Bunga dandelion sering dianggap sebagai ilalang yang mengganggu pemandangan. Kemunculannya bahkan sering bebarengan dengan rumput liar. Tak heran kalau mereka dibasmi bersamaan pula. Namun, di balik itu, bunga yang underrated ini sebenarnya punya banyak khasiat kesehatan, termasuk menangani diabetes tipe-2. 

Mau tahu manfaat lain apa yang disimpan tanaman bernama ilmiah Taraxacum officinale ini? Ulasan lengkap beserta penjelasan saintifiknya bisa Sedulur baca di sini. 

BACA JUGA: 12 Jenis Bunga Begonia yang Mempesona & Perawatannya

1. Ciri-ciri bunga dandelion

bunga dandelion
Instagram @daniel_klee_

Dandelion masuk dalam famili Asteraceae dan telah dipercaya sebagai obat herbal secara luas di berbagai penjuru dunia. Ia bisa tumbuh liar, tetapi bisa pula ditanam sengaja untuk kebutuhan kultivasi. Bunga ini bisa tumbuh di banyak negara, termasuk Eropa yang beriklim sedang dan dingin, hingga negara-negara beriklim tropis. 

Secara morfologi, bunga ini tumbuh berkelompok dengan tangkai bunga yang melebihi panjang daunnya. Bunganya biasa berwarna kuning. Ini adalah varietas yang paling umum ditemukan di Amerika. Namun, warna bunga dandelion sebenarnya cukup beragam.

Bila yang berwarna kuning bernama ilmiah T. officinale, maka dandelion ungu masuk dalam spesies T. rubifolium. Sementara warna putih dikenal dengan nama ilmiah T. albidum dan banyak ditemukan di kawasan Asia. Ada pula yang berwarna merah muda, dinamai T. carneocoloratum. Jenis merah muda ini hanya tumbuh di daerah yang beriklim dingin. Kelopak bunga tersebut akan berubah menjadi seed head setelah terjadi proses penyerbukan, sehingga menghasilkan kelopak bunga yang bertekstur seperti bulu. Dengan massa yang ringan, bunga ini akan menyebarkan bijinya ke berbagai tempat. 

2. Kandungan kimia dandelion 

bunga dandelion
Instagram @haikey_vlieland

Bunga dandelion memiliki beberapa kandungan penting yang membuatnya memiliki banyak khasiat menyehatkan. Beberapa di antaranya dirangkum dalam jurnal karya Wirngo, dkk. dalam The Review of Diabetic Studies 

  • Senyawa sesquiterpene sebenarnya umum ditemukan pada keluarga Asteraceae. Senyawa ini terbukti mampu melawan jamur, bakteri, mencegah gigitan serangga, hingga jadi agen antioksidan yang bisa dipakai untuk melawan kanker dan mutasi genetik. Senyawa ini pula yang menciptakan rasa pahit pada bunga dandelion ungu maupun putih. 
  • Taraxasterol (TS) adalah senyawa yang ditemukan di akar dandelion. Ia dimiliki pula oleh jenis tumbuhan legum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. TS dipercaya memiliki efek anti inflamasi dan antimikroba. 
  • Asam chlorogenic dan chicoric (CGA dan CRA) terbukti ada pada batang, daun, dan bunga dandelion. Keduanya dikenal sebagai agen antioksidan alami yang efektif karena mengandung senyawa fenol. Tidak hanya menghambat proliferasi sel alias mencegah tumor dan kanker, CGA dan CRA mampu membantu tubuh mengontrol kolesterol dan kadar gula darah. 
  • Vitamin A, B, C, D, K dan E 
  • Mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc yang bahkan terbukti lebih tinggi ketimbang brokoli. 
  • Betakaroten yang baik untuk mencegah dan mengobati penyakit yang berkaitan dengan faktor usia. 

Dengan kandungan di atas, arti bunga dandelion bukan hanya keindahan, tetapi juga manfaat kesehatan yang luar biasa. Apa saja?

BACA JUGA: 19 Fakta dan Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Mampu membantu menurunkan kadar gula darah 

bunga dandelion
Instagram @zakaria.airakaz

Merujuk sumber yang sama, manfaat ini dimiliki bunga dandelion di Indonesia karena ia mengandung inulin. Inulin adalah karbohidrat kompleks yang kaya serat dan mampu membantu menormalisasi kadar gula darah. 

Penelitian yang dibahas Wirngo, dkk. berhasil membuktikan senyawa antioksidan pada dandelion bisa menstimulasi sel beta yang bertugas memproduksi insulin. Selain itu, CRA yang dikandung sang bunga terbukti berperan dalam membantu penyerapan gula ke sel-sel otot sehingga meringankan hiperglikemia atau kondisi gula darah tinggi.

4. Anti inflamasi 

Instagram @_ameliso

Inflamasi bisa terjadi di berbagai organ tubuh, termasuk pankreas, liver, paru-paru, dan organ penting lainnya. Inflamasi merupakan respon imun tubuh dalam melawan infeksi. Berbagai studi pada tikus percobaan membuktikan fungsi ini. 

