diet ocd

Hingga saat ini, diet OCD masih menjadi andalan bagi orang-orang yang sedang ingin melangsingkan badan. Ya, sudah ada banyak orang yang telah membuktikan efektivitas dari program diet yang satu ini, lho. Tertarik untuk mencobanya?

Nah, bagi Sedulur yang juga ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka bisa mencoba metode tersebut. Akan tetapi, program diet ini tidak bisa dilakukan sembarangan, terutama bagi Sedulur yang masih seorang pemula.

Lalu apa itu diet OCD dan bagaimana caranya? Langsung saja perhatikan informasi yang akan dijelaskan berikut ini.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Manfaat Beras Basmati Untuk Kesehatan dan Diet

Apa itu diet OCD?

diet ocd
pixabay

Obsessive Corbuzier’s Diet atau yang sering disebut sebagai diet OCD adalah program penurunan berat badan yang dipopulerkan oleh selebriti ternama, Deddy Corbuzier. Melalui ebook-nya, Deddy menjelaskan jika diet tersebut secara sederhana adalah program untuk menurunkan berat badan dengan cara puasa singkat.

Cara diet OCD dengan puasa singkat, yakni berarti selama dalam masa puasa tersebut Sedulur boleh minum air putih maupun teh tanpa gula. Hal yang paling penting, tidak ada asupan kalori dan lemak sama sekali. Nah dalam program diet yang satu ini, terdapat istilah jendela makan.

Waktu puasa dalam diet ini dibagi menjadi 3, yaitu 16 jam, 18 jam, serta 20 jam. Hal ini berarti, jendela makannya adalah 8 jam, 6 jam, dan 4 jam. Dalam waktu jendela makan, Sedulur boleh makan apa saja. Akan tetapi, makanlah yang sewajarnya dan jangan berlebihan.

Jadi selain tahu cara untuk OCD, Sedulur juga harus tahu menu yang perlu untuk dikonsumsi agar diet yang dijalani berhasil. Walaupun kunci utama dari program diet ini ada pada jam makan, namun asupan saat diet juga berperan penting agar proses penurunan badan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Selain itu, jangan makan secara berlebihan saat jam makan dalam diet ini. Penumpukan lemak yang terlalu banyak, juga menyebabkan penurunan berat badan menjadi terhambat. Jadi makanlah sewajarnya saja, jangan berlebihan, ya.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu lebih lanjut mengenai diet OCD, pahami beberapa informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

Jam makan diet OCD

diet ocd
pixabay

1. Waktu bebas makan 8 jam & waktu puasa 16 jam (Level 1)

diet ocd
pixabay

Tahap OCD diet yang pertama, yakni dengan berpuasa selama 16 jam, dan mengkonsumsi makanan serta minuman pada rentang waktu 8 jam. Misalnya Sedulur memulai diet pada pukul 10 pagi, maka Sedulur bisa mengonsumsi makanan dan minuman apapun dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore.

Nah, setelah jam 6 sore, Sedulur harus berpuasa hingga jam 10 pagi. Lakukan tahap awal ini selama 2 minggu supaya tubuh bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu. Setelah itu, baru lanjut ke level yang berikutnya.

2. Waktu bebas makan 6 jam & waktu puasa 18 jam (Level 2)

diet ocd
pixabay

Pada level kedua, Sedulur diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman apapun dalam durasi 6 jam. Setelah durasi tersebut berakhir, Sedulur sudah tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun kecuali air putih, the tanpa gula, dan berbagai jenis minuman tanpa kalori yang lainnya.

Dalam level ini, dianjurkan untuk berpuasa selama 18 jam. Misalnya Sedulur memulai diet pada pukul 10 pagi, maka pukul 10 pagi sampai 4 sore bisa bebas memakan. Kemudian jika Sedulur memulai pada pukul 12 siang, maka waktu makan yakni dari pukul 12 siang hingga pukul 6 sore.

3. Waktu bebas makan 4 jam & waktu puasa 20 jam (Level 3)

pixabay

Tahapan yang berikutnya adalah level 3, dengan waktu makan bebas selama 4 jam dan waktu puasa selama 20 jam. Metode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari level 1 dan level 2. Perbedaannya hanya ada pada waktu Sedulur boleh mengkonsumsi makanan dan tidak boleh mengkonsumsi makanan.

