makanan anak kucing

Makanan anak kucing tidak boleh asal pilih. Harus memenuhi gizi seimbang yanga asupannya dibutuhkan oleh tubuh. Supaya tumbuh sehat dan kuat, kamu harus memberikan makanan yang sehat pula. Memang selama ini kucing selalu mencari makan sendiri, tidak peduli makanan itu sehat atau tidak. Apabila kamu yang sangat menyukai kucing dan ingin memeliharanya, memberikan makanan yang layak adalah suatu kewajiban.

Buat yang merawat anakan kucing, kamu berhak memberikan makanan anak kucing yang berkualitas baik. Ada banyak merek yang bisa dicari di toko hewan peliharaan dan memesannya secara online.

Makanan kucing 0-6 bulan bisa diberikan untuk yang berjenis ras dan maupun anakan kampung. Agar tahu apa saja kandungan gizi yang wajib ada, berikut rekomendasi yang bisa kamu berikan kepada hewan peliharaan kesayangan nan menggemaskan ini.

1. Daging

daging
kompas

Makanan untuk anak kucing kampung pertama kamu bisa diberikan adalah daging. Perlu diingat jika hewan yang satu ini tergolong makhluk karnivora atau pemakan daging. Ia adalah merupakan nenek moyang dari hewan-hewan besar seperti harimau, singa, cheetah dan masih banyak lagi.

Apabila memelihara hewan ini, kamu juga harus siap memberikan daging. Kebutuhan protein yang didapat dari daging bisa meningkatkan kondisi jantung  yang kuat, sistem penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat.

Daging juga sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai makanan anak kucing umur 1 bulan. Adapun daging yang bisa diberikan meliputi  daging ayam, daging sapi, daging tanpa lemak, hingga daging kalkun apabila punya. Hal  yang wajib diingat adalah jangan pernah memberikan hewan kesayangan Rasulullah SAW ini  dengan daging dalam kondisi mentah dan busuk.

Pasalnya, pemberian daging mentah dan busuk untuk dijadikans ebagai makanan anak kucing kampung tentu sangat tidak dianjurkan. Kuman dan bakteri dari daging bisa masuk ke dalam tubuh kucing. Hal ini bisa membuat kucingmu menjadi gampang sakit. Yang paling berbahaya adalah sangat terserang penyakit yang bisa membahayakan nyawanya.

2. Gandum

makanan anak kucing umur 1 bulan
klikdokter

Makanan anak kucing kampung umur 1 bulan juga bisa diberikan dalam bentuk gandum. Gandum dianggap baik untuk hewan yang satu ini sebabmemiliki banyak kandungan protein dan sangat mudah dicerna oleh tubuh kucing.

Tidak hanya gandum, ada juga tepung jagung yang bisa diberikan sebagai makanan utama kucing. Salah satunya adalah tepung jagung yang digiling kasar karena memiliki tekstur yang baik mudah dicerna. Selain itu, tepung jagung bisa menjadi salah satu makanan anak kucing buatan sendiri yang cukup praktis dan memiliki  protein yang bagus.

Selain gandum dan jagung, kamu  bisa memberikan hewan peliharaanmu ini dengan nasi merah, barley, dan biji gandum. Supaya kucing tidak tersedak, jangan lupa untuk selalu menumbuknya  terlebih dahulu sebelum disuguhkan, ya. Selain ditumbuk, kamu juga perlu memastikan jika bahan biji-bijian yang dijadikan sebagai makanan anak kucing kampung harus dalam keadaan matang.

3. Ikan

makanan untuk anak kucing
klikdokter

Makanan jenis kucing kampung yang bisa diberikan adalah ikan. Ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan  hewan peliharaanmu ini karena dagingnya akan kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menyehatkan indera penglihatan kucing supaya tetap tajam.

Selain itu, makanan ini juga bisa membantu hewan peliharaanmu jadi lebih cepat untuk sembuh dari radang sendi, penyakit ginjal, dan gangguan jantung pada kucing. Apabila ingin memberikan makanan, tidak ada salahnya memberikan daging ikan.

Kamu juga bisa memberikan ikan sebagai makanan anak kucing baru lahir yang hadir dalam bentuk kaleng. Bila ada sisa ikan lebih, kamu bisa merebus ikan biasa terlebih dahulu. Setelah itu, ambil tulang ikan supaya saat dimakan kucingmu terhindar dari tersedak yang bisa membahayakan namanya.

