Guru merupakan sosok yang sangat berjasa dalam mencerdaskan murid dengan ilmunya. Jadi tak heran jika tak ada sosok ini, mungkin tak akan lahir ilmuan-ilmuan hebat seperti BJ Habibie pembuat pesawat Nurtanio. Kemudian Randal Hartolaksono seorang ilmuwan lulusan University of London asal Indonesia yang berhasil menemukan bahan bakar dari kulit singkong. Dua ilmuan hebat ini, tentu tak lepas dari peran serta guru.

Di masyarakat Jawa,  Guru mempunyai arti digugu dan ditiru. Digugu mempunyai arti dipercaya atau dipatuhi, sementara ditiru mempunyai arti harus diikuti atau diteladani. Kemampuan guru agar bisa digugu dan ditiru harus erat kaitannya dengan empat kompetensi. Empat kompetensi itu adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Keempat hal ini, harus dimiliki seorang guru agar layak menjadi guru yang digugu dan ditiru. Namun terlepas dari hal itu, guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa, sudah sepantasnya kita memberikan kenang-kenangan untuk guru. 

Bicara mengenai kenang-kenangan untuk guru, biasanya sering kita berikan saat sudah lulus dari masa pendidikan sekolah. Baik jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Buat kamu yang bingung memilih kado istimewa buat guru terbaikmu, yuk simak ulasan di bawah ini.

-->

BACA JUGA: 4 Standar Kompetensi Guru Di Era Digital yang Harus Dimiliki

1. Kue berbentuk peralatan sekolah

kenang kenangan untuk guru
detik

Untuk kamu yang ingin memberikan hadiah istimewa untuk guru tersayangmu, kamu bisa memberikan bingkisan berupa kuliner berbentuk peralatan sekolah. Ya, guru memang diidentikan dengan peralatan sekolah. Mulai dari buku paket pelajaran, spidol ataupun papan tulis. Bahkan identik pula dengan seragam sekolah. Nah, jika kamu punya kreativitas keren, kamu bisa mewujudkan hal ini dalam bentuk kue.

Kamu bisa memesan atau jika punya ketrampilan memasak, bisa membuatnya bersama teman di rumah. Dengan membuat kue, sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan, tidak perlu banyak modal. Kalian bisa membuatnya bersama teman. Namun, jika merasa kesulitan, kamu tinggal memesannya ke toko kue.

2. Mug

kenang kenangan untuk guru
vistaprint

Selain dalam bentuk kue, kamu bisa memberikan kenang kenangan untuk guru laki-laki dalam bentuk mug. Mug dianggap cinderamata yang pas untuk guru terkasihmu. Sampai saat ini, banyak toko pernak-pernik membuka jasa desain tulis nama pada mug.

Masalah biaya pembuatan mug custom ini dipastikan tidak mahal. Sebab biasanya di toko pernak-pernik mulai memberikan range harga berkisar Rp 50 ribu sampai yang paling mahal berkisar Rp 100 ribu.

3. Coffe cup holder

kenang kenangan untuk guru
havalina

Jika dirasa pemberian mug sebagai kenang kenangan untuk guru perempuan dianggap mainstrem, mungkin tak ada salahnyaa memberikanya dalam bentuk Coffe Cup Holder. Coffe Cup Holder bisa menjadi cara menyampaikan ucapan kenang-kenangan untuk guru tk. Sebab, salah satu hal yang biasa dilakukan oleh guru adalah mengucapkan terima kasih.

Coffe Cup Holder bisa menjadi kado dan dapat digunakan saat menjaga cangkir agar tidak terjatuh. Terkait berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli hadiah ini, cukup terjangkau di kalangan pelajar. Sebab, di toko pernak-pernik, hadiah yang satu ini dibanderol dengan harga berkisan Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu. Namun, jika tak menemukan di toko pernak-pernik, kamu bisa mencarinya di toko supermarket. Bagaimana, cukup murah bukan?

