ide kado untuk bayi baru lahir

Bagi sebagian orang, momen kehadiran anggota keluarga baru seperti putra-putri kecil adalah penantian panjang yang akhirnya terjawab. Tentunya momen ini akan dirayakan dengan penuh syukur dan sukacita. Namun, tak bisa dimungkiri kebutuhan orang tua baru pun tidak bisa dibilang sedikit. Meski mungil, bayi membutuhkan perhatian dan perlengkapan yang cukup banyak. 

Untuk itu, bantuan apapun akan sangat bermanfaat buat para orang tua baru ini. Bila ada kerabat atau sahabat Sedulur yang baru saja mendapatkan kabar berita ini, ada baiknya puluhan inspirasi kado untuk bayi baru lahir berikut jadi pertimbanganmu untuk membantu meringankan beban mereka. Apa saja, sih? Yuk langsung simak daftarnya di bawah. 

BACA JUGA: Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir Beserta Budgetnya

1. Baju bayi ukuran newborn atau balita 

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/haven.interiors.and.lifestyle

Kado yang cocok untuk bayi baru lahir pertama adalah pakaian. Semua orang tua akan berterimakasih dengan pemberian ini. Mengingat bayi cenderung sering berganti pakaian karena berbagai alasan, mulai dari makanan yang berantakan, buang air besar dan kecil, hingga berkeringat.

-->

Jenis pakaian yang bisa Sedulur persembahkan untuk orang tua baru dan si bayinya antara lain sleep set, bodysuit, onesuit, hingga topi rajut. Tidak perlu terpaku membelikan pakaian yang ditujukan untuk newborn saja. Tidak masalah,membeli pakaian untuk bayi umur setahun ke atas, pakaiannya tetap terpakai seiring pertambahan usia dan bobot bayi.

2. Popok kain atau sekali pakai

kado untuk bayi baru lahir
iStock

Kado lainnya adalah popok, baik popok kain maupun sekali pakai. Tentu keduanya punya kelebihan dan kekurangan sendiri dan terserah si orang tua akan menggunakan yang mana tergantung keadaan. Popok sekali pakai cocok dipakai saat si bayi diajak bepergian, dan popok kain bisa dipakai saat di rumah.

3. Rash cream

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/ivanaturaorganik

Tak lupa pula rash cream. Biasanya bayi baru lahir memiliki kulit yang sensitif dan akan teriritasi karena penggunaan popok dalam waktu lama. Rash cream bisa kamu jadikan kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat dan pasti terpakai. Tak peduli jenis kelamin si bayi.

4. Perlengkapan mandi bayi

iStock

Selain rash cream, kamu juga bisa menyertakan produk-produk untuk kebutuhan mandi bayi. Perlengkapan mandi di sini termasuk berbagai produk untuk perawatan rambut maupun kulit bayi. Silakan pilih yang memang ditujukan untuk bayi sehingga aman dari segi komposisi. Sedulur bisa membelikan produk mandi seperti shampo, baby oil, sabun cair, hair lotion, bedak tabur, dan lain sebagainya dalam satu set yang dikemas cantik. Harganya lumayan bervariasi, ada produk premium dan reguler. Untuk ini, tentu kembalikan pada kemampuan finansial pribadi Sedulur saja.

5. Sikat gigi dan lidah untuk bayi

iStock

Tak lupa sikat gigi dan sikat lidah untuk bayi. Meski masih newborn, kebersihan mulut bayi juga penting diperhatikan. Bisa saja kerabat atau sahabat dekat Sedulur lupa. Ini bisa jadi pengingat mereka. 

BACA JUGA: 50+ Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Recomended

6. Sabun cuci botol dan peralatan makan bayi 

iStock

Sedulur bisa juga sih memilih botol susu sebagai kado bayi baru lahir yang bermanfaat. Namun, membelikan para orang tua baru ini sabun cucinya justru lebih berguna. Orang tua biasanya sudah siap sedia botol menjelang kelahiran bayinya, tetapi kemungkinan besar melupakan sabun cuci botol dan peralatan makan khusus bayi. 

