Curriculum vitae (CV) atau resume adalah modal penting untuk melamar pekerjaan dan membuka peluang karir yang lebih baik. Tentunya di era global seperti ini, CV bahasa Inggris akan lebih memudahkan. Sedulur bisa langsung mendaftar ke berbagai pekerjaan baik nasional maupun internasional sekaligus. 

Tentunya saat membuat CV, grammar atau tata bahasa yang sempurna adalah kewajiban. Bila ada kesalahan, tentu ini akan memengaruhi kesan calon recruiter tentang dirimu sebagai seorang profesional. Tenang, berikut ada tips serta contoh CV bahasa Inggris yang benar untuk Sedulur Super. Silakan disimak.

BACA JUGA: Cara Membuat Kuesioner dengan Google Form untuk Penelitian

Komponen yang wajib tercantum di CV

Sebelum membahas contoh CV bahasa Inggris dan artinya, ada baiknya membahas terlebih dahulu beberapa komponen yang wajib dicantumkan di dalamnya. Apa saja, sih?

-->

1. Nama lengkap atau nama terang

Bila namamu cukup panjang, misal lebih dari 3—4 suku kata, Sedulur boleh mempersingkatnya dengan menggunakan nama pertama dan nama belakang saja. Atau silakan singkat nama paling belakang. Hindari menggunakan nama panggilan. Nama pertama harus tetap disebut walaupun itu bukan nama panggilanmu.

2. Kontak yang bisa dihubungi

Untuk resume, Sedulur boleh mencantumkan nomor telepon atau Whatsapp karena perusahaan profesional tidak akan menyebarkan data confidential sembarangan. Selain nomor telepon, sertakan pula alamat email dan tautan profil Linkedin bila ada. 

3. Pendidikan terakhir

Tidak perlu menyertakan riwayat pendidikan dari TK atau SD karena sudah tidak relevan. Bila Sedulur masih mahasiswa, silakan cantumkan nama SMA serta jurusan kuliah yang sedang dijalani. Namun, bila sudah lulus kuliah, SMA tidak perlu lagi dicantumkan. Cukup gelar sarjana dan master, bila ada. 

4. Pengalaman kerja dan magang 

Daftar pengalaman ini harus dimulai dari yang terbaru dan disusul yang terlawas. Silakan pilih yang paling relevan untuk pekerjaan atau posisi yang akan dilamar. Di dalam daftar cantumkan rentang tahun bekerja, nama posisi atau job title, serta tanggung jawab yang Sedulur emban saat bekerja.

5. Keterampilan dan sertifikasi yang dimiliki

Sekali lagi cantumkan yang paling relevan saja. Tidak perlu menyebutkan semua. Umumnya, keterampilan bahasa asing, bahasa pemrograman, atau kemampuan menggunakan aplikasi tertentu bisa dicantumkan. Selain itu, Sedulur juga bisa menyertakan sertifikasi profesional yang dimiliki. Misal CFA untuk seorang akuntan dan financial planner, CAP untuk yang bergelut di data science, dan lain sebagainya.

Informasi yang tidak wajib dan tidak perlu disertakan

Selain yang wajib, ada juga yang sifatnya tidak perlu seperti elemen berikut ini. Catat juga, ya. 

1. Foto

Foto adalah hal yang cukup jadi perdebatan. Di beberapa negara, foto justru dilarang disertakan dalam resume karena bisa memicu munculnya stigma tertentu. Di Indonesia, masih banyak orang yang mencantumkan foto dalam CV. Namun, sebenarnya sudah banyak perusahaan yang tidak mewajibkannya. Untuk amannya, ada baiknya bila perusahaan yang dilamar tidak meminta, foto silakan untuk tidak disertakan saja. Bila Sedulur akan melamar pekerjaan atau pendidikan lanjut di Eropa dan Amerika Serikat, foto adalah hal yang haram untuk dimasukkan. 

2. Tanggal lahir 

Hal ini juga tidak perlu lagi dicantumkan karena bisa menjurus ke ageism atau penilaian yang terpengaruh oleh usia pelamar. Recruiter seharusnya sudah bisa mengecek atau memprediksi usia pelamar dari riwayat pendidikannya.

3. Data pribadi yang tidak perlu 

Selain tanggal lahir, detail pribadi lainnya yang tidak perlu dicantumkan adalah kepercayaan. Nama pengguna media sosial pribadi juga sebenarnya tidak perlu kecuali pihak recruiter memintanya. Sebagai alternatif, bisa menggantinya dengan tautan portofolio misalnya.