4. Buket permen

kenang kenangan untuk guru
carousell

Biasanya kita melihat buket menggunakan bunga, uang pecahan lima ribu, atau dalam bentuk snack. Nah, jika kamu ingin mencoba hal berbeda, bisa menggunakan kumpulan permen menjadi buket. Hadiah ini sangat tepat kamu berikan sebagai buket untuk guru. Kamu bisa memesan ke toko pernak-pernik atau jika punya tangan-tangan kreatif, bisa membuatnya sendiri di rumah. Buket ini bisa kamu berikan saat masa perpisahan atau pelepasan siswa. Sebab, di momen seperti itu, merupakan waktu yang tepat dalam diberikan buket ini

Buat masalah harga yang ditawarkan oleh toko pernak-pernik, biayanya sangat terjangkau. Buket permen biasanya dijual seharga Rp 25 ribuan.

BACA JUGA: pekerjaan yang bisa dilakukan sambil mengurus rumah tangga

5. Parsel buah

kenang kenangan untuk guru
solopos

Biasanya kita menemukan parsel saat lebaran atau menjenguk orang sakit. Namun, tahukah kamu parsel buah ternyata bisa dijadikan kado kenang kenangan untuk guru. Kado ini mempunyai tujuan yang baik yakni supaya guru tetap sehat saat mengajar dan menyelesaikan tugas-tugasnya. Apalagi guru banyak beraktivitas di luar dan di dalam kelas, sehingga kebugaran fisik sangat berdampak sekali.

6. Jurnal

kenang kenangan untuk guru
universitascokroaminoto

Kado kenang kenangan untuk guru tak selamanya dalam bentuk parsel. Kamu bisa juga memberikan mereka dalam bentuk jurnal. Kegiatan guru tidak lepas dari jadwal mengajar  yang padat. Serta kegiatan lain seperti les untuk siswa saat mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir.

Maka dari itu, memberikan jurnal sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan dianggap cocok. Nantinya, jurnal tersebut bisa digunakan guru untuk keperluan mencatat semua kegiatan yang akan dilakukan. Dan pemberikan jurnal adalah kenang-kenangan untuk guru yang murah. Sebab, di toko pernak-pernik biasanya dijual dalam kisaran harga Rp 50 ribuan.

7. Kolase foto

kenang kenangan untuk guru
ngonoo

Jika bingung memberikan kado kenang kenangan untuk guru perempuan, mungkin  tak ada salahnya membuat kolase foto. Kolase foto bisa berisi  masa-masa di sekolah, bercengkrama dengan guru terkasih atau hanya batas foto pribadimu saja. Kolase foto adalah seni menyusun banyak foto menjadi  sebuah halaman yang dapat terlihat menarik. Buat kamu yang akan memberikan kolase foto sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan, maka bisa mengumpulkan foto guru kesayangan. Langkah selanjutnya adalah menyusunya dalam bentuk satu halaman saja.

Jangan lupa tambahkan frame atau bingkai supaya mempercantik kado kenang-kenangan untuk guru tersebut. Supaya tampak lebih berkesan dan punya nilai seni  yang tinggi. Buat kamu  yang mencari framenya, bisa mencarinya di toko fotocopy atau pernak-pernik. Biasanya dijual dengan rentang harga Rp 19ribu  sampai dengan Rp 100ribuan.

8. Video stop motion

kenang kenangan untuk guru
klikmania

Punya kreativitas dalam bidang fotografi dan videografi, maka jangan kamu sia-siakan bakatmu. Bisa jadi, kelebihan yang kamu miliki ini bisa membuat sesuatu yang spesial untuk guru kamu. Ya, kamu bisa membuat semacam video stop motion yang berdurasi 10- 15 menit  saja.  Video stop motion bisa berisi kolase foto, rekaman video bersama atau saat berada di dalam kelas. Namun bisa juga kamu isi dengan ucapan terima kasih dan video perpisahan

Cobalah untuk kamu susun menjadi satu file menarik. Dan berikan hadiah ini sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan.  Jika kamu merasa kesulitan dalam membuat video stop motion, maka tak ada salahnya menggunakan jasa edit videografi. Untuk menggunakan jasa edit video, maka siapkan budget kisaran ratusan ribu. Video stop motion pun akan menjadi hadiah yang ternilai dan kenang-kenang untuk gurumu tersayang.

