Ini Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan!

Bunga kenanga atau yang bernama ilmiah Cananga Odorata adalah tanaman yang sering ditemukan di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Bunga ini dikenal lewat olahan minyak atsiri atau minyak esensial yang kaya khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Bahkan tidak jarang bunga ini jadi campuran untuk berbagai produk kosmetik dan farmasi sampai untuk campuran parfum hingga makanan. Untuk tahu apa saja kegunaan bunga kenanga dan manfaatnya buat kehidupan kita sehari-hari, langsung scroll saja layarmu, Lur! 

BACA JUGA: Mitos & 5 Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan, Sudah Terbukti!

1. Fakta bunga kenanga 

bunga kenanga
Instagram @journeythroughparadise

Merujuk pada Jurnal Ilmu Kehutanan UGM yang ditulis Rini Pujiarti, dkk., bunga kenanga berasal dari  famili Annonaceae dan memiliki beberapa jenis yang tersebar di dunia. Mereka antara lain Cananga Latifolia, Cananga Scortechinii, Cananga Brandisanum, dan Cananga Odorata. Jenis terakhir adalah tipe yang tersebar di Indonesia dan Filipina. 

-->

Mahkota bunga ini berbentuk mirip daun lonjong  yang menguncup ke bawah. Saat masak, ia akan beraroma harum dan berwarna kuning terang. Saat itu pula, bunga siap diambil ekstraknya untuk jadi minyak esensial. Di Filipina, minyak bunga kenanga dikenal dengan nama ylang-ylang dan jadi komoditi ekspor.

Dalam bahasa Jawa, arti bunga kenanga memiliki makna yang begitu dalam. Pertama bila dibaca secara singkat, kenangan berarti sesuai yang memberi ‘keharuman’. Dan jika dibahas lebih dalam lagi maka makna kenanga itu menjurus pada suri tauladan yang baik yang bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas.

2. Berbeda dengan bunga kantil 

Instagram @grumpygarden

Perbedaan bunga kantil dan kenanga terlihat jelas pada warnanya. Bunga kenanga berwarna kuning saat matang dan kehijauan saat muda. Sementara, bunga kantil berwarna putih bersih. Mereka juga berada pada genus yang berbeda. Jika kenanga masuk dalam genus Cananga, bunga kantil adalah bagian dari genus Magnoliaceae. Tepatnya spesies Magnolia x alba. Keduanya memang masuk dalam ordo Magnoliales. 

Dalam bahasa Indonesia, kantil ia dikenal sebagai bunga cempaka putih. Dipastikan bila kamu menemukan jenis bunga yang mirip dengan kenanga secara morfologi, tetapi berwarna putih maka ia adalah bunga cempaka atau kantil. Sejauh ini tidak ada bunga kenanga putih maupun bunga kenanga kantil.

BACA JUGA: 16 Nama Nama Bunga Viral yang Mudah Dirawat di Rumah

3. Kandungan utama kenanga 

bunga kenanga
Instagram @_tc2122

Berdasarkan jurnal tersebut, ditemukan bahwa kandungan utama dalam bunga kenanga antara lain sebagai berikut. 

  • Caryophyllene (alpha caryophyllene, caryophyllene oxide)
  • Benzyl Benzoate 
  • Linalool 
  • Germacrene D
  • Geraniol 
  • Nerolidol 
  • Farnesene 

4. Memiliki efek antioksidan 

Instagram @inhala.alquimiaholistica

Masih bersumber pada penelitian yang sama, terbukti bahwa bunga kenanga memiliki senyawa antioksidan yaitu benzyl benzoate dan caryophyllene. Namun, efeknya memang tidak sekuat produk kosmetik komersial biasa karena keberadaan beberapa senyawa lain seperti linalool. Linalool dikenal sebagai senyawa yang pro oksidan. 

