Soft skill adalah hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Di samping memiliki hard skill yang menjadi kemampuan dasar, soft skill bertugas mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki. Hard skill adalah kemampuan dasar yang diperoleh dari pendidikan resmi dengan pencapaian dalam bentuk gelar.

Sementara itu, soft skill adalah hal yang berkaitan dengan kepribadian seseorang. Maka dari itu, soft skill dan hard skill adalah dua hal yang saling berkesinambungan dan dapat meningkatkan potensi satu sama lain. Agar Sedulur lebih memahaminya, mari simak pengertian dari soft skill itu sendiri. Baca pembahasannya sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Brainware Adalah, Pengertian, Jenis, Komponen dan Contohnya

Pengertian soft skill

soft skill adalah
Glitzmedia

Sebelum memulai pembahasan terkait contoh soft skill adalah penting bagi Sedulur mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu soft skill dan contohnya yang pertama adalah sebentuk keterampilan atau kemampuan hidup seseorang dalam bermasyarakat dan berinteraksi sehingga mampu untuk menghasilkan sesuatu.

-->

Dalam tatanan mahasiswa atau perkuliahan misalnya, contoh soft skill mahasiswa yaitu beradaptasi, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan mampu mengatasi berbagai masalah (problem solving) yang ada. Hal tersebut tidak didapatkan mahasiswa di kelas, namun bisa didapatkan di lapangan saat berorganisasi.

Sementara hard skill contohnya yaitu mengetahui bagaimana cara membuat dan merakit komputer. Dengan soft skill yang baik, kemampuan tersebut bisa diaplikasikan dan dibagikan kepada masyarakat agar bisa menguasai cara membuat dan merakit komputer.

Selain itu, menurut O’Brien, pakar dan ahli terkait pengembangan diri, menyatakan bahwa soft skill adalah keahlian yang terdiri dari enam komponen. Keenam komponen tersebut dapat mempengaruhi seseorang menjadi pribadi yang cakap dalam bekerja dan bertanggung jawab akan sesuatu. Terkait komponen apa saja yang dapat meningkatkan soft skill akan dijelaskan di akhir artikel ini. Jadi, simak terus!

Manfaat soft skill

Quora

Untuk lebih meyakinkan Sedulur bahwa memiliki soft skill adalah hal penting, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dengan memiliki soft skill.

  • Manfaat pertama yang didapatkan seseorang dengan memiliki soft skill adalah mendukung dan mendorong profesionalisme yang ada dalam diri.
  • Manfaat kedua yang didapatkan yaitu mampu menambah nilai penciptaan jasa dan kebermanfaatan yang ada dalam diri seseorang.
  • Manfaat ketiga yaitu mampu membantu dalam meningkatkan nilai ekonomis dalam menciptakan atau melakukan suatu hal.
  • Manfaat keempat memungkinkan Sedulur untuk meningkatkan atau menambah penghasilan setiap bulannya karena banyak pekerjaan yang bisa dilakukan.
  • Manfaat kelima adalah mampu mendukung usaha seseorang walaupun hanya dalam ruang lingkup pribadi.

BACA JUGA: Cara Main Werewolf, Game Populer yang Melatih Skill Berargumen

Pentingnya memiliki soft skill

soft skill adalah
E-mas’

Ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui agar bisa memahami betapa soft skill adalah hal penting. Karena bukan hanya berkaitan dengan karir dan pekerjaan, soft skill juga ternyata bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hal pertama yang harus Sedulur pahami bahwa hard skill tidak akan efektif tanpa kehadiran soft skill.

Setiap pekerjaan tidak hanya membutuhkan kemampuan dasar (hard skill). Soft skill akan membuat kemampuan dasar lebih efektif dan dapat diaplikasikan. Selain itu, soft skill juga dapat meningkatkan kemampuan interpersonal di tempat kerja, ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Oleh karena itu, dalam setiap contoh soft skill dalam CV, perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan soft skill dan sering kali dalam wawancara soft skill menjadi faktor penentu diterima atau tidaknya kandidat. Bagi perusahaan yang bergerak dan berkaitan langsung dengan konsumen, yang akan berperan dalam membantu bekerja adalah soft skill.

Pasalnya, kemampuan seperti berkomunikasi dengan baik, kemampuan persuasif dan lainnya merupakan bagian dari soft skill bukan hard skill. Konsumen tidak membutuhkan kemampuan dasar yang dibuktikan oleh ijazah atau gelar, yang konsumen butuhkan adalah kenyamanan dalam menjelaskan produk dari perusahaan. Membuat konsumen percaya dan merasa nyaman hanya bisa didapatkan dengan soft skill. Itu mengapa soft skill adalah hal yang sangat penting dimiliki.

Cara meningkatkan soft skill

EKRUT

Karena Sedulur telah menyadari bahwa soft skill adalah hal yang penting, maka Sedulur pasti penasaran bagaimana cara meningkatkan soft skill itu sendiri. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan. Berikut daftarnya.

  • Perbanyak interaksi dengan sesama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berekspresi.
  • Belajar disiplin dalam mengatur waktu.
  • Mulai belajar untuk menguasai emosi, kendalikan emosi agar tidak mudah meledak.
  • Ikut organisasi, karena dengan berorganisasi Sedulur akan mendapatkan soft skill yang tidak bisa didapatkan di bangku pendidikan formal.
  • Terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, entah menjadi panitia atau relawan. Kegiatan ini dapat mengasah soft skill yang Sedulur miliki.
  • Perbanyak mengikuti kegiatan seminar, workshop dan kegiatan pendidikan lainnya. Hal ini bisa menambah pemahaman Sedulur untuk meningkatkan soft skill yang dimiliki.