9. Dompet

tribunnews

Kado kenang kenangan untuk guru tak selalu harus dalam bentuk video. Kamu bisa juga menyiapkan pernak-pernik lain. Pernak-pernik tersebut adalah dompet. Untuk dompet yang bisa diberikan pun juga beragam. Mulai dompet kacamata, dompet kartu nama hingga hal yang paling umum dompet uang.

Buat kamu yang ingin memberikan hadiah kenang-kenangan untuk guru laki-laki mu, bisa memesan dompet ke pengrajin sehingga bisa menambah sentuhan personal yang unik. Namun jika ingin mencari dompet yang lebih bernilai, maka dompet kulit bisa menjadi solusinya. Untuk produk dompet dengan motif gambar mulai dijual murah berkisar Rp 200ribuan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Cuddling dengan Pasangan Bagi Kesehatan & Pikiran

10. Tumbler

wearinasia

Tak ketinggalan pula hadiah untuk guru saat perpisahan yang bisa kamu berikan berupa tumbler. Tumbler dianggap punya fungsi dan kegunaan. Tumbler adalah botol air mineral yang sangat penting dalam keperluan mengisi air minum. Mengingat dalam setiap kegiatan, guru dituntut  kerja ekstra keras dan tak ada waktu untuk beli minum. Sehingga keberadaan tumbler pun juga penting supaya mengurangi penggunaan botol plastik. Sebab, selama ini banyak guru sering membawa kemasan air mineral, yang malah justru mencemari lingkungan.

Buat kamu yang ingin memberikan tumbler sebagai ucapan kenang kenangan untuk guru tk, sekarang sudah banyak jasa pembuatan desain tumbler. Jadi kamu tak perlu lagi pusing-pusing memberikan kado istimewa apa yang layak diberikan kepada guru tersayang. Pilihah warna hingga desain yang digunakan untuk custom tumbler sesuai selera guru. Biasanya untuk jasa pembuatan desain tumbler dibanderol seharga Rp 40 ribuan.

11. Kain

orami

Selain memberikan tumbler sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan, kamu bisa pula memberikan mereka sebuah kain. Tentunya kain dengan motif-motif menarik, supaya lebih terkesan di benak para guru. Pemberian hadiah berupa kain pun ada sebabnya. Ya, biasanya saat mengajar, guru kerap menggunakan pakaian formal. Sehingga kain bisa dijadikan kado istimewa buat guru. Kain tersebut bisa berupa kain batik atau jenis kain lain.

Dengan memberikan kado berupa kain sebagai kenang kenangan untuk guru, maka guru kesayanganmu bisa menentukan sendiri akan dijahit model apa  dengan kain tersebut. Soal ukuran, kamu tidak perlu pusing-pusing jika nanti kebesaran atau kekecilan.

Tidak hanya itu, kain layaknya tumbler, dompet atau mug yang sama-sama punya kegunaan penting setiap hari.

12. Tempat pensil

productnation

Selanjutnya ada kado kenang kenangan untuk guru berupa tempat pensil. Ya, tempat pensil tak selamanya hanya dipakai oleh para siswa, oleh guru pun sering pula digunakan. Tempat pensil dianggap sebagai hadiah kenang-kenangan untuk guru yang murah. Sebab, biasanya harga tempat pensil tak lebih dari Rp 100.000. Untuk pilihannya, kamu bisa mencarinya di toko online atau pun toko buku di sekitar kamu.

Sebab, kotak pensil mempunyai motif dan bentuk beragam. Sehingga dengan variatifnya bentuk kotak pensil, kamu bisa leluasa dalam memilihnya. Jika ingin tempat pensil yang spesial, bisa membeli di toko tempat pensil untuk dikustomisasi. Buat kamu yang ingin mendesain kotak pensil sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan, bisa menyiapkan mahar sebesar Rp 65ribuan.

