contoh alat musik harmoni

Bagi yang tertarik dan mempelajari tentang musik, tentu kamu memahami beberapa instrumet alat musik dasarnya juga. Salah satunya yang cukup mudah untuk dimainkan dan bisa menghasilnya suara yang merdu adalah beberapa contoh alat musik harmoni.

Alat musik harmonis adalah instrumen musik yang mampu memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan dalam menciptakan sisi harmoni pada lagu. Biasannya alat musik seperti ini sering dipakai untuk setiap pertunjukan musik. Karena secara karakter, alat musik harmonis berfungsi untuk alat musik melodis.

Setidaknya, instrumen ini bisa dibedakan menjadi modern dan tradisional. Supaya mengenal lebih jauh dan bisa menjawab pertanyaan tuliskan sepuluh contoh alat musik harmonis beserta daerah asalnya di ujian, simak ulasan di bawah ini, ya.

BACA JUGA: Mengenal Alat Musik Siter, Sejarah & Cara Memainkannya

-->

Alat musik harmonis tradisional

Di Indonesia, ada alat musik harmonis tradisional yang mengeluarkan suara khasnya masing-masing. Memiliki yang berbeda dan berasal dari daerah yang beragam, pahami bersama, yuk!

1. Angklung

alat musik harmonis tradisional
kompas

Contoh alat musik harmonis tradisional yang pertama adalah angklung. Alat musik yang terbuat dari bambu ini berasal dari Jawa Barat dan sudah sangat populer di kancah internasional.

Salah satu tempat di Jawa Barat yang sering menggelar pentas alat musik ini dikenal dengan  nama Saung Angklung Mang Udjo. Tempat yang satu ini kerap menggelar pentas angklung skala nasional bahkan internasional.

Pada dasarnya, angklung hanya menghasilkan satu nada. Meski termasuk tradisional, tetap bisa dikombinasikan dengan banyak alat musik modern. Bila dimaikan secara serentak bisa menciptakan suara yang khas dan merdu. 

2. Bonang

bonang
lagudaerah

Contoh alat musik harmoni selanjutnya adalah Bonang yang berasal dari Pulau Jawa. Cara memainkannya juga sangat mudah, kok. Hampir sama seperti gong yang menggunakan tongkat dan dibagian pucuknya dilapisi oleh kain dan dipukul secara bersamaan.

BACA JUGA: Kenali Alat Musik Bonang: Jenis, Fungsi & Cara Memainkannya

3. Celempung

Alat musik harmonis adalah
lokalklik

Contoh alat musik harmonis tradisional selanjutnya adalah celempung. Alat musik tradisiona yang satu ini berasal daru Jawa dan biasanya dimainkan ketika ada acara pementasan gamelan. Cara memainkannya tinggal memetik senarnya yang berjumlah 11 buah.

4. Sampek

Sampek
alatmusik

Contoh alat musik harmonis tradisional selanjutnya berasal dari Pulau Kalimantan dan bernama Sumpek. Keunikan lain yang dimiliki oleh alat musik ini adalah terdapat ukiran khas dari Suku Dayak. Cara memainkannya adalah dengan memetik dua hingga tiga dawai. Konon katanya apabila  mendengar suara dari sampek ini, kamu seperti sedang merasakan sedang berada di tempat asalnya.

5. Gambus

tuliskan sepuluh contoh alat musik harmonis beserta daerah asalnya
alatmusik

Contoh alat musik tradisional harmonis selanjutnya adalah gambus. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Senarnya berjumlah mulai dari 3 sampai dengan 12. Terkait asal-usulnya, benda ini diadaptasi dari alat musik Arab yang bernama Al’ud. Sejatinya, gambus berasal dari Pulau Sumatera, lebih tepatnya Provinsi Riau.

BACA JUGA: 12 Ragam Alat Musik Ritmis – Jenis dan Cara Menggunakannya

6. Sasando

apakah sasando termasuk alat musik harmonis
radiosuarawajar

Selanjutnya, ada alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur yang disebut dengan Sasando. Lantas, apakah sasando termasuk alat musik harmonis? Jawabannya adalah iya. Alat musik asal Pulau Rote bisa dimainkan dengan memainkan senarnya yang dipetik.

Sasando terbuat dari bambu bagian utama dengan bantalan kayu yang berbentuk melingkar dari bagian bawah sampai bagian atas penyangga senar. Jumlah senar yang ada pada alat musik ini mencapai 28 sampai dengan 58.

7. Kecapi

apakah kecapi termasuk alat musik harmonis
alatmusik

Apakah kecapi termasuk alat musik harmonis? Jawaban sama, iya. Alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat bisa dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawainya. Instrumen musik ini mempunyai tangga nada sebanyak lima pentasionis yaitu Da, Mi, Na, Ti dan La. Umumnya, alat musik kecapi yang dimainkan bersama dengan seruling pada sebuah pertunjukan.

Alat musik harmonis modern

Setelah tahu beberapa contoh alat musik harmonis tradisional, selanjutnya kamu juga perlu memahami tentang yang modern. Cek daftarnya di bawah ini.

8. Cello

cello
pexels

Contoh alat musik harmonis modern yang pertama Cello. Biasanya alat musik yang masuk dalam kategori biola ini sering dipakai untuk mengiringi pertunjukan musik klasik Eropa. Sayangnya, instrumen ini jarang dipakai di tanah air karena suara yang dihasilkan kurang pas dengan pertunjukan musik tradisional. Bentuknya besar dan alat musik ini dapat dimainkan dengan cara diletakan di lantai dan digesek denganalat yang terbuat dari helaian ekor kuda.

