Dalam pernikahan, doa pernikahan menjadi hadiah yang selalu dinanti-nantikan oleh para pengantin.

Ketika menghadiri pernikahan, Sedulur mungkin sudah tidak asing dengan ungkapan “semoga samawa, ya”. Ungkapan tersebut merupakan bentuk dari doa pernikahan yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kepanjangan samawa sendiri adalah sakinah mawaddah warahmah, berasal dari Bahasa Arab yang maknanya damai, tenang, dan tentram.

Doa-doa dalam pernikahan mengandung harapan agar rumah tangga pengantin baru senantiasa abadi. Dalam ungkapan samawa, isi yang diambil dari potongan QS A-rum ini berkaitan dengan tujuan dan fungsi pernikahan dalam Islam. Bahwasannya dalam rumah tangga, keluarga harus bekerja sama untuk meraih kebaikan dengan menjalankan perintah Allah bersama-sama.

Sebagai momen yang diharapkan hanya berlangsung sekali seumur hidup, pernikahan selalu menjadi tempat orang lain untuk saling berbagi doa. Bagi pengantin, harapan utama tentunya merupakan kekekalan dalam rumah tangga baru mereka. Melalui doa pernikahan, pengantin berharap Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi bahtera rumah tangga mereka.

-->

Selain samawa, doa pernikahan yang sering dijumpai adalah doa pengantin barakallahu lakuma atau doa pernikahan barakallahu. Setiap doa merupakan bentuk dari harapan baik, terutama jika langsung dipanjatkan untuk pasangan pengantin baru. Khususnya dalam Islam, terdapat doa khusus pengantin baru, doa untuk pengantin bahasa Arab dari mulai akad hingga doa resepsi pernikahan.

Baca Juga: Begini Panduan Doa Sebelum & Sesudah Makan + Artinya

Doa Pernikahan dan Teks Bacaan Doa Pengantin Baru Lainnya

1. Doa Pernikahan untuk Calon Pengantin

1. Doa Pernikahan untuk Calon Pengantin
beautynesia.com

Jika Sedulur mendapat kabar tentang rencana pernikahan seseorang, sebaiknya jangan lupa untuk memanjatkan doa bagi calon pengantin. Doa ini berkenaan dengan harapan agar calon pengantin senantiasa diberikan kelancaran menjelang hari pernikahan nanti. Terdapat beberapa doa yang bisa Sedulur ucapkan, seperti dalam Q.S Asy-Syuara ayat 83 berikut.

Robbi hab lii hukmaw wa al-hiqnii bish-shoolihiin

Artinya:

(Ibrahim berdoa), Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang saleh.

Selain itu, terdapat doa lain untuk kelancaran calon pengantin yang diambil dari potongan QS Al-Kahfi ayat 10. Doa ini diambil dari ayat yang membahas permohonan untuk selalu diberikan petunjuk oleh Yang Maha Kuasa. Sebagaimana pemuda di dalam gua, dalam berkeluarga juga tentu akan selalu membutuhkan pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT.

Idz awal fityatu ilal-kahfi fa qooluu robbanaaa aatinaa mil ladungka rohmataw wa hayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya:

(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

2. Doa Akad Nikah

2. Doa Akad Nikah
tribunnews.com

Doa pengantin selanjutnya merupakan satu dari banyaknya doa yang bisa Sedulur ucapkan. Kalimatnya pendek, namun terisi penuh dengan harapan baik untuk pengantin yang baru melangsungkan akad. Makna yang ada didalamnya langsung mengarah pada pasangan pengantin. Doa berikut ini diambil dari sebuah hadist dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir

Artinya:

Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

Baca Juga: Begini Panduan Lengkap Tata Cara, Doa Wudhu & Artinya

3. Doa Setelah Akad Nikah

3. Doa Setelah Akad Nikah
vncojewellery.com

Selain diucapkan oleh tamu, pasangan pengantin juga dianjurkan untuk senantiasa berdoa untuk kebaikan dan berkah pernikahan. Salah satunya doa pernikahan yang diucapkan oleh mempelai pria setelah akad nikah. Doa pernikahan ini sebaiknya dilakukan dengan memegang ubun-ubun sang istri. Bacaan doanya adalah berikut ini.

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

4. Doa Pernikahan untuk Pengantin Baru

4. Doa Pernikahan untuk Pengantin Baru
detik.com

Doa pernikahan berikut ini diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa’iy dan Ibnu Majah. Abu Hurairah R.A berkata bahwa Nabi Muhammad SAW biasanya akan memberikan ungkapan kebahagiaan terhadap seseorang yang menikah. Kemudian doa yang biasanya Rasulullah ucapkan adalah berikut ini.

Baarokallahulaka, wa baaroka ‘alaika, wa jama’a bainakumaa fii khoir

Artinya:

Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Doa-doa dalam pernikahan memberikan kekuatan dan harapan baik bagi pengantin. Pernikahan merupakan awal baru dalam kehidupan, itulah mengapa sebuah doa senantiasa dinantikan. Tak hanya selama pernikahan berlangsung, ada banyak doa yang bisa dipanjatkan dari mulai merencanakan pernikahan hingga acara pernikahan berakhir. Sebagai seorang muslim, doa-doa di atas bisa menjadi pilihan bagi Sedulur untuk mendoakan teman dan kerabat yang akan atau baru saja menikah.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.