struktur hikayat

Pernah mendengar istilah hikayat? Hikayat merupakan kumpulan kata yang diambil dari cerita rakyat sehingga menjadi sebuah karya sastra. Di Indonesia ada beragam macam hikayat di mana  semuanya bisa kita dengarkan dan baca.

Struktur teks hikayat biasanya berisi tentang kesaktian, mukjizat dan mengenai keajaiban yang dialami oleh seorang manusia. Umumnya karakteristik teks hikayat selalu diisi dengan berbagai unsur seperti sudut pandang, plot, penokohan dan tema. Hikayat sendiri cukup mirip dengan karya sastra lama seperti gurindam, karmina dan syair. Dimana karya ini sering digunakan untuk menghibur khalayak banyak.

Jika Sedulur masih penasaran dengan struktur teks hikayat lalu contoh struktur serta bagaimana kaidah teks hikayat itu sendiri, maka ada baiknnya untuk menyimak beberapa penjelasan artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Ciri Ciri Puisi, Unsur dan Jenis dan Contohnya

-->

1. Pengertian hikayat

struktur teks hikayat
Kelas Pintar

Membaca atau mendengarkan cerita lama yang berisi tentang kesaktian, mukjizat dan kesaktian dari para tokoh, bisa jadi itu adalah hikayat. Struktur teks hikayat adalah sebuah teks yang mana dibuat dalam bentuk prosa, karena di dalam penulisannya terdapat ritme. Kemudian pada teks hikayat ini hampir menyerupai dengan puisi.   

Jika dipahami dengan seksama karakteristik teks hikayat umumnya menceritakan tentang kehebatan dari salah seorang tokoh. Namun, terkadang dalam teks hikayat ini bisa juga menceritakan tentang keajaiban yang muncul atau dirasakan oleh seseorang. Sehingga buat ketika teks hikayat dibaca, maka kita akan dibawa pada suasana penuh drama dan heroisme yang menyentuh.

Tak hanya membawa pembaca merasakan adanya ‘dunia lain’ , bahasa yang dipakai teks hikayat menggunakan latar belakang masa lampau seperti kisah kerajaan. Sehingga hikayat kerap dinamakan dengan prosa lama layaknya dongeng-dongeng dengan isi tentang keajaiban dan mukjizat seseorang.

Teks hikayat umumnya banyak ditemukan dalam bahasa Melayu, meski demikian tidak menutup kemungkinan hikayat ditemukan dengan bahasa lain.

BACA JUGA: Cerita Non Fiksi: Kenali Jenis, Ciri dan Cara Membuatnya

2. Ciri-ciri hikayat

struktur teks hikayat
Materi

Mempelajari struktur teks hikayat rasanya akan kurang pas, jika belum mengetahui apa saja ciri-ciri karya sastra lama ini. Supaya lebih memahami tentang hikayat dan kaidah kebahasaan teks hikayat, yuk simak baik-baik ciri-ciri hikayat di bawah ini.

Menggunakan bahasa melayu klasik

Ciri pertama dalam kaidah kebahasaan teks hikayat adalah umumnya menggunakan bahasa melayu klasik. Penggunaan bahasa dan diksi atau pilihan kata dalam karya sastra hikayat ini pun menggunakan bahasa klasik. Bukan tanpa alasan mengapa hikayat banyak menggunakan bahasa melayu. Sebab,  paling banyak karya sastra ini ditemukan dengan bahasa melayu sehingga sampai sekarang hikayat identik dengan bahasa Melayu.

Penggunaan bahasa klasik Melayu inilah, membuat hikayat tampak beda dan unik dari karya sastra lainnya. Seperti puisi, pantun ataupun gurindam Sedulur.

Selalu bertemakan kerajaan

Tak hanya soal penggunaan bahasa Melayu saja di dalam setiap karya sastra lama seperti hikayat. Namun biasanya tema paling banyak diangkat pada karya sastra hikayat adalah kerajaan. Alur dan latar belakang yang diambil untuk setiap kisah-kisah di hikayat memang bertemakan kerajaan.

Selain itu dalam hikayat juga diterapkan penggunaan bahasa klasik supaya menambah nuansa lawas dan tetap menarik serta memiliki niai etnik berbeda.

Statis

Berikutnya dalam struktur teks hikayat sifatnya statis atau tetap. Namun ini bisa terjadi jika selama penulisan dan penggambaran kisah-kisah di dalam hikayat tidak mempunyai perubahan yang berbeda dari hikayat lain. Biasanya kisah yang selalu diangkat adalah unsur intrinsik dan segala hal dalam hikayat mempunyai kemiripan satu sama lain.

