kunci dasar gitar

Sebelum akhirnya menjadi seorang yang ahli, kita harus belajar teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu. Hal ini tentunya juga berlaku dalam bermain gitar. Agar bisa mahir dalam memainkan alat musik tersebut, Sedulur harus belajar kunci dasar gitar dulu.

Tidak perlu khawatir, belajar dasar kunci gitar itu sebenarnya tidak susah kok. Yang Sedulur butuhkan hanya alat musik gitar dan juga tekad yang benar-benar bulat. Jika sudah mempunyai dua hal tersebut, dijamin Sedulur bisa menjadi ahli dalam waktu yang cepat.

Jadi, sekarang ambil gitar Sedulur dan mulai belajar kunci gitar dasar yang akan dijelaskan di bawah ini. Tenang saja, nantinya juga akan diberikan contoh lagi yang cocok bagi Sedulur yang masih belajar bermain gitar.

BACA JUGA: Youtuber: 9 Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula

-->

Kunci C Mayor 

kunci dasar gitar
guitarchordsworld

Bisa dikatakan bahwa kunci C ini adalah kunci yang wajib untuk dipelajari, terutama bagi yang pertama kali belajar gitar. Sebab, kunci C sendiri seringkali digunakan pada berbagai lagu. Namun, ternyata kunci C ini cukup mudah, karena jari-jari tangan Sedulur tidak perlu terlalu bermanuver seperti berikut ini.

  • jari tulunjuk di senar II fret 1
  • jari tengah di senar IV fret 2
  • jari manis di senar V fret 3

Kunci A Mayor

kunci dasar gitar
guitarchordsworld

Banyak orang yang kesulitan ketika ingin menggunakan kunci A mayor. Hal ini dikarenakan kunci tersebut membutuhkan tiga jari yang berada di fret yang sama. Akan tetapi, sebenarnya kunci ini menjadi kunci yang paling mudah jika Sedulur sudah mencobanya sendiri. Berikut ini cara untuk memainkan kunci A mayor:

  • jari telunjuk di senar II fret 2
  • jari tengah di senar III fret 2
  • jari manis di senar IV fret 2

BACA JUGA: 12 Ragam Alat Musik Ritmis – Jenis dan Cara Menggunakannya

Kunci A Minor

kunci dasar gitar
guitarchordsworld

Sebenarnya kunci A Minor dan A Mayor itu hampir sama, hanya peletakkan jari telunjuknya saja yang berbeda. Nah, bagi Sedulur suka dengan lagu-lagu rock atau pop, tentu saja kunci A Minor ini sangat sering ditemui. Oleh sebab itu, simak dan pelajari penjarian untuk kunci A Minor seperti berikut ini.

  • jari telunjuk di senar II fret 1
  • jari tengah di senar II fret 2
  • jari manis di senar III fret 2

Kunci E Minor

kunci dasar gitar
guitarchordsworld

Kunci E Minor adalah kunci yang sangat mudah untuk dipraktikkan, bahkan untuk pemula sekalipun. Ya, penjarian untuk kunci E Minor ini juga lebih mudah dari kunci C, karena hanya dua jari saja yang dibutuhkan. Untuk mempraktikkan kunci gitar E Minor, beginilah posisi jari tangan kiri Sedulur.

  • jari tengah di senar IV fret 2
  • jari manis di senar V fret 2

Kunci G Mayor

guitarchordsworld

Ya, mungkin kunci G Mayor ini adalah tantangan terbesar yang akan Sedulur temui pada saat belajar bermain gitar untuk yang pertama kalinya. Kunci yang satu ini, mengharuskan Sedulur untuk merentangkan jari-jari dengan panjang. Penasaran dengan kunci G Mayor tersebut? Berikut ini letak jari Sedulur.

  • jari telunjuk di senar V fret 2
  • jari tengah di senar VI fret 3
  • jari manis di senar I fret 3

BACA JUGA: Mengenal Alat Musik Siter, Sejarah & Cara Memainkannya

Kunci D Mayor

guitarchordsworld

Kunci D mayor juga termasuk jajaran kunci yang wajib kuasai pada saat belajar main gitar. Ini adalah kunci yang cukup mudah untuk dipraktikkan, tidak susah seperti kunci G yang barusan. Untuk membunyikan kunci G Mayor dengan menggunakan gitar, Sedulur bisa meletakkan jari seperti penjelasan berikut ini.