5. Kaya antioksidan 

bunga dandelion
Instagram @pret1101

 

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan dan malfungsi pada DNA dan lipid pada tubuh. Hal ini tidak hanya menyebabkan kanker dan tumor, tetapi juga berbagai penyakit dalam seperti kolesterol jahat, diabetes, gangguan pada liver dan ginjal. Singkatnya, senyawa antioksidan dalam dandelion berguna untuk merawat kinerja organ tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. 

6. Bisa menurunkan kadar kolesterol 

Instagram @heart.x.clickk

Sebagian kandungan bunga dandelion bekerja menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang sering jadi penyebab masalah jantung. Menurut uji yang dilakukan Choi, dkk. dalam International Journal of Molecular Sciences, ekstrak daun dan akar dandelion terbukti mampu melakukan fungsi in dengan efektif pada hewan mamalia kelinci. Mereka mampu mencegah sklerosis dan fenomena penyumbatan darah lainnya akibat kolesterol.

7. Menurunkan tekanan darah 

bunga dandelion
Instagram @take104.h

Meski tidak ada percobaan yang bisa membuktikan korelasi langsung antara tekanan darah dan dandelion, fungsi ini disimpulkan dari sifatnya yang diuretik. Terapi diuretik sering diberikan pada pasien tekanan darah tinggi, gagal ginjal dan gejala keracunan. Fungsinya meluruhkan toksin serta garam yang berlebih di dalam tubuh. 

BACA JUGA: Mitos & 5 Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan, Sudah Terbukti!

8. Meringankan kerja hati 

Instagram @plantsperson

Melansir WebMD, dandelion mengandung polisakarida yang bisa meringankan beban kerja hati atau liver. Ia juga mampu mendorong produksi cairan empedu yang berguna untuk mencerna lemak dan membunuh mikroba jahat yang tidak diperlukan tubuh. 

9. Melancarkan pencernaan 

Instagram @serendipity188

Cairan empedu tersebut juga berfungsi dalam mendukung proses pencernaan makanan di lambung dan usus. Kerja cairan empedu adalah menetralkan asam lambung yang pH-nya terlalu rendah alias asam. Dengan fungsi tersebut, ia bisa mencegah rasa mual sekaligus menambah nafsu makan. Ini fungsi yang penting untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness atau orang dengan masalah pada lambungnya. 

Selain itu, jangan lupakan kandungan inulinnya. Selain karbohidrat kompleks, inulin juga dikelompokan dalam golongan prebiotik yang banyak dipakai untuk menyeimbangkan ekosistem bakteri di usus. Ini membuatnya bagus untuk melawan sembelit. 

10. Membantu mengontrol berat badan 

bunga dandelion
Instagram @an_urbanexplorer

Dandelion cocok dikonsumsi bila Sedulur ingin mengembalikan berat badan ke angka yang ideal. Seperti yang sudah disinggung di poin-poin sebelumnya, ia mengandung karbohidrat kompleks, kaya serat, dan bisa melancarkan pencernaan, membantu mencerna lemak dan penyerapan gula, serta mendukung proses pembuangan racun. Semuanya akan berjalan beriringan dengan misi Sedulur dalam menurunkan berat badan. 

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

11. Vitaminnya bagus untuk kulit dan imun tubuh secara umum 

Instagram @shuterbugcketlist

Semua jenis vitamin dikandung oleh bunga dandelion putih dan warna lainnya. Ini berarti mereka adalah tanaman multivitamin yang secara umum mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serta bagus pula untuk kesehatan kulit, terutama vitamin A, C, dan E. 

12. Mineralnya bagus untuk tulang 

Instagram @helga_mouse

Jangan lupakan pula mineral yang bagus untuk tulang. Meski tak banyak penelitian langsung, kandungan vitamin K, D,  dan mineral seperti fosfor dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang. Kandungan vitamin K di dandelion tidak kalah dengan sayuran hijau gelap macam kale dan brokoli.

13. Cara konsumsi bunga dandelion dan potensi efek samping 

Instagram @helga_mouse

Sudah tahu makna bunga dandelion dan berbagai manfaatnya. Kini saatnya Sedulur tahu cara konsumsinya. Bunga ini banyak diolah jadi minuman herbal atau teh. Ia dikeringkan dan diseduh dengan air panas. Sebagian orang memasak akar dan daunnya sebagai obat tradisional. Sebagian produsen sudah mengemas ekstraknya dalam bentuk kapsul. 

Tidak ada anjuran atau batasan dalam konsumsi dandelion. Bahkan ia tergolong tanaman herbal yang aman dimakan dan diminum manusia. Sejauh ini belum ada efek samping yang menjadi concern. Namun, beberapa orang bisa saja merasakan gejala alergi pada tanaman tertentu, termasuk dandelion. 

Sesuai dengan filosofi bunga dandelion yang erat kaitannya dengan harapan dan penyembuhan, banyak manfaat kesehatan yang dimiliki tanaman ini. Sedulur jadi tahu sekarang. Jadi, jangan anggap sepele mereka. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.