cara membuat kolase

Kita bisa melakukan cara membuat kolase dengan mudah, asalkan kita tahu hendak membuat apa. Kolase sendiri adalah salah satu karya seni atau kerajinan tangan, yang sering menjadi salah satu materi praktik di sekolah saat memasuki pelajaran Seni Budaya. Kolase sendiri dapat diartikan dengan mudah sebagai sebuah seni tempel.

Kolase adalah kesenian yang menempelkan berbagai jenis bahan dalam satu media untuk menghasilkan sebuah karya seni, bisa menghasilkan gambar wajah seseorang, gambar pemandangan hingga gambar abstrak sekalipun. Berbeda dengan mozaik, yang merupakan karya seni yang dibuat menggunakan satu jenis bahan saja.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan memberikan tips dan rekomendasi bagi Sedulur yang ingin berkreasi membuat kolase sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara membuat kolase yang super mudah dan sangat murah. Sudah mulai penasaran? Yuk, langsung kita cek!

BACA JUGA: Apa Itu Karya Seni Montase: Definisi, Fungsi & Teknik Membuat

-->

Apa itu kolase?

cara membuat kolase
Pikiran Rakyat

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, kolase adalah sebuah kesenian atau seni tempel. Selain itu, kolase juga merupakan sebuah komposisi artistik yang dibuat dengan berbagai macam bahan material, contoh seperti bahan kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang direkatkan atau ditempel pada setiap permukaan gambar.

Kolase adalah sebuah hasil karya seni rupa dua dimensi yang memanfaatkan berbagai macam jenis bahan material. Selama bahan material tersebut dapat dikombinasikan dengan bahan dasar. Maka akan dapat menjadi sebuah karya seni kolase yang tentunya bisa mewakili perasaan estetis pada setiap orang yang membuatnya.

Sekilas tentang sejarah kolase

Pinhome

Setelah mengetahui pengertiannya, sejarah kolase berasal dari kata coller. Coller sendiri berarti sebuah kegiatan merekatkan dengan lem. Kegiatan ini berkembang dengan pesat di Italia, tepatnya di daerah Venice, sekitar abad ke-17. Kegiatan merekatkan sesuatu dengan lem merupakan kegiatan yang menyenangkan pada saat itu.

Berawal dari Venice di Italia, kegiatan berkolase pun menyebar ke seluruh Eropa, seperti masuk ke Perancis, Inggris, Jerman dan kota besar lainya di Eropa. Dengan berjalannya waktu, kesenian kolase pun kemudian menyebar ke setiap negara yang ada di setiap benua di dunia ini.

1. Dari kertas dan serutan kayu

cara membuat kolase
Fimela

Pertama adalah cara membuat kolase dari kertas dan serutan kayu. Sedulur bisa menggunakan kedua bahan tersebut sebagai media untuk membuat kolase. Berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuat kolase dari kertas dan serutan kayu.

  1. Pertama Sedulur siapkan dulu kertas dan serutan kayu, usahakan gunakan serutan kayu yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak berubah warna nantinya.
  2. Kemudian siapkan media tempel untuk membuat kolase. Sedulur bisa menggunakan kertas, papan atau kanvas sekalipun.
  3. Gambar terlebih dahulu kerangka awal.
  4. Tempelkan kertas dan serabut kayu, lalu susun dan bentuk sesuai dengan gambar awal dalam kerangka.

2. Dari biji-bijian

Mamikos

Cara membuat kolase dari biji-bijian merupakan cara yang unik dan sekaligus cara yang paling banyak dilakukan jika membuat kolase. Biji-bijian dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan buah atau jenis lainya, selain itu biji-bijian banyak pula macamnya, begitu pula dengan bentuk yang dimilikinya mulai dari ukuran, warna, dan tekstur.

Untuk tahap pembuatan kolase sebaiknya biji-bijian dikeringkan terlebih dahulu agar warna yang didapat tidak mudah berubah. Bila perlu, dapat juga digoreng tanpa menggunakan minyak (disangrai). Berikut langkah membuatnya:

  1. Siapkan biji-bijian yang telah kering dan disangrai.
  2. Siapkan media tempel untuk kolase.
  3. Gambar konsep dasar atau konsep awal.
  4. Susun dan tempel biji-bijian di atas gambar dan konsep dasar.
  5. Beri warna jika perlu agar kolase lebih menarik lagi.

3. Dari kulit-kulitan

cara membuat kolase
Ragam Kerajinan Tangan

Kulit-kulitan juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kolase. Kulit-kulitan yang dimaksud di sini seperti kulit buah, kulit bahan pohon atau bahkan kulit telur sekalipun. Namun perlu Sedulur ketahui, tidak semua jenis kulit buah dapat dijadikan sebagai bahan kolase. Beberapa kulit yang dapat dijadikan sebagai bahan kolase adalah kulit rambutan, kulit pisang, dan kulit pada kelopak bambu.

