Mencegah kutu Beras

Beras merupakan bahan pokok yang wajib ada di dapur setiap rumah. Bila diolah dengan takaran dan bumbu yang tepat, bakal bisa disulap menjadi nasi dan olahan lezat lainnya. Supaya keawetan dan kualitas beras tetap terjaga, simpan beras dengan cara yang tepat supaya terhindar dari kutu beras.

Hewan kecil berwarna hitam ini bisa saja hinggap dan berkembang biak di tempat Sedulur menyimpan beras. Kehadirannya bisa membuat kualitas beras menurun dan rasa ikut berubah setelah diolah menjadi nasi. Untuk itu, terapkan trik ini supaya stok berasmu tetap aman dan jauh dari serangan kutu beras.

BACA JUGA: Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Jangan Sampai Salah Pilih!

1. Disimpan di wadah tertutup

wadah tertutup
Pexels

Agar tidak ada kotoran dan hewan yang masuk ke sela-sela beras, kamu wajib menyimpannya di wadah tertutup. Hal ini bertujuan agar beras tetap dalam keadaan kering dan tidak lembap. Apabila ada cipratan air yang posisinya berada di dekat beras, cairan itu bisa ditamengi oleh tutupnya. Dengan begini, beras tidak akan basah dan tetap kering sehingga bisa tetap awet selama beberapa minggu ke depan.

2. Membersihkan wadah penyimpanan

Membersihkan wadah
Pexels

Setelah memastikan memiliki wadah tertutup, pastikan untuk selalu membersihkan bagian luar dan dalamnya sebelum memasukkan stok beras terbaru. Pakai sabun pencuci piring untuk memastikan tidak ada sisa beras dan bakal calon telur kutu yang menempel di setiap inci permukaannya.

Tips supaya terjaga kebersihannya, pastikan untuk menghabiskan terlebih dulu stok beras sebelumnya. Setelah habis, baru cuci untuk menyimpan beras yang lebih baru. Apabila tercampur, kemungkinan besar ada telur kutu dari beras sebelumnya yang tak kasat mata. Jika itu terjadi, probabilitas kutu untuk hidup di beras akan semakin besar.

BACA JUGA: 5 Tips Memasak Nasi Jadi Pulen, Nggak Harus Pakai Beras Mahal!

3. Taruh di tempat kering

tempat kering
Pexels

Setelah dicuci, pastikan tempat penyimpan dalam keadaan kering dan tidak ada sisa air yang tertinggal saat memasukkan beras. Setelah itu, simpan beras dalam suhu ruangan dan mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini bertujuan supaya beras tetap kering dan tidak lembap sehingga terhindar dari bau apek dan kehadiran kutu. 

4. Menambah daun salam & daun jeruk

daun salam
Pexels

Tindakan preventif sederhana yang bisa mencegah kemunculan kutu beras adalah dengan menambahkan daun salam dan daun jeruk di dalam wadah penyimpanan beras. Aroma dari kedua daun yang kuat ternyata cukup efektif untuk mengusir hewan parasit ini.

Untuk daun salam, kamu tinggal memasukkan beberapa lembar daun ke dalam wadah. Jika merasa daun salam masih kurang efektivitasnya, kamu bisa menambahkan daun jeruk. Pertama-tama, tumbuk daun jeruk terlebih dulu. Setelah itu, masukkan ke dalam beras. Kedua daun ini juga bakal menambah aroma ketika nasi sudah dimasak. Sangat menggambarkan peribahasa, “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”.

BACA JUGA: Aneka Resep Olahan Nasi yang Lezat Khas Nusantara

5. Memilih beras yang terjamin kualitasnya

beras karya alam hijau aplikasi super
Beras Karya Alam Hijau

Untuk menyempurnakan langkah pencegahan dari serangan kutu di atas, kamu juga perlu memastikan tentang kualitas beras yang kamu beli. Jangan mempertimbangkan harga yang murah saja, kamu juga harus memilah mana merek yang sudah terjamin kualitas dan kebersihannya.

Salah satu yang harus dilihat lebih jeli adalah dari packaging-nya. Dengan bungkus yang tebal dan tidak mudah berlubang, sangat kecil kemungkinan dimasuki oleh kutu beras ketika masih tersegel dan belum dibuka. Keunggulan packaging premium dan tebal ini bisa didapatkan di Beras Karya Alam Hijau. 

Selain itu, beras Karya Alam Hijau yang hadir dengan kualitas semi premium ini bisa  menghasilkan nasi yang pulen dan wangi. Bukan tanpa alasan, proses pengolahannya sudah dibekali dengan teknologi mutakhir. Jaminan tanpa pengawet dan bebas pewarna buatan menjadi bukti bahwa produk dari brand ini memiliki kualitas terbaik.

Berkomitmen untuk bisa dijangkau oleh banyak kalangan, harga yang dibanderol pun terbilang murah. Untuk ukuran 5 kg-nya hanya dibanderol di harga Rp50 ribuan.

Sedulur bisa mendapatkan produk terbaik ini semudah dengan mencarinya di Aplikasi Super di Google Play Store. Selain kemasan 5 kg, kamu juga bisa mendapatkan ukuran 10 kg dan 25 kg untuk memenuhi stok kebutuhan sembako rumah tanggamu. Murah dan berkualitas, dijamin bebas dari kutu beras.