Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Diet

Diet merupakan rutinitas pola hidup sehat yang dilakukan secara konsisten. Banyak hal yang bisa diterapkan dari mengurangi makanan berlemak, mengurangi karbohidrat, sampai mengkonsumsi teh hijau untuk diet.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau teh hijau memang dikenal memiliki khasiat ampuh untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tapi mengonsumsi teh hijau juga tidak boleh sembarangan lho, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Seperti apa? Yuk, langsung simak ulasannya!

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Tawar Untuk Kesehatan. Bisa Cegah Kanker?

Khasiat teh hijau untuk diet

Teh hijau untuk diet
Dr Weil

Sebelum kita membicarakan aturan dan cara minum teh hijau yang tepat, mari mulai dengan mengetahui manfaat teh hijau untuk diet.

Seperti dikutip dari laman Healthy Women, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan kafein dari the hijau dapat meningkatkan metabolisme. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu oksidasi lemak dan meningkatkan aktivitas insulin dalam tubuh.

Berdasarkan riset ini, kafein berhasil membuat orang-orang mengalami penurunan berat badan dengan rata-rata 1,3 kg selama 12 minggu. Temuan ini didapat setelah seseorang diketahui melakukan diet sembari mengonsumsi teh hijau.

Pada penelitian lainnya, teh hijau juga mampu membantu mengeluarkan kalori sebesar 100 kalori dalam 24 jam. Berdasarkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition, seseorang yang kerap mengkonsumsi teh sebelum olahraga bisa membakar lemak hingga 17 persen lebih tinggi.

Selain itu, peningkatan metabolism dari teh hijau cukup tinggi, yakni mencapai 8 persen bila dikonsumsi rutin tiap pagi.

Cara minum teh hijau untuk diet

Cara minum teh hijau untuk diet
Kompas

Lalu bagaimana sih aturan dan cara minum teh hijau untuk diet yang tepat dan efektif? Langsung saja berikut ini.

1. Pilih teh hijau yang tidak melalui banyak proses

Ada banyak variasi teh hijau yang cocok untuk berdiet. Namun, merk teh hijau untuk diet yang cocok kamu pilih adalah merk yang memberikan rasa tawar.

Selain itu, pastikan teh hijau yang kamu siapkan itu tidak berasal dari banyak proses pengolahan karena demi menjaga nutrisi yang ada dalam teh tersebut.

2. Minum cukup 2-3 cangkir

Cara minum teh hijau untuk diet selanjutnya adalah dengan porsi yang tepat. Kamu bisa mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2-3 cangkir dalam sehari.

Membatasi porsi minum teh dalam sehari juga sangat penting karena kelebihan kafein juga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Terutama orang-orang yang memiliki masalah pada jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Minum teh hijau setelah makan

Menurut beberapa ahli gizi, teh hijau sangat disarankan diminum 30 menit setelah makan bila ingin melakukan diet.

Hal ini didasari dari kemampuan teh hijau yang dapat meningkatkan metabolism tubuh setelah dikonsumsi. Sehingga makanan yang disantap sebelumnya akan dicerna dengan lebih baik oleh tubuh.

Namun, kamu harus memastikan makanan yang disantap tidak mengandung banyak zat besi karena the bisa mengikat zat besi sehingga tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

4. Teh hijau cocok sebelum berolahraga

Sebelum olahraga juga menjadi waktu yang cocok untuk meminum teh hijau. Hal ini tak lepas dari kandungan kafein yang bisa meningkatkan tenaga saat berolahraga.

Sebuah riset menunjukkan mengonsumsi EGCG atau zat katekin yang ada dalam teh hijau bisa meningkatkan oksidasi lemak secara signifikan saat berolahraga. Jadi bisa dibilang, pembakaran lemak akan terjadi 2 kali lebih besar dari pada tidak meminum teh.

5. Pilih teh hijau jenis matcha

Matcha merupakan jenis teh hijau yang berasal dari tanaman Camellia Sintesis yang berasal dari China. Jenis ini biasanya jadi unggulan karena diproses dengan lebih kompleks.

Ketika mengonsumsi mathca, kita bisa mengkonsumsi sampai ke semua bagian daunnya. Hal ini yang menyebabkan matcha sebagai teh hijau terbaik untuk diet.

Apalagi kandungan kafein dan antioksidan dalam matcha memang sangat tinggi. Total matcha memiliki kandungan 280 mg kafein, 35 mg lebih tinggi dari teh biasa.

