Sedulur punya hewan peliharaan? Sudah tahukah bahwa hewan peliharaan dapat memberikan manfaat? Jika belum, simak penjelasannya di bawah ini.

Sebagian masyarakat memilih untuk memelihara hewan di rumahnya. Baik itu, kucing, anjing, atau rekomendasi hewan peliharaan. Ternyata, bukan hanya sebagai hobi dan kesenangan saja, terdapat manfaat hewan peliharaan yang bisa Sedulur rasakan.

Pertanyaan mengapa hewan perlu dirawat dan dipelihara mungkin akan terjawab sekaligus bersamaan dengan penjelasan mengenai manfaat memelihara hewan di bawah ini. Meskipun, perlu diakui, Sedulur memerlukan biaya lebih untuk perawatan hewan peliharaan dalam merawat hewan peliharaan.

Hal tersebut tentu bukan menjadi persoalan, jika ternyata hewan peliharaan lucu atau hewan imut untuk dipelihara dapat memberikan manfaat bagi Sedulur. Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan mengenai manfaat hewan peliharaan yang mungkin Sedulur belum tahu.

Baca Juga: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

Daftar Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan bagi Sedulur Super!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
tribunnews.com

Manfaat memelihara hewan peliharaan yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dijelaskan berdasarkan banyak penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan. Memiliki peliharaan hewan di rumah dapat menurunkan risiko kemungkinan anak-anak menderita alergi tertentu.

Hal tersebut disebabkan dengan sistem kekebalan tubuh anak yang sudah terbiasa dengan hewan peliharaan. Sistem kekebalan tubuh akan berkembang dan tumbuh menjadi semakin kuat karena kebiasaan memelihara hewan di rumah.

2. Menghilangkan Stress dan Depresi

2. Menghilangkan Stress dan Depresi
naturalhoney.co.id

Salah satu kelebihan memiliki hewan peliharaan adalah dapat memperbaiki suasana hati atau mood. Hal tersebut juga dapat membuat Sedulur lebih rileks dan lebih tenang. Setiap pemilik hewan akan mengalami kemungkinan lebih kecil untuk depresi dan stress, dibanding yang tidak memelihara hewan.

Hal tersebut dikarenakan hewan peliharaan dianggap sebagai perangsang yang baik untuk meningkatkan suasana hati dan juga sekaligus bisa menghilangkan rasa kesepian.

3. Menurunkan Tekanan Darah

3. Menurunkan Tekanan Darah
fimela.com

Memelihara hewan juga dapat berpotensi untuk mengurangi tekanan darah, terutama bagi Sedulur yang memang memiliki hipertensi yang berisiko tinggi. Jika ingin sembuh dan memiliki tekanan darah normal, Sedulur bisa mencoba untuk memelihara hewan. Hal tersebut dikarenakan hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan darah yang dialami dengan memperbaiki suasana hati.

4. Membuat Jantung Lebih Sehat

4. Membuat Jantung Lebih Sehat
mediaindonesia.com

Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan dan sebagai penyebab utama kematian. Jika Sedulur ingin memiliki jantung yang sehat, Sedulur bisa mencoba untuk memelihara hewan. Terutama hewan seperti anjing yang perlu Sedulur ajak bermain setiap satu hari sekali.

Kebiasaan membawa anjing untuk berolahraga dan berjalan-jalan dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat. Selain itu, anjing juga merupakan hewan yang atraktif yang dapat secara aktif diajak bergerak bersama. Sedulur bisa mencoba untuk berjoging bersama dengan anjing peliharaan Sedulur, yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Manfaat Infused Water

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
merahputih.com

Manfaat satu ini tentu saja dapat dirasakan bagi yang memiliki hewan peliharaan aktif bergerak, seperti contohnya anjing. Banyak yang memilih untuk memelihara anjing dikarenakan anjing dapat membuat suasana hati pemiliknya menjadi lebih baik. Selain itu, anjing juga seringkali meminta untuk diajak berolahraga.

Hal ini akan secara efektif mendorong kita sebagai pemilik hewan peliharaan untuk bergerak dan berolahraga. Tentu saja hal tersebut akan sangat berdampak positif pada penurunan berat badan.

