souvenir pernikahan

Selain tema, pakaian, jumlah undangan dan menu makanan yang dihidangkan, sebagai pasangan yang sedang mempersiapkan souvenir pernikahan. Kenang-kenangan yang akan diberikan pada tamu adalah elemen penting yang tak boleh terlewat.

Souvenir pernikahan bermanfaat adalah bentuk penghargaan pada para tamu yang sudah meluangkan waktunya untuk hari spesialmu itu. Jadi, jangan sampai deh kamu asal-asalan memilih. 

Ada banyak inspirasi souvenir pernikahan unik dan elegan yang bisa kamu temukan di sini. Langsung saja gulir untuk melihat satu per satu

BACA JUGA: 16 Ide Kado Pernikahan Super Kreatif Untuk Teman & Saudara

-->

Inspirasi souvenir pernikahan murah dan elegan

1. Makanan yang tak mudah basi

souvenir pernikahan murah makanan
instagram @rhoeco

Inspirasi souvenir pernikahan unik pertama adalah makanan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan tak mungkin terbuang percuma. Pastikan kamu memilih makanan yang awet alias gak mudah basi. Alih-alih memberi roti, ada baiknya kamu mencoba selai, saus botolan dengan rasa spesial, permen cokelat atau lainnya.

2. Minuman yang bisa diseduh sendiri 

Selain makanan, kamu bisa memanjakan tamumu dengan minuman yang bisa diseduh sendiri. Misalnya teh, kopi racikan, atau minuman herbal tradisional yang punya khasiat kesehatan. Selain tidak ribet, mereka mudah dikemas dan tentu anti bocor.

3. Voucher belanja atau e-wallet 

Kamu juga bisa menjadikan voucher belanja atau voucher e-wallet sebagai souvenir pernikahan yang sedang tren. Lumayan, tamumu bisa menggunakannya untuk keperluan pribadi mereka seperti pesan makanan daring atau langganan platform streaming.

4. Set alat makan 

Sederhana saja, bisa terdiri dari sendok garpu dan sumpit misalnya. Pasti terpakai, kok. Ini juga jenis souvenir pernikahan murah yang mudah didapat dan dikemas sendiri.

5. Lilin aromaterapi 

souvenir pernikahan yang sedang trend lilin
instagram @bonnebonnecreative

Souvenir pernikahan yang sedang trend saat ini adalah lilin aromaterapi. Kamu bisa memesannya di para pengusaha kecil. Temukan saja mereka di media sosial, sekalian mendukung UKM lokal.

6. CD lagu gubahanmu dan pasangan 

Beberapa pasangan yang suka musik pun membuat souvenir pernikahan dengan kompilasi lagu gubahan mereka. Seru dan tentunya terasa sangat personal buat kamu dan para tamu undangan.

7. Tanaman kaktus mini 

Inspirasi souvenir pernikahan murah lainnya adalah tanaman mini. Kaktus merupakan salah satu yang paling populer karena dianggap paling mudah dirawat. Walaupun gak ada jaminan mereka akan selalu hidup setelah berpindah tangan.

8. Sabun handmade 

souvenir pernikahan unik sabun
instagram @faisha_soapery

Sama dengan lilin aromaterapi, sabun buatan tangan pun sering kebanjiran pesanan untuk souvenir pernikahan. Wanginya bisa disesuaikan dengan preferensimu. Begitu pula labelnya.

9. Pouch 

Sudah sering sih, tetapi kantong kecil atau pouch memang serbaguna. Secara manfaat skor souvenir ini termasuk tinggi.

10. Hand sanitizer 

Kamu juga bisa memberikan tamumu hand sanitizer. Tinggal beli dalam partai besar dan labeli dengan bungkus cantik serta inisial namamu dan pasangan. Jelas terpakai, apalagi di masa pandemi seperti ini.

11. Satu bungkus masker 

Selain hand sanitizer, silakan pilih masker sebagai souvenir pernikahan murah nan berguna. Jika ingin lebih awet, silakan pilih masker kain.Bila ingin masker medis, tinggal tambah saja kuantitasnya. 