4. Telur

makanan anak kucing kampung
alodokter

Telur merupakan sumber protein yang baik sebagai makanan anak kucing kampung. Kamu bisa memberikan telur yang sudah matang dengan cara direbus terlebih dahulu. Jangan pernah sekali-kali memberikan telur yang masih mentah kepada hewan peliharaanmu ini.

Telur yang masih mentah dan tanpa dimasak terlebih dahulu bisa menimbulkan masalah kesehatann yang serius. Adanya bakteri salmonella atau E. Coli bisa membahayakan kondisi tubuh kucing. Jadi, pastikan berikan telur yang matang sebagai makanan kucing 0-6  bulan yang baik dan sehat. 

5. Keju

makanan anak kucing baru lahir
nationalgeographic

Makanan anak kucing kampung selanjutnya adalah keju. Terkesan sedikit aneh dan pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa keju sangat baik untuk hewan yang satu ini. Keju merupakan makanan kesukaan tikus yang sering ditampilkan dalam serial Tom & Jerry. Sejatinya, keju sangat bagus untuk tumbuh kembang kucing.

Meski tak terlalu banyak protein yang terkandung dan tidak selengkap daging, susu, dan  telur, tidak ada salahnya untuk memberikan makanan yang satu ini. Apabila memiliki sepotong keju yang disimpan di dalam lemari es dan ingin memberikan kepada kcuing, ini bukanlah hal yang menjadi masalah.

6. Nasi

nasi
CNNIndonesia

Makanan anak kucing baru lahir selanjutnya adalah nasi. Namun, memberikan nasi kepada hewan peliharaan ini yang disarankan adalah memberinya dengan porsi kecil dan sesekali saja. Nasi bisa dijadikan sebagai sumber serat yang sangat baik. Namun akan lebih baik jika memberi nasi merah apabila tidak ada nasi putih.

Kedua jenis nasi tersebut diketahui baik untuk mencegah diare dan sembelit pada kucing. Apabila ingin memberikan nasi sebagai pakan kepada hewan yang satu ini, pastikan untuk tidak terlalu banyak porsinya. 

7. Tajin atau air rebusan beras

makanan anak kucing buatan sendiri
okezone

Makanan anak kucing umur 1 bulan yang bisa diberikan adalah tajin atau rebusan air beras. Alternatif  ini bisa menjadi solusi untuk mengisi perut bayi kucing sebelum mendapatkan susu sebagai sumber energi. Apabila ingin membuat sendiri, caranya juga terbilang mudah.

Pertama, rebus beras dengan air dan saring airnya. Cairan ini mengandung unsur karbohidrat dan tidak akan membuat anak kucing terlalu sering buang air besar. Pemberian air tajin ini juga tidak boleh terlalu banyak porsinya. Paling tidak berikan sebotol kecil dalam sehari.

8. Teh glukosa bubuk

teh glukosa
daftarhargadantarif

Pemakaian bahan ini dilakukan jika kamu tidak bisa menemukan kucing induk pengganti dan mendapatkan susu produk KMR. Minuman ini bisa didapatkan dengan menggunakan air matang dan untuk dicampurkan dengan 1 sdt glukosa bubuk. Pakai air dengan suhu suam-suam kuku lalu campur hingga rata.

Perlu dijadikan catatan, opsi ini yang tidak boleh diberikan terlalu sering sebagai makanan anak kucing kampung umur 1 bulan. Hal ini justru bisa mengacam kesehatan dari anak kucing yang kamu rawat.  

Terkesan sepele, tapi memang memilih makanan anak kucing tidak boleh asal. Untuk menjaga kondisi tubuh hewan kesayangan ini, pastikan untuk memberi asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Apabila ingin lebih praktis tanpa perlu meracik sendiri di rumah, kamu bisa meminta rekomendasi makanan instan yang dijual di banyak pet shop dan harganya dibanderol terjangkau.

Jika ingin meracik sendiri, pastikan untuk menggunakan bahan baku yang bagus dan berkualitas. Contohnya nasi putih dan nasi merah yang masuk ke dalam daftar makanan alternatif yang sehat dan mengandung asupan gizi harian kucing.

Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan merek beras untuk diberikan kepada kucing. Bahan makanan ini bisa kamu makan dan sebagian kecilnya disisihkan untuk diberikan kepada kucing kesayanganmu. 

Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super, lho. Selain merasakan pengalaman belanja yang praktis tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa mendapatkan banyak diskon dan cashback setiap harinya. Dengan jaminan kualitas dan murah, kamu bisa memberi jaminan sehat untuk kucingmu.