penghilang bekas jerawat

Aglaonema di tanah air merupakan tanaman hias dengan daun cantik yang namanya melambung pada pandemi 2020 lalu. Mudah dirawat dan tampilannya menawan, tak heran ia jadi primadona di kalangan pemula sekalipun.  Apalagi jenis bunga aglonema sangat beragam, ada sekitar puluhan tipe yang tumbuh di dunia. 

Selain aglonema dengan dominasi warna hijau biasa, tanaman hias ini terdiri dari puluhan tipe dan memiliki variasi warna serta bentuk daun yang beragam. Sedulur wajib tahu nih beberapa jenis bunga aglonema dan namanya. Tak ketinggalan kisaran harganya juga. Mari cek! 

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

1. Aglaonema Emerald Bay

jenis bunga aglonema
instagram.com/klorovil.garden

Jenis bunga aglonema yang satu ini ditandai dengan warna daun yang lebih terang di bagian tengah daun. Aglaonema Emerald Bay sangat mudah dirawat, bisa diletakkan di dalam ruangan yang tidak begitu terang, dan hanya butuh disiram beberapa hari sekali. Namun, tetap pastikan ia masih terpapar cahaya setidaknya dari medium kaca yang bening. Untuk harganya, masih ada di angka ratusan ribu rupiah. 

-->

2. Aglonema Modestum

instagram.com/ninjaplanter

Modestum adalah jenis bunga aglaonema yang dikenal karena daunnya yang lebar dan rimbun saat dewasa. Tersedia pula dalam versi variegated dan tentunya dibanderol dengan harga lebih mahal dari edisi reguler. Untuk Modestum biasa tanpa corak, harganya cukup murah ada di angka puluhan ribu saja. Ia juga tetap cantik dan bisa dijadikan dekorasi rumah yang mudah dirawat. 

3. Aglonema Harlequin

bunga aglonema jenis calathea termahal
instagram.com/embunjawa

Pantas bila Harlequin sempat jadi jenis bunga aglonema jenis calathea termahal di masanya. Tanaman hias ini masih didominasi warna hijau pada daunnya, tetapi tulang-tulang daunnya berwarna kemerahan. Saat masih anakan, warnanya mungkin belum terlihat dan akan makin jelas ketika mulai tumbuh dewasa. Sama dengan aglonema lainnya, Harlequin juga mudah dirawat, kok.

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Hias Paling Hits, Bikin Nyaman Hunianmu!

4. Aglaonema Red Anjamani

instagram.com/terasijodaun

Bila suka dengan daun warna merah terang, Aglaonema Red Anjamani bisa Sedulur pilih untuk mempercantik rumah. Padu dengan pot berwarna gelap agar warnanya makin menyala dan mencolok. Kecantikannya sepadan dengan harga, Sedulur. Kamu wajib siapkan dana ratusan ribu untuk tanaman anakan atau bibitnya. Meski mahal, kamu tak akan menyesal saat melihatnya tumbuh sehat dan rimbun kelak. 

5. Aglaonema Super White 

jenis bunga aglonema
instagram.com/greendecorbn

Cukup mencolok karena warna daunnya yang seputih salju. Indah dan menakjubkan, Aglonema Super White juga dibanderol dengan harga ratusan ribu untuk bibit dan anakannya. Tingginya bisa mencapai 50 cm dan bisa disimpan dalam ruangan asalkan cahayanya bagus. Jika ingin diletakkan di luar ruangan, pastikan dia berada di tempat yang teduh. 

6. Siam Aurora 

jenis bunga aglonema
instagram.com/plantpeopleshop

Sedikit mirip dengan Harlequin, Aglonema Siam Aurora juga memiliki corak kemerahan di bagian tulang dan tepi daunnya. Warna merahnya lebih mencolok dibanding Harlequin. Kabar baiknya, ia cukup murah untuk ukuran aglonema. Cukup merogoh kantong sedalam puluhan ribu rupiah saja, satu pot bibit tanaman hias ini sudah bisa kamu miliki. 

BACA JUGA:  11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

7. Sparkling Sarah 

instagram.com/plantstems

Penggemar tanaman bercorak boleh juga melirik Aglaonema Sparkling Sarah. Ciri spesial dari tanaman jenis ini adalah tulang daunnya yang berwarna pink pastel ditambah bercak-bercak kuning pucat di daunnya yang menyembur dari tulang daun. Sungguh perpaduan warna yang indah. Aglonema ini termasuk salah satu yang populer dan banyak kita temukan di pasaran. 

8. Aglaonema Chocolate 

jenis bunga aglonema
instagram.com/kristinplants

Spesies ini mendapatkan namanya dari warna daunnya yang gelap, masih dalam ranah hijau, tetapi agak kecoklatan dengan garis-garis merah menyala pada bagian tulang-tulang daunnya. Ini membuat tampilannya mengesankan saat ditaruh di pot berwarna terang. Sayangnya, tak banyak penjual yang menyediakan tipe ini di pasaran, terutama di tanah air. Dengan begitu, jenis bunga aglonema dan harganya pun belum bisa kita ketahui pasti. 