Bila kamu ingin merasakan manfaat yang cepat diet menggunakan teh hijau, kamu bisa mencoba teh jenis ini. Selain itu, matcha juga dikenal memiliki harga teh hijau untuk diet yang sangat variatif dan terjangkau.

Produk teh untuk diet dari varian ini pun sudah sangat beragam dan bisa dijumpai di berbagai tempat makan.

6. Hindari menambahkan gula ke teh hijau

Berdasarkan review teh hijau untuk diet dari para peneliti, sebaiknya jangan menambahkan gula dalam olahan teh hijau.

Menurut Healthline, menambahkan gula dalam teh hijau hanya akan menghilangkan khasiat teh untuk menurunkan berat badan.

Selain itu menambah gula dalam teh secara berlebihan juga bisa membuat banyak masalah kesehatan muncul seperti jantung, diabetes, dan obesitas.

7. Atur suhu air ketika menyeduh teh hijau

Menyeduh teh hijau juga harus menggunakan beberapa teknik tertentu. Namun, yang wajib kamu perhatikan adalah jangan menyeduh teh dengan air yang terlalu panas.

Suhu air yang terlalu panas bisa membuat zat katekin dalam teh hijau rusak dan tidak bisa diserap oleh tubuh.

Tingkat kepanasan air yang tepat adalah air yang sudah 10 menit mendidih.

8. Hindari minum teh hijau diet di malam hari

Minum teh hijau di malah hari juga sangat tidak dianjurkan untuk orang-orang yang sedang berdiet. Hal ini karena kandungan kafein yang bisa membuat orang untuk susah tidur.

Dan apabila ini terjadi, gangguan pola tidur bisa menyebabkan stress hingga akhirnya menimbulkan berbagai macam penyakit dan menggagalkan diet.

Baca Juga: 13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Efek samping teh hijau diet

Efek samping minum teh hijau
Shape Magazine

Walau memiliki banyak manfaat untuk diet, ternyata teh hijau juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak ini bisa muncul apabila konsumsi teh hijau dilakukan secara berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut ini beberapa efek samping teh hijau untuk diet yang bisa terjadi.

  • Ketergantungan kafein

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau untuk diet, maka kemungkinan besar resiko ketergantungan kafein juga akan semakin besar. Efek samping yang bisa dirasakan akibat putus kafein adalah kantuk, pusing, sakit kepala, dan mudah tersulut emosi.

  • Mengalami insomnia

Kesulitan tidur juga jadi efek samping kebanyakan mengkonsumsi teh hijau untuk diet. Fenomena ini juga tidak lepas dari tingginya kandungan kafein dalam teh hijau yang mempengaruhi kemampuan saraf di otak untuk selalu waspada.

  • Penyerapan zat besi melambat

Tingginya antioksidan dalam teh juga ternyata tidak baik bagi tubuh apabila terlalu berlebihan dikonsumsi. Dimana, flavonoid yang terlalu banyak dalam tubuh bisa mengikat zat besi dan ikut terbuang lewat urin. Padahal zat besi sangat penting bagi tubuh terutama untuk mereproduksi sel darah merah.

  • Memperburuk anemia

Bagi orang-orang yang didiagnosi anemia, meminum teh hijau untuk diet jelas bukan pilihan yang tepat. Hal ini karena zat besi yang sangat dibutuhkan untuk produksi sel darah merah malah terbuang akibat teh hijau. Jadi jika Sedulur memiliki resiko anemia sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau untuk berdiet.

Baca Juga: Resep Teh Tarik ala Warkop, Cuma Butuh Bahan Ini!

Mitos teh hijau untuk diet dicampur susu

Olahan Susu dan Teh Hijau
Jin Ramen

Matcha atau teh hijau dicampur dengan susu sudah menjadi olahan yang banyak disajikan di café-café dan tempat makan. Namun, sempat beredar mitos bahwa mencampur teh dan susu bisa menghilangkan khasiat teh hijau untuk diet.

Berdasarkan sebuah jurnal yang dirilis oleh ahli diet Amerika Serikat bernama Kerri Ann, ditegaskan bahwa komponen dalam susu tidak akan merusak senyawa positif yang ada dalam the. Sehingga dampak buruk teh dicampur susu itu hanyalah mitos belaka.

Nah, itu tadi beberapa aturan dan cara minum teh hijau untuk diet yang tepat dan benar. Semoga ulasan di atas bisa membantu Sedulur semua yang ingin mencoba menurunkan berat badan lewat cara alami.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.