13. Saputangan

bantentribun

Tak harus memberikan kotak pensil sebagai kado kenang kenangan untuk guru. Kamu bisa juga memberikan  sapu tangan sebagai kenang-kenangan untuk guru. Bentuknya memang sederhana, namun kegunaanya luar biasa. Saputangan berguna dalam mengelap tangan  basah selepas terkena air, dan bisa juga mengelap tangan selepas terkena sentuhan kotoran.  

Buat kamu yang menjadikan saputangan sebagai hadiah untuk guru saat perpisahan, bisa minta desain custom ke pengrajin sapu tangan. Kamu bisa menambahkan tulisan atau nama guru pada sapu tangan memakai bordiran. Sehingga saputangan pun jadi lebih istimewa saat diberikan kepada guru tersayang. Saat ini, sudah banyak jenis sapu tangan yang bisa kamu jupai di pusat perbelanjaan. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp 10ribu hingga paling mahal Rp 50 ribu.

14. Tanaman hias

haibunda

Kado kenang-kenangan untuk guru selanjutnya bisa berupa tanaman hias. Siapa yang tak mengenal tanaman hias, selain punya keindahan untuk daun hingga bunganya, tanaman hias bisa menjadi perindang untuk taman pekarang sekolah atau taman pekarangan rumah milik sang guru. Ada banyak tanaman hias yang bisa kamu pilih. Tentunya disesuaikan dengan harga atau dana yang kamu miliki. Tanaman hias itu bisa berupa Caladium atau sejenis tanaman hias lain seperti Anggrek.

Sebab, guru akan sangat senang jika diberikan kado berbeda dengan kado dari murid lainnya. Tidah hanya itu, tanaman hias bisa hidup lama sehingga akan selalu diingat oleh guru. Buat kamu yang ingin memberikan hadiah kenang kenangan untuk guru, memberikan tamanan hias Caladium sudah sangat baik. Sebab, tanaman ini sekarang mulai dijual dalam kisaran Rp 9ribu hingga paling mahal Rp 1 juta.

15. Kotak bekal

hargaweb

Jika hadiah untuk guru saat perpisahan berupa tanaman hias dianggap berlebihan, mungkin kamu bisa berikan gurumu berupa kotak bekal. Umumnya, para guru terbiasa membawa bekal dari rumah. Sehingga mungkin menjadi ide untuk hadiah kenang-kenangan untuk guru tersayang. Untuk menonjolkan nilai yang berkesan, sebaiknya pilih kotak kado yang berbeda dari yang lain. Contohnya memberikan stiker ucapan terima kasih supaya punya nilai lebih.

Tips membeli kado kenang-kenangan untuk guru

Memberikan sebuah bingkisan atau kenang-kenangan untuk guru memang pantas diberikan. Hanya saja, kamu harus mempersiapkan beberapa hal. Seperti jumlah biaya dan hadiah seperti apa yang layak diberikan. Nah, supaya tak salah perhitungan, yuk ikuti tips sederhana di bawah ini.

Sesuaikan dengan biaya

Dalam memberikan kado bingkisan, hal yang tak boleh dilupakan adalah faktor biaya. Jangan sampai kamu terbebani setelah memberikan kado kepada gurumu. Pastikan biaya pengeluaran yang dibutuhkan.

Cari tahu barang yang disukai guru

Sebenarnya, kamu bisa memberikan hadiah kenang-kenangan untuk guru apa saja. Namun jika ingin lebih berkesan, bisa memberikan kado yang lebih istimewa dan pastinya kerap dipakai oleh para guru.

Buat karya sendiri

Guru sangat senang bila diberikan kado kenang-kenangan  yang berbeda dari murid lain. Nah, melihat peluang ini kamu bisa berkreasi dengan caramu sendiri. Mungkin  membuat lukisan, kumpulan foto hingga pigura foto, untuk dijadikan kenang-kenangan untuk gurumu tersayang.

Itulah tadi pembahasan mengenai hadiah kenang-kenangan untuk guru saat perpisahan.  Masa sekolah selalu penuh dengan cerita yang berkesan. Maka jadikan pertemuan terakhirmu dengan guru agar lebih spesial dengan memberikan bingkisan. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang masih sekolah ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.