Cara menghilangkan kutu beras secara alami

Kutu beras adalah salah satu hama yang cukup membuat kesal. Untuk itu, Sedulur harus tahu cara menghilangkan kutu beras secara alami. Hal ini menjadi sangat penting karena hal ini akan menentukan kualitas nasi yang dimakan dan dikonsumsi tubuh. 

Jika kutu beras dibiarkan berkeliaran, maka tak hanya bisa merusak persedian beras tapi juga bisa membahayakan. Kesehatanmu juga bisa ikut menurun akibat kualitas makanan yang kurang baik akibat tercemar hama. Berikut ini merupakan cara menghilangkan kutu beras secara alami dan mudah Sedulur praktikkan sendiri di rumah.

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

Menambah bawang putih di dalam beras

Cara menghilangkan kutu beras
A Beautiful Plate

Umumnya, bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur untuk berbagai macam makanan. Di balik fungsi tersebut dalam dunia kuliner, bawang putih juga bisa digunakan untuk mencegah hama kutu beras, lho.

-->

Cara menghilangkan kutu beras secara alami dengan bawang putih pun cukup sederhana dan bisa Sedulur lakukan sendiri di rumah. Cukup potong bawang putih menjadi ukuran kecil dan letakkan di dalam wadah penyimpanan beras.

Aroma bawang putih yang cukup menyengat akan membuat kutu beras tidak nyaman dan dengan sendiri pergi menjauh. Bawang putih juga tak hanya bisa menghalau kutu beras, tapi juga serangga lain yang sering membuat beras menjadi kotor.

Karya Alam Hijau
Karya Alam Hijau

Poin penting yang harus dipahami, Sedulur harus pandai memilih beras yang memiliki kualitas premium. Jaminan ini mampu meminimalisir kutu, semut, dan kotoran yang bisa saja merusak kondisi beras saat disimpan di wadah. Salah satu merek merek yang bisa diandalkan adalah Beras Karya Alam Hijau. 

Diproduksi dengan teknologi termutakhir membuat beras berkualitas ini mampu menghasilkan nasi dengan tekstur pulen, enak, dan higienis tentunya. Dilindungi dengan kemasan tebal dan anti bocor, sangat efektif untuk mencegah mencegah kotoran dan kutu beras masuk ke dalamnya. 

Hadir dalam 5 kg, 10 kg, dan, 25 kg membuat Sedulur tidak perlu bingung memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk urusan harga, beras Karya Alam Hijau juga relatif terjangkau karena dibanderol Rp50 ribuan untuk ukuran 5 kg-nya. Menarik sekali, bukan?

Sedulur juga bisa membeli beras ini langsung lewat Aplikasi Super sebagai salah satu distributor resmi beras Karya Alam Hijau. Cukup download aplikasinya di Google Play Store, kamu bisa langsung membelinya dan mendapatkan berbagai macam promo belanja lainnya. 

Usir dengan kain basah

Cara menghilangkan kutu beras
Allrecipes

Kain basah juga bisa Sedulur coba untuk dijadikan cara menghilangkan kutu beras secara alami. Kamu cukup menaruh beras yang memiliki banyak kutu ke dalam baskom. Lalu, siapkan kain basah yang berukuran sebesar diameter baskom untuk menyimpan beras.

Dilansir dari The Spruce Eats, kutu beras ternyata tidak menyukai kondisi beras yang lembab sehingga dia akan mencari jalan keluar dari beras. Jika kutu sudah keluar dari beras dan menempel di kain basah, Sedulur bisakain tersebut dan mencucinya.

Daun salam

Daun salam
Verywell Fit

Mirip dengan bawang putih, daun salam merupakan bumbu dapur yang memiliki bau khas. Maka tidak heran jika daun salam bisa digunakan untuk mengusir kutu beras.

Cara menghilangkan kutu beras dengan daun salam pun sangat mudah. Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun salam, cuci, dan bersihkan. Setelah itu, taruh di dalam wadah penyimpanan beras selama satu malam.

BACA JUGA: Inspirasi Isi Paket Sembako Murah Untuk Berbagi dan Sedekah

Cengkeh

Cengkeh
Agrocom Trade

Cara menghilangkan kutu beras dengan cengkeh juga bisa Sedulur coba. Aroma rempah-rempah seperti cengkeh dan daun salam juga membuat kutu beras bisa kabur. Menggunakan daun salam atau cengkeh adalah pilihan tepat dalam cara menghilangkan kutu beras.

Caranya adalah dengan memasukkan daun salam. Kamu juga bisa memasukkan kedua bahan tersebut ke dalam beras. Tunggu beberapa jam hingga kutu beras kabur dan menghilang. Daun salam dan cengkeh tidak perlu dibersihkan. Selain mengusir kutu, aroma daun salam juga bisa menambah rasa beras menjadi lebih nikmat ketika diolah menjadi nasi.

