutu air ternyata bisa juga  lho dijadikan sebagai makanan ikan cupang kamu. Jadi, kamu tidak hanya menggunakan jenis microworm saja. Kandungan nutrisi pada hewan kecil ini ternyata sangat baik untuk menjaga daya tahan anak ikan cupang yang sedang kamu ternakan lho Sedulur.

Meski demikian, kandungan lemak pada hewan yang satu ini sangat rendah. Sehingga kamu harus menyiasatinya dengan mengkombinasian pakan dari kutu air dengan pakan ikan lain. Dua hal ini sebenarnya bisa dijadika sebagai makanan burayak ikan cupang agar cepat besar. Buat kamu yang sedang beternk ikan cupang, bisa mencari pakan kutu air ini di tingkat penjual ikan hias.

Jadi, kamu tidak perlu susah-susah lagi mencari di sawah atau gorong-gorong. Bahkan saat ini, sudah banyak yang mencoba untuk menangkarkan kutir, sehingga akan jauh lebih mudah buat kamu memilih pakan ini sebagai makanan ikan cupang.

BACA JUGA : 14 Handbody pemutih Terbaik Untuk Kulit Cerah & Halus

6. Kuning telur

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
tempo

Makanan ikan cupang selanjutnya yang bisa kamu adalah kuning telur. Kuning telur mengandung protein yang sangat baik buat tumbuh kembang ikan cupang kamu Sedulur. Bilamana kamu menjadikan kuning telur sebagai makanan ikan cupang agar cepat besar, maka kamu harus merebus telur tersebut hingga matang.

Apabila sudah matang secara sempurna, kamu bisa mengambil bagian pada kuning telurnya  saja untuk dijadikan makanan ikan cupang. Namun, ketika ingin memberikan pakan ke ikan cupang, pastikan dengan takaran yang terlalu banyak. Mengapa harus demikian, supaya kandang atau airnya tidak keruh dan hanya akan membuat ikan cupang kamu bisa mabuk. Jadi pastikan takaran sesuai.

Berikan makanan kuning telur ini untuk pakan ikan cupang kamu sebanyak dua kali pagi dan sore hari. Supaya kesehatan ikan cupangmu tetap terjaga atau terawat dengan baik.

7. Burayak guppy

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
lezelblog

Mungkin kesannya sedikit kanibal ya Sedulur. Namun, anakan ikan hias guppy memang bisa dijadikan sebagai makanan ikan cupang kamu Sedulur. Ya guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat cepat dalam perkembang biakannya. Bahkan, ketika  kamu tempatkan di aquarium saja, sepasang atau lebih, akan menghasilkan puluhan atau ratusan burayak guppy.

Burayak guppy ternyata sangat populer untuk dijadikan sebagai pakan ikan cupang giant atau jenis ikan cupang dewasa lho Sedulur. Mengapa demikian, karena ada kandungan nutrisi yang tersimpan pada burayak guppy ini. Sehingga sangat bagus dijadikan makanan ikan cupang agar cepat besar khususnya buat jenis giant.

BACA JUGA : 17 Rekomendasi Pilihan Pensil Alis yang Bagus

8. Lalat

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
ruparupa

Makanan ikan cupang yang bisa kamu pakai adalah lalat. Mungkin banyak orang beranggapan, jika lalat memang sangat menjijikan, namun dibalik semuanya ternyata menyimpan nutrisi yang baik buat ikan cupang kamu. Cara memberikannya  harus hati-hati sedulur, sebab ikan cupang bisa mabuk, jika terlalu banyak memberikan lalat ini.

Pastikan sebelum dijadikan sebagai pakan ikan cupang mu, lalat harus dihilangkan pada bagian kepalanya. Baru selanjutnya kamu berikan kepada ikan cupang kamu ya Sedulur. Tetap sesuaikan dengan porsinya.

