kado untuk hari ibu

Selain memberikan kartu ucapan, masih banyak cara untuk memperingati Hari Ibu. Salah satu yang bisa Sedulur lakukan adalah memberikan kado atau hadiah. Kado untuk Hari Ibu ini bisa berbentuk uang, barang, ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bila Sedulur masih kebingungan untuk mencari kado apa yang akan diberikan kepada ibu tercinta, kali ini Super akan membagikan beberapa rekomendasi kado untuk Hari Ibu. Simak dengan baik sebagai referensi, ya!

BACA JUGA: 15 Inspirasi Kado Kenang Kenangan Untuk Guru yang Berkesan

Tips memilih kado spesial untuk ibu

kado untuk hari ibu
iStock

Sebelum membahas rekomendasi kado, ada beberapa tips memilih kado yang harus Sedulur pahami dengan baik. Dengan tips ini, kado yang Sedulur berikan akan menjadi semakin spesial.

-->
  1. Pahami selera ibu

Sebelum memutuskan untuk membeli kado, pastikan Sedulur sudah paham betul bagaimana selera ibu masing-masing. Selain selera, Sedulur juga bisa menyesuaikan dengan apa yang sedang ibu butuhkan atau inginkan supaya kado yang diberikan semakin penuh makna.

  1. Sesuaikan dengan dana yang ada

Setelah mengetahui barang atau sesuatu apa yang diberikan. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan dana yang ada. Jangan sampai, uang yang Sedulur miliki tidak cukup dan harus berhutang kesana kemari untuk melengkapinya. Lebih baik sedikit namun tidak menyulitkan diri sendiri, bukan?

  1. Kemas dengan rapi dan menarik

Jika barang sudah dibeli, Sedulur bisa langsung mengemas ulang menjadi kado yang lebih rapi dan menarik. Tambahkan dengan kartu ucapan berisi kata-kata terima kasih yang tulus agar lebih menyentuh hati.

  1. Berikan sebagai kejutan

Memberikan kejutan tidak hanya pada hari ulang tahun saja. Sedulur juga bisa memberikan kejutan yang mengesankan untuk ibu di hari spesialnya ini. Jadi, Sedulur bisa memberikan kado atau hadiah untuk ibu tanpa perlu memberitahunya terlebih dahulu dan lihat ekspresi bahagianya nanti.

Rekomendasi kado untuk ibu yang bermanfaat

Nah, inilah beberapa rekomendasi yang bisa Sedulur jadikan kado atau hadiah untuk merayakan Hari Ibu di tanggal 22 Desember nanti. Sekali lagi, sesuaikan pemilihan hadiah dengan dana yang dimiliki, karena ibu akan merasa lebih senang jika hadiah yang diterimanya tidak memberatkan orang yang memberikannya. Simak dengan baik, ya!

1. Uang tunai

kado untuk hari ibu
iStock

Rekomendasi kado yang pertama adalah uang tunai. Hadiah ini dapat Sedulur pilih jika tidak sempat membelikan kado berupa barang ataupun tidak terpikirkan akan membeli kado apa. Dengan kado berupa uang tunai, ibu Sedulur bisa memilih sendiri, barang apa yang akan dibeli sesuai dengan keinginannya.

Agar terlihat lebih menarik, Sedulur bisa membungkusnya dalam gift box yang dihias dengan pita. Meskipun terlihat sederhana, namun kado berupa uang tunai merupakan solusi praktis yang pastinya disukai oleh para ibu. 

2. Tanaman hias 

kado untuk hari ibu
iStock

Secara umum, para ibu akan senang apabila mendapatkan kado tanaman hias favoritnya. Jika ibu Sedulur merupakan penghobi tanaman hias, memberikan varian tanaman baru pasti akan membuatnya senang. Apalagi jika di rumah ada taman berisi tanaman-tanaman hias, kedatangan tanaman baru akan membuat taman menjadi lebih hidup.

BACA JUGA: 20 Pilihan Kado Untuk Suami di Hari Spesial yang Romantis

3. Pakaian 

kado untuk hari ibu
iStock

Rekomendasi kado untuk hari ibu selanjutnya adalah pakaian. Barang fashion ini tentu akan membuat hati ibu berbunga-bunga, apalagi jika sesuai dengan seleranya. Selain fokus pada merk pakaian berkualitas, Sedulur juga perlu memahami model dan warna favorit ibu. Jangan sampai, Sedulur membelikan baju bermotif sementara ibu menyukai pakaian yang polos. 

Sebelum membeli pakaian, ada satu hal penting yang harus Sedulur perhatikan, yaitu ukuran. Pastikan dengan benar ukuran pakaian ibu sebelum membelikannya sebagai kejutan. Jika ingin lebih pasti, Sedulur bisa mengajak ibu pergi berbelanja pakaian secara langsung, sehingga ia bisa memilih sendiri sesuai seleranya.