Sebelum tahap pembuatan kolase semua kulit-kulitan tersebut harus kering agar dapat menjadi bahan kolase yang baik, kalau bahan tadi sudah sesuai dengan ketentuan tersebut selanjutnya potonglah sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Langkah membuat kolase adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kulit-kulitan yang siap ditempel.
  2. Lalu sediakan media tempel untuk kolase, jika menggunakan bahan kulit-kulitan bisa menggunakan media yang lebih keras. Misal kayu, papan atau tanah liat.
  3. Gambar atau buat pola sebagai konsep dasar atau konsep awal.
  4. Susun dan tempel kulit-kulitan di atas konsep dasar.
  5. Sedulur bisa memadukan bahan kulit-kulitan agar menghasilkan kolase yang lebih menarik lagi.

4. Dari pecahan keramik

Kumpulan Gambar Kolase

Pecahan keramik bisa dijadikan sebagai alat membuat kolase. Pasalnya, pecahan keramik selalu menghasilkan bentuk yang tidak simetris. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai dasar untuk ekplorasi sebuah karya menjadi kolase. Selain itu, keramik juga biasanya memiliki banyak warna yang memudahkan kita untuk menghasilkan karya kolase yang unik. Bagi Sedulur yang ingin mencoba membuatnya, berikut ini langkahnya:

  • Siapkan pecahan keramik yang siap ditempel.
  • Lalu sediakan media tempel, jika menggunakan bahan keramik bisa menggunakan media yang lebih keras. Misal kayu, papan atau tanah liat.
  • Gambar atau buat pola sebagai konsep dasar atau konsep awal.
  • Susun dan tempel pecahan keramik di atas konsep dasar.
  • Sedulur bisa memadukan bahan kulit-kulitan agar menghasilkan kolase yang lebih menarik lagi.

Tips cara membuat kolase

cara membuat kolase
Rumah Bunda

Sedulur bisa memerhatikan beberapa tips cara membuat kolase di bawah ini, agar karya kolase yang Sedulur hasilkan sangat berkualitas dan menghindari dari kegagalan membuat kolase. Tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Buat kolase sesuai dengan imajinasi dan kreativitas Sedulur, bisa berdasarkan suatu hal yang sedang digelisahkan.
  • Latar belakang kolase usahakan harus bisa serasi atau sesuai dengan bagian depan kolase.
  • Hindari menggunakan lem jenis gorill, tacky glue atau lem panas pada kolase, terutama bagi Sedulur yang menggunakan media tempel kertas. Lem-lem tersebut tidak akan berfungsi seperti lem putih, lem stik, dan lem karet.
  • Selalu berhati-hati ketika menggunakan gunting atau alat tajam lainnya.

BACA JUGA:  Gambar Dekoratif adalah: Pengertian, Motif & Cara Membuatnya

Manfaat dan maksud kolase

-mudahdicari

Mungkin Sedulur penasaran untuk apa kita mengetahui cara membuat kolase? Apakah membuat kolase ada manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari kita? Tentu saja ada, setidaknya ada dua manfaat dan maksud kolase itu sendiri. Pertama manfaat untuk anak-anak, kedua manfaat untuk lingkungan.

Melakukan cara membuat kolase dapat bermanfaat untuk anak-anak, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan:

  • Kolase juga merupakan unsur pendidikan yang lengkap bagi pertumbuhan dan perkembangan pada otak anak-anak, di antaranya seperti bermain dan berkreasi, belajar mengenal berbagai geometris dan warna, serta melatih kemampuan pada motorik halus dan lain sebagainya.
  • Membantu kemampuan berbahasa dengan jalan anak bisa menjelaskan makna dibalik hasil karyanya kepada guru/orang tua.
  • Melatih kepekaan estetis dan mengajarkan berempati pada barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan begitu akan bisa menjadi lebih peduli lagi terhadap kelestarian lingkungan.

Selain untuk pendidikan anak, terutama anak usia dini, kolase juga memiliki manfaat yang sangat berharga bagi kelestarian lingkungan kita. Berikut daftar manfaat yang dimaksud:

  • Memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai (sampah) berarti melakukan gerakan daur ulang.
  • Menjaga kebersihan dan membuat kebersihan lingkungan menjadi lebih terawat, terutama dari bahan bekas yang dapat menjadi sampah.
  • Mengurangi jumlah barang bekas (sampah) yang tidak dapat diurai dan menjadikannya sebagai bahan berguna dan bermanfaat yang siap pakai dan bernilai.

Dari daftar manfaat di atas, semoga dapat meyakinkan Sedulur untuk mulai mencoba dan melakukan cara membuat kolase. Sebagai awal, Sedulur tidak perlu membuat kolase yang rumit, buat yang sederhana tapi bernilai dan sangat dekat dengan kepribadian Sedulur.

Demikan tips dan cara membuat kolase yang disertai dengan contoh kolase. Sedulur bisa mengikuti langkah membuatnya, sebagaimana yang disampaikan dengan detail dalam penjelasan di atas. Dari pada membeli dekorasi atau hiasaan untuk rumah dan kamar, Sedulur bisa menjadikan kolase buatan Sedulur sebagai hiasan atau dekorasi rumah.

Selain dekorasi rumah akan menjadi semakin hidup, Sedulur juga menghargai karya buatan sendiri. Serta tentu saja dapat menjadikan rumah Sedulur unik, karena memiliki hiasan dan dekorasi yang tidak dimiliki oleh rumah lainnya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.