12. Sheet mask 

Souvenir pernikahan masker sudah biasa, coba barang lain yang mudah dibungkus dan pasti terpakai, yaitu sheet mask. Langsung deh borong dan bagikan ke tamu undanganmu.

13. Alat pembuka botol 

Sepele, tapi banyak yang bakal berterimakasih dengan souvenirmu yang satu ini. Ia sering dicari dan sering hilang.

14. Piring atau cangkir keramik

souvenir pernikahan mewah
instagram @ugliemug

Cangkir eramik juga masuk dalam souvenir pernikahan yang banyak disukai. Bakal lebih baik jika kamu tidak menuliskan inisial namamu. Ingat cukup di label saja, jadi sang tamu bisa memakai atau memamerkan keramiknya di mana saja tanpa harus membaca inisial namamu. 

15. Hand cream

Hand cream juga berguna, nih. Banyak dari kita yang melupakannya atau malas beli. Kamu menunjukkan perhatian dengan membelikannya buat para tamu terhormat di pernikahanmu. 

16. Tote bag

Bila keberatan beli yang kanvas, tak masalah lho memilih bahan blacu yang lebih murah. Kainnya lebih tipis dibanding kanvas, tetapi justru ringan dan tak kalah kuat, kok.

17. Rempah dan bumbu dapur 

Daripada hanya memberi gelas atau wadah jar-nya saja. Ada baiknya kamu mengisi jar-jar cantik itu dengan bumbu atau rempah dapur.

18. Emas batangan 

Pernah dengar pengantin yang memberikan tamunya souvenir berupa emas batangan. Souvenir pernikahan mewah ini khusus pasangan yang memang tajir, ya. Kalau tidak, kamu pun tidak perlu memaksakan diri.

19. Minyak zaitun 

Banyak dari kita yang masih sayang membeli minyak zaitun untuk kebutuhan konsumsi. Sebagai pengantin yang hendak menghargai kehadiran para tamu undangan, minyak zaitun virgin boleh dimasukkan dalam botol-botol mini sebagai hadiah bagi mereka.

20. Bibit sayuran yang mudah ditanam 

Souvenir pernikahan murah lainnya bisa berupa bibit sayuran. Mumpung lagi banyak yang hobi berkebun, boleh bibitnya kamu borong dan bagikan ke para tamu pernikahanmu.

21. Zine dan buku mewarnai 

souvenir pernikahan bermanfaat
instagram @peopleiveloved

Meski terdengar nyeleneh, buku aktivitas seperti ini bisa jadi teman saat gabut alias tak ada kerjaan. Silakan kerjasama dengan seniman lokal yang kamu kenal untuk membuatnya.

22. Gantungan atau tag untuk tas 

Biasanya berbahan kulit dan elegan. Kamu bisa pesan di pengrajin lokal di dekat rumahmu. Tak perlu diberi motif atau inisial huruf saja sudah keren.

23. Saringan atau infuser teh 

Alat dapur yang jarang dimiliki orang, tetapi bakal sangat berguna. Silakan borong sesuai jumlah tamumu dan manjakan tamumu yang ngaku pecinta teh.

24. Sapu tangan dari kain daur ulang 

Kamu seorang environmentalis yang tak mau menambah limbah tekstil di dunia? Coba kerjasama dengan penjahit di sekitarmu untuk bikin sapu tangan dari kain perca. Tentunya sebelum dikemas, jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu.

25. Sandal karet 

Kamu juga bisa memberikan tamumu sandal karet. Boleh diberi motif lucu dan elegan. Ini juga bakal terpakai paling tidak untuk beraktivitas di dalam rumah.

26. Difuser dari clay 

Souvenir pernikahan lainnya bisa berupa difuser sederhana dari clay. Kamu bisa menengok berbagai desainnya di media sosial. Kalau ada waktu bikin sendiri boleh juga.

27. Sendok takaran untuk memasak 

Selain saringan teh, banyak juga dari kita yang malas beli sendok takaran. Kalau diberi pun tak bakal menolak. Souvenir pernikahan ini pasti terpakai, kok.