4. Produk-produk make up

kado untuk hari ibu
iStock

Bila ibu Sedulur memiliki hobi dandan, maka kado berupa produk-produk make up adalah pilihan yang tepat. Kado ini pastinya akan sangat berguna untuk tampil cantik di berbagai kegiatan yang akan dihadiri ibu. 

Saat memilih produk make up, pastikan Sedulur sudah tahu merk make up apa yang digunakan ibu. Jangan sampai salah, karena make up merupakan barang sensitif yang tidak selalu cocok dengan kulit wajah semua orang. Jika salah, kulit bisa jadi alergi maupun berjerawat.

5. Hampers sembako

kado untuk hari ibu
iStock

Meski terdengar biasa, namun hampers sembako bisa menjadi pilihan kado untuk Hari Ibu yang spesial. Hal ini karena sembako merupakan barang penting yang menunjang kehidupan sehari-hari. Dengan kado hampers sembako, ibu Sedulur pastinya akan merasa senang karena uang belanjanya bisa dialihkan ke hal lain.

Bila Sedulur merasa tidak ada waktu untuk berbelanja langsung ke toko sembako atau supermarket, alternatif terbaik yang bisa dilakukan adalah belanja secara online. Salah satu e-commerce yang bisa Sedulur pilih adalah Aplikasi Super.

Aplikasi kulakan sembako ini menyediakan beras, minyak, gula, susu, dan bumbu-bumbu dapur yang bisa Sedulur gunakan sebagai isian hampers sembako. Hanya dengan sentuhan jari, semua pesanan akan diantar sampai ke depan rumah. Menariknya lagi, Sedulur bisa mendapatkan voucher gratis ongkir, cashback, dan diskon spesial lainnya. Praktis dan murah pokoknya!

BACA JUGA: 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

6. Alat-alat kesehatan 

kado untuk hari ibu
iStock

Hadiah untuk Hari Ibu berikutnya adalah alat-alat kesehatan. Hadiah ini sangat cocok diberikan jika ibu Sedulur seringkali mengeluhkan sakit dan pegal-pegal. Beberapa alat kesehatan yang bisa Sedulur jadikan kado adalah kasur dan bantal kesehatan, alat pijat, tensimeter, dan termometer. Dengan adanya alat-alat ini di rumah, manfaatnya tidak hanya akan dirasakan oleh ibu, melainkan seluruh anggota keluarga, bukan?

7. Makanan 

kado untuk hari ibu
iStock

Makanan juga bisa menjadi kado untuk ibu di hari spesialnya. Terlebih jika makanan tersebut merupakan makanan yang mengingatkan akan kenangan indah ataupun makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Rasa puas dan bahagia pasti akan terpancar dari sorot matanya.

Jika Sedulur memiliki uang yang lebih, alternatif lain yang bisa Sedulur lakukan adalah mengajak ibu dan keluarga pergi ke tempat makan atau restoran untuk makan bersama-sama. Dengan begitu, kebersamaan di antara keluarga akan terasa semakin hangat.

8. Paket spa dan pijat atau perawatan di salon 

kado untuk hari ibu
iStock

Kado berupa paket spa dan pijat maupun perawatan di salon juga bisa menjadi solusi yang menarik. Kado ini sangat cocok diberikan untuk ibu-ibu muda yang masih bersemangat dalam menjaga penampilannya. Memberikan kesempatan kepada ibu untuk menjadi ratu seharian setelah bekerja keras selama ini adalah kado yang bermanfaat.

Sedulur bisa mengajak ibu pergi ke tempat spa atau salon secara langsung tepat pada harinya, ataupun memberikannya voucher yang bisa ditukar di hari-hari berikutnya. Jika memberikan voucher, pastikan lokasi spa atau salon dekat dengan rumah, sehingga ibu tidak perlu pergi terlalu jauh.

BACA JUGA: 30 Ide Kado Untuk Bayi Baru Lahir yang Unik & Bermanfaat

9. Buket bunga 

kado untuk hari ibu
iStock

Akhir-akhir ini, buket menjadi kado yang paling banyak dipilih untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang lain. Salah satu yang banyak dipilih adalah buket buka. Rangkaian bunga yang dibungkus dengan tumpukan kertas ini, semakin cantik berkat adanya pita dan hiasan lainnya.

Selain buket bunga yang cantik, ada juga pilihan buket lain, seperti buket jajan, buket make up, bahkan buket uang tunai. Sedulur juga bisa mengombinasikan buket bunga dengan buket lainnya jika memiliki dana berlebih. Namun, tidak perlu dipaksakan. Memberikan buket bunga saja juga sudah cukup menggembirakan.

