timun jepang

Bila dilihat sekilas, timun lokal, timun jepang, ataupun zucchini adalah sayuran buah yang hampir mirip. Manfaat dan kegunaan dari tanaman tersebut beragam, mulai dari untuk kesehatan tubuh dan wajah. Selain memiliki banyak khasiat, rasanya pun menyegarkan karena memiliki kandungan sebesar 95% air sehingga tubuh menjadi tetap terhidrasi dan kebutuhan air dapat tercukupi.

Timun memiliki berbagai jenis dan variasi, namun yang paling sering dikonsumsi di Indonesia dan akrab di telinga kita ada tiga jenis. Lalu, bagaimana cara untuk membedakan ketiga jenis timun tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Resep Acar Timun Segar Sederhana yang Mudah Dibuat

1. Timun jepang berbentuk lonjong dan berwarna pekat

timun jepang
klikdokter

Pada mentimun jepang, tekstur yang dapat diketahui adalah padat serta berair. Bentuk dari sayuran ini juga lebih lonjong dari jenis lokal dan warnanya hijau pekat. Rasa nya ini lebih manis dan memiliki pangkal buah yang tidak pahit.

-->

Timun jepang disebut juga dengan kyuri, karena asal dari timun ini adalah dari negeri matahari terbit jepang. Walaupun berasal dari Jepang, namun tanaman ini mampu hidup di daerah tropis maupun sub tropis. 

Budidaya kyuri sudah cukup banyak berkembang di Indonesia, lebih tepatnya di Jawa Barat dan Jawa Timur. Bagian dalam kyuri cenderung transparan dan memiliki biji yang jarang. Sedulur bisa menyajikannya baik matang maupun mentah. Menu makanan yang cocok dan sering menggunakan kyuri sebagai bahan utamanya adalah acar, salad, serta sushi.

Kyuri mengandung jenis nutrisi yang sama dengan timun lokal dan jenis timun yang lainnya. Satu buahnya mengandung kalori sebanyak 15 kkal dan protein sebanyak 0,7 gram. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan kandungan vitamin A, B, serta C. Berbagai manfaat bisa Sedulur peroleh dari buah sayur ini. Di antaranya adalah untuk mencegah anemia, sebagai antioksidan alami, mencegah sariawan, serta mengobati dehidrasi pada tubuh.

2. Manfaat timun jepang yang beragam

timun jepang
carabudidaya

Kandungan nutrisi terbesar pada buah ini adalah kalium dan vitamin C yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Vitamin K, magnesium, mangan, vitamin A, dan riboflavin yang terkandung dalam kyuri mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi serta anti-kanker. Selain itu, timun jepang manfaatnya juga untuk menenangkan dan mendinginkan kulit ketika dioleskan. 

Buah dan sayuran yang biasanya terdapat pada salad ini baik untuk dimakan mentah maupun matang. Olahan populer dari kyuri selain salad yang kaya akan gizi di antaranya adalah semur, sup, jus timun, serta dijadikan sebagai acar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kyuri yang bisa Sedulur ketahui.

Cocok dijadikan makanan diet

Jika Sedulur sedang dalam masa diet, kyuri bisa menjadi salah satu menu makanan yang bisa Sedulur coba. Setiap porsi kyuri hanya mengandung kalori sebesar 16 saja dan menjadikannya sebagai buah dan sayuran yang rendah kalori.

Selain dijadikan sebagai menu masakan, kyuri juga cocok dijadikan sebagai snack sehat agar berat badan Sedulur dapat turun. Kenaikan berat badan tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena kyuri mengandung kalori yang cukup sedikit.

Merawat kesehatan kulit wajah

Selain cocok untuk dijadikan makanan diet, manfaat timun jepang lainnya adalah sebagai perawatan dalam kesehatan wajah. Walaupun ada berbagai macam merk produk kecantikan yang tersebar di berbagai toko, namun kita tidak mengetahui apakah produk tersebut aman ataupun tidak. Daripada timbul efek samping yang membahayakan wajah, cobalah menggunakan produk alami dari kyuri untuk kecantikan alami pada wajah.

Kyuri dapat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas sehingga penuaan dini dapat dicegah. Hal ini dikarenakan kyuri mengandung vitamin C dan juga kandungan air yang cukup tinggi, sehingga wajah tetap terhidrasi dan terhindar dari kulit yang kering.

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

3. Zucchini, tidak selonjong timun pada umumnya

chilibeli

Zucchini sering dianggap sama dengan timun jepang, namun keduanya jelas berbeda. Pada kyuri, teksturnya lebih renyah dan rasanya manis. Permukaannya pun terdapat benjolan-benjolan kecil berwarna hijau tua. Sedangkan pada zucchini, bentuknya seperti bintang di salah satu sisi dari terong Italia ini. Disamping itu, daging dari zucchini cukup padat dengan sedikit biji. Permukaan kulit pada buah ini akan terasa kasar dan kering jika Sedulur memegangnya. 

Berbeda dengan kyuri, rasa yang diperoleh dari memakan zucchini sedikit lebih pahit dibandingkan dengan jenis timun lainnya. Zucchini biasa diolah sebagai pendamping pasta, salat, dipanggang, maupun tempura. Berbagai kandungan gizi dapat ditemukan pada buah ini. Diantaranya adalah magnesium, zat besi, lutein, serta fosfor.

Kalori dalam sayuran ini terbilang cukup sedikit sehingga cocok untuk Sedulur yang sedang menjalani diet atau sedang mengatur pola makan. Kalori yang terkandung dalam sebuah zucchini adalah sebesar 16 kcal dan protein sebesar 1,2 gram.

Tak kalah dengan kyuri, terong italia ini juga memiliki segudang manfaat. Manfaat yang diberikan diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, serta membantu menyembuhkan serta mencegah timbulnya asma.

4. Timun lokal, memiliki banyak biji

bukalapak

Timun lokal adalah jenis yang paling sering kita semua temui dan akrab di telinga karena berasal dari Indonesia sendiri. Ada banyak cara untuk mengolah timun lokal, diantaranya sebagai acar, jus, pelengkap menu tumisan, ataupun sebagai lalapan pada menu penyetan atau pecel lele. Olahan timun lokal juga bisa dijadikan sebagai gado-gado dan juga ketoprak. Baik mentah maupun matang, menu ini nikmat disajikan. 

Selain lezat untuk dikonsumsi, mentimun lokal juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan antioksidan bisa Sedulur peroleh dengan rutin mengonsumsinya. Selain untuk kesehatan tubuh, buah ini juga bisa digunakan untuk kecantikan. Wajah menjadi lembab dan terhidrasi jika rutin menggunakan masker yang terbuat dari buah ini. 

Demikian penjelasan mengenai beberapa macam mentimun yang bisa ditemukan di Indonesia ini. Walaupun memiliki beberapa perbedaan, namun persamaan antara ketiga jenis ini adalah pohon timun jepang dan lainnya itu sama. Mulai sekarang, jangan bingung lagi ketika ingin membelinya, ya! Karena meskipun terlihat sama, ketiga jenis timun ini memiliki rasa dan kandungan yang berbeda. 

Jika Sedulur ingin mengolah mentimun tersebut dengan berbagai macam makanan, Sedulur bisa mendapatkan berbagai macam bahan untuk membuatnya di Aplikasi Super. Selain mudah, belanja di Aplikasi Super juga hemat karena murah. Download, yuk.