Tradisional

Selain statis dalam hikayat pemilihan temanya  tidak pernah jauh dari kisah kerajaan pun tidak lepas dari segala unsur-unsurnya. Lalu dalam setiap isi hikayat kerap mengusung tradisi dan budaya masyarakat di masanya. Hikayat juga sarat akan makna dan amanat yang dapat dicontoh. Kebanyakan konflik pada hikayat kerap menggambarkan  kebaikan selalu menang melawan keburukan.

Bersifat edukasi

Hikayat merupakan karya sastra lama sarat akan makna dan amanat. Namun terlepas dari hal itu, hikayat merupakan karya sastra lama yang bersifat edukatif. Hikayat yang tak diketahui siapa pengarangnya, selalu memiliki unsur-unsur mendidik kita supaya melakukan kebajikan, tenggang rasa terhadap sesama dan saling menghargai.

Selanjutnya hikayat juga memiliki pesan kepada pembaca agar mencintai sesama manusia dan masih banyak lagi nilai-niai kehidupan yang terkandung di dalam karya satra ini Sedulur.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Komik, Lengkap dengan Pengertian, Jenis & Contohnya

3. Struktur teks hikayat dan contohnya

struktur teks hikayat
Kompas

Setelah memahami lebih dalam tentang ciri-ciri dalam hikayat, berikutnya adalah struktur  dalam karya sastra ini. Mengingat struktur teksnya berbeda dari karya sastra lain seperti pantun, puisi ataupun cerpen.

Abstraksi

Contoh struktur teks hikayat yang pertama adalah abstrasi. Abstraksi ini banyak berisikan tentang sebuah inti cerita yang bisa dikembangkan menjadi bermacam-macam peristiwa atau abstraksi biasa disebut juga dengan gambaran pada cerita. Biasanya abstraksi menjadi  awal permulaan penting dalam membangun cerita hikayat yang baik.

Orientasi

Berikutnya struktur teks hikayat juga berisi tentang orientasi yang mana istilah ini merujuk pada struktur bagian keterangan. Mulai dari keterangan waktu, tempat dan suasana yang terjadi pada cerita tersebut. Umumnya suasana yang diciptakan di dalam sebuah cerita sangat dramatis, sehingga pembaca dapat merasakan dan terbawa suasana sama

Komplikasi

Karakteristik teks hikayat adalah adanya struktur berupa komplikasi. Komplikasi berisi urutan dalam berbagai kejadian dan dihubungkan sesuai sebab serta akibat. Dalam komplikasi sering terjadi bermacam-macam konflik. Mulai dari konflik yang berlangsung secara terus menerus alias tidak berkesudahan.

Selanjutnya dalam struktur teks hikayat komplikasi juga akan didapatkan karakter pada suatu tokoh dengan bermacam-macam keistimewaannya.

Evaluasi

Contoh struktur teks hikayat berikutnya adalah evaluasi. Dalam tahapan evaluasi berbagai konflik mulai mendapatkan resolusi dan penyelesaian dilakukan dengan peran tokoh yang sangat sentral. Bagian evaluasi sangat penting karena sering kali memuat berbagai poin dan berguna bagi kehidupan manusia pada umumnya.

Resolusi

Selanjutnya struktur dalam hikayat adalah adanya tahapan resolusi. Lalu bagian resolusi menjadi bagian dari teks hikayat. Bagian resousi ini memuat berbagai solusi dari pengarang atau penulis akan suatu masalah yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita dan sosialisasi ditampilkan dari pemikiran pribadi penulis.

Koda

Contoh struktur teks hikayat selanjutnya adalah koda. Koda merupakan struktur terakhir dalam hikayat. Bagian ini kerap dinamakan dengan kesimpulan dan dalam struktur Koda terdapat berbagai nilai atau hikmah penting yang sangat bermanfaat untuk pembaca. Nah pada Koda ini temukan banyak poin-poin penting dari sebuah cerita yang bisa diambiloleh pembaca.

4. Kaidah kebahasaan teks hikayat

struktur teks hikayat
Herman Khan

Hikayat tak hanya mempelajari tentang ciri, pengertian hingga strukturnya saja. Namun dalam hikayat juga mempunyai kaidah bahasa tersendiri. Kata penghubung atau sering disebut dengan konjungsi banyak dipakai dalam teks hikayat. Kemudian dalam penggunaan kata penghubung ini, biasanya dipakai di awal kalimat.

Keberadaan kata penghubung akan menjadi lebih menarik dan setiap kalimat atau kata dapat terhubung dengan baik.  Nah apa saja kaidah bahasa dalam teks hikayat itu sendiri, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kata arkais

Kata arkais merupakan kata yang kerap digunakan pada zaman kuno dan kata kuno sangat sulit dipahami. Sebab kata ini biasa dipakai untuk menujukkan berbagai istilah dan penggunaan kata arkais kerap ditemukan dalam konvensi teks hikayat. Keberadaan kata arkais ini, membuat pembaca dapat mengetahui berbagai kosakata dan populer sejak zaman dahulu.