9. Aglonema Silver Queen 

instagram.com/roosanur

Ini jenis yang cukup mudah kita temukan di pasaran. Aglaonema ini ditandai dengan bentuk daunnya yang lebih panjang dan corak hijau pucat yang menyembur di bagian tengahnya. Kontras dengan warna tepi daunnya yang hijau gelap. Sama dengan aglonema lainnya ia bukan tipe tanaman yang rewel dan butuh perhatian ekstra. Harganya pun tak bikin Sedulur mundur teratur, cukup puluhan ribu saja untuk dapat bibit alias anakannya.  

BACA JUGA: 8 Deretan Harga Pohon Janda Bolong Termahal di Dunia

10. Cutlass 

jenis bunga aglonema
instagram.com/platsonpapertowelroll

Cutlass adalah jenis bunga aglonema yang cukup mudah dibedakan dan harganya pun masuk akal. Ia cukup jarang ditemukan di pasar, mungkin karena peminat yang kurang atau minimnya pegiat yang tertarik untuk membudidayakannya. Padahal aglonema ini tak kalah cantik dan menariknya untuk ditaruh di ruangan saat mulai rimbun. Kamu bisa menaruhnya di pot persegi agar makin memukau. Pertumbuhannya memang lambat, tetapi ia bisa tumbuh tinggi mencapai 50 cm. 

11. Aglaonema Pink Moon 

instagram.com/molnlyckegc

Sekilas bentuknya mirip dengan jenis Pink Dalmantian karena adanya bintik-bintik kecil pada daun. Namun, spesies ini bisa dibedakan dengan keberadaan garis tulang daun yang juga berwarna merah muda menyala. Kuantitas bercak pada daunnya juga lebih sedikit dibanding Pink Dalmantian. Warna tone hijau daunnya juga sedikit lebih terang. 

12. Aglonema Bidadari

jenis bunga aglonema
instagram.com/naraflora_here

Bidadari adalah jenis bunga aglaonema termahal karena warnanya yang jelita. Beda dengan aglonema lainnya, warnanya pink pastel dan mendominasi semua bagian daunnya. Ia juga bisa diletakkan di dalam ruangan. Akan lebih baik bila ruangan dilengkapi humidifier karena tanaman hias ini suka dengan tempat yang kelembabannya pas. Walaupun sebenarnya, ia bisa saja hidup di tempat kering. Untuk harganya, untuk anakan masih di angka ratusan ribu, tetapi tanaman dewasanya bisa menjadi jutaan rupiah.

BACA JUGA:  15+ Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

13. Aglonema Pink Dalmantian 

bunga aglonema bidadari
instagram.com/galerihijau.25

Selain bunga aglonema bidadari, Sedulur bisa nih melirik tipe Pink Dalmantian. Sesuai dengan namanya, ada corak bintik-bintik berwarna merah muda di daun-daunnya. Menggemaskan dan jelita, ruangan langsung semarak dengan keberadaannya. Dengan pesonanya ini, wajar jika harganya masih ratusan ribu rupiah meski hype berkebun sudah mulai memudar. Jika ingin lebih murah, coba beli dalam versi anakannya saja, Sedulur. 

14. Aglonema White Rain 

jenis bunga aglonema
instagram.com/plantitamitch

Salah satu aglaonema yang coraknya unik. Seakan dilukis dengan tangan, White Rain memiliki penampakan yang elegan dan sederhana. Cocok untuk menambah estetika di rumah yang berkonsep minimalis. Saat rimbun, tanaman ini akan menjulur ke arah bawah. Daunnya cukup gelap, jadi lebih baik diletakkan di pot yang terang.

Merawat aglonema 

Jika bisa dirangkum berikut beberapa tips merawat aglonema agar awet dan bisa rimbun.

  • Suhu hangat, tidak terlalu dingin dan panas. Boleh tambah humidifier di dekat tanaman bila perlu
  • Diletakkan di tempat teduh jika di luar rumah, karena sinar matahari langsung bisa merusak daun
  • Letakkan di ruang yang pencahayaannya bagus bila dipakai untuk dekorasi dalam ruangan 
  • Siram saat tanah mulai kering, jangan sampai menggenang atau kelebihan air. Biasanya beberapa hari sekali saja sudah cukup 
  • Pupuk bisa ditambah sebulan sekali. Bila perlu lakukan pemindahan pot setelah tanaman berusia 1 tahun. Hati-hati saat melakukannya jangan sampai akarnya rusak 
  • Jika daun menguning atau rontok bisa jadi tanaman Sedulur kekurangan cahaya atau justru kelebihan bahkan kekurangan air. Silakan lakukan cek dan percobaan untuk tahu apa penyebabnya. Berkebun memang butuh trial dan error 

Mengingat tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, Sedulur tidak perlu ragu untuk memelihara jenis-jenis bunga aglonema yang sudah disebut di atas di rumah sendiri. Ia cocok tinggal di udara hangat dan lembab seperti Indonesia. Merawatnya pun mudah, tidak perlu perhatian besar, cukup siram beberapa hari sekali dan tambah pupuk beberapa bulan sekali. Cocok untuk kebutuhan dekorasi rumah atau tempat usaha Sedulur. 

Tanaman bisa dibeli di toko terdekat atau pedagang daring, kalau sembako jangan lupa beli di Aplikasi Super. Murah, mudah, dan sangat bisa diandalkan.