4. Hobi dan minat

Dua hal ini sifatnya kurang relevan dengan posisi yang dilamar sehingga lebih baik ditinggalkan saja. Silakan gunakan ruang tersisa untuk hal yang lebih penting.

5. Nomor kontak referal 

Sedulur mungkin memiliki koneksi dengan mantan atasan atau orang tertentu yang bersedia memberikan rekomendasi. Namun, di tahap mengirim CV atau resume hal tersebut tidak perlu disebut dulu. Kecuali pihak recruiter meminta pelamar mencantumkannya sekalian. 

6. Pekerjaan dalam jangka waktu sangat pendek 

Sedulur mungkin pernah bekerja di sebuah posisi yang ternyata kurang nyaman dan akhirnya hanya dijalani selama kurang dari satu bulan. Hal ini tidak perlu dicantumkan dalam daftar pengalaman. Hanya cantumkan pekerjaan yang dijalani setidaknya beberapa bulan.

7. Level keterampilan

Meski boleh mencantumkan keterampilan yang dikuasai, Sedulur sebaiknya tidak membuat penilaian sendiri atas skill tersebut. Misalnya dengan menggunakan persentase atau diagram tertentu. Level skill boleh ditulis bila memang jelas standarnya semisal nilai IELTS/TOEFL.

BACA JUGA: Cara Membuat Footnote Mudah & Cepat dengan Gambarnya

Tips menulis CV bahasa Inggris yang efektif 

Selain komponen yang perlu dan tidak perlu, berikut beberapa tips yang mungkin bisa jadi bekal Sedulur sebelum memperbaiki CV. 

  • Hindari mencantumkan subjek kata ganti orang pertama. Selalu gunakan kalimat aktif yang netral seperti “managed”, “led”, ‘worked with”, “provided”, “delivered”, dan lain sebagainya.
  • Gunakan past tense karena menjelaskan hal yang sudah dilakukan di masa lampau.
  • Pakai jenis dan ukuran font yang normal dan mudah dibaca.
  • Jangan menggunakan dekorasi dan warna yang terlalu ramai. Hitam di atas putih saja lebih nyaman dibaca. 
  • Usahakan hanya butuh satu halaman A4 saja. Singkat, padat, dan jelas adalah keharusan.
  • Pastikan layout atau tata letaknya rapi. Bila perlu gunakan pointer untuk memudahkan recruiter membedakan tiap seksi dalam daftar informasi yang dicantumkan.
  • Proofread atau baca ulang dan cek grammar dengan saksama. Bila perlu minta orang lain membaca dan memberikan feedback.
  • Sertakan bersama cover letter atau surat lamaran. Isinya adalah motivasi Sedulur melamar serta pengantar tentang CV yang dilampirkan. 
  • Beberapa recruiter atau instansi tertentu sudah menyediakan format khusus yang tinggal diisi saja oleh pelamar. Bila kasusnya seperti itu, ikuti saja format dari mereka.

1. Contoh CV standar internasional 

cv bahasa inggris
Template Docs

Tidak perlu menggunakan aplikasi desain yang rumit, Sedulur cukup menggunakan software pengolah kata CV bahasa Inggris Word yang mudah dibuat. CV macam ini merupakan standar yang dipakai di Uni Eropa dan Amerika Serikat. Bisa dilihat di contoh di atas bahwa tidak ada foto yang disematkan dan tata letaknya pun sederhana. Tidak ada warna dan dekorasi yang berlebihan. Hanya cetak tebal untuk tiap seksi dan fokus pada deskripsi tugas serta pencapaian dari pengalaman kerja sebelumnya.

2. Contoh CV untuk mahasiswa 

cv bahasa inggris
Pinterest

CV bahasa Inggris mahasiswa juga lebih baik menggunakan versi standar tanpa foto. Tonjolkan pengalamanmu selama di kampus sebagai ganti pengalaman kerja. Bisa saja berupa pengalaman partisipasi dalam kompetisi, kegiatan sukarela, pekerjaan paruh waktu di dalam maupun luar kampus, proyek penelitian, organisasi kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Tentunya pilih yang paling relevan dengan posisi magang yang hendak dilamar. 

3. CV bahasa Inggris fresh graduate

Pinterest

Untuk lulusan baru yang belum punya banyak pengalaman, CV bisa diisi dengan pengalaman kerja paruh waktu, bisnis sampingan, dan pengalaman selama masih aktif menjadi mahasiswa. Partisipasi dalam lomba atau bisnis biasanya jadi nilai plus karena menunjukkan kegigihan dan kemauan untuk belajar hal baru. Silakan sertakan dan daftar dengan rapi di dalam resume yang digunakan untuk melamar.