Gaya bahasa

Selain kata arkais, dalam struktur teks hikayat juga dikenalkan mengenai gaya bahasa. Gaya bahasa adalah suatu teknik pemanfaatan kekayaan bahasa untuk memperluas suatu karya sastra. Gaya bahasa sangat sering dijumpai dalam karya sastra lama seperti hikayat. Sehingga dengan keberadaan gaya bahasa, teks dalam hikayat akan menjadi lebih menarik  dan ceritanya akan menjadi lebih bervariasi.

Buat Sedulur yang membaca karya sastra lama seperti hikayat maka bisa merasakan kesenangan dengan berbagai yang digunakan dalam penulisan dan diterapkan dalam suatu teks hikayat.  

5. Contoh struktur teks hikayat

karya sastra
Teropong

Hikayat si miskin

Contoh teks hikayat yang pertama adalah hikayat si miskin. Jaman dahulu kata terdapat sebuah pasangan suami istri dan dikatakan mendapat kutukan miskin seumur hidup. Namun seiring perkembangan waktu maka suami istri ini dikaruniai anak laki-laki dan diberikan nama marakarma.

Kehadiran buah hati marakarma, hidup suami istri menjadi berkecukupa dan bisa dibilang jauh dari kutukan. Setelah merasakan kehiduan yang bahagia dengan berbagai aktivitas seru, tiba-tiba munculah sang paranormal atau ahli nujum menghampiri pasangan suami istri tersebut. Sang paranormal berkata bahwa anaknya marakarma akan membawa sial. Karena berita ini membuat pasangan suami istri ini merasa khawatir dan kepikiran dengan apa yang disampaikan ahli nujum.

Karena merasa khawatir maka pasangan suami istri tersebut membuang sang anak marakarma ke suatu tempat. Setelah dibuang marakarma terdampar di lautan bebas dan nasib baik untuk dia karena masih diselamatkan oleh seorang putri. Sejak ditemukan putri cahaya, Mahakarma memiliki keinginan untuk pulang ke pelukan orang tuanya. Proses untuk pulang tidaklah mudah, karena berbagai cobaan dialami oleh Mahakarma dan berbagai keberuntungan memang muncul untuk Mahakarma, sampai akhirnya bisa kali bertemu kedua orang tuanya.

Setelah memahami cerita di atas bisa dipahami jika struktur hikayat si miskin adalah tema ini menunjukan tentang kemiskinan. Tokoh yang bermain dalam cerita ini adalah marakrama dan seorang paranormal serta putri cantik.

Hikayat hang tuah

Hikayat hang tuah merupakan karya sastra dan sangat terkenal di masanya. Dalam sebuah bunga rampai sastra Melayu lama terdapat nukilan hikayat ini sebagai contoh cerita lama. Sampai sekarang, cerita klasik ini masih dihargai sebagai seni rakyat dan patut dibanggakan. Hikayat Hang Tuah adalah karya sastra Melayu klasik yang paling panjang karena terdiri dari 593 halaman (h. 118). Berbagai penelitian tentang Hikayat Hang Tuah menunjukkan penilaian yang berbeda-beda.

Analisa struktur teks hikayat hang tuah dapat menerangkan tentang kekaburan, ketidakteraturan dan mengenai kekacauan di dalam hikayat. Sebagai sebuah ciptaan karya sastra Melayu Hikayat Hang Tuang harus didekati secara mendalam dari segi kerangkanya berdasarkan kedaan. Sementara teks dalam hikayat hang tuah merupakan satu kesatuan dan didukung oleh bagian-bagiannya membawakan suatu pesan dan terkandung dalam tema pokok. Itulah hang tuah sebuah karya satra lama namun tidak diketahui siapa pengarang karya sastra ini.

6. Fungsi hikayat

puisi lama
Tambah Pinter

Setelah memahami contoh dari hikayat dan pengertian karya sastra ini, maka berikutnya adalah fungsi dari hikayat. Sebagai karya sastra lama hikayat mempunyai fungsi sebagai pelipur lara hati gundah, pembangkit semangat untuk berjuang ataupun  sekadar untuk meramaikan suatu pesta. Kesimpulan dari keberadaan hikayat ini adalah berkaitan dari tujuan pembuatannya.

Demikian ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri hingga tentang fungsi hikayat itu sendiri. Semoga penjelasan ini menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai sebuah karya sastra ya Sedulur.   

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.