jenis bunga begonia

Bagi para pecinta tanaman hias, tentu sudah tak asing lagi dengan tanaman yang bernama Begonia. Tanaman tersebut termasuk jenis tanaman tropis yang biasanya memiliki daun besar dengan bulu-bulu kecil. Ciri utama tersebut, bisa ditemukan di hampir semua jenis Bunga Begonia.

Menariknya, ternyata tanaman Begonia ini dapat berbunga juga, lho. Dan tentu saja, bunga yang dihasilkan oleh tanaman hias ini sangat indah. Nah, itulah yang membuat tanaman yang satu ini sering menjadi incaran para pecinta tanaman hias.

Begonia sendiri adalah tanaman hias tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan jenisnya juga cukup beragam. Untuk itu, langsung saja berikut ini macam-macam jenis Bunga Begonia yang perlu Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

-->

1. Begonia Mangkok

jenis bunga begonia
biggo

Jenis Begonia yang pertama yakni Begonia Mangkok. Sesuai dengan namanya, tampilan dari tanaman ini sangat unik karena bentuknya yang cekung seperti mangkuk. Kemudian bagian tengahnya berwarna hijau dan sisi pinggiran semu kemerahan yang membuatnya tampak cantik.

Ukuran dari Begonia Mangkok ini terbilang kecil, jadi sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk dekorasi meja rumah Sedulur. Perawatan Begonia ini juga tidak terlalu sulit, kok. Sedulur bisa menggunakan media tanam berupa sekam bakar, agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan bertahan lama.

Begonia juga bukan jenis tanaman yang harus disirami setiap hari. Jadi Sedulur tidak perlu meluangkan waktu setiap pagi untuk rutinitas penyiraman tanaman tersebut. Nah, Sedulur bisa menyiraminya cukup 2 hari sekali.

2. Begonia Merah

jenis bunga begonia
blibli

Berbeda dari jenis Begonia Mangkok yang ukurannya kecil dan cocok untuk hiasan meja, jenis Bunga Begonia yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar. Sehingga terlihat lebih cocok jika diletakkan di dalam pot di lantai.

Satu hal yang sangat menarik, Begonia Merah ini akan terlihat semakin mempesona jika Sedulur menata beberapa tanaman dalam satu lingkup alias berkelompok. Begonia ini memiliki ciri utama berupa bentuk daunnya yang besar dengan warna merah hati yang gelap.

Tanaman ini juga bisa berbunga, dan bunganya sendiri sangat menawan dengan warna merah muda terang. Agar tumbuh subur, Sedulur perlu menyiraminya secara rutin. Hal ini karena tanaman tersebut membutuhkan banyak air. Selain itu, jangan lupa beri pupuk sebulan sekali dengan takaran yang cukup.

3. Begonia Mawar

jenis bunga begonia
mulyapuspanusery

Setelah melihat gambar jenis bunga Begonia Mawar di atas, mungkin Sedulur akan berpikir jika tanaman tersebut adalah hasil persilangan dengan bunga mawar. Namun sebenarnya hal itu tidak benar, karena jenis Begonia ini tumbuh secara alami dengan bentuknya yang mirip bunga mawar.

Terlebih lagi dengan warna merah terang yang menawan, membuat tanaman yang satu ini mendapat julukan tersebut. Proses perawatan Begonia Mawar ini, kurang lebih hampir sama dengan dua jenis yang sebelumnya dimana tanaman itu butuh sekam dan pupuk agar tumbuh subur dan segar.

Penyiramannya juga harus dilakukan secara rutin berdasarkan cuaca. Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan, jika Begonia Mawar ini tidak tahan suhu panas. Jadi pastikan Sedulur meletakkan tanaman tersebut di tempat yang teduh.

4. Begonia Black Knight

jenis bunga begonia
steveslaves

Mungkin jenis Begonia ini adalah jenis yang paling umum Sedulur temui. Kombinasi warna hijau dan juga merah hati gelap di bagian tengah serat tepiannya, membuat tamanan ini terlihat sangat estetik. Ya, ukuran dari jenis Black Night ini lebih mungil, jadi cocok digunakan untuk tanaman hias dalam ruangan.

Cara untuk merawat Begonia Black Knight ini juga cukup mudah, kok. Sedulur hanya perlu menyediakan media tanam berupa pot kecil yang diisi dengan sedikit pupuk dan sekam. Setelah itu, Sedulur bisa menyiraminya secara teratur setiap hari.

Namun pastikan jumlah air yang disiramkan sesuai dengan kondisi cuaca. Tidak hanya itu, pastikan Sedulur tidak meletakkan tanaman ini di tengah terik matahari ya, agar tanaman tersebut tidak mati kekeringan.

5. Begonia Polkadot Angel Wing

jenis bunga begonia
plantophiles

Bagi Sedulur yang suka dengan tanaman unik, dijamin akan langsung jatuh cinta dengan jenis begonia yang satu ini. Berbeda dengan jenis Begonia pada umumnya, ukuran dari Begonia Polkadot Angel Wing ini jauh lebih besar. Jadi lebih cocok ditanam di pekaran rumah dengan media tanam menggunaakan tanah.

Daunnya yang besar bertekstur totol-totol putih, membuat tanaman ini terlihat berbeda dari jenis begonia yang lain. Tidak hanya dikenali dari polkadot putih di permukaan daunnya, bentuk daunnya sendiri juga sangat mirip seperti sayap pada saat disandingkan.