9. Artemia

"	 Ini Makanan Ikan Cupang Agar Tetap Sehat "
wikipedia

Makanan ikan cupang selanjutnya  yang bisa kamu berikan adalah dengan hewan kecil bernama artemia. Artemia merupakan sejenis udang kecil yang hidup di laut dan biasa juga dikenal dengan nnama brine shrimp. Ukuranya sangat kecil dan kandungan nutrisinya sangat tinggi, sehingga membuatnya kerap dijadikan sebagai pakan salah satunya adalah pakan ikan cupang.

Kamu juga harus tahu kandungan protein yang ada dalam artemia ini sangat baik dan bisa dijadikan makanan ikan cupang agar cepat besar. Namun, pastikan Sedulur membilasnya  terlebih dahulu artemia ini supaya kadar garamnya bisa sedikit lebih berkurang. Supaya tidak menganggu dalam keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi ikan cupang.

Jadi, buat kamu yang sedang mencari makanan ikan khususnya jenis ikan cupang, maka tidak ada salahnya untuk memberikan hewan ini ke ikan cupang kamu. Bahkan kamu juga bisa menangkarkan artemia ini, dengan membeli bibit atau benih artemia di toko ikan hias,

10. Vinegar eel

blitarbettafish

Selanjutnya cara agar burayak ikan cupang cepat besar bisa memberikan vinegar eel. Vinegar eel adalah semacam hewan yang mirip seperti  belut namun ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan belut-belut padaa umumnya. Bahkan saking mininya vinegar eel ini, sangat  sulit untuk dilihat dengan menggunakan mata telanjang lho Sedulur.

Makanan alami untuk jenis ikan cupang ini memang sangat cocok untuk menjadi salah satu asupan bernutrisi yang tinggi buat burayak kamu, apabila kamu sedang belajar  tentang cara merawat ikan cupang bagi pemula.

BACA JUGA : 19 Variasi Pagar Tembok Paling Diminati & Super Aman!

11. Infusoria

infoikan

Makanan ikan jenis cupang selanjutnya bisa kamu berikan dengan infusoria. Infusoria merupakan makanan untuk ikan cupang alami kamu karena saat ini sedang tren atau naik daun. Binatang ini merupakan jenis hewan invertebrata kecil yang di hidup di air.  Jadi sangat bagus untuk pakan ikan khususnya cupang.

Infusoria juga bisa menjadi makanan burayak ikan cupang agar cepat besar. Untuk mendapatkan infusoria sebagai makanan ikan cupang, kamu harus mencoba beternak sendiri lho  Sedulur.

Sedulur bisa membudidayakann sendiri di rumah dengan cara menggunakan kol atau sawi dan biarkan membusuk di dalam air.  Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu kol atau sawi direbus dan diperas hingga mendapatkan sarinya. Lalu campurkan sari ini ke dalam toples bersama air dari akuarium serta ampas dari kol dan sawi yang telah diperas.

Apabila sudah kamu diamkan, selama tiga hari di tempat teduh, maka akan muncul hewan-hewan kecil yang  berwarna keputihan yang merupakan infusoria. Dan selanjutnya kamu harus segera berikan infusoria ini ke cupangmu, karena hanya bisa bertahan selama seminggu.

12. Spirulina

tirto

Spirulina ternyata bisa juga  dijadikan sebagai makanan ikan cupang. Spirulina  adalah sejenis algae hijau kebiruan yang dapat dijadikan makanan agar ikan cupang cepat besar dan berwarna

BACA JUGA : Profil & Kumpulan Puisi Chairil Anwar, Pelopor Puisi Indonesia

13. Pelet ikan cupang

ikanesia

Makanan terakhir yang bisa kamu berikan sebagai pakan ikan cupang adalah pelet. Ya, pelet bisa kamu dapatkan di toko-toko ikan hias dan biasanya mereka menjual dengan kisaran Rp 2000 bahkan ada pula yang dijual dengan harga Rp 5000.

Demikian penjelasan mengenai makanan ikan cupang. Semoga rekomendasi makanan ini  bisa membantu Sedulur yang sedang beternak ikan cupang, lalu bisa dijadikan rekomendasi untuk pakan burayak ikan cupang umur 3 hari bahkan makanan ikan cupang agar cepat bertelur.