7. Selendang gendong

iStock

Tidak peduli selendang gendong tradisional dari selendang batik atau gendongan model terbaru, benda ini sangat dibutuhkan para orang tua baru. Meski bakal sering di rumah, bayi kadang harus keluar untuk keperluan kontrol ke dokter, imunisasi, atau sekadar bepergian. Sudah banyak pilihan model di pasaran, Sedulur tinggal pilih yang terbaik dan harganya pas di kantong.  

8. Baby carrier 

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/zakkelbaby

Selain selendang gendong, ada pula pilihan baby carrier yang lebih modern. Beda dengan selendang bahan baby carrier lebih tebal dan kokoh, tetapi lumayan berat saat dipakai orang tua. Kado untuk bayi baru lahir dari segi harganya masih masuk akal. Ada di kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta tergantung jenamanya. 

9. Alat makan dan bib

Depositphotos

Hal yang tidak bisa terlupa dari kado bayi baru lahir adalah alat makan dan bib alias celemek makan. Kini sudah banyak alat makan dan bib yang lebih awet dan mudah dibersihkan dengan lap saja. Selain plastik, ada juga alternatif lebih mahal dan baik yaitu yang berbahan silikon atau kayu. 

10. Boneka mungil 

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/otisandthewolf

Tidak hanya jadi kado untuk bayi perempuan yang baru lahir, kado berupa boneka atau mainan dari kain sebenarnya bisa diberikan pada semua gender bayi. Bayi biasanya suka memegang sesuatu untuk melepas rasa bosan. Agar aman, mainan berbahan empuk yang bisa dipeluk pun jadi solusi. Jangan ragu untuk memberikan ini sebagai kado untuk kerabat Sedulur yang baru saja dikaruniai putra atau putri. 

BACA JUGA: 15 Mainan Bayi 6 Bulan Terbaik Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil!

11. Pacifier dengan klip 

iStock

Selain boneka atau mainan dari kain, Sedulur bisa menyisipkan pacifier juga dalam paket kado untuk bayi baru lahir perempuan maupun laki-laki. Pacifier kini dilengkapi dengan klip agar tidak mudah jatuh dan kotor. Pastikan bahan klipnya bagus dan aman, sehingga tidak melukai si bayi. 

12. Teether 

iStock

Teether memang tidak ditujukan untuk newborn, tetapi akan terpakai saat bayi memasuki usia enam bulan ke atas dan gigi susu mereka mulai tumbuh. Saat itu tiba, bayi akan merasakan gatal dan butuh sesuatu untuk digigit. Tentu berbahaya jika benda yang digigit tidak higienis, teether solusinya. Orang tua bakal bersyukur ketika ada kerabat mereka yang turut memikirkan hal ini. 

13. Perlak bayi 

iStock

Untuk mengganti popok, diperlukan perlak karena ia tahan air dan mudah dibersihkan dengan lap. Perlak bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan tak bakalan nganggur di pojokan rumah. Jelas akan selalu terpakai. 

14. Handuk dan waslap untuk bayi 

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/themodernnursery

Kado berikutnya adalah handuk dan waslap. Ini diperlukan untuk memandikan bayi baru lahir. Sangat penting untuk memilih material yang lembut dan aman untuk kulit bayi yang sensitif, jadi pastikan kamu mempertimbangkan hal ini sebelum memilih handuk dan waslap. 

15. Bak mandi bayi

Depositphotos

Jika ada rezeki berlebih, membelikan bak mandi bayi pun bisa Sedulur lakukan. Bak mandi punya peran esensial dalam pengasuhan bayi. Tanpanya, orang tua akan kelabakan pada waktunya harus membersihkan tubuh bayi. Ada banyak ukuran dan model yang tersedia, disarankan yang cukup untuk beberapa tahun setelah bayi lahir. Boleh juga pilih yang sudah disertai dudukan atau penyangga khusus untuk memudahkan orang tua saat harus memandikan bayi yang mulai aktif. 

