manfaat batu bara

Sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat dijadikan energi, ada banyak manfaat batu bara yang bisa dirasakan umat manusia. Hingga saat ini, banyak energi yang kita gunakan berasal dari batu bara. Termasuk energi listrik yang dikonversikan dari panasnya batu bara.

Namun, batu bara bukan hanya dikonversikan menjadi listrik saja. Namun juga dapat diolah menjadi sumber daya lainnya yang tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hanya saja kita mungkin belum mengetahuinya. Agar mengetahui apa saja manfaat batu bara yang dirasakan dalam keseharian, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Sumber Daya Alam Dataran Tinggi & Pemanfaatannya

1. Bahan bakar pembangkit listrik

manfaat batu bara bagi rumah tangga
National Geographic Indonesia

Ini merupakan manfaat batu bara bagi rumah tangga dan kehidupan sehari-hari umat manusia, yaitu kebutuhan akan listrik. Batu bara sendiri merupakan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia yang jika dipanaskan dapat menghasilkan panas yang tinggi sehingga dapat menghasilkan uap. Uap tersebut bisa menjadi tenaga pembangkit listrik.

-->

Batubara adalah bahan bakar pembangkit listrik dan daerah penghasilnya ada di setiap pulau di Indonesia. Yang paling banyak tersedia di Kalimantan. Untuk menghasilkan listrik, batu bara dikonversikan menjadi uap. Uap ini yang menjadi tenaga untuk menggerakan turbin generator listrik.

2. Menghasilkan produks gas

batubara adalah
Kompas

Manfaat batu bara bagi kehidupan manusia selanjuutnya yaitu dapat menghasilkan produk gas. Gas yang dihasilkan oleh batu bara adalah gas alam yang berasal dari tanah dan diambil dengan proses yang rumit dengan menggunakan alat dengan teknologi yang super canggih.

Gas alami yang dihasilkan oleh batu bara akan diolah menjadi tempat pertambangan yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri, produk hidrogen, produk solar dan pembangkit listrik tenaga gas.

3. Mendukung industri baja

industri baja
Liputan6

Sebagaimana yang telah Sedulur simak dapat penjelasan di atas, bahwa batu bara merupakan energi yang dapat menghasilkan listri dan juga gas. Penggunaan batu bara sebagai bahan bakar menghasilkan listrik disebabkan karena harga batu bara yang murah. Hal itu juga membuat kita bisa menikmati listrik dengan harga yang murah.

Salah satu manfaat batu bara lainnya yaitu dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat baja. Baja meruapakan salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat barang-barang bagi kebutuhan manusia. Banyak sekali barang yang terbuat dari baja. Seperti alat kesehatan, kendaraan, mesin hingga peralatan rumah tangga.

Industri baja dapat berjalan dengan baik karena menggunakan batu bara sebagai energi untuk menggerakan mesin-mesin membuat barang atau material. Cara kerjanya kurang lebih, hampir sama dengan pembangkit listrik.

4. Membantu produksi pupuk pertanian

pupuk
Republika

Selanjutnya adalah manfaat batu bara yang dapat membantu produksi pupuk pertanian. Kita tidak dapat mengabaikan manfaat dari batu bara saat itu ini. Salah satu fungsi dari batu bara adalah dapat dijadikan sebagai pupuk pertanian kimia yang telah melalui berbagai banyak proses pengolahan.

Untuk produksi di bidang pertanian, dibutuhkan pupuk agar tanah lebih subur dan menghasilkan tanaman dengan hasil yang baik. Pupuk yang baik adalah pupuk yang dapat menghasilkan gas khusus yang dapat digunakan untuk pembakaran. Hal tersebut bisa didapatkan dari pupuk yang berasal dari batu bara.

Banyak produk kimia yang juga dihasilkan dari sisa olahan pembakaran batu bara yang kemudian dimurnikan menggunakan alat khusus. Proses tersebut akan membentuk bahan-bahan untuk membuat pupuk kimia. Dengan pupuk dari batu bara, tanaman akan menghasilkan panen yang baik. Panen tersebut akan disalurkan ke pasar, dan dibeli oleh kita sebagai masyarakat.

5. Mendukung industri aluminium

industri aluminium
Liputan6

Manfaat batu bara selanjutnya adalah menjadi bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Panas kokas dan gas yang dihasilkan dari batu bara bisa bantu memisahkan beberapa produk baja sehingga menghasilkan produk aluminium yang digunakan untuk peralatan di berbagai jenis industri.

Adapun peralatan yang dihasilkan dari aluminium adalah seperti peralatan konstruksi, peralatan pertanian, peralatan dapur, hingga makanan atau minuman kaleng yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Ternyata ada banyak peralatan rumah tangga yang terbuat dari aluminium. Selain harganya murah, peralatan yang terbuat dari aluminium juga cenderung lebih aman.

6. Membantu industri kertas

industri kertas
Berita Moneter

Selain bermanfaat untuk rumah tangga dan kehidupan sehari-hari, manfaat batu bara juga terasa betul bagi perindustrian. Hal ini disebabkan karena batu bara merupakan energi yang menghasilkan panas tinggi. Industri yang memanfaatkan hasil panas dari batu bara adalah industri kertas.

Batu bara memberikan panas yang stabil di dalam mesin pengolahan serat yang digunakan pada industri bahan baku kertas. Jika tidak menggunakan bahan bakar batu bara, beberapa produk kertas mungkin tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tentu saja sangat amat bermanfaat.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kayu Gaharu, Kayu Asli Indonesia yang Mahal

7. Campuran bahan bakar kendaraan

batu bara digunakan untuk bahan bakar kendaraan
Grid

Salah satu bahan bakar kendaraan adalah Coal Water Mixture (CWM) yang merupakan bahan bakar campuran. Batu bara digunakan untuk bahan bakar kendaraan ini yang dicampur dengan air dan bantuan zat adiktif lainnya sehingga menghasilkan suspensi kental, homogen, dan stabil.

