Indonesia sangat kaya akan bahan pokok terutama beras. Bahkan ada empat jenis beras yang beredar di masyarakat, yaitu beras putih, merah merah, beras hitam, dan beras coklat atau brown rice. Selain nasi putih, brown rice juga sering dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat.

Manfaat beras coklat sebenarnya cukup banyak. Apalagi cara mengolahnya juga mudah kok. Bagi Sedulur yang ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai brown rice mulai dari manfaat sampai cara memasaknya, yuk langsung scroll sampai bawah!

BACA JUGA: Trik Efektif Mencegah Beras dari Serangan Kutu

1. Apa itu beras coklat?

unsplash.com

Brown rice atau beras cokelat adalah beras yang memiliki warna coklat di seluruh bagiannya. Warna coklat ini berasal dari kulit ari yang dikelupas dari beras dan tidak diolah sampai menjadi beras putih. Sebenarnya belum terlalu banyak masyarakat yang mengonsumsi brown rice, kebanyakan dari mereka lebih familier dengan beras putih atau merah.

Padahal, beras coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena lebih banyak mengandung serat. Bahkan, serat itu juga cukup untuk memenuhi kalori harian tubuh. Belum lagi ada kandungan lain seperti mineral, kalsium, zat besi, natrium, hingga protein. Itulah kenapa berat coklat juga bagus untuk dikonsumsi.

2. Perbedaan beras coklat dan beras merah

pexels.com

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat brown rice, ada baiknya Sedulur mengetahui perbedaan beras coklat dan beras merah karena sering disandingkan. Berikut penjelasannya:

Beras merah

Pada dasarnya beras yang ‘berwarna’ memang memiliki nutrisi yang lebih baik dibanding nasi putih. Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, beras merah adalah antioksidan yang berperan dalam pembentukan hormon tiroid, sistem imun, dan bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah terjadinya kanker. Sementara magnesium di dalamnya berperan dalam proses pembekuan darah, kontraksi otot, sekaligus pembentukan tulang.

Beras coklat

Pamor beras coklat memang kalah dengan beras merah, namun sebenarnya keduanya punya manfaat yang sama-sama baik untuk kesehatan. Sebab, pada dasarnya kandungan nutrisi beras cokelat sama dengan beras merah. Seperti kandungan seratnya yang tinggi. Serat ini bisa membantu mengontrol berat badan, menurunkan kolesterol darah, menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung koroner. Beras cokelat juga dapat menjadi sumber nutrisi bakteri baik di dalam usus.

BACA JUGA: Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Jangan Sampai Salah Pilih!

3. Manfaat brown rice untuk kesehatan

ayobody.com

Sudah sedikit disinggung sebelumnya, kandungan beras coklat memang sangat kaya dan baik untuk kesehatan. Berikut ini delapan manfaat brown rice untuk kesehatan. Yuk, simak bersama:

  • Mengontrol berat badan, karena kandungan karbohidrat brown rice cukup rendah. Jadi bisa jadi pilihan untuk Sedulur yang sedang diet.
  • Mencegah diabetes, orang yang memiliki diabetes biasanya dilarang mengonsumsi beras putih karena kandungan gulanya banyak. Sebagai gantinya bisa dengan beras coklat karena kandungan gulanya lebih rendah dan bisa mengontrol gula darah.
  • Membantu menurunkan kolesterol, brown rice dikenal bisa mambantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah penyakit jantung, kandungan serat tinggi dalam beras coklat bisa membantu mencegah penyakit jantung, atau gangguan sistem pembuluh darah.
  • Membantu mencegah kanker, kandungan antioksidan beras coklat bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.
  • Membantu sistem pencernaan, kandungan serat yang tinggi bisa membantu untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh.
  • Melindungi sel kekebalan tubuh, kandungan antosianin beras merah bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi sel imun tubuh akan terlindungi.
  • Mengontrol tekanan darah, beras cokelat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, dan membantu mengatasi anemia. Kandungan zat besinya juga bisa membantu menstabilkan tekanan darah.

4. Berapa kalori brown rice?

simplyrecipes.com

Kalori beras coklat memang lebih rendah jika dibanding dengan beras putih. Dalam satu cup beras cokelat memiliki 216 kalori, yang terdiri dari 44 gram karbohidrat, 3,5 gram fiber, 1,8 gram fat, 5 gram protein, Thiamin (B1) 12% dari RDI, Niacin (B3) 15% dari RDI, Pyridoxine (B6) 14 % dari RDI, Prantothenic acid (B5) 6% dari RDI, Iron 5% dari RDI, Magnesium 21% dari RDI, Phiaphorus 16% dari RDI, Zinc 8% dari RDI, Copper 10% dari RDI, Manganese, 88% dari RDI dan Selenium 27% dari RDI.

BACA JUGA: 5 Tips Memasak Nasi Jadi Pulen, Nggak Harus Pakai Beras Mahal!

5. Apakah ada efek samping?

medicalnewstoday.com

Meskipun beras coklat punya banyak manfaat baik bagi tubuh, mungkin Sedulur juga perlu tahu apakah ada efek sampingnya. Perlu diketahui beras coklat berisiko terkontaminasi oleh racun arsenik karena menyerap air yang banyak saat masa pertumbuhannya. Tapi kamu gak perlu khawatir karena kadar arsenik dalam beras coklat masih terlalu rendah untuk memicu gangguan kesehatan.

6. Cara memasak brown rice

saga.co.uk

Sebenarnya cara memasak beras coklat hampir mirip dengan beras putih. Tapi karena adanya potensi kandungan arsenik dalam beras coklat, saat memasaknya kadar air bisa lebih banyak dari biasanya untuk mengurangi kadar arsenik.

Itulah tadi berbagai manfaat brown rice sekaligus cara mengolahnya. Bagi kamu yang sedang menerapkan hidup sehat atau diet, beras coklat sangat membantu untuk mensukseskan diet kamu. Tapi tentu saja harus diimbangi dengan nutrisi lain yang pas biar tidak kelebihan kalori. Jangan lupa olahraga juga tetap harus jalan ya. Salam sehat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!