Dalam level yang ke-3 ini, masa jendela untuk makan yaitu 4 jam. Jadi misalnya saja Sedulur mulai diet pada pukul 1 siang, maka diperbolehkan untuk makan mulai dari pukul 1 siang hingga pukul 5 sore. Setelah melewati jam tersebut, Sedulur sudah tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun selain air mineral dan minuman tanpa kalori.

4. Waktu puasa selama 24 jam (Level 4)

pixabay

Bisa dibilang jika level ke 4 ini adalah level yang paling berat. Hal ini karena tidak adanya masa jendela bebas makan. Namun, itu bukan berarti pada level ini Sedulur tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan sama sekali, lho. Melainkan Sedulur hanya makan satu kali sehari, tanpa adanya masa bebas makan.

Misalnya Sedulur memulai diet pada pukul 2 siang, maka Sedulur hanya boleh makan saat pukul 2 siang itu saja. Setelah itu, Sedulur tidak boleh mengonsumsi makanan kecuali mengonsumsi air tanpa kalori. Dan kemudian kembali mengkonsumsi makanan besoknya pada jam yang sama, yakni pukul 2 siang.

Untuk level yang satu ini, dianjurkan hanya dilakukan sebagai kombinasi atau selingan pada level 1, 2, atau 3. Jadi dalam satu minggu, Sedulur bisa menerapkan level 4 ini 2 atau 3 kali saja. Jika Sedulur benar-benar tidak kuat, maka tidak disarankan untuk nekat tetap menggunakan level 4 ini, ya.

BACA JUGA: 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

Menu diet OCD seminggu

pixabay

Bagi Sedulur yang sedang mencari cara diet OCD seminggu turun 10 kg, maka harus informasi yang satu ini. Ya, jadi tidak hanya menjalankan program OCD saja, namun juga menyiapkan menu diet yang benar. Saat berikut ini asupan nutrisi makanan yang harus dimakan saat berada di jendela makan diet.

1. Karbohidrat

pixabay

Pada umumnya, makanan yang mengandung karbohidrat itu sangat penting bagi tubuh kita. Tidak hanya menjadi sumber energi saja, namun karbohidrat juga diperlukan untuk proses metabolisme tubuh, yakni saat tubuh menghasilkan energi dari makanan yang Sedulur konsumsi sebelumnya.

2. Protein

pixabay

Selain karbohidrat, tubuh juga memerlukan protein dengan tujuan untuk menjaga massa otot. Sedulur bisa mendapatkan protein pada berbagai macam bahan makanan yang mudah ditemukan kok, misalnya saja seperti daging hewan, telur, tahu, tempe, dan juga kacang-kacangan.

3. Vitamin

pixabay

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh setiap harinya, pastikan Sedulur menyiapkan makanan seperti buah-buahan dan sayuran hijau pada saat jendela makan dalam diet OCD yang sedang dijalankan. Selain itu, Sedulur juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin supaya nutrisi yang dibutuhkan tetap tercukupi.

4. Memperbanyak Minum Air

pixabay

Satu hal yang paling penting dalam diet OCD ini adalah konsumsi air mineral. Selama puasa atau jam diet, Sedulur hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi air mineral sebanyak mungkin. Jangan sampai tubuh menjadi dehidrasi atau kekurangan air selama melakukan program diet yang satu ini.

Ada satu tips yang bisa Sedulur coba, yakni meminum 1 sampai 2 gelas air mineral setiap jamnya. Selain itu, penting juga untuk selalu melakukan aktivitas-aktivitas ringan selama diet supaya tubuh tidak lemas. Melakukan olahraga-olahraga kecil juga dianjurkan agar lemak di tubuh bisa turut dibakar.

BACA JUGA: Panduan Diet Debm yang Efektif Untuk Pemula, Biar Cepat Turun

Nah, itulah beberapa hal mengenai OCD yang perlu untuk Sedulur ketahui. Selain menghindari pantangan diet OCD, Sedulur juga harus menyiapkan asupan yang tepat pada saat menjalani program diet ini. Tentu saja hal ini dilakukan agar hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, kesabaran juga menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan program diet. Terus pertahankan pola dan jam makan sesuai level yang Sedulur pilih, hingga mencapai berat badan yang diinginkan. Tetaplah konsisten agar perjuangan yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.