burung murai batu

Burung murai batu terkenal dengan keindahan warna dan kicauannya yang indah. Unggas ini juga  memiliki postur tubuh yang indah sehingga banyak orang memeliharanya atau bahkan dijadikan bisnis. Saking indahnya, harga per ekornya terbilang sangat mahal. Kisarannya adalah 50 hingga 800 juta.

Untuk yang masih anak-anak, harga burung murai batu dibanderol di kisaran Rp3,5-5 juta. Menyoal jenisnya, ternyata ada belasan macam yang punya variasi warna bulu yang perlu kamu ketahui juga. Berikut daftarnya! Wajib dihafalkan apabila kamu berminat untuk memeliharanya, ya.

BACA JUGA: Manfaat Punya Hewan Peliharaan

1. Burung Murai Batu Medan

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
kacer

Di posisi pertama, ada gambar burung murai batu Medan. Burung ini adalah salah satu yang terbaik dan jenis burung ini tersebar di Sumatera, Kalimantan, serta beberapa tempat di Jawa.  Murai medan bisa ditemukan di daerah pegunungan dan desa terpencil. Burung jenis ini memiliki keistimewaan terutama pada ekor yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Selain itu, kicaunya juga dikenal berkarakter dan mantap.

-->

BACA JUGA: 

2. Murai Nias

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
Bakicau

Selanjutnya ada Burung Murai Nias. Burung ini ternyata masih berada di Pulau Sumatera, tepatnya berasal dari Nias, Sumatera Utara. Unggas ini memiliki keistimewaan tersendiri. Yang membedakannya dengan murai Medan hanyalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Suara burung murai batu ini terbilang jernih dan keras. Di tempat asalnya, spesies ini biasa dijuluki dengaan tatohua. Uniknya lagi, murai nias juga bisa menirukan suara burung lain di sekitar mereka.

BACA JUGA: Doa Menyembelih Ayam & Tata Cara yang Benar Sesuai Syariat

3. Burung Murai Lampung

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
Infobandarlampung

Di posisi ketiga, ada burung murai Lampung yang dinamai sesuai dengan asal wilayah di Lampung. Murai Lampung ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu jauh berbeda dengan spesies dari Medan. Burung ini memiliki ekor yang tidak terlalu panjang. Meskipun demikian, spesies ini selalu diikutkan dalam perlombaan.

Bukan tanpa alasan mengapa murai Lampung ini selalu diikutkan dalam perlombaan. Salah satunya adalah karena memiliki suara yang lantang dan berstamina sangat baik. Keungguan fisik yang dimiliki murai inilah membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

4. Murai Batu Kalimantan

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
jalaksuren

Setelah tadi penjelasan mengenai spesies murai batu di daerah Sumatera, kali ini kita akan bergeser ke Kalimantan dengan Murai Batu Kalimantan. Tidak bisa dipungkiri lagi jika murai batu ini selalu menjadi primadona dalam kompetisi burung kicau. Kicauannya memang tidak terlalu istimewa jika dibandingkan dengan murai Medan, Nias, ataupun Lampung. Namun, Sedulur wajib tahu, bahwa murai jenis ini memiliki kicauan yang relatif stabil.

Bentuk fisik dari murai batu Kalimantan ini adalah ekornya yang pendek panjang hanya 15-20 cm. Selain itu, dia memiliki warna bulu yang kontras dengan dominasi warna hitam pekat dan cokelat muda.

BACA JUGA: Harga Kucing Himalaya, Keunikan & Cara Merawatnya, Harus Tahu!

5. Murai Jawa

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
Hobiburung

Saatnya akan beranjak ke Jawa di mana ada burung murai batu Jawa tinggal. Burung jenis ini masuk dalam kategori sangat langka sehingga banyak penghobi burung ini tidak membawanya ke arena kompetisi.

Meski demikian, ada keunikan tersendiri dari burung murai Jawa. Salah satunya adalah jika mengeluarkan suara bulu dan kepalanya akan langsung berdiri tegak dan membentuk semacam jambul. Wah, sangat keren!

6. Murai Sabang

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
Grumsa

Dari Aceh, ada jenis burung murai sabang. Jenis ini sangat banyak dijumpai di pasaran dan bisa dijual hingga mencapai harga puluhan juta. Bentuk tubuh dari burung ini sangat proporsional dan memiliki suara yang cukup keras.

