belajar id

Belajar Id merupakan sebuah platform pembelajaran digital yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada awal tahun 2020 yang lalu. Pandemi COVID-19 yang muncul dua tahun silam memang mengubah drastis sistem pembelajaran di sekolah. 

Untuk mencegah penularan virus, pemerintah pada waktu itu menggalakkan kegiatan belajar dari rumah dengan memanfaatkan internet. Belajar Id menjadi salah satu inovasi yang muncul dari pemerintah Indonesia untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar antara siswa dan sekolah.

Berikut merupakan ulasan singkat dari platform pembelajaran digital besutan Kemendikbudristek tersebut mulai dari manfaat dan cara menggunakanya. Baca sampai selesai, ya Sedulur!

BACA JUGA: Sejarah Hari Pendidikan Nasional Beserta Ucapan & Kutipannya

-->

Pengertian Belajar Id

belajar id
Kompas

Belajar Id adalah suatu platform pembelajaran online yang dibuat oleh Kemendikbudristek sebagai sarana pendukung kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi COVID-19. Platform tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan dari bermacam-macam satuan pendidikan yang ada di Indonesia, seperti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), dan tentunya SLB (Sekolah Luar Biasa).

Akun Pembelajaran menjadi sebutan akun yang digunakan dalam platform tersebut. Ia berupa nama akun (user ID) dan juga kata sandi yang nantinya akan digunakan untuk mengakses berbagai fasilitas yang tersedia dalam platform.

BACA JUGA: Observasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Kelebihan dari Belajar Id

belajar id
Unsplash

Belajar Id pun sangat fleksibel dan memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna. Dengan menuju ke alamat situsnya, peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan juga dinas pendidikan dapat mengakses berbagai macam aplikasi pendukung pembelajaran seperti Merdeka Belajar, Forum TanyaBOS, Google Classroom, Google Meet, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Forms, dan juga Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Semua aplikasi tersebut terintegrasi dalam platform tersebut agar mempermudah semua penggunanya. Platform pembelajaran digital dari Kemendikbudristek itu juga dapat digunakan dengan komputer jenis Chromebook.

BACA JUGA: Pengertian Metode 5W1H Beserta Contohnya

Manfaat akun Belajar Id

belajar id
Unsplash

Sebagai platform pembelajaran digital, tentunya ia datang dengan berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Membuat kegiatan belajar mengajar antara siswa dan sekolah menjadi lebih mudah dan efisien.
  • Pengguna dapat mengakses berbagai fasilitas platform buatan dari Kemendikbudristek.
  • Menyimpan berbagai dokumen yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.
  • Dapat diakses melalui Chromebook sebagai salah satu rekomendasi komputer resmi dari Kemendikbudristek untuk kegiatan belajar mengajar.

BACA JUGA: Persamaan Kuadrat dalam Matematika Beserta Contoh Soalnya

Cara membuat Akun Pembelajaran melalui operator sekolah

Unsplash

Berikut adalah langkah-langkah membuat Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan (operator sekolah):

  1. Operator sekolah membuka halaman https://pd.data.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah masuk, klik tombol “Unduh Akun”, kemudian pilih “Peserta Didik” atau “PTK”. Nantinya operator sekolah akan mengunduh file berjenis CSV yang berisikan user ID dan kata sandi dari Akun Pembelajaran pengguna
  3. Operator sekolah kemudian membagikan user ID dan kata sandi kepada pengguna terkait

Setelah mendapatkan user ID dan kata sandi, peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan dapat memulai mengakses Belajar Id dengan cara:

  1. Buka halaman https://mail.google.com/ kemudian masukkan user ID dan kata sandi yang sudah didapatkan dari operator sekolah
  2. Lalu, akan muncul beberapa poin syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran dari Belajar Id untuk mengganti kata sandi default ke kata sandi yang baru
  3. Setelah mengganti kata sandi, belajar id pun akan aktif
  4. Cek akun belajar id untuk digunakan

BACA JUGA: Tulisan Bismillah yang Benar Beserta Arab, Latin & Artinya

Cara daftar akun Belajar id

belajar id
Unsplash

Mendapatkan akun Belajar Id secara mandiri tanpa melalui operator sekolah juga sangatlah mudah. Di bawah ini adalah cara singkatnya:

1. Buka halaman https://belajar.id/

2. Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, masukkan data-data yang dibutuhkan, seperti:

  • Nama lengkap
  • Nama ibu kandung
  • Tipe pengguna
  • Tanggal lahir
  • Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

3. Daftarkan alamat email pribadi yang sebelumnya belum pernah digunakan untuk mengakses kata sand

4. Buka alamat email yang telah didaftarkan untuk mengetahui user ID dan kata sandi terkait

5. Setelah itu pengguna dapat melakukan Belajar Id log in

Nah Sedulur, itu tadi merupakan pembahasan mengenai Belajar Id, dimulai dari pengertian platform pembelajaran digital tersebut hingga bagaimana cara mengaksesnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!