Proses perawatan Begonia Polkadot Angel Wing itu tidak susah, apalagi dengan media tanam tanah. Sedulur bisa menyiraminya secara rutin berdasarkan cuaca, dan memberinya humus dan pupuk kandang sebulan sekali. Namun, akan lebih baik jika Sedulur menanamnya di tempat teduh.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

6. Begonia Gantung

tanamanhiasjakarta

Bagi Sedulur yang suka dengan tanaman hias gantung, wajib punya jenis Begonia yang satu ini. Secara umum, tampilannya terlihat persis seperti Begonia merah dengan bunga merah muda terang serta daun merah hati.

Akan tetapi, ukurannya lebih kecil sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman gantung hiasan rumah. Hal itu juga yang membuat banyak orang jenis tanaman ini sebagai miniature Begonia merah.

Layaknya umumnya tanaman gantung, Sedulur bisa menyiramnya secara rutin tiap hari dengan jumlah air yang disesuaikan dengan cuaca. Oh iya, jangan lupa untuk meletakkan tanaman tersebut di area yang teduh, bukan yang terkena panas menyengat. Walaupun warnanya gelap dan terkesan garang, tanaman ini justru tidak kuat panas, lho.

7. Begonia Lokal

biggo

Jika dilihat dari tampilannya, jenis Begonia Lokal ini tidak kalah dari jenis yang lainnya. Bagi Sedulur yang suka dengan tanaman hias berdaun hijau mulus, tentu akan tertarik untuk memelihara Begonia lokal tersebut.

Dengan ukurannya yang lumayan besar, membuat tanaman ini lebih sangat cocok ditanam di dalam pot dan diletakkan di lantai rumah. Begonia lokal ini juga bisa berbunga, lho. Bahkan bunganya itu berwarna merah muda yang cantik dan menawan.

Sedulur bisa merawat tanaman ini dengan menyiramnya secara teratur, karena tanaman ini suka sekali dengan tanah yang lembab ala lingkungan hutan tropis. Selain itu, pemupukan juga dilakukan secara rutin serta berkala.

8. Begonia Rex

leafy-life

Jenis Begonia ini dikenal dengan bentuk, warna, dan coraknya yang sangat unik. Daun dari tanaman tersebut, bersifat asimetris dengan ukuran yang sangat beragam. Begonia Rex juga bisa mengeluarkan bunga-bunga kecil berwarna merah muda.

Agar daunnya bisa terus berkembang, Sedulur bisa memotong bunganya secara rutin. Jika tangkai bunga rutin dipotong, maka daun yang terbentuk akan terlihat jauh lebih indah. Selain itu, jangan lupa sirami secara rutin sesuai dengan kondisi cuaca.

9. Begonia Cocktail

growjoy

Jenis begonia cocktail ini sangat cocok bagi Sedulur yang suka dengan tanaman dengan daun yang terlihat bermekaran. Warna dari tanaman yang satu ini juga sangat beragam. Antara lain putih, merah, dan juga merah muda.

Hal yang unik dan menarik, jenis cocktail ini tidak akan layu ataupun tumbuh secara berantakan ketika ditanam di lokasi yang memiliki terik sinar matahari penuh.

10. Begonia Shrubs

brilio

Bagi Sedulur yang tertarik untuk memiliki tanaman hias yang unik, maka jenis Begonia Shrubs adalah pilihan yang paling tepat. Jenis Begonia ini mempunyai berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil sampai ada juga yang mencapai ukuran 4 meter.

Tidak hanya itu, tampilan daun dari jenis Shrub ini memiliki panjang hingga 24 inci dengan tekstur yang lembut hampir menyerupai kain beludru. Nah, kebanyakan dari tanaman ini punya bunga berwarna putih, merah muda, dan merah menyala.

Tanaman ini akan terasa sangat cocok untuk menjadi dekorasi outdoor. Jika Sedulur menanamnya dalam jumlah yang sangat banyak, maka akan terbentuk seperti semak belukar yang keren.

11. Begonia Rhizomatous

gardentags

Berikutnya adalah Begonia Rhizomatous, yang merupakan tanaman hias dengan ciri khas bentuk daun yang menyerupai lingkaran serta tekstur berbulu di bagian permukaannya. Tanaman yang satu ini juga mempunyai warna daun yang beragam, seperti hijau tua dan merah maroon.

Jenis Begonia ini sering dijadikan sebagai tanaman gantung, karena variasi ukurannya yang mudah disesuaikan dengan ukuran pot. Perawatannya juga tidak terlalu susah, Sedulur hanya perlu meletakkannya pada lokasi yang bertepatan dengan sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik.

12. Begonia Cane

property145

Aneka jenis bunga begonia yang terakhir ada Begonia Cane. Jenis ini punya keunikan di bagian daunnya yang berbentuk seperti sayap. Ciri khas lainnya juga ada pada bagian batang yang berbentuk menyerupai pohon bambu berukuran kecil. Selain tampilannya yang indah, jenis ini juga beraroma harum, lho.

BACA JUGA: Mengenal Monstera Adansonii, Tanaman Hias Hits Paling Dicari

Nah, itulah jenis jenis Bunga Begonia yang sangat menarik untuk Sedulur pelihara di rumah. Sebenarnya masih ada beberapa jenis begonia yang lain. Namun hanya beberapa jenis itulah yang sangat direkomendasikan karena memang banyak disukai.

Hal yang harus Sedulur ingat adalah cara perawatannya, karena Begonia ini sedikit berbeda dari jenis tanaman hias yang lain. Ya, walaupun tidak terlalu sulit, namun Sedulur harus bisa merawatnya dengan benar.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.