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Perjanjian Serta Panduan Lengkap Membuatnya

4. CV untuk pekerja kreatif 

cv bahasa inggris
Freepik

CV bahasa Inggris menarik untuk pekerja kreatif boleh saja didekorasi. Namun, tetap gunakan desain yang minimal dan elegan. Selain warna hitam dan putih, tambahan satu variasi warna lagi boleh dicoba. Sedulur juga bisa menambahkan ikon untuk tautan portofolio dan kontak yang bisa dihubungi misalnya. CV yang menarik tentu jadi nilai plus untuk pekerja kreatif, tetapi pastikan masih clean dan jelas terbaca. Tetap tonjolkan pengalaman dan keterampilanmu ketimbang display resumenya. 

5. Resume dengan tambahan biografi diri sendiri 

cv bahasa inggris
Career Addict

Sedulur juga bisa menambahkan biografi singkat tentang diri sendiri. Tuliskan dalam sudut pandang orang ketiga di bagian paling atas di bawah nama. Isinya berupa posisi yang sedang diemban atau terakhir dijabat. Disusul dengan pencapaian dan hal yang sedang dipelajari serta posisi yang sedang diincar. Biografi ini cukup 3—5 kalimat saja, jangan terlalu panjang dan bertele-tele. 

6. Menjelaskan jeda karir 

cv bahasa inggris
Career Adict

Bila Sedulur memiliki waktu jeda karir yang panjang, boleh juga dijelaskan dalam CV. Katakan alasan sejujurnya, misal mencoba membangun bisnis, melanjutkan pendidikan tinggi, atau sibuk menjadi stay-at-home parent di rumah. Jangan remehkan hal-hal tersebut karena mereka sama-sama menyita waktu dan pikiran selelah orang yang berkarir di kantor.

7. Untuk lulusan SMA 

cv bahasa inggris
Resume Companion

CV bahasa Inggris lulusan SMA bisa mencantumkan kegiatan selama masih bersekolah. Tonjolkan bukti bahwa Sedulur aktif dalam ekstrakurikuler tertentu dan menunjukkan minat serta komitmen lebih dalam hal itu. Sedulur juga bisa mencantumkan prestasi akademik seperti pertukaran pelajar atau partisipasi dalam olimpiade. Bila Sedulur punya bisnis atau proyek sejak SMA, hal itu juga bisa jadi nilai lebih. 

8. Manuver karir

cv bahasa inggris
Career Addict

Ada kalanya Sedulur berubah haluan dari menekuni satu bidang karir tertentu kemudian memilih pindah ke bidang yang tidak berhubungan sama sekali. Hal ini wajar terjadi, kok. Namun, saat akan melamar ke karir yang berbeda bidang, silakan dukung dengan mengikuti kursus atau mengambil sertifikasi bi bidang yang disasar.

Misal Sedulur sudah berkecimpung beberapa tahun di dunia kepenulisan, kemudian ingin coba pindah haluan ke data science. Tentunya, dukung keputusan tersebut dengan menunjukkan sertifikasi atau bukti bahwa Sedulur sudah mengikuti kursus tertentu. Bisa juga didukung dengan gelar formal di bidang tersebut, baik sarjana ataupun master. Atau proyek sampingan yang berkaitan dengan bidang baru yang disasar.

BACA JUGA: Perbedaan Resume & CV: Pengertian, Tujuan & Cara Menyusun

9. Resume dua kolom 

Resume Viking

Tidak hanya bisa dibikin satu kolom, kok. Sedulur boleh membuat tata letak resume dengan dua kolom seperti contoh di atas. Dengan begitu informasi yang dimasukkan bisa lebih banyak. Pastikan jaraknya rapi dan seragam sehingga nyaman dibaca oleh recruiter

10. Duotone resume 

Pinterest

Kebanyakan resume memang disarankan untuk ditulis hitam di atas putih sesuai standar yang berlaku dan mempertimbangkan kemudahan dibaca. Namun, boleh kok Sedulur membuat resume duotone atau dua warna seperti ini. Satu kolom khusus dibuat dikemas dalam warna yang gelap. Pastikan saja warnanya tidak terlalu pekat sehingga enak dilihat.

