Apa itu gagasan utama

Dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia, terkadang guru sering menyinggung tentang gagasan utama sampai kalimat utama. Dua hal ini kerap membuat bingung banyak orang.

Padahal keduanya bisa dibedakan dengan cukup mudah. Contohnya dalam sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat dimana itu merupakan gagasan pokok, kalimat pokok, dan kalimat pelengkap. Kemampuan mengetahui gagasan pokok menjadi sangat penting karena akan menunjukkan kualitas kita dalam menganalisa sebuah teks atau bacaan.

Nah, supaya Sedulur tidak terjebak dalam kebingungan. Mari kita simak ulasan tentang gagasan utama adalah dan contohnya di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu TOR: Pengertian, Manfaat & Cara Membuatnya

-->

Definisi gagasan utama

Mengetahui gagasan utama
The Ploughsgares

Menurut Kosasih dalam bukunya yang berjudul 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajaran di SMA/SMK, gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.

Sementara itu, Agus Trianto dalam buku Pasti BIsa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP menjelaskan bahwa gagasan utama tidak terlalu sulit ditemukan karena bisa berada dalam bagian mana saja sebuah teks.

Berdasarkan dua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa gagasan utama adalah kerangka dasar dari sebuah bacaan yang digunakan untuk mengembangkan sebuah kalimat agar memiliki struktur yang kuat dan bermakna. Gagasan utama juga sering disebut sebagai gagasan pokok.

Ciri gagasan pokok

menulis cerita
Times Higher Education

Gagasan pokok memiliki sejumlah ciri. Hal ini nantinya akan menjadi pembeda antara gagasan pokok dengan kalimat utama dan kalimat pelengkap.

  • Terdiri dari satu kalimat utuh yang berdiri sendiri
  • Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi
  • Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut
  • Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain
  • Gagasan pokok berada di akhir paragraf biasanya akan dilengkapi dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu, dan dengan demikian.

Pengertian kalimat utama

menulis cerita
American Nurse

Memahami kalimat utama juga tak kalah penting. Hal ini karena gagasan pokok bisa ditemukan ketika seseorang bisa mengetahui kalimat pokok dari sebuah paragraf atau teks.

Dikutip dari buku Think Smart Bahasa Indonesia, Ismail Kusmayadi menjelaskan bahwa kalimat utama adalah tumpuan dasar untuk pengembangan paragraph. Kalimat utama umumnya berisi pernyataan atau gagasan menyeluruh yang mewakili pernyataan lain dalam paragraf yang ditulis.

Adapun ciri-ciri kalimat utama adalah sebagai berikut:

  • Dapat berdiri sendiri dan memiliki arti yang jelas
  • Berisi suatu permasalahan yang dapat dikembangkan secara rindu
  • Kalimat utama perupakan pernyataan yang bersifat umum, general, dan bisa dikembangkan.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Soft Skill Pengertian, Contoh & Fungsinya

Perbedaan gagasan dan kalimat utama

Hebat bahasa indonesia
Suara

Supaya Sedulur tidak mengalami hambatan dalam menganilsa sebuah bacaan. Ada baiknya memahami perbedaan gagasan utama dan kalimat utama.

Hal tersebut akan sangat penting karena membuatmu semakin cepat untuk mengetahui poin utama dari sebuah bacaan. Kemampuan ini akan mempercepat kinerja dan aktivitas sehingga lebih efisien.

Berikut ini beberapa perbedaan gagasan pokok dan kalimat utama:

  1. Gagasan pokok merupakan kalimat yang spesifik dalam sebuah bacaan. Sedangkan, kalimat utama bersifat umum dan bisa dikembangkan untuk memunculkan kalimat pelengkap.
  2. Kalimat utama bisa berada di awal (deduktif), akhir (induktif), atau campuran (awal dan akhir) dari sebuah bacaan. Sedangkan gagasan pokok posisinya tersirat dan hanya bisa ditemukan ketika kalimat utama muncul.
  3. Gagasan pokok bisa berdiri sendiri menjadi satu paragraf yang utuh. Sementara itu, kalimat utama memerlukan kalimat penjelas agar paragraf yang dibentuk lebih berstruktur dann bermakna.