Tidak hanya itu, sama seperti murai Jawa, murai Sabang juga termasuk sebagai burung yang langka. Burung yang memiliki ekor yang lebar dan panjang bisa mencapai 20 cm. Inilah keunikan yang dimiliki dari murai sabang.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias Dengan Nilai Jual Termahal

7. Murai Irian

Jenis Murai Batu Tercantik dan Terpopuler
Burungcantik

Murai Irian memiliki corak warna tubuh  yang indah dengan warna bulu hijau pualam membuat spesies ini jadi salah satu primadona yang wajib dimiliki oleh para penghobi. Biasanya, murai Irian bisa dijumpai pada beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumtera, Jawa hingga Bali. Bentuk ukuran dari murai Irian juga termasuk sangat mini dan memiliki panjang tubuh yang sudah termasuk ekor mencapai ukuran 35 cm

8. Murai Borneo

Burungnya

Dari namanya saja Borneo, maka orang sudah tahu jika burung ini berasal dari Kalimantan. Murai jenis ini memiliki tiga ras, yaitu ras banjar, ras mahkota dan ras palangka. Semua ras tersebut, tersebar di sekitaran Kalimantan.

Terkait ukuran, burung murai jenis Borneo sangat  mungil dibandingkan dengan murai medan. Meski demikian, burung murai Borneo memiliki warna bulu yang khas, khususnya di bagian ekor, sehingga banyak penggemar berlomba-lomba untuk memilikinya.

BACA JUGA: Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

9. Murai Anakan

Kicaumania

Murai anakan tenyata memiliki tubuh yang terbilang sangat mungil. Biasanya, murai anakan yang diikutkan dalam perlombaan atau kompetisi adalah yang pejantan. Maka dari itu, apabila Sedulur ingin mengikutkan murai anakan dalam kompetisi, pastikan membeli yang jantan, ya.

10. Murai Bordan

Burungnya

Tidak seperti burung murai lainnya yang terkesan alami tanpa kawin silang, murai bordon justru sebaliknya. Murai bordan merupakan burung yang dihasilkan dari perkawinan antara murai Medan jantan dan murai Borneo betina. Karena berasal dari hasil persilangan, burung ini memiliki beberapa keunikan di antaranya dari segi suara yang dianggap sangat lantang. Burung murai bordan ini juga piawai dalam memaikan ekornya saat dihadapkan bertarun di kompetisi burung.

11. Murai Batu Jambi

Burungcantik

Selanjutnya ada burung murai batu Jambi. Sesuai dengan namanya, burung ini berasal dari daerah Jambi. Habitat burung murai ini lebih banyak ditemukan di daerah sekitar dataran rendah dan dataran tinggi. Sesuai tempat hidupnya, kondisi fisik murai Jambi sangat berpengaruh.

Burung murai Jambi yang tinggal di sekitaran dataran rendah mempunyai ukuran serta bentuk yang relatif kecil. Maka  dari itu, ekornya tidak terlalu panjang. Lainnya halnya yang hidup di dataran rendah, burung murai Jambi yang hidup di dataran tinggi memiliki ekor yang relatif panjang serta melengkung ke atas. Tidak hanya itu, jenis burung ini mempunyai mental bertmpur yang tangguh dan rajin dalam melakukan kicauan.

12. Burung Murai Batu Lahat

tempatjualmuraibatu

Terakhir ada Burung Murai Lahat yang ternyata sangat populer bagi para kalangan yang memelihara burung di Indonesia. Seperti diketahui, murai batu yang dijual di pasaran adalah burung murai dengan jenis lahat. Karakteristik ini burung ini memiliki ekor sepanjang 18 -23 cm. Lalu, untuk postur tubuh dari burung jenis ini hampir mirip dengan burung murai jenis Nias. Suaranya saja pun juga mirip yaitu memiliki variasi suara yang banyak dan mental yang cukup bagus.

Demikian tadi ulasan mengenai burung murai batu dari jenis sampai dengan asal daerahnya. Dari bentuk hingga suaranya, sudah bisa diketahui bahwa karakteristiknya berbeda dengan burung jenis lain serta harga per ekornya yang dipatok mahal. Mungkin Sedulur berminat untuk mengoleksinya atau sudah ingin untuk untuk menangkarkannya.