Setelah Sedulur tahu soft skill adalah hal penting dan mengetahui bagaimana cara meningkatkannya, Sedulur juga harus mengetahui apa saja contoh soft skill yang bermanfaat dan berguna. Terutama yang berkaitan dengan soft skill yang Sedulur miliki. Berikut ini adalah beberapa contoh soft skill yang akan bermanfaat dalam ranah pekerjaan. Simak contoh soft skill dan hard skill di bawah ini.

1. Leadership

soft skill adalah
Jojonomic

Salah satu pentingya soft skill adalah jiwa kepemimpinan yang tinggi. Setiap orang yang memiliki soft skill ini akan bermanfaat bagi siapa pun karena dapat mengambil keputusan sulit dan bersikap netral dalam menghadapi permasalahan yang disebabkan antarindividu. Kemampuan diri terkait kepemimpinan ini tidak hanya berkaitan dengan memimpin sejumlah orang, namun juga berkaitan dengan memimpin diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi.

2. Komunikasi

Enterpreneur

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga merupakan soft skill. Tidak mungkin seorang individu akan berkembang jika tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Soft skill adalah hal penting untuk membedakan satu individu dengan individu lain. Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu yang dapat mudah dikenali. Terutama jika Sedulur memiliki kemampuan komunikasi seperti public speaking yaitu bicara di depan orang banyak. Ini bisa membuat Sedulur menjadi seseorang dengan nilai spesial.

3. Kerja sama

soft skill adalah
Proxsisgroup

Seorang individu yang memiliki kemampuan kerja tim yang baik, tentunya akan berguna dan membantu suatu pekerjaan. Tidak ada pekerjaan saat ini yang tidak mengharuskan kerja tim.

Apabila berada di ranah bisnis, kemampuan kerja tim ini kan menjadi kebutuhan utama guna membantu suatu bisnis menjadi makin berkembang. Kemudian, apabila berada di ranah sekolah atau perkuliahan, kemampuan kerja tim ini akan berguna membantu proses pengerjaan suatu tugas sehingga hasilnya lebih maksimal.

4. Kreatif dan inovatif

Qubisa

Memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi adalah soft skill yang amat penting, terutama yang bekerja di industri kreatif. Dua hal ini merupakan soft skill yang wajib dimililiki. Dengan memiliki dua soft skill tersebut, Sedulur dapat mengembangkan diri dan mengembangkan divisi tempat Sedulur bekerja.

Ditambah dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar, Sedulur akan menjadi seorang pribadi yang lengkap dan dapat bertahan di tempat Sedulur bekerja. Bahkan Sedulur akan mendapatkan promosi kenaikan pangkat atau kenaikan gaji jika terus memberikan dampak baik di tempat kerja.

5. Problem solving

soft skill adalah
Walton

Soft skill adalah seperangkat kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, yang dapat mendukung kemampuan utama. Maka dari itu memiliki soft skill adalah penting, khususnya dalam pemecahan masalah. Sedulur yang memiliki kemampuan ini akan dapat bertahan di dunia kerja dan mampu mengembangkan diri dengan pesat. Hal yang termasuk dalam kemampuan problem solving adalah kreativitas, kemampuan meneliti, berpikir kritis, dan mengetahui cara melakukan manajemen risiko dengan baik.

BACA JUGA: Panduan Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD0

Komponen soft skill

Studiilmu

Bagian ini akan membahas pengertian soft skill berdasarkan pendapat dari O’Brien yang telah dijelaskan di awal artikel. Menurut O’Brien, komponen dari soft skill  adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan dalam berkomunikasi yang terbagi menjadi dua yaitu komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Komunikasi lisan menyangkut kemampuan seseorang dalam menyusun kata dan kalimat ketika berbicara dengan orang lain. Sedangkan, komunikasi tulisan menyangkut kemampuan seseorang dalam menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan.
  • Kemampuan berorganisasi yang melibatkan kemampuan seseorang untuk dapat mengatur atau memanajemen waktunya agar segala sesuatu yang dikerjakannya dapat selesai tepat waktu. Kemampuan berorganisasi juga berkaitan dengan motivasi yang merupakan faktor penting agar tugas dapat terselesaikan secara baik dan penuh tanggung jawab.
  • Kemampuan bekerja sama di dalam sebuah tim. Hal ini membuatmu lebih mudah diterima dalam sebuah lingkungan yang baru karena dapat menyesuaikan diri dengan baik.
  • Kemampuan untuk memimpin sekelompok orang. Dalam menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus memiliki kecakapan, visi yang tepat untuk dicapai, keteladanan akan suatu tanggung jawab, kemampuan untuk mengelola emosi, memiliki respon yang cepat, serta bertanggung jawab akan segala hal.
  • Kemampuan untuk berusaha, di mana meliputi kemauan mempelajari suatu hal dan mampu memiliki ketahanan sehingga mampu bekerja dengan baik menghadapi tekanan yang ada.
  • Sikap dan moral yang menjadi dasar dalam pengambilan sebuah keputusan di kemudian hari jika nantinya terjadi sebuah konflik.

Berdasarkan ulasan di atas, kini Sedulur menyadari bahwa memiliki soft skill adalah hal yang amat penting. Artikel ini tentunya dapat mendorong Sedulur untuk mengasah soft skill yang dimiliki tanpa menghilangkan keunikan dari kemampuan dasarnya. Soft skill yang terasah dengan tepat mampu meningkatkan produktivitas kerja serta membuat Sedulur lebih sejahtera dan nyaman ketika bekerja.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.