Cara menemukan gagasan utama

Menemukan gagasan utama
Aerogramme Writers

Lalu bagaimana cara menemukan gagasan utama? Umumnya kamu perlu membaca secara utuh kalimat per kalimat dengan cermat. Dengan membaca, kalimat utama dan penjelas dari paragraf tersebut akan diketahui.

Menemukan kalimat utama akan lebih mudah karena posisinya bisa ada di awal atau akhir dan ini sudah pasti. Bila Sedulur sudah menemukan kalimat utama, maka gagasan pokok pun bisa dengan cepat disimpulkan.

BACA JUGA: 18 Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Panduan Menyusunnya

Contoh gagasan utama

Contoh gagasan utama
Kibrispdr

Agar Sedulur bisa memahami lebih dalam dan tidak bingung tentang gagasan utama contoh seperti apa? Berikut ini beberapa jenis paragraf dan penjelasan dimana gagasan pokoknya berada.

Paragraf deduktif

Jalanan dari Mampang hingga Kuningan selalu dipenuhi kendaraan. Setiap pagi hingga sore hari banyak pengendara yang melewati jalan ini. Mereka biasanya adalah para pekerja kantoran.Tak hanya mobil dan motor, kendaraan besar seperti bus, truk dan mobil besar lainnya juga turut meramaikan dan membuat bising. Hal ini terjadi karena jalanan ini sangat strategis, dan dipenuhi banyak ruko-ruko juga perkantoran.

Pembahasan:

Dari teks bacaan di atas bisa disimpulkan bahwa gagasan utama paragraf tersebut adalah jalanan dari Mampang hingga Kuningan selalu dipadati dengan kendaraan. Dimana kalimat utamanya adalah jalanan dari mampang hingga kuningan selalu dipenuhi kendaraan.

Paragraf Induktif

Menjaga kebersihan di sekolah bukan hanya dilakukan petugas kebersihan sekolah saja. Menjaga kebersihan juga harus dilakukan para siswa. Bapak dan Ibu guru juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan sekolah. Karyawan sekolah, mulai tata usaha, kantin, koperasi, satpam, dan sebagainya juga harus sigap menjaga kebersihan sekolah. Semua warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah.

Pembahasan:

Dari teks bacaan di atas bisa disimpulkan bahwa gagasan utama paragraf tersebut adalah Semua warga sekolah wajib menjaga dan bertanggung jawab atas kebersihan sekolah tanpa terkecuali. Sedangkan kalimat utamanya adalah Semua warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah.

Paragraf campuran

Bagi orang Indonesia nasi adalah makanan pokok. Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, jika belum makan nasi itu berarti belum makan. Meskipun ada banyak makanan pengganti nasi, misalnya jagung, ubi, sagu, dan lain sebagainya, nasi tetap menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu nasi menjadi menu wajib di meja makan bagi Sebagian masyarakat Indonesia.

Pembahasan:

Dari teks bacaan di atas bisa disimpulkan bahwa gagasan pokok paragraf tersebut adalah nasi adalah makanan pokok dan wajib untuk orang Indonesia. Kalimat utama untuk paragraf di atas ada 2, yaitu ‘Bagi orang Indonesia nasi adalah makanan pokok’ dan ‘Oleh sebab itu nasi menjadi menu wajib di meja makan bagi sebagian masyarakat Indonesia’.

Demikian pembahasan gagasan utama adalah dan contohnya. Memahami letak gagasan pokok secara tepat dan cepat memang penting karena akan membantu dalam memahami sebuah bacaan.

Selain itu, kemampuan memahami inti bacaan juga bisa semakin kuat ketika sering dilatih. Jadi jangan lupa melakukan latihan setelah memahami ilmu di atas ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.