11. CV untuk posisi eksekutif 

Career Addict

Bila Sedulur akan melamar untuk jabatan eksekutif atau petinggi di sebuah perusahaan, maka resume juga harus dibuat menunjang dan profesional. Tonjolkan prestasi Sedulur selama menjabat, gaya kepemimpinan, dan kapabilitas yang Sedulur kuasai. Bahkan beberapa menyarankan pencapaian ditulis di bawah profil atau biografi diri sendiri. Sebelum riwayat pengalaman kerja.

12. Resume untuk akademisi

cv bahasa inggris
Zety

Untuk posisi akademisi dan peneliti, Sedulur harus menonjolkan riwayat pendidikan serta proyek penelitian yang sudah dilakukan. Kontak tidak hanya Linkedin dan email, tetapi juga tautan ke laman-laman akademik seperti Google Scholar dan Scopus bila ada. 

13. CV untuk sales manager 

cv bahasa inggris
Zety

Guna menggaet recruiter, sales manager harus menunjukkan prestasi dan ketepatannya dalam mencapai target di pekerjaan sebelumnya. Silakan pula tambahkan latar belakang akademik yang mendukung, misalnya gelar master yang diraih atau sertifikasi tertentu.

14. Pekerjaan teknikal 

Visual CV

Pekerjaan teknikal seperti insinyur hingga arsitek dan kartografer membutuhkan penguasaan pada tools tertentu. Cantumkan software apa saja yang dikuasai, apakah itu CAD, GIS, Python dan lain sebagainya. Ini penting untuk memperlihatkan kemampuanmu melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis yang dibutuhkan perusahaan.

BACA JUGA: Apa itu Desainer Grafis: Pengertian, Tugas, & Prospek Kerja

15. Resume mengajar

Pinterest

Mengajar tidak hanya membutuhkan riwayat pendidikan. Beberapa mensyaratkan sertifikasi tertentu yang harus disertakan buktinya saat melamar. Sedulur yang menekuni bidang ini juga baiknya memiliki pengalaman mengajar yang memadai, misal di sekolah atau setidaknya menjadi tutor di luar jam pelajaran atau asisten dosen di kampus saat masih jadi mahasiswa.

16. CV untuk aktor 

cv bahasa inggris
Dayjob

Aktor juga butuh resume untuk bisa dapat panggilan audisi bahkan undangan ke sebuah acara penghargaan dan festival film. Untuk itu, mencatat proyek apa saja yang pernah dikerjakan secara rutin adalah hal penting. Selain judul dan peran, jangan lupa sertakan nama rumah produksi dan sutradaranya. Untuk aktor, ciri fisik juga penting sehingga biasanya foto serta beberapa detail seperti tinggi badan, warna rambut, warna mata, berat badan, dan usia pun dicantumkan dalam resume. Keterampilan seperti menyetir, sertifikat barista, menyanyi, menari, dan bahasa juga bisa disertakan. 

17. Tenaga kesehatan 

cv bahasa inggris
Career Addict

Melamar kerja menjadi tenaga kesehatan juga membutuhkan resume yang baik. Selain pendidikan dan sertifikasi formal, seorang perawat juga membutuhkan kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang mumpuni. Ketahanan fisik, mental, serta ketelitian yang juga di atas rata-rata. Silakan cantumkan itu di dalam daftar keterampilan dan buktikan dengan pencapaianmu di deskripsi dan tanggung jawab pada kolom riwayat pengalaman kerja.

18. Melamar pekerjaan di luar negeri 

Career Addict

Untuk kebutuhan melamar pekerjaan di luar negeri, ada beberapa hal penting yang harus diselipkan dalam CV bahasa Inggris Sedulur. Di antaranya status kewarganegaraan dan status pernikahan. Ini penting mengingat bila harus pindah domisili, maka banyak hal yang akan diurus seperti visa, izin kerja, dan lain sebagainya. Silakan lakukan riset pula tentang format CV yang diterima di negara sasaran. Ada beberapa yang melarang foto, ada pula yang justru mewajibkan.

Walau hanya satu halaman A4, resume atau CV memang bukan hal mudah untuk dibuat. Perlu ketelitian dan ketekunan untuk memilih pengalaman mana saja yang kiranya relevan buat disertakan di dalamnya. Untuk masalah layout, sebenarnya banyak situs download CV bahasa Inggris berbayar maupun gratis yang ada di jejaring internet. Itu memang lebih praktis, tetapi pastikan Sedulur benar-benar melakukan personalisasi dengan saksama. Jangan serta-merta meniru kalimat yang dipakai di dalam template tersebut. Semoga usaha Sedulur untuk mendapat kerja membuahkan hasil, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.