6. Membantu Terapi dan Rehabilitas Penyakit

6. Membantu Terapi dan Rehabilitas Penyakit
detik.com

Memelihara hewan juga dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan terapi dalam proses rehabilitasi, hal tersebut dikarenakan hewan dapat dianggap sebagai jenis pendorong yang dapat mendorong kontak antar pribadi, mobilitas, dan sosialisasi pasien pada masa rehabilitas.

Selain itu juga, hewan peliharaan dapat meningkatkan interaksi antara pasien yang menderita kesepian saat masa rehabilitasi dan juga akan dapat menguatkan pasien yang mengalami cacat fisik. Risiko kematian pun akan terhindar dan pasien pun akan lebih mudah melakukan terapi dan menyelesaikan masa rehabilitas.

7. Membantu Anak Berkembang

7. Membantu Anak Berkembang
tribunnews.com

Manfaat selanjutnya memiliki hewan peliharaan adalah dapat membantu anak-anak berkembang dan berproses. Pelajaran tentang simpati, empati, rasa kasih sayang dan tanggung jawab, akan tumbuh dalam masa perkembangan anak yang memiliki hewan peliharaan.

Hal tersebut karena ketika anak-anak bermain dengan hewan peliharaan akan meningkatkan imajinasi serta rasa ingin tahu. Selain itu, ikatan hubungan antara seorang anak dengan hewan peliharaan dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk mengekspresikan perasaan membuat anak menjadi lebih ekspresif.

Banyak anak-anak yang kesulitan untuk bersosialisasi dan memilih untuk berdiam diri sendiri. Untuk mencegah anak memiliki karakter penyendiri dan pendiam, Sedulur bisa mencoba untuk memelihara hewan dan biarkan anak bermain dengan hewan tersebut. Amati langsung perubahannya.

8. Dapat Membantu Anak Penderita Autisme

8. Dapat Membantu Anak Penderita Autisme
lapismalang.com

Beberapa anak yang menderita autisme, hiperaktif atau gangguan belajar akan sangat terbantu dengan keberadaan hewan peliharaan di dalam rumah. Hal tersebut dikarenakan anak-anak yang menderita gangguan tersebut akan lebih baik dalam berinteraksi dan menyampaikan perasaannya kepada hewan ketimbang kepada manusia.

Hal tersebut disebabkan karena anak penderita autis lebih sering menggunakan isyarat non-verbal untuk berkomunikasi, sebagaimana saat berkomunikasi dengan hewan peliharaan, terutama anjing. Bagi anak-anak yang kesulitan belajar juga akan mampu untuk mengendalikan diri dan juga mendapatkan cara menenangkan diri. Begitu juga dengan anak yang mengidap hiperaktif.

9. Membantu Bersosialisasi

9. Membantu Bersosialisasi
tribunnews.com

Memelihara hewan juga akan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Karena hewan yang kita pelihara dapat menjadi sahabat tanpa syarat dan bisa menjadi partner yang menemani kita menjalani kehidupan yang sulit. Hal ini dapat membantu Sedulur untuk lebih dapat bersosialisasi.

Karena biasanya yang memelihara hewan akan terkumpul dalam klub atau komunitas pecinta hewan dan akan lebih meningkatkan kemampuan bersosialisasi menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya. Selain dapat menciptakan hubungan baik dengan hewan, antara sesama pemilik hewan pun sama. Kemudian akan berkembang kepada setiap orang yang ditemui.

10. Meningkatkan Harga Diri

10. Meningkatkan Harga Diri
amazonaws.com

Berdasarkan sebuah studi, setiap pemilik hewan akan memiliki tingkat harga diri yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, bagi yang memiliki hewan peliharaan akan selalu memiliki sifat yang ekstrovert dan tidak merasa takut atau malu.

Hal tersebut disebabkan bahwa hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai sumber penting dukungan sosial yang dapat menyediakan banyak manfaat psikologi dan juga manfaat fisik bagi pemiliknya.

Semoga daftar manfaat memiliki hewan peliharaan yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan dorongan bagi Sedulur yang berniat memelihara hewan. Selain itu, bagi Sedulur yang telah lama memelihara hewan juga menjadi lebih paham akan fungsi dan manfaat dari memiliki hewan yang dipelihara.

Jangan lupa untuk membeli pengan untuk hewan kesayangan Sedulur, dan membuat pangan yang lebih baik dan lebih menyehatkan. Sedulur bisa membeli berbagai bahan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat daftar barangnya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super jika ingin melakukan pelayanan yang lebih mudah. Selamat mencoba!