5. Aromanya yang menenangkan 

bunga kenanga
Instagram @devyswandajani

Linalool adalah senyawa yang menimbulkan aroma khas pada kenanga. Ia bisa memberikan efek menenangkan pada kulit. Senyawa ini tidak hanya ada pada kenanga, tetapi juga ditemukan pada bunga dan rempah lain seperti lavender, citrus, mint, rosewood, dan kayu manis. Melansir The Derm Review, linalool masih jadi perdebatan di antara ahli dan produsen produk obat-obatan dan kecantikan. Senyawa tersebut memiliki potensi mengiritasi kulit yang sensitif karena bisa merusak barier kulit. 

6. Bisa mencegah gigitan serangga

pexels

Selain aromaterapi, linalool juga bisa mengusir serangga dan nyamuk. Hal ini menjadikannya bahan aktif yang ideal untuk produk-produk repellent. Meski belum ada penelitian yang membuktikan efektivitasnya dalam mencegah serangga, tetapi selama ini banyak produk repellent yang menggunakan linalool dalam bahan yang mereka gunakan dan memang cukup ampuh mencegah nyamuk mendekat. Selain itu bunga kenanga juga memiliki sedikit kandungan geraniol yang juga banyak dipakai dalam produk anti serangga. 

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

7. Mengatasi masalah jerawat 

bunga kenanga
pexels

Manfaat bunga kenanga yang satu ini didukung oleh keberadaan caryophyllene. Ia merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada rempah-rempah dan tanaman herbal. Mengutip Jurnal Applied Sciences yang ditulis Francomano, dkk., ditemukan bahwa senyawa itu memiliki efek anti inflamasi, antibakteri, antioksidan, antitumor, hingga efek menenangkan dan analgesik. 

Khasiat antibakteri dan inflamasi juga ditemukan pada senyawa germacrene D. Inilah yang membuat minyak atsiri dari kenanga bisa dipakai untuk mengatasi masalah jerawat yang berkaitan erat dengan bakteri dan peradangan. 

8. Termasuk membasmi fungal acne 

Instagram @flowathens

Germacrene dan geraniol merupakan rahasia bunga kenanga mampu membasmi jerawat akibat jamur. Beda dengan jerawat biasa yang disebabkan bakteri, jerawat jamur biasanya mengakibatkan rasa gatal dan bisa muncul di berbagai bagian tubuh, terutama punggung dan bagian tubuh yang sering lembab. 

9. Meredakan kejang dan menenangkan syaraf

bunga kenanga
Instagram @sengance_

Bunga kenanga memiliki kemiripan dengan cannabis atau ganja dari segi kandungan. Di beberapa negara yang sudah melegalkan ganja, tanaman tersebut sering dijadikan obat untuk terapi, termasuk mengatasi kecemasan hingga gangguan tidur. Kenanga memiliki khasiat yang hampir sama. Selain caryophyllene, ia juga mengandung farnesene yang bisa dipakai sebagai agen antibakteri dan antijamur, termasuk pula meredakan kejang dan menenangkan syaraf. Caryophyllene dan farnesene sama-sama memiliki efek sedatif ketika diaplikasikan pada tubuh atau dikonsumsi.

BACA JUGA: 10 Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan dari Si Kecil. Hati-Hati!

10. Memperbaiki suasana hati dan meredakan stres 

pexels

Efek sedatif itu pula yang bisa membuat seseorang merasa lebih tenang. Mereka bekerja menurunkan detak jantung dan tekanan darah sehingga mendorong tubuh untuk merasa rileks. Di Filipina, ylang-ylang ini gunanya mirip dengan kayu putih atau minyak angin, yaitu untuk meredakan sakit perut, pusing, dan mual. Bahkan beberapa menggunakannya untuk mengurangi inflamasi akibat rematik. 

11. Mencegah kerusakan sel

bunga kenanga
Instagram @kusumanursery

Hampir semua kandungan utama pada kenanga memiliki efek yang mirip. Selain membasmi bakteri dan meredakan peradangan atau infeksi, beberapa dipercaya bisa mencegah kerusakan sel. Bahkan disebut sebagai agen antikanker dan antitumor. Fungsi ini teruji pada senyawa caryophyllene, nerolidol, dan geraniol. 