  • jari telunjuk di senar III fret 2
  • jari tengah di senar I fret 2
  • jari manis di senar II fret 3

Kunci D Minor

guitarchordswolrd

Jika Sedulur belajar kunci D Mayor, maka wajib juga menguasai kunci D Minor agar terasa lebih lengkap.  Ya, kunci D Minor ini memang seringkali digunakan pada lagu-lagu yang bernuansa sedih. Jadi bagi Sedulur yang ingin meluapkan emosi dengan bernyanyi dan bermain gitar, pelajar kunci D Minor berikut ini.

  • jari tengah di senar III fret 2
  • jari manis di senar II fret 3

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

Kunci dasar gitar Peterpan yang terdalam

pexels

Seperti yang tadi sudah dijanjikan, bahwa Sedulur akan diberitahu lagu dengan kunci dasar sederhana yang cocok untuk belajar gitar. Nah, jadi lagu yang menggunakan kunci dasar gitar yang dimaksud tersebut adalah lagunya Peterpan yang judulnya “yang terdalam”.

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing dengan lagu tersebut kan? Apa justru Sedulur ngefans Peterpan dan menyukai lagu ini? Jika iya, langsung saja praktikan kunci-kunci yang tadi dalam kunci dasar gitar yang terdalam dari Peterpan.

Intro : C F G C

C                             F
Kulepas semua yang ku inginkan
G                     C
Tak akan ku ulangi
C                           F
Maafkan jika kau ku sayangi
G                           C
Dan bila ku menanti
C                            F
Pernahkah engkau coba mengerti
G               C
Lihatlah ku disini
C                F
Mungkinkah jika aku bermimpi
G                 C
Salahkah tuk menanti

Interlude : C A# G# G C A# G# G

Reff :

C                        F
Takkan lelah aku menanti
G                       C
Takkan hilang cintaku ini
C                       F
Hingga saat kau tak kembali
G                      C
Kan ku pendam dihati saja

Interlude : C A# G# G [4x]
C F G C

C             F               G                 C
Kau telah tinggalkan hati yang terdalam
C             F               G                 C
Hingga tiada cinta yang tersisa dijiwa

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

Tips belajar gitar gitar

pexels

Ya, tadi sudah dijelaskan 7 buah berikut ini kunci dasar gitar beserta gambarnya, serta chord untuk Peterpan “yang terdalam”. Namun tidak hanya itu saja, Sedulur juga perlu tahu beberapa hal penting pada saat berlajar bermain gitar.

  • Lancarkan semua kunci dasar

Hal yang pertama, adalah dengan melancarkan semua kunci dasar. Jika sudah lancar, baru Sedulur belajar kunci-kunci yang susah.

  • Posisikan gitar agar nyaman

Pastikan posisi gitar itu nyaman. Posisi ketika main gitar ini sangat berpengaruh pada kunci-kunci yang ditekan.

  • Melatih otot tangan

Walaupun tidak secara langsung, namun ternyata bermain gitar itu membutuhkan kekuatan otot tangan, lho. Jadi Sedulur bisa melatih otot tangan agar tangan tidak terasa pegal setelah bermain gitar.

  • Rutin berlatih

Tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama, termasuk ketika belajar bermain gitar. Untuk bisa bermain gitar dengan lancar, tentu Sedulur harus berlatih secara rutin.

Nah, jadi itulah beberapa kunci dasar gitar yang wajib Sedulur pelajari pada saat belajar bermain gitar. Seperti yang telah diketahui, bahwa sebenarnya kunci gitar itu ada banyak sekali. Namun tanpa mempelajari kunci-kunci dasarnya, tentu Sedulur akan kesulitan untuk belajar kunci yang susah.

Silahkan catat dan terus praktikan agar bisa cepat menguasai semua kunci gitar yang ada. Di dunia ini tidak yang benar-benar instant. Jadi Sedulur harus bersabar dan terus berusaha untuk bisa menguasainya. Yang paling penting, jangan pernah patah semangat, karena Sedulur bisa sangat rugi.