Bilas dengan air panas

Cara menghilangkan kutu beras
Pinterest

Salah satu tips yang mudah dan bisa Sedulur coba untuk mengatasi hama satu ini adalah dengan air panas. Cukup rendam beras di wadah yang dituang air panas, aduk, dan diamkan sebentar. Nantinya kutu akan muncul ke permukaan.Aduk beberapa kali sampai kutu menghilang sepenuhnya. Jika sudah bersih, Sedulur bisa langsung memasaknya.

Aroma jahe tidak disukai kutu

Cara menghilangkan kutu beras
Pinterest

Cara membasmi kutu beras secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Rempah satu ini memang dikenal memiliki aroma yang kuat. Menurut National Library of Medicine, aroma dari jahe ternyata ampuh mengusir hama yang bersembunyi di dalam beras.

Sedulur bisa memotong jahe menjadi beberapa bagian kecil lalu tinggal taruh saja di atas beras yang memiliki banyak kutu. Kutu-kutu tadi nantinya akan pergi dan kabur setelah mencium aroma jahe yang menyengat.

Masukkan kayu manis

Kayu manis
Unsplash

Cara menghilangkan kutu beras dengan kayu manis adalah ide selanjutnya yang bisa dicoba. Rempah yang memiliki nama latin Cinnamomum verum itu memiliki aroma yang tidak disukai kutu beras.

Dilansir dari Singapore Food Agency, kandungan aromatik kayu manis seperti cinnamaldehyde, cinnamyl acetate, copane, camphor, dan eugenol ampuh mengusir kutu beras. Dari penelitian itu juga ditemukan bahwa minyak kayu manis bisa membunuh kutu secara langsung.

Jemur di sinar matahari langsung

Cara menghilangkan kutu beras
The Spruce

Cara mengusir kutu beras yang paling mudah adalah dengan menjemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terik ternyata tidak disukai oleh kutu beras dan mereka akan pergi keluar dari tempat penyimpanan beras dengan sendirinya.

Sedulur cukup menggelar beras di atas alas bersih di tempat yang terkena panas matahari langsung. tunggu sekitar 30-40 menit sampai kutu beras menghilang.

BACA JUGA: Mitos dan Fakta Kreasi Masakan Udang Yang Perlu Diketahui!

Pakai kotak penyimpanan khusus beras

Cara menghilangkan kutu beras
Pinterest

Cara mencegah kutu beras secara aman dan alami juga bisa menggunakan kotak penyimpanan khusus beras atau rice container box.Rice container box adalah wadah kedap udara yang biasanya digunakan untuk menyimpan beras agar terbebas dari kutu, serangga, dan cemaran aroma lainnya.

Sedulur bisa menemukan wadah ini di toko-toko peralatan rumah tangga harganya pun cukup terjangkau.

Gunakan cuka

Beras
Aplikasi Super

Cara menghilangkan kutu beras selanjutnya adalah dengan air cuka. Pengaplikasian cara ini juga cukup mudah, Sedulur cukup menyemprotkannya cuka di sekitar tempat penyimpanan beras dan kutu akan pergi dengan sendirinya.

Dilansir dari Healthline, kandungan zat dari cuka bisa merusak jejak feromon yang biasanya ditinggalkan kutu. Selain itu, aroma cuka yang asam juga tidak disukai oleh kutu.

Kotak korek api bisa jauhkan kutu beras

Cara menghilangkan kutu beras
ASMRsurge

Trik ini mungkin menjadi cara mengusir kutu beras yang tidak umum dilakukan. Namun, kotak korek api ternyata dapat menghilangkan kutu beras dari persedian sembako.

Bagian pemantik api yang berada di sisi kotak korek api mengandung zat sulfur belerang yang memiliki bau menyengat. Sedulur cukup meletakkan satu kotak korek api ke dalam lumbung penyimpanan beras dan kutu akan pergi seketika.

Manfaatkan cabai merah kering

Cabe kering
Saveur

Dilansir dari The Straitstimes, kutu beras ternyata membenci aroma pedas dari cabai merah kering. Hasil ini didapat setelah Departemen Agrikultur Penang melakukan penelitian pada persedian pangan milik mereka.

Meletakkan beberapa cabai kering dan menutup rapat tempat penyimpanan beras terbukti ampuh mengusir kutu beras dalam waktu yang cukup lama. Cara sederhana ini pun bisa banget untuk Sedulur coba di rumah.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang bagaimana cara menghilangkan kutu beras secara alami dan aman di rumah. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Sedulur agar persedian beras di rumah bebas dari hama serangga, ya!

Pastikan untuk selalu menyiapkan stok Beras Karya Alam yang memang berkualitas dan bebas kutu. Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super ataupun membelinya secara offline di toko khusus yang ada di area Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Siapa yang tidak mau menikmati beras pulen yang terbuat dari beras putih premium dan berkualitas yang sudah terjamin higienis dengan harga terjangkau? Jangan lewatkan penawaran menarik ini!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.