bridesmaid adalah

Bridesmaid adalah orang-orang terdekat yang biasanya didapuk menjadi pendamping mempelai wanita di sebuah pernikahan. Kehadiran para bridesmaid biasanya menambah semarak sebuah pesta, karena mereka adalah orang-orang terdekat yang dipilih langsung oleh pengantin wanita untuk hadir. Namun, tak cuma sekadar menyemarakkan suasana, bridesmaid sebenarnya memiliki tugas penting dalam pernikahan sahabat mereka.

Kira-kira apa saja sih tugas penting yang harus dilakukan para bridesmaid di sebuah pernikahan. Kali ini Aplikasi Super akan membahas apa saja yang dilakukan bridesmaid di acara pernikahan.

BACA JUGA: Teks Ijab Kabul Bahasa Arab Lengkap Beserta Artinya!

1. Menyiapkan bridal shower

bridesmaid adalah
Unsplash

Tugas bridesmaid adalah yang pertama menyiapkan acara bridal shower bagi calon mempelai wanita. Meski begitu, hal ini bukanlah rangkaian acara yang wajib harus dilakukan setiap menuju momen pernikahan. Bridal Shower sendiri biasanya menjadi acara yang ditujukan sebagai perayaan untuk melepas masa lajang calon mempelai wanita.

-->

Bridesmaid adalah orang-orang yang juga bertanggung jawab untuk melangsungkan acara ini. Biasanya mereka akan menyiapkan acara bridal shower dengan konsep yang unik. Calon mempelai wanita pun biasanya akan didandani seunik dan senyeleneh mungkin. Lokasi yang dipilih pun biasanya juga didekor sedemikian rupa hingga tampak meriah, seperti tanda “perpisahan” calon mempelai wanita dengan para sahabatnya yang sebentar lagi melepas masa lajang.

2. Bridesmaid adalah mereka yang juga membantu menyiapkan pernikahan

Unsplash

Jangan berpikir bahwa tugas bridesmaid hanya meramaikan pesta pernikahan saja. Tugas yang jarang diketahui adalah mereka juga seharusnya ikut membantu calon pengantin wanita dalam menyiapkan hari pernikahan. Bantuan ini juga termasuk persiapan sebelum hari H dan saat hari pernikahan tiba.

Tugas yang biasanya dilakukan adalah mulai dari membantu mencarikan vendor sampai persiapan-persiapan lainnya.

3. Bridesmaid adalah teman curhat pengantin

Unsplash

Bridesmaid biasanya dipilih dari orang-orang paling dekat dengan calon pengantin wanita. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab salah satu tugas bridesmaid adalah menjadi teman curhat pengantin. Calon pengantin biasanya akan mengalami stress saat hari pernikahan semakin dekat. Itulah kenapa bridesmaid harus siap siaga dalam mendengarkan keluh kesah para calon mempelai wanita.

BACA JUGA: 50 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik & Murah Tapi Mewah

4. Pengiring pengantin

Unsplash

Saat hari H tiba, bridesmaid akan jadi pusat perhatian kedua setelah pengantin wanita. Mereka akan menjadi sekelompok perempuan dengan gaun atau kebaya cantik yang menjadi pengiring pengantin wanita saat memasuki tempat ijab kabul atau altar.

Tak hanya itu, selama resepsi pernikahan berlangsung, bridesmaid juga biasanya akan menyemarakkan acara dengan tarian atau nyanyian yang dipersembahkan kepada kedua mempelai pengantin.

5. Jumlah bridesmaid

Bridesmaid adalah
Unsplash

Tak ada jumlah pasti berapa jumlah bridesmaid yang ada dalam sebuah pernikahan. Jika acara pernikahan besar, maka jumlah bridesmaid yang diundang bisa sekitar 10-15 orang. Namun, semakin kecil sebuah acara resepsi pernikahan, jumlah bridesmaid pun lebih baik juga semakin sedikit.

Sesuaikan juga dengan jumlah groomsmen yang hadir dalam acara pernikahan tersebut. Groomsmen adalah para pria pendamping mempelai laki-laki. Jika jumlah groomsmen sebanyak 5 orang, maka sebaiknya bridesmaid juga berjumlah 5 orang.

Selain itu, pilih bridesmaid dengan sangat teliti. Pastikan mereka yang didapuk menjadi bridesmaid adalah orang-orang yang sangat dekat dengan Sedulur. Sehingga bisa membantu seluruh kebutuhan Sedulur saat menikah dengan sangat baik.