BACA JUGA: 12 Bedak Bayi Terbaik Paling Aman Untuk Kulit Si Kecil

16. Termometer

Depositphotos

Sepele, tetapi termometer sangat penting untuk orang tua dengan bayi baru lahir. Masih rentan, bayi bisa saja rewel karena demam dan harus segera ditangani sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Ini gunanya orang tua disarankan siap sedia termometer elektrik di rumah. Ringankan beban mereka dengan membelikan termometer sebagai salah satu kado untuk bayi baru lahir. 

17. Selimut bayi

Depositphotos

Benda lain yang pasti dibutuhkan bayi adalah selimut. Kadang ini terlewat dari perhatian orang tua yang sudah sibuk dengan persiapan lahiran. Tetap pilih bahan yang aman untuk kulit bayi, yaitu yang materialnya lembut dan ringan. Tidak perlu yang terlalu tebal, Sedulur. 

18. Karpet lantai

iStock

Kamu bisa menunjukkan perhatianmu pada kerabat yang baru saja melahirkan bayi dengan membelikan mereka matras atau karpet lembut yang aman buat bayi. Matras sangat diperlukan untuk melindungi bayi dari benturan saat bermain di lantai. Matras pun bisa dipakai sampai mereka balita, jadi bukan sesuatu yang hanya dipakai dalam beberapa bulan saja. 

19. Matras untuk tidur 

iStock

Meski bayi bisa ditidurkan di kasur bareng ayah dan bunda. Ia biasanya butuh matras tambahan agar orang tua bisa tidur lebih nyaman. Ringankan beban ayah dan bunda dengan membelikan mereka matras kecili. Bisa nih sekalian dilengkapi dengan perlak dan selimutnya. Yakin pasti terpakai. 

20. Play gym 

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/melllipouparis

Salah satu produk perlengkapan bayi yang sedang tren ini juga bisa meringankan beban orang tua baru, lho. Bayi apalagi yang masih di bawah usia 1 tahun butuh perhatian lebih hingga kadang orang tua tak punya waktu buat bersantai. Dengan play gym, bayi bisa asyik bermain sendiri dan orang tua bisa mencuri waktu barang beberapa menit untuk rehat atau me time sejenak. Seru dong tentunya. 

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi Aman Terbaik

21. Jemuran lipat

iStock

Sudah jadi pengetahuan umum kalau bayi akan sering berganti pakaian. Jadi, menghadiahi orang tua jemuran lipat adalah sebuah langkah jitu mengurangi beban mereka. Kamu bisa memilih berbagai tipe jemuran, disarankan yang kecil saja disertai jepit-jepit untuk pakaian-pakaian bayi berukuran mini. Ini kado yang tak pasaran dan unik, lho Sedulur. 

22. Kebutuhan ibu menyusui

Depositphotos

Selain bayi, kamu juga bisa memberikan perhatian pada kedua orang tuanya. Terutama sang ibu yang harus menyusui. Sedulur bisa menghadiahi busui dengan bantal dan apron menyusui, bra khusus busui, hingga nipple cream. Untuk kado ini ada baiknya Sedulur benar-benar kenal dan dekat dengan sang ibu, mengingat tidak semua ibu yang baru melahirkan memproduksi ASI dan punya privilese untuk menyusui bayinya secara langsung. 

23. Diaper bag

kado untuk bayi baru lahir
Instagram.com/rivedroite_paris

Tas bayi atau diaper bag masuk salah satu kebutuhan esensial. Bunda dan ayah baru akan membutuhkannya saat harus mengajak si newborn untuk pergi. Bahkan ke tempat yang dekat saja, bayi selalu membutuhkan hal-hal yang terduga. Popok, camilan, susu hangat, selendang, bib, hingga lainnya bisa dimasukkan dalam tas multifungsi tersebut. 