10. Tas

kado untuk hari ibu
iStock

Sebagai seorang wanita, para ibu pastinya akan menyukai kado berupa tas. Hal ini membuat kado tas untuk merayakan Hari Ibu adalah pilihan yang tepat. Meskipun sebenarnya ibu sudah punya beberapa tas di rumah, membelikan tas dengan model yang baru akan mempermudah ibu dalam memadu padankan outfit saat berkegiatan di luar rumah nantinya.

Ada banyak model tas yang bisa Sedulur pilih sesuai dengan style ibu masing-masing. Ada sling bag, hand bag, dan shoulder bag yang cocok dikenakan oleh kaum ibu-ibu. Selain melihat model, pemilihan warna juga sangat penting diperhatikan. Jangan sampai Sedulur membeli tas dengan warna yang tidak disukai ibu, ya!

11. Album foto

kado untuk hari ibu
iStock

Memberikan album foto berisi foto-foto ibu selama satu tahun ke belakang juga bisa menjadi kado Hari Ibu yang menarik. Dengan kado ini, ibu bisa mengenang momen apa saja yang sudah dilalui bersama anak-anaknya maupun aktivitas kesehariannya. 

Kado ini sangat cocok diberikan untuk ibu yang sudah berusia lanjut dan bukan seorang pengguna smartphone. Jadi, mereka tetap bisa mengenang kembali momen kebersamaan dengan baik, meskipun tidak memiliki alat berteknologi canggih seperti HP saat ini. 

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

12. Sepatu

kado untuk hari ibu
iStock

Selain tas, barang penunjang fashion yang lain adalah sepatu. Sedulur bisa memberikan alas kaki yang nyaman dan berkualitas untuk melindungi kaki ibu saat berkegiatan di luar rumah. Dengan variasi sepatu yang dimiliki, ibu tidak akan kebingungan lagi untuk memadupadankan dengan outfit yang akan digunakan.

Berbeda dengan memilih tas yang tidak membutuhkan ukuran pasti, sebelum membelikan sepatu, Sedulur harus tahu terlebih dahulu berapa ukuran sepatu yang biasa digunakan oleh ibu. Jangan sampai karena asal mengira-ngira, sepatu yang diberikan tidak pas digunakan, seperti kekecilan ataupun kebesaran.

13. Logam mulia

kado untuk hari ibu
iStock

Kado untuk Hari Ibu berikutnya adalah logam mulia. Kado yang cukup mewah ini bisa Sedulur berikan kepada ibu sebagai ucapan terima kasih yang mendalam atas jasa-jasa yang sudah dilakukan ibu selama ini. 

Sedulur bisa memberikan logam mulia dengan berat sesuai dengan bujet yang ada. Logam mulia seberat 1 gram juga sudah cocok untuk dijadikan kado selagi Sedulur memberikannya dengan penuh rasa ikhlas.

14. Dompet

kado untuk hari ibu
iStock

Dompet menjadi salah satu barang penting yang harus dimiliki oleh para ibu. Tak jarang, seorang ibu bisa memiliki jumlah dompet yang sangat banyak dengan model yang berbeda-beda. Jika ibu Sedulur termasuk orang yang suka mengoleksi dompet, memberikan kado barang ini tentu saja menjadi pilihan yang tepat. 

Tak hanya membungkusnya dengan kertas kado yang menarik, Sedulur juga bisa menyisipkan beberapa lembar uang untuk mengisi bagian dalam dompet. Dijamin, ibu Sedulur akan tersenyum-senyum senang dengan ide kado ini.

BACA JUGA: 16 Ide Kado Pernikahan Super Kreatif Untuk Teman & Saudara

15. Bedcover

kado untuk hari ibu
iStock

Bedcover juga bisa menjadi pilihan kado Hari Ibu yang bermanfaat. Terlebih jika bedcover yang ada di rumah sudah mulai kempes dan robek di beberapa bagian. Dengan bedcover baru, waktu istirahat ibu akan menjadi lebih nyaman. 

Selain bedcover, Sedulur juga bisa menambahkan sprei, sarung bantal, maupun sarung guling untuk membuat suasana baru di kamar ibu. Bungkus sebagai hampers dan berikan kartu ucapan yang berkesan agar ibu merasa semakin bahagia.

16. Kompor listrik

kado untuk hari ibu
iStock

Seiring kemajuan teknologi, alat-alat rumah tangga juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satunya adalah kompor. Alat untuk memasak yang awalnya menggunakan bahan bakar gas, mulai banyak tergantikan dengan kompor bertenaga listrik, atau kompor listrik.