BACA JUGA: Mengenal Kunci Dasar Gitar Untuk Pemula Lengkap Panduannya

9. Harpa

Alat musik ritmis
pexels

Harpa masih satu kerluarga dengan cello dan cara memainkankannya pun hampur sama. Badan harus tegak saat duduk namun senarnya harus dipetik dengan jari. Berbeda dengan alat musik ritmis, apakah kamu sudah pernah mencoba memainkan instrumen ini?

10. Saxophone

saxophone
pexels

Saxsophone kerap dipakai utuk pertunjukan musik klasik, pementasan orkestra, maupun untuk mengiringi musik modern lainnya. Instrumen musik yang satu ini berasal dari Eropa, tepatnya di Belgia. Saxophone sendiri dibuat oleh pemain clarinet bernama Adolphe Sax di awal 1840-an silam.

Saxophone sudah menjadi alat musik modern dan cara memainkannya hampir mirip seruling. Tinggal tiup ujungnya dan ditekan tuts secara bersamaan supaya suara yang dihasilkan dapat menyesuaikan nada yang diinginkan.

11. Gitar

alat musik harmonis berfungsi untuk
pexels

Alat musik harmonis modern yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang di tanah air dan di dunia. Ada gitar klasik dan elektrik yang bisa menghasilkan suara yang berbeda. Ternyata, gitar masih satu keluarga dengan ukulele dan guitalele. Gitar dan guitalele memiliki enam senar, sementara ukulele hanya empat senar.

BACA JUGA: 25 Nada Dering Terbaru Untuk Telfon dan Whatsapp

12. Piano

piano
pexels

Piano menjadi alat musik harmonis modern dan sangat populer untuk mengiringi aneka jenis musik. Terdapat kurang lebih 88 tuts yang bisa dimainkan untuk mendapatkan nada yang berbeda. Selain itu, ada juga tiga pedal di bagian bawah yang mempunyai fungsi untuk memberikan sustain hingga efek perpanjangan nada.

13. Biola

contoh alat musik harmoni modern
pexels

Alat musik harmonis modern selanjutnya adalah biola yang menggunakan dawai dan dimainkan dengan cara digesek. Instrumen yang satu ini memiliki total empat senar dengan nada penyetelan G, D, A, dan E. Kecil-kecil cabe rawit, biola memang tidak pernah absen untuk dimainkan di berbagai pertunjukan musik klasik. Hasil dari suara gesekannya yang halus bisa menghasilkan musik yang lebih menyayat kalbu.

14. Harmonika

Harmonika
pexels

Harmonika menjadi alat musik harmoni modern selanjutnya yang masih banyak dipakai hingga saat ini. Cara menggunakannya juga terbilang juga tidak sulit. Sebab, kamu tinggal meniup bagian hisap luarnya saja yang berfungsi untuk menghasilkan suara.

Harmonika berasal dari daratan Tiongkok dan dulunga biasa disebut dengan istilang Sheng. Alat musik yang satu ini juga sudah dikenal secara luas di kalangan para pemusik dan bisa dipadukan ke dalam berbagai genre mulai dari pop, rock, country, dan hingga.

15. Keyboard

Keyboard
pexels

Untuk membuat musik menjadi lebih hidup dan menyentuh kalbu, kehadiran keyboard juga bisa sangat esensial. Alat musik harmoni ini adalah bentuk compact dari piano dan bisa menghasilkan suara yang lebih beragam. Ada tombol setting khusus untuk mengatur jenis suara yang diinginkan. Karena jumlah tutsnya tidak terlalu banyak, mungkin kamu akan lebih mudah mempelajari keyboard dulu sebelum beralih ke piano. Instrumen ini sering dimasukkan ke dalam jajaran alat musik untuk pengiring lagu dan membuat penampilan band jadi lebih sempurna.

16. Recorder

Recorder
alatmusik

Contoh alat musik harmoni modern lainnya yang wajib diketahui juga adalah recorder. Instrumen musik ini memiliki penampakan yang serupa dengan seruling karena terdapat beberapa lubang di bagian permukaannya. Alat ini sering digunakan untuk berbagai pementasan seni musik modern.

Berbagai contoh contoh alat musik harmoni dari yang tradisional dan modern bisa dijadikan sebagai ilmu dasar untuk mendalami ilmu musik. Apabila kamu bisa menguasai salah satu instrumen musik tersebut, tandanya kamu memiliki jiwa seni dan musikalitas yang mumpuni. Kamu bisa terus mengasah skill tersebut dan menyeriusinya untuk sekadar hobi maupun profesional.

Jika ingin tahu lebih banyak, kamu bisa belajar otididak dengan mencari segala materi dan referensi dari mana saja. Bila ingin mendapatkan arahan dari sang profesional, kamu juga bisa kursus ke tempat kursus musik. Kunci untuk bisa menguasai alat musik apapun adalah telaten, sabar, dan konsisten. Pasalnya, tidak akan ada proses latihan yang langsung bisa dalam waktu semalam. Asah terus kemampuanmu dengan mempelajari teknik baru agar tanganmu lebih lihai dan semakin banyak referensi yang didapatkan.