5w1h

Pernahkah Sedulur mendengar tentang istilah 5W1H? Kata tersebut memang sering muncul pada saat belajar linguistik, baik itu dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

5W1H merupakan sebuah metode atau singkatan dari enam pertanyaan penting untuk mencari tahu tentang informasi tertentu. Metode tersebut juga sangat bermanfaat bagi yang mendalami dunia jurnalistik dan menulis kabar berita.

Pertanyaan tersebut dapat mengetahui unsur penting tentang suatu kejadian hanya dengan mencari jawaban. Berikut ini merupakan penjelasan dari metode 5W1H beserta contohnya.

BACA JUGA: Kata Serapan: Pengertian & Contohnya dalam Berbagai Bahasa

1. Definisi 5W1H

5w1h adalah
Depositphotos

5W1H adalah sebuah singkatan dari beberapa kata tanya penting yang berasal dari Bahasa Inggris. Ia juga merupakan sebuah metode untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan mendalam. Kita dapat menanyakan tiap-tiap unsur dari singkatan tersebut kepada narasumber.

BACA JUGA: Macam-macam Gaya Bahasa Beserta Pengertian & Contohnya

2. Penjabaran 5W1H

5w1h artinya
Depositphotos

5W1H artinya adalah singkatan dari beberapa kata tanya yang menjadi unsur utamanya Ada what, who, why, when, where, dan how. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari kata-kata tanya tersebut.

1. What yang dalam bahasa Indonesia berarti “apa” dapat menjelaskan tentang banyak hal. Mulai dari apa yang terjadi hingga apa yang menjadi topik pembahasan utama dari tulisan atau ulasan tertentu. Secara umum, pertanyaan ini menanyakan tentang inti dari suatu masalah ataupun inti dari suatu kejadian yang ingin disampaikan.

2. Who atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “siapa” dapat menjadi pertanyaan yang menjurus lebih ke target subjek atau pelaku dalam suatu peristiwa atau masalah yang dibahas. Kata tanya ini digunakan untuk mengetahui siapa yang terlibat dan berkaitan dalam suatu peristiwa atau masalah tersebut.

3. Why yang dalam bahasa Indