Jenis-Jenis Beras Ini Wajib Sedulur Tahu!

Selain kualitas yang lebih baik, ada jenis-jenis beras super yang perlu Sedulur ketahui.

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Saking pokok dan pentingnya nasi bagi masyarakat di Indonesia, Sedulur pasti pernah mendengar ungkapan yang berisi belum makan namanya jika belum makan nasi.

Dari ungkapan tersebut, kita sebuah bisa mengetahui, seberapa vital nasi di hati masyarakat Indonesia. Nasi merupakan olahan dari beras. Beras sendiri merupakan biji yang dihasilkan tanaman padi. Sebelum menjadi nasi, beras harus dimasak dan ditanak terlebih dahulu agar dapat dinikmati secara nikmat.

Ada beberapa jenis-jenis beras yang menjadi nasi yang sangat lezat. Sedulur harus mengetahui berbagai jenis-jenis beras super yang ada di pasaran. Yuk, mari kita simak apa saja jenis-jenis beras super yang wajib Sedulur Super sekalian beli.

Baca Juga: Mengenal Beras Organik: Keunggulan dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Beras yang Wajib Diketahui Super

1. Beras Pandan Wangi

 Cianjur merupakan salah satu daerah yang menghasilkan beras super yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Cianjur sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Beras super dari Cianjur yang sangat terkenal adalah beras Pandan Wangi.

Pandan wangi merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis beras yang dikenal masyarakat Indonesia. Pandan wangi dari Cianjur ini terkenal wangi dan pulen (empuk) saat disantap ketika menjadi nasi.

Salah satu ciri khas jenis-jenis beras ini terletak pada aromanya yang wangi seperti pandan. Sedulur ketahui bahwa daun pandan merupakan salah satu dedaunan yang memiliki aroma yang sangat wangi, dan aroma tersebut terdapat dalam jenis-jenis beras dari Cianjur satu ini.

Jadi ketika beras telah masak, Sedulur tidak perlu lagi menambahkan daun pandan di dalamnya karena wanginya sudah sangat terasa. Ciri lain yang akan membantu Sedulur agar tidak salah pilih adalah bentuknya yang tidak panjang dan runcing seperti beras pada umumnya.

Jenis-jenis beras satu ini, atau beras pandan wangi dari Cianjur ini memiliki bentuk yang  cenderung bulat, warnanya putih bening dengan sedikit kekuningan. Setelah dimasak, beras ini akan memiliki tekstur yang sangat empuk.

Jika Sedulur menemukan jenis-jenis beras dengan bentuk runcing dan panjang namun memiliki aroma daun pandang, sudah bisa dipastikan besar tersebut bukan beras pandan wangi, dan telah dicampur bahan kimia terlebih dahulu.

2. Beras Ramos atau IR64

Jenis-jenis beras selanjutnya adalah beras ramos atau IR64, jenis-jenis beras satu ini merupakan beras khas Jawa Barat yang sangat disukai oleh masyarakat. Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, bera satu ini memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau oleh masyarakat.

Beras ini memiliki tekstur yang berbulir panjang dan tidak lengket ketika dimasak. Namun jenis-jenis beras satu ini jika telah berumur lebih dari 3 bulan, rasanya berubah jadi sedikit  tawar dan mudah basi.

Meski beras ini cocok dipadukan dengan sayur mayur dan lauk pauk khas Indonesia, banyak pabrik atau pun pedagang yang menambahkan zat kimia pemutih, pelicin, atau pewangi pada jenis-jenis beras ini.

Sedulur diharapkan hati-hati membeli beras jenis ini. Pastikan tempat Sedulur membeli beras sangat terpercaya dan aman, jika Sedulur ingin mudah dan terjamin, Sedulur bisa belanja beras super di Aplikasi Super. Sudah sangat dijamin kualitas beras yang ada di Aplikasi Super sangat terpercaya.

Baca Juga: Tips Sukses Membuka Grosir Beras

3. Beras Rojolele

Jenis-jenis beras selanjutnya yang wajib Sedulur ketahui adalah beras rojolele yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beras rojolele merupakan beras super yang umum dijual di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masyarakat di sana sudah terbiasa mengkonsumsi jenis-jenis beras satu ini. Di kota-kota besar seperti contohnya di kota Surabaya, terdapat banyak penjual beras rojolele. Beras rojolele mempunyai ciri fisik atau tekstur beras yang cenderung bulat dengan memiliki warna beras yang sedikit berwarna putih susu.

Tekstur jenis-jenis beras rojolele pun sangat empuk dan pulen setelah dimasak. Beras ini lumayan diunggulkan dan menjadi pilihan bagi orang yang kurang menyukai sensasi wangi di dalam nasi. Nasi ketika selesai ditanak memiliki sensasi aroma yang tidak disukai oleh sebagaian orang.

Beras super rojolele ini tidak akan menghasilkan sensasi aroma tersebut. Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur beras super satu ini dikenal dengan nama Rojolele, di Jawa Barat beras rojolele dikenal dengan sebutan lain, yaitu beras munjul. Meski berbeda nama, beras rojolele tetap sama.

4. Beras Menthik Wangi

Beras menthik wangi memiliki bentuk yang hampir serupa dengan beras pandan wangi. Namun, beras menthik wangi memilik tekstur beras yang sedikit lebih bulat. Jenis-jenis beras satu ini juga memiliki kadar gula yang relatif lebih rendah.

Tidak semua beras memiliki warna yang putih bersih, tidak semua beras bagus memiliki warna yang putih bersih. Seperti jenis-jenis satu ini, beras menthik wangi merupakan beras dengan kualitas tinggi namun memiliki warna yang kusam.

Walaupun berwarna kusam, beras menthik wangi memiliki aroma yang harum dan sangat wangi. Terutama dengan kandungan gula rendah dari beras menthik wangi yang membuat beras super satu ini merupakan beras sehat yang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Beras Solok

Jenis-jenis beras lainnya yang wajib diketahui yang berasal dari kota Solok di provinsi Sumatera Barat ini. Beras Solok memiliki bentuk yang sangat mungil, berwarna putih bersih dan juga memiliki aroma yang sangat wangi. Tekstur dari besar Solok satu ini juga sangat empuk dan mudah hancur ketika dikunyah.

Jenis-jenis beras ini juga memiliki beberapa varian, yaitu beras cisokan, anak daro dan ceredek. Beras yang paling diminati adalah beras Solok jenis anak daro. Hal tersebut karena karakteristiknya yang lembut, empuk dan aromanya yang sangat wangi.

Jenis-jenis beras dari Solok yaitu beras anak daro menjadi beras favorit yang dikonsumsi oleh masyarakat di Singapura.  Jenis jenis beras dan harganya memang sangat beragam, namun beras Solok merupakan salah satu jenis beras lokal yang terbukti disukai oleh masyarakat Singapura.

6. Beras Pera atau IR42

Jenis-jenis beras selanjutnya adalah beras pera, atau beras IR42. Jenis-jenis beras ini mirip seperti beras ramos atau beras IR64. Jika ada pertanyaan sebutkan jenis-jenis beras dan berikan contohnya, beras IR42 dan beras IR64, merupakan jenis-jenis beras yang kemungkinan akan sulit dibedakan.

Selain kedua jenis beras di atas merupakan jenis beras premium. Keduanya juga merupakan beras yang hampir mirip secara tekstur. Jenis beras satu ini sering digunakan untuk membuat lontong, ketupat, nasi uduk dan nasi goreng.

Hal tersebut dikarenak teksturnya yang keras, yang menyebabkan jenis beras ini akan sangat nikmat jika diolah dengan digoreng atau dijadikan lonton ataupun ketupat. Jenis beras di dunia ini merupakan jenis beras dengan harga yang terjangkau.

7. Beras C4

Jenis beras selanjutnya adalan beras C4. Jenis beras C4 ini juga memiliki bentuk dan tekstur yang hampir mirip dengan beras ramos atau beras pera. Namun, secara tekstur beras C4 memiliki bentuk yang agak bulat dibanding kedua jenis beras yang mirip lainnya.

Namun, sayangnya beras C4 sudah sulit dan jarang sekali ditemui di pasaran. Hal tersebut dikarenakan jenis beras satu ini sudah sangat jarang ditanam oleh para petani. Masih belum jelas alasannya, kemungkinkan karena jenis beras lain lebih diminati oleh masyarakat.

Macam-macam beras dan manfaatnya yang telah diulas di atas semoga bisa memberikan pengetahuan bagi Sedulur Super sekalian agar tidak salah dalam memilih beras untuk keperluan sehari-hari.

Sedulur bisa mendapatkan jenis beras di atas dengan mudah, bisa didapat di warung, toko sembako, atau pasar saat kulakan tiap bulan atau tiap minggunya. Harga beras biasanya tidak terlalu mahal, alias murah.

Bagi beberapa orang, terutama bagi para petani dan pedagang beras, beras bisa memberikan keuntungan dan pemasukan untuk menyambung hidup. Karena beras merupakan salah satu jenis sembako super penting bagi manusia.

Sedulur juga bisa mendapatkan beras di Aplikasi Super. Sebuah aplikasi kulakan atau aplikasi toko kelontong yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari. Aplikasi Super juga siap memberikan keuntungan dengan berbagai program yang disediakan.

Program seperti Super Agen, Mitra Supercenter, dan juga Toko Saya, yang akan semakin memudahkan dan membuat nyaman Sedulur Super melakukan belanja kebutuhan sehari-hari. Langsung saja download Aplikasi Super, bagi yang belum download aplikasinya.

Jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Aplikasi Super, termasuk mengetahui cara daftar Aplikasi Super, agar bisa segera merasakan keuntungan dan kenyamanan dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Selamat mencoba!