Baju yang dikenakan oleh para bridesmaid:

1. Gaun bridesmaid

Bridesmaid adalah
Unsplash

Baju bridesmaid adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan. Pihak mempelai wanita biasanya akan menyediakan pakaian seragam untuk dikenakan oleh para pendamping pengantin di hari H. Salah satu yang paling banyak menjadi favorit adalah gaun ala bridesmaid.

Gaun ini biasanya dibuat senada dengan gaun yang dikenakan oleh pengantin wanita. Namun, potongan gaunnya tetap dibuat lebih sederhana ketimbang gaun pengantin. Momen yang ditunggu saat para bridesmaid mengenakan gaun seragam, yakni momen foto bersama yang akan selalu menjadi kenangan indah.

2. Kebaya bridesmaid

Pinterest

Pernikahan di Indonesia banyak yang mulai mengadopsi budaya bridesmaid. Tak heran, sekelompok wanita dengan seragam anggun datang ke pernikahan menjadi pemandangan yang umum terjadi. Meski begitu, masih ada nilai-nilai budaya Indonesia yang masih dijunjung tinggi, yakni pemilihan seragam bridesmaid yang digunakan.

Di Indonesia, banyak pengantin yang memilih kebaya sebagai seragam para bridesmaid. Berbagai model kebaya pun bisa menjadi referensi untuk membuat baju yang dikenakan bridesmaid di hari H. Mulai dari model yang timeless seperti kutu baru, sampai model kebaya modern lainnya.

3. Bridesmaid hijab

Pinterest

Tak hanya gaun dan kebaya saja yang menjadi idola para bridesmaid. Sedulur yang mengenakan hijab juga bisa ikut bergaya saat menjadi bridesmaid. Apalagi saat ini sudah banyak model baju atau gaun muslim yang bisa menjadi referensi untuk membuat gaun bridesmaid bagi yang memakai hijab.

Tak perlu khawatir, Sedulur tak akan kalah menawan dan tidak terlihat ketinggalan zaman.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

Tugas groomsmen:

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biasanya ada bridesmaid maka ada pula groomsmen. Sama halnya dengan bridesmaid, groomsmen juga bertugas menjadi pendamping mempelai pria. Namun tak seperti bridesmaid yang biasanya membantu kesiapan acara pernikahan, groomsmen biasanya hanya membantu di hari H saja. Lalu apa saja sih tugas mereka?

1. Pendamping mempelai pria saat menjelang prosesi pernikahan

 Unsplash

Para pria jelas tak kalah berdebar saat momen penting seumur hidup itu akan datang. Di sinilah peran para groomsmen diperlukan. Mereka akan menemani mempelai pria untuk menuju altar atau acara ijab kabul. Mereka juga biasanya akan dipasangkan dengan bridesmaid.

2. Memastikan mempelai pria tidak kelaparan

Unsplash

Selama acara berlangsung, pengantin adalah pihak yang menyantap hidangan paling akhir. Sebab dari awal acara hingga akhir, pasangan pengantin harus menyambut tamu-tamu yang hadir. Sementara itu, groomsmen bertugas untuk memastikan bahwa pengantin pria tidak kelaparan sepanjang acara. Tugas yang sama juga dilakukan para bridesmaid kepada pengatin wanita.

3. Menemani pengantin pria saat ada sesi games

Unsplash

Di sebuah acara pernikahan dengan konsep modern, susunan acara biasanya dibuat sebebas mungkin dan tidak terlalu terpaku pada pakem-pakem tradisional. Di acara pernikahan modern, biasanya ada sesi games sebagai hiburan. Games ini bahkan juga ditujukan untuk pasangan pengantin. Nantinya groomsmen yang bertugas untuk membantu pengantin pria dalam memainkan game dalam acara resepsi pernikahan tersebut.

Itu dia sekilas tentang pengertian bridesmaid dan groomsmen. Mengingat mereka adalah orang-orang terdekat dari pasangan pengantin, tentu kehadiran keduanya sangat dinantikan dalam sebuah acara pesta pernikahan. Tak hanya itu, bridesmaid dan groomsmen adalah yang paling ditunggu untuk memeriahkan acara pernikahan dan membuat kenangan indah yang tak terlupakan sepanjang hidup.

Sementara itu, buat Sedulur yang sedang sibuk menyiapkan pernikahan atau sebagai groomsmen dan bridesmaid yang juga tak kalah sibuk, bisa lho menghemat waktu untuk belanja berbagai kebutuhan lewat Aplikasi Super. Di sini Sedulur bisa berbelanja berbagai kebutuhan pokok sesuai kebutuhan. Yuk download Aplikasi Super sekarang untuk tahu lebih lanjut.