12. Meredakan gejala eczema dan dermatitis 

bunga kenanga
Instagram @emana.saboaria

Kandungan benzyl benzoate membuat minyak bunga kenanga pun dipercaya mampu meredakan gejala ruam dan gatal karena eczema, dermatitis yang kambuh pada seseorang. Intinya ia bisa meredakan gatal dan ruam parah pada kulit. Namun, penggunaannya tetap harus hati-hati karena linalool yang teroksidasi atau terpapar oksigen justru memperparah iritasi pada sebagian orang. 

13. Bisa jadi obat yang ampuh untuk scabies 

pexels

 

Benzyl benzoate juga banyak dipakai untuk mengobati scabies. Beda dengan eczema dan alergi kontak pada kulit biasa, scabies disebabkan oleh parasit yang bertelur dan hidup di kulit manusia. Ini membuatnya lebih susah disembuhkan. Namun, benzyl benzoate bisa masuk ke tubuh parasit tersebut dan merusak sistem syaraf mereka. 

14. Bisa dipakai di kulit kepala untuk mengatasi ketombe 

bunga kenanga
pexels

Selain untuk kulit wajah, Sedulur juga aman mengaplikasikan minyak ylang-ylang pada kulit kepala. Beberapa produsen mengklaim ini bisa meredakan rasa gatal akibat ketombe dan minyak berlebih pada kulit kepala. Hal ini cukup masuk akal mengingat kenanga kaya akan senyawa antijamur seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

BACA JUGA: 8 Cara Menanam Bunga Hias di Rumah, Agar Cepat Tumbuh

15. Mengatasi masalah rambut rontok 

pexels

Selain ketombe, rambut rontok adalah masalah yang umum dirasakan seseorang. Biasanya penyebabnya juga tak jauh dari jamur penyebab ketombe yang membuat akar rambut rapuh dan menginflamasi kulit kepala. Aromanya pun tak sekuat minyak rambut lain seperti kemiri, sehingga tidak mengganggu aktivitasmu saat diaplikasikan. 

16. Mengandung iritan bernama isoeugenol

bunga kenanga
Instagram @warriorpeakbotanicals

Melansir Healthline, iritan dalam bunga kenanga bernama isoeugenol yang berpotensi memperparah gejala alergi pada kulit. Artinya bunga kenanga harus dicampur dengan carrier oil sebelum diaplikasikan ke kulit, utamanya kulit sensitif. Bila perlu lakukan uji dengan mengusapnya sedikit di satu bagian tangan untuk mengetahui reaksinya pada kulit. 

Selain itu, iritan juga terkandung pada linalool seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Kenanga juga mengandung nerolidol yang juga berisiko mengiritasi kulit seperti yang dijelaskan pada penelitian Weng Keong Chan, dkk. di Jurnal Molecules. 

17. Bunga kenanga beracun untuk hewan peliharaan 

pexels

Bahaya bunga kenanga lainnya adalah ia tidak bisa digunakan pada hewan karena bisa memicu iritasi bahkan keracunan bila tertelan. Ia relatif aman untuk manusia, tetapi tetap memiliki potensi alergen dan iritan sehingga disarankan bagi calon pengguna melakukan patch testing terlebih dahulu. Tidak hanya untuk kenanga, patch testing sebaiknya dilakukan untuk semua produk perawatan kulit yang baru kita coba. 

18. Khasiat bunga kenanga yang belum terbukti secara ilmiah 

bunga kenanga
Instagram @olfattiva

Selain hal-hal di atas, ada pula manfaat bunga kenanga yang dipercaya luas sejak lama, tetapi belum terbukti. 

  • Meningkatkan gairah seksual atau libido. Hal ini dipercaya berasal dari aromanya yang memberikan kesan romantis, tetapi sejauh ini linalool alias senyawa yang menimbulkan aroma khas pada kenanga tidak memiliki fungsi semacam itu. Sebagian mungkin mempercayainya karena sugesti saja mengingat aroma wangi bunga kenanga memang spesial dan bisa memberikan efek tenang. 
  • Pasta bunga kenanga bisa meredakan asma. Manfaat ini juga belum terbukti secara ilmiah, tetapi mungkin dipengaruhi oleh efek sedatif sehingga membantu pengidap asma lebih rileks. Namun, asma tetap membutuhkan perawatan medis. 
  • Bunga kenanga kering bisa mengobati malaria. Beberapa penelitian, termasuk salah satunya yang dipublikasikan dalam Jurnal Revista Brasileira de Fruticultura memang menunjukkan potensi bunga dari genus Annonaceae sebagai obat antimalaria. Ini karena kandungan sesquiterpen lactones yang sering diasosiasikan dengan khasiat kesehatan yang dikandung bunga dan tanaman herbal tertentu, termasuk kenanga. Namun, sampai sekarang belum banyak perusahaan farmasi yang melakukan pengembangan produk obat dengan bunga kenanga untuk mengatasi malaria. 

Merujuk pada jurnal Natural Product Communications, sequiterpen antara lain adalah caryophyllene (baik beta carophyllene, alpha carophyllene, dan carophyllene oxide), farnesol atau farnesene, bisabolol, tussilagone, tomentosin, nootkantone, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: 11 Fakta, Manfaat, dan Efek Samping Sabun Pepaya

19. Cara konsumsi bunga kenanga

Instagram @dentist.love.oils

Bunga kenanga banyak diolah jadi minyak esensial, ketimbang jadi campuran makanan. Untuk merasakan khasiatnya, lakukan tips berikut. 

  • Jangan mengaplikasikan langsung ke kulit, campur atau larutkan dengan minyak dasar atau carrier oil seperti minyak kelapa, alpukat, zaitun, almond, argan, rosehip, grape seed, dan lain sebagainya. ia Mengusap langsung bisa meningkatkan risiko iritasi. Terutama jika kamu punya kondisi klinis tertentu yang berhubungan erat dengan kulit seperti riwayat alergi, eczema, psoriasis, dan lain sebagainya.
  • Hindari penggunaan bila Sedulur memiliki tipe kulit sensitif.
  • Cocok dijadikan campuran pelembab atau bisa juga sheet mask. Gunanya memperkaya nutrisi dan memberikan tambahan manfaat bagi wajah.  
  • Simpan di tempat yang kering dan tidak terpapar matahari. Sinar matahari langsung juga bisa menembus kaca yang bening, jadi lebih jangan meletakkannya dekat jendela yang sering terpapar cahaya. 
  • Selalu lihat tanggal kadaluarsanya dan segera buang minyak yang sudah melewati masa pakainya. 
  • Silakan pakai di diffuser untuk memberikan efek aromaterapi di ruangan sekaligus menyegarkan udara. Menyalakannya di ruangan bisa pula mencegah nyamuk masuk dan mengganggu tidurmu. 

Harga minyak bunga kenanga cenderung lebih murah dibanding minyak esensial lain. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga puluhan ribu saja. Mungkin ini dipengaruhi oleh fakta bahwa kenanga adalah komoditas lokal alias tanaman yang tumbuh subur di negeri sendiri. 

Selama ini banyak mitos bunga kenanga yang beredar di masyarakat Indonesia. Salah satunya asosiasinya dengan hal-hal mistis seperti memiliki kemampuan mengusir jin hingga bisa mendekatkan jodoh. Terlepas dari itu,  secara ilmiah kenanga justru jadi salah satu komoditas yang dicari karena memiliki banyak manfaat. Efek terbesarnya adalah membasmi bakteri, meredakan inflamasi dan infeksi, hingga efek menenangkan. Jadi, Sedulur tak perlu lagi ragu menggunakannya untuk kebutuhan kesehatan dan kecantikan.