28. Foto polaroid 

Kamu bisa memberikan souvenir ke tamu undangan berupa foto polaroid asli. Beri mereka kesempatan untuk berfoto di booth yang sudah disediakan khusus.

29. Botol minum

souvenir pernikahan dan harganya
instagram @hydroflask

Souvenir ini juga tak bakal ditolak siapapun yang mendapatkannya. Beli yang kualitasnya baik meski berbahan plastik.

30. Sendok sayur atau spatula dari kayu 

Selain berguna, sendok atau spatula kayu juga terjangkau dari segi harga. Kamu bisa mengemasnya hanya dengan pita dan label kertas saja.

31. Kue premium 

Daripada memberikan roti spons yang rasanya sudah biasa, tidak ada salahnya kamu memberikan tamumu oleh-oleh berupa sepotong kue premium. Bisa strawberry cheesecake atau tiramisu misalnya.

32. Taplak meja 

Sederhana tapi pasti dipakai. Pilih yang bahannya bagus atau gunakan metode yang sama dengan sapu tangan tadi. Pakai kain perca yang disusun cantik. Ini memberikan kesempatan kedua untuk kain-kain sisa agar tak terbuang sia-sia di TPA.

33. Lip balm 

souvenir pernikahan bermanfaat
instagram @literarylipbalms

Jelas bakal terpakai, asal pilih yang berwarna dan beraroma netral. Mengingat kita tidak tahu preferensi masing-masing individu.

34. Tabir surya 

Sama dengan lip balm, pilih yang wanginya netral saja. Cocok untuk ingatkan para tamu kesayanganmu untuk menjaga diri dari paparan sinar UV yang berbahaya.

35. Parfum mobil 

Selain ringan, ia juga mudah dikemas. Setia pada wangi-wangi yang netral dan mild seperti rempah. Hindari wangi-wangi yang terlalu menyengat.

36. Madu asli 

Mengingat banyak yang jadi perhatian dengan kesehatannya, boleh nih kamu memanjakan para tamu undangan pernikahanmu dengan madu asli. Bagi dalam wadah-wadah kecil dan kemas dengan nama inisial kalian. 

37. Acrylic charm

Salah satu souvenir yang pasti disukai karena gemas. Kamu bisa bikin desain yang netral, bebas dari nama inisialmu dan pasangan misalnya.

38. Coaster atau tatakan gelas 

souvenir pernikahan unik coaster
instagram @terrazzoparazo

Tak hanya dari bahan keramik, coaster sekarang juga tersedia dari bahan semen putih yang diberi motif terazzo. Cocok jadi elemen dekor rumah tamu terhormat di pernikahanmu.

39. Handuk kecil 

Belum ada dana untuk memberikan handuk dalam ukuran besar. Pilih saja handuk kecil yang serbaguna. Bisa untuk berbagai fungsi mulai sapu tangan sampai lap keringat di mobil.

40. Set camilan 

Agar tak terlihat kekanak-kanakan, kamu bisa mengemasnya dalam kotak tertutup yang diberi pita atau label biasa. Saat dibuka, tak ada yang sanggup menolak.

41. Lampu senter mini 

Murah dan fungsinya sudah terbukti. Ia bisa dikantongi saja dan dipakai saat dibutuhkan.

42. Art print

Jangan narsis juga saat menghadiahi art print sebagai souvenir.  Ada baiknya kamu bekerjasama dengan kawan seniman atau ilustrator untuk membuat art print kece yang siap dipajang di kamar sebagai dekor rumah.

43. Alat tulis 

Cukup pensil dan pulpen saja, sih. Sama seperti set alat makan, souvenir ini tak akan diabaikan. Pasti dipakai penerimanya.

44. Buku atau novel karangan sendiri 

Salah satu public figure Indonesia juga pernah menjadikan buku karangannya sebagai souvenir pernikahan. Kamu tertarik melakukannya juga? Pastikan kamu sudah tahu bakal cetak di mana.

