kata kunci adalah

Kata kunci adalah kata istimewa yang biasa digunakan untuk menelusuri sebuah teks atau hal penting lainnya. Saat Sedulur mempelajari pelajaran bahasa Indonesia, pasti sering menemukan teks bacaan yang membawakan topik tertentu. Kata kunci adalah hal penting agar Sedulur bisa mengerti topik yang ingin disampaikan dalam teks tersebut.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu kata kunci, contoh, serta bagaimana cara menemukannya. Tenang saja, Sedulur bisa simak pembahasan lengkapnya di bawah ini untuk bisa memahami materi tentang kata kunci dengan baik. Yuk, simak!

BACA JUGA: Contoh Kalimat Opini, Lengkap dengan Pengertian dan Cirinya

Pengertian kata kunci

Unsplash

Menurut Irman Siswadi dalam jurnal Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci (2013), kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini digunakan sebagai istilah pencarian untuk menemukan suatu teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Selain itu, ada pula pengertian lain dari kata kunci adalah contohnya kata atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting yang digunakan untuk mencari suatu hal. Sedulur bisa menggunakan kata kunci untuk mencari informasi, iklan, berita, dan sebagainya. Singkatnya, kata kunci menjadi sebuah kata penting dalam sebuah kalimat maupun paragraf untuk menjelaskan hal yang banyak dicari seseorang.

Ciri-ciri kata kunci

Unsplash

Supaya bisa menemukan kata kunci dengan mudah, Sedulur perlu mengetahui ciri-cirinya. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ciri-ciri kata kunci adalah sebagai berikut.

  • Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata. Ciri kata kunci ini tidak bisa memuat kata yang panjang. Kata yang digunakan harus singkat, padat, dan jelas supaya mudah diingat orang lain. Misalnya, kata kunci makanan daerah, film terbaik, makhluk hidup, alat elektronik, dan sebagainya.
  • Mengandung kata yang sifatnya unik. Dalam artian, kata yang digunakan mengandung makna spesifik atau bukan hal umum. Contohnya, wisata Surabaya, makanan Korea, hewan kucing, kursi kayu, dan lain-lain.
  • Kata kunci bersifat menyeluruh. Ciri kata kunci ini memuat satu atau dua buah kata yang bisa digunakan untuk memperjelas keseluruhan isi sebuah kalimat, paragraf, maupun teks. Contohnya, kata kunci jajanan Bali digunakan untuk menjelaskan apa saja jajanan yang ada di Bali.

BACA JUGA: Cara Membuat Kolase yang Mudah & Murah dari Bahan Alam

Tujuan kata kunci

kata kunci adalah
Unsplash

Kata kunci tidak dibuat secara cuma-cuma, melainkan ada tujuannya. Tujuan kata kunci adalah memudahkan pembaca mengerti isi dari bacaan. Selain itu, bila Sedulur sedang mencari topik bacaan, lebih cepat mengetahuinya melalui kata kunci. Lewat kata kunci, pembaca pun dapat mudah memahami paragraf selanjutnya.

Contoh kata kunci dalam kalimat

Unsplash

Contoh kata kunci bisa ditemukan dalam kalimat, paragraf, maupun keseluruhan isi teks. Adapun beberapa contoh kata kunci adalah sebagai berikut.

  • Lupis adalah jajanan tradisional Jawa, kata kuncinya adalah lupis dan jajanan tradisional Jawa.
  • Kucing adalah hewan peliharaan, kata kuncinya yaitu kucing dan hewan peliharaan.
  • Gunung Kidul adalah desa wisata yang indah dan asri, kata kuncinya Gunung Kidul, desa wisata, serta asri.
  • Ibu pergi ke kebun saat pagi, kata kuncinya ibu dan kebun.
  • Adik pergi ke sekolah hari Senin, kata kuncinya adik, sekolah, dan hari Senin.
  • Kami memesan nasi goreng semua, kata kuncinya adalah kami dan nasi goreng.

Cara menemukan kata kunci dalam paragraf

Unsplash

Kata kunci bisa muncul dalam semua media yang berbasis teks, mulai dari artikel, judul video, isi berita, hingga sebuah iklan. Ada beberapa cara yang bisa Sedulur terapkan untuk menemukan kata kunci tersebut. Adapun cara menemukan kata kunci iklan maupun paragraf adalah sebagai berikut.

  • Mencari kata yang sering diulang-ulang. Ketika Sedulur melihat sebuah iklan atau tengah membaca sebuah artikel, lalu menemukan kata yang sering diulang-ulang, bisa jadi itu adalah kata kunci yang mewakili seluruh isi. Dalam artikel biasanya kata yang diulang-ulang tersebut juga terdapat pada judulnya.
  • Menemukannya di dalam ide pokok bacaan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kata kunci bertujuan untuk lebih mudah memahami topik atau ide pokok. Maka dari itu, kata kunci akan selalu ada dalam ide atau kalimat utama sebuah paragraf maupun tulisan.
  • Mencari kata kunci yang sudah diganti kalimat atau sinonimnya. Selain sering diulang-ulang, kata kunci bisa juga diucapkan kembali namun diganti dengan kata lain atau sinonimnya. Penggantian tersebut bertujuan menghemat kata dan meyakinkan pembaca tentang keutamaan kata tersebut.

BACA JUGA: Struktur Teks Hikayat: Pengertian, Struktur, Kaidah & Contoh

Contoh kata kunci dalam paragraf

kata kunci adalah
Unsplash

Dalam penulisan artikel, sebuah paragraf bisa memiliki dua atau lebih kata kunci. Bahkan, ada yang memiliki 5 kata kunci. Adapun contoh kata kunci dalam paragraf bisa dilihat di bawah ini.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari bermanfaat untuk berbagai kegiatan manusia. Contohnya, energi panas matahari digunakan untuk mengeringkan pakaian. Selain itu, energi panas matahari juga digunakan sebagai sumber listrik.

Kata kunci dalam paragraf tersebut adalah energi panas karena kata tersebut disebutkan beberapa kali.

Itulah pembahasan mengenai kata kunci. Tidak hanya pengertiannya saja, kini Sedulur bisa memahami ciri-ciri dan contohnya dalam kalimat maupun paragraf. Semoga Sedulur tidak salah lagi dalam mencari kata kunci dalam suatu bacaan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.