CWM dapat bermanfaat dan digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Kendati keduanya memiliki bentuk cair yang artinya sifat dan wujudnya memiliki kesamaan. Kebermanfaat dari dua bahan bakar tersebut berbeda. CWM dinilai lebih aman dan lebih hemat.

8. Mendukung produksi semen

semen
Warta Blora

Manfaat batu bara selanjutnya yaitu dapat mendukung produksi semen, sama dengan penjelasan pada poin nomor 6. Batu bara juga dapat menjadi energi yang membantu pembuatan semen.

Batu bara bisa dikatakan sebagai bahan dasar pembuatan semen. Memang bukan menjadi bahan baku dalam pembuatan semen, namun batu bara dimanfaatkan dalam proses pembakaran ketika memproduksi semen. Keberadaan batu bara sangat bermanfaat bagi kebutuhan industri yang menghasilkan banyak bahan material untuk kehidupan sehari-hari.

9. Bahan tambahan industri kimia

manfaat batu bara bagi kehidupan manusia
Rakyat Merdeka

Selanjutnya untuk manfaat batu bara yang itu dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk industri kimia. Batu bara bisa diolah menjadi tar batu bara yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan material pembuat bangunan tahan air, isolasi bangunan, bahan untuk pembuatan cat, sampo, sabun, dan kain yang produknya ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan-bahan yang disebutkan di atas hampir dengan mudah didapati dalam aktivitas sehari-hari. Selain bahan-bahan di atas, batu bara juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan kosmetik dan alat kecantikan seperti skincare dan lainnya.

10. Menjadi bahan bakar dengan bentuk cair

bahan bakar minyak
Otomotif Studi

Manfaat batu bara lainnya yaitu dapat digunakan sebagai bahan bakar berbentuk cair. Saat ini bahan bakar utama yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan kegiatan produksi masyarakat adalah minyak. Sementara ketersediaan minyak pun terbatas dan lambat laun membuat persediaan minyak habis.

Untuk mengatasi hal tersebut, batu bara hadir sebagai sebuah solusi. Batu bara dapat diolah menjadi bahan bakar berbentuk cair dan dapati dgunakan untuk produksi sehari-hari masyarakat. Hal ini membuat batu bara dapat menggantikan peran penting minyak sebagai bahan bakar.

11. Tenaga utama PLTU

manfaat batu bara dan daerah penghasilnya
Kompas

Sebagaimana yang telah disinggung dalam poin nomor satu di atas, bahwa panas yang dihasilkan oleh batu bara dapat dikonversikan menjadi listrik. Hal ini disebabkan karena PLTU (pembangkit listri tenaga uap) memanfaatkan batu bara dalam mentul Coal Water Mixture (CWM) sebagai bahan bakar.

Dengan begitu, manfaat batu bara di Indonesia berguna untuk menjadi pembangkit listrik tenaga uap. CWM merupakan cairan dan fisiknya berupa suspensi sehingga untuk membakarnya bisa dengan menginjeksi CWM ke dalam tungku yang sebelumnya telah dipanaskan.

12. Sebagai bahan komponen sabun

sabun
Lifepack

Ini mungkin merupakan manfaat batu bara yang tidak kita ketahui yaitu dapat digunakan sebagai bahan komponen pembuatan sabun. Pabrik yang mengolah produk sabun juga membutuhkan bahan khusus yang didapatkan dari hasil olahan sampingan batubara.

Produk ini didapatkan dari hasil sampingan olahan batubara yang telah melewati proses pembakaran, pemurnian hingga produk akhir. Proses ini memang tidak secara langsung menghasilkan produk khusus komponen sabun. Beberapa produk ini juga penting untuk produksi beberapa zat pelarut dan pengikat aroma pada produk sabun.

13. Mendukung produksi industri plastik

industri plastik
Unsplash

Manfaat batu bara juga bisa mendukung produksi industri plastik. Batubara menjadi bahan khusus yang digunakan untuk pembakaran beberapa komponen biji plastik. Bahan bakar dari batubara memiliki panas khusus sehingga sangat baik untuk mendukung produk dan kualitas plastik. Beberapa pewarna untuk plastik juga didapatkan secara langsung dari produk olahan batubara.

14. Memenuhi kebutuhan masyarakat

harga batu bara
CekAja

Dari penjelasan di atas, seluruh pembahasan dari manfaat batu bara dapat sangat mendukung kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan rumah tangga. Mulai dari menghasilkan listrik, mendukung industri pertanian yang hasilnya berguna bagi masyarakat, dan mendukung industri lain yang hasilnya merupakan kebutuhan hidup masyarakat dalam menjalankan rumah tangga.

Selain itu, ada juga batu bara briket yang digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah. Ini merupakan energi panas yang dihasilkan untuk digunakan bagi keperluan memasak. Namun saat ini, penggunaan briket batu bara sudah jarang digunakan. Lebih banyak menggunakan gas, untuk kebutuhan memasak. Namun, jangan salah, gas alam yang digunakan masyarakat pun berasal dari batu bara, lho!

Sekian daftar manfaat batu bara yang bisa kita rasakan setiap harinya. Bahkan detik ini pun, batu bara memberikan sejumlah manfaat bagi kita, dapat kita lihat dengan penggunaan listrik setiap harinya. Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan batu bara yang banyak, namun ada baiknya untuk mengurangi penggunaan batu bara dan lebih bijak menggunakannya, karena dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.