Dengan memberikan kado ini, Sedulur akan memfasilitasi ibu untuk merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Selain itu, kompor listrik juga akan memudahkan ibu untuk tidak bolak-balik mengisi gas elpiji dengan beban yang cukup berat.

17. Mukena

kado untuk hari ibu
iStock

Jika saat Hari Ayah Sedulur sudah memberikan kado berupa sarung, kini saatnya memberikan mukena sebagai kado untuk Hari Ibu. Kado berupa mukena sangat tepat dipilih apabila Sedulur merasa mukena yang selama ini digunakan ibu tidak pernah berganti. 

Sedulur juga bisa menyandingkannya dengan barang lain, seperti kerudung, sajadah, maupun tasbih dan membungkusnya sebagai hampers. Memberikan seperangkat alat ibadah tentu saja menjadi hal yang berkesan dan bermanfaat bagi ibu. Tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan di dunia, namun juga nanti di akhirat.

BACA JUGA: 9 Ide Kado Natal Unik untuk Keluarga & Teman Spesialmu

18. Kue 

kado untuk hari ibu
iStock

Tak hanya momen pertambahan usia saja yang identik dengan kue, momen Hari Ibu juga cocok untuk dirayakan sambil meniup lilin. Membawakan kue sambil menyanyikan lagu pastinya akan menjadi kejutan yang menggembirakan untuk ibu.

Sedulur bisa membelikan kue berukuran sedang yang dicustom dengan tulisan “Selamat Hari Ibu” di bagian atasnya. Jangan lupa untuk merekam momen bahagia ini, sebagai kenang-kenangan yang berkesan. 

19. Lilin aromaterapi

kado untuk hari ibu
iStock

Merasakan istirahat yang nyaman merupakan salah satu nikmat yang tak tertandingi. Apalagi bagi seorang ibu yang setiap hari bekerja keras mengurus rumah dan anak-anaknya. Bila Sedulur tertarik untuk memberikan hadiah yang bermanfaat untuk ibu, lilin aromaterapi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan lilin aromaterapi, waktu istirahat akan terasa lebih nyaman, Aroma-aroma yang keluar dari lilin akan membuat suasana menjadi rileks, sehingga tubuh bisa beristirahat dengan tenang. Lilin aromaterapi juga bisa menambah suasana romantis di dalam kamar, lho!

20. Buku

kado untuk hari ibu
iStock

Bila ibu Sedulur termasuk orang yang suka membaca, maka buku bisa dijadikan sebagai kado untuk Hari Ibu yang bermanfaat. Sedulur bisa memberikan buku bertema pengembangan diri, buku resep-resep masakan, maupun novel-novel dari penulis favorit ibu.

Selain memberi buku, Sedulur juga bisa membelikan rak atau lemari kecil untuk meletakkan buku-buku baru. Dengan begitu, Sedulur bisa mengisi bagian rak atau lemari yang masih kosong dengan buku-buku baru berbagai tema.

BACA JUGA: 8 Cara Membungkus Kado Tanpa Kotak yang Mudah & Kreatif

21. Gadget

kado untuk hari ibu
iStock

Mengupdate gadget milik ibu juga bisa dijadikan kado hari ibu yang pastinya bermanfaat. Terlebih bila selama ini HP milik ibu sudah mulai lemot dan penyimpanannya seringkali penuh. Dengan HP baru, aktivitas komunikasi akan berjalan semakin lancar tanpa gangguan yang berarti.

Agar biaya bulanan penggunaan HP bisa lebih terukur dan praktis, Sedulur bisa sekaligus memasang WiFi di rumah. Jadi, tidak akan ada lagi masalah komunikasi karena ibu tidak tahu bagaimana cara membeli kuota maupun pulsa internet.

22. Perabotan masak 

kado untuk hari ibu
iStock

Kado terakhir yang bisa Sedulur berikan kepada ibu adalah perabotan masak. Mulai dari wajan, panci, teflon, spatula, hingga set pisau dan talenan. Barang-barang tersebut pastinya akan membantu ibu dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Perabotan memasak yang baru pastinya akan sangat bermanfaat. Pasalnya, perabotan masak milik ibu seringkali sudah tidak layak pakai namun masih tetap digunakan. Sehingga, perabotan masak yang baru akan membuat suasana lebih nyaman dan menyenangkan.

Itu tadi beberapa rekomendasi kado untuk Hari Ibu yang bisa Sedulur jadikan referensi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang kebingungan saat ingin memberikan kado atau hadiah untuk merayakan Hari Ibu ya. Selain itu, dengan adanya momen ini, Sedulur juga bisa lebih menghargai apapun yang telah dilakukan oleh ibu dalam hidup. Ucapkanlah terima kasih atas apa yang sudah ia berikan, supaya ia semakin bahagia di hari yang spesial ini.