45. Resin art 

Kerajinan resin bisa pula dilirik. Bisa dibentuk jadi coaster, gelang, cincin, atau gantungan kunci. Modalnya bunga kering yang disiram resin di atas cetakan. Tak perlu pusing bikin sendiri, silakan pesan di pengrajin yang sudah berpengalaman.

46. Bath bomb 

Selain sabun batangan, bath bomb bisa jadi souvenir yang estetik dan memanjakan penerimanya. Siapa sih yang tak girang saat dapat bath bomb?

47. Kue macaron

Selain sepotong kue premium, souvenir pernikahan lain berupa makanan bisa dalam bentuk kue macaron yang cantik dan manis. Dalam waktu singkat langsung dibabat habis oleh penerima.

48. Jurnal dan planner mini 

souvenir pernikahan bermanfaat buku
instagram @peri_.___

Buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau stationery, boleh kok menularkan hobimu ke orang lain. Jadikan jurnal atau planner mini sebagai souvenir untuk pernikahan yang punya nilai fungsi.

49. Scrunchies 

souvenir pernikahan yang sedang trend scrunchies
instagram @aprilscrunchies

Salah satu tren di 2021 adalah scrunchies alias karet rambut buatan tangan. Sudah banyak yang menawarkannya di marketplace. Tinggal pilih yang harga dan desainnya cocok buatmu.

50. Enamel pin dengan desain gemas 

Terakhir, enamel pin. Pin yang berbahan logam dengan desain-desain gemas yang bisa kamu pesan secara custom. Cocok untuk menghibur tamu undanganmu. 

Supaya lebih matang, kamu perlu mempertimbangkan hal ini saat memilih souvenir atau wedding favors yang pas buat para tamu Sedulur. Agar tidak ada pembengkakan biaya di kemudian hari karena tidak jeli dalam memilih.

  • Lihat manfaat dari barang pemberian Sedulur. Tentunya, kamu sendiri malas menerima barang yang nantinya hanya akan berakhir di tempat sampah setelah beberapa waktu. Lebih baik pertimbangkan manfaatnya ketimbang estetikanya saja. Jika kesulitan mencari, Sedulur bisa cari alternatif paling mudah, yaitu makanan. Makanan pasti tidak akan terbuang begitu saja. 
  • Lebih baik tidak mempersonalisasi souvenir pernikahan yang akan diberikan pada orang lain. Sebagai si calon pengantin, kamu pasti ingin segala sesuatunya tentangmu. Namun, untuk urusan souvenir kamu perlu sadar kalau barang tersebut akan jatuh ke tangan orang lain. Jadi, mengurangi segala bentuk personalisasi bakal sangat menguntungkan tamu. Kamu tetap bisa mencantumkan inisial atau fotomu dengan pasangan, tetapi cukup di kartu atau labelnya saja. Tidak perlu di badan barang. 
  • Souvenir buatan sendiri memang lebih terasa personal dan jadi tanda bahwa kamu benar-benar memperhatikan para undanganmu. Namun, jangan menyiksa diri juga. Tidak masalah meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman untuk mengerjakannya. 
  • Pesan sampel atau barang contoh dulu sebelum membeli dalam partai besar. Kamu tak mau rugi tentunya, apalagi kalau kamu memesan barang secara daring. Lakukan pemesanan dalam jumlah sedikit dulu untuk memastikan kualitas. 
  • Jangan lupa untuk pesan lebih dari kebutuhan. Kamu tak pernah tahu jika nanti ada tamu ekstra atau barang yang rusak selama proses packing dan perjalanan. Sedia payung sebelum hujan lebih baik. 

 

Perburuan souvenir pernikahan dan harganya bisa kamu mulai dengan meriset pengrajin atau vendor yang menyediakan. Sekarang semua mudah dicari. Buka saja marketplace dan media sosial, maka apapun yang kamu mau tersedia. Persiapan pernikahan memang bikin pusing dan stres. Untuk mengurangi bebanmu, serahkan masalah belanja sembako pada Aplikasi Super. Kamu pun bisa fokus memilih dan memilah souvenir pernikahan.