beras karya alam hijau

Nasi menjadi makanan wajib dalam setiap hidangan yang disajikan oleh orang Indonesia. Saking melekatnya sampai muncul suatu istilah “Jika belum menyantap nasi artinya belum makan”. Nasi sebenarnya telah menjadi makanan pokok tak hanya di Indonesia, tetapi juga sebagian besar wilayah di Benua Asia.

Hidangan nasi yang menjadi favorit banyak orang biasanya adalah nasi yang dimasak hingga pulen. Namun, menghasilkan nasi yang pulen terkadang tidaklah mudah. Jika tidak pas takarannya dalam memasak, maka nasi bisa terlalu keras atau malah terlalu lembut mirip bubur. Kali ini, Aplikasi Super berbagi tips memasak nasi agar pulen. Yuk simak!

1. Jangan terlalu banyak mencuci beras

tips memilih beras yang bagus
Unsplash

Sedulur mungkin selama ini berpikir bahwa semakin banyak mencuci beras maka semakin baik. Karena air bekas cucian beras yang dicuci berkali-kali menjadi bening, jadi artinya beras menjadi bersih dan aman untuk dimasak.

Tapi ternyata cara ini tak sepenuhnya benar lho Sedulur. Untuk menghasilkan beras yang pulen, Sedulur cukup mencuci beras maksimal 3 kali saja. Meski air cucian beras masih terlihat keruh, namun sebenarnya beras sudah bersih. Jika beras dicuci terlalu banyak, malah akan membuatnya kehilangan serat.

-->

2. Takaran air yang pas

memilih beras
Unsplash

Perbandingan air dan beras adalah hal penting yang harus benar-benar diperhatikan. Sebab dua faktor inilah yang menentukan hasil nasi yang pulen.

Gunakan 1:2 untuk takaran beras dan air. Artinya satu gelas beras harus dimasak dengan dua gelas air. Jika Sedulur memasak di rice cooker, akan lebih mudah menggunakan takaran angka yang sudah ada di dalam panci rice cooker.

3. Aduk beras 15-20 menit setelah matang 

beras pulen
Unsplash

Setelah nasi matang, jangan langsung membuka tutup panci atau rice cooker. Diamkan dulu selama 15-20 menit. Setelah itu baru buka tutup panci atau rice cooker, dan aduk nasi hingga semuanya tercampur.

4. Tambahkan rempah untuk menambahkan aroma

beras pulen
Unsplash

Jika Sedulur menyukai nasi pulen yang memiliki cita rasa gurih, Sedulur bisa menambahkan bumbu atau rempah yang bisa menambah rasa dan aroma. Seperti misalnya garam, minyak kelapa, daun salam, serai, atau daun bawang.

5. Pilih beras berkualitas namun harga tetap terjangkau

beras karya alam hijau aplikasi super
Aplikasi Super

Sedulur mungkin selama ini berpikir bahwa nasi pulen merupakan nasi yang dihasilkan dari beras yang sangat mahal. Ternyata anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, lho. Kamu bisa tetap memasak nasi pulen dengan beras terjangkau dengan kualitas yang tak kalah bagus. Salah satunya adalah Beras Karya Alam Hijau

Beras semi premium ini dijamin bisa menghasilkan nasi yang pulen dan wangi. Selain itu, Beras Karya Alam Hijau juga dijamin tanpa pengawet, pewarna buatan, juga diproses dengan teknologi termutakhir.

Sedulur yang ingin membeli Beras Karya Alam Hijau bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Tinggal unduh Aplikasi Super di Google Play Store lalu cari Beras Karya Alam Hijau di apps. Sembako ini tersedia dalam tiga ukuran yakni 5 kg, 10 kg, dan 25 kg. Semuanya memiliki packaging premium tebal, dijamin tidak akan bocor. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan beras Karya Alam Hijau untuk hidangan nasi pulen hanya di Aplikasi Super!