24. Sterilizer and dryer 

kado untuk bayi
iStock

Di masa pandemi begini, banyak orang tua yang pasti memikirkan kebersihan dan keamanan alat makan buah hati mereka. Boleh deh sterilizer ini dipersembahkan sebagai kado untuk orang tua baru. Harganya memang tidak bisa dibilang murah, Sedulur. Bila memang ada rezeki lebih silakan tetapkan ini sebagai hadiah, tetapi jika tidak pun kamu bisa memilih barang lain yang masuk di budget. 

25. Air purifier atau humidifier

Air purifier atau humidifier
iStock

Air purifier cocok diletakkan di kamar bayi baru lahir. Tujuannya tentu menjaga bayi dari ancaman virus dan penyakit. Harga air purifier beragam kok, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah bisa Sedulur pilih sebagai alternatif kado untuk bayi. 

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik, Aman Untuk Si Kecil

26. Minyak esensial

Depositphotos

Jika ada rezeki berlebih, air purifier bisa ditambah dengan minyak esensial. Banyak ayah dan bunda baru yang tertarik dengan khasiatnya, termasuk mencegah penyakit dan membantu bayi tidur lebih lelap. Silakan cari tahu apa saja manfaat tiap minyak esensial dan pilih yang menurut Sedulur cocok untuk kebutuhan kerabat. 

27. Buku cerita

Depositphotos

Bayi baru lahir memang belum bisa membaca, tetapi buku cerita tidak memiliki masa kadaluarsa. Jadi, cocok diberikan sedini mungkin untuk bekal anak kerabat Sedulur. Apa salahnya menghadiahkan buku cerita anak-anak sekalian memperkenalkan mereka dengan kebiasaan membaca?

28. Stroller 

Depositphotos

Termasuk kado besar dan butuh dana yang tak sedikit, tetapi stroller memang sepenting itu. Ini membantu meringankan beban orang tua yang harus mengajak bayinya keluar rumah. Baik sekadar jalan-jalan atau kebutuhan penting lainnya. Stroller juga tersedia dalam berbagai merek dan harga yang bisa disesuaikan kebutuhan dan dana yang tersedia. 

29. Baby lounger 

Depositphotos

Selain stroller, Sedulur bisa nih mengambil baby lounger sebagai gantinya. Ia berbentuk seperti keranjang dan memudahkan orang tua yang harus mengajak bayinya bepergian dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau taksi. Dengan begitu, bayi bisa dilatih mandiri dan orang tua pun bersantai sejenak tanpa khawatir akan bayi mungil mereka. 

30. Mainan 

kado untuk bayi baru untuk lahir
Instagram.com/otisandthewolf

Mainan untuk bayi juga sudah sangat beragam sekarang. Bahkan sudah ada yang dijamin bebas bahan kimia berbahaya, jadi aman jika masuk mulut bayi saat mereka bermain. Untuk newborn atau bayi di bawah 3 tahun, mainan-mainan dengan model puzzle susun dan bentuk lebih disarankan. Diyakini mainan ini mengenalkan mereka pada warna, bentuk, dan bisa melatih kemampuan motorik hingga sensorik. 

Itu dia 30 inspirasi ide kado untuk bayi yang baru lahir. Jika Sedulur perhatikan, tak ada kado khusus untuk bayi baru lahir laki-laki atau perempuan, semua gender akan membutuhkan barang-barang di atas, kok. Sedulur tidak perlu membedakan atau memasukkan gender dalam pertimbangan membeli kado. Begitu pula dengan warna, seyogyanya warna pink dan biru untuk membedakan preferensi gender bayi hanyalah konstruksi sosial belaka. Sedulur bebas pilih warna apa saja untuk si bayi kecil.

Di sisi lain, Sedulur dapat menyesuaikan kado yang akan diberikan dengan bujet yang dimiliki. Nah, agar belanja kado menjadi lebih hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Sebab di sana juga tersedia beragam pilihan produk perlengkapan bayi dan anak, seperti perlengkapan mandi dan popok.

Belanja di Aplikasi Super juga sangat mudah. Sedulur cukup melakukan pemesanan lewat aplikasi dan barang pesananmu akan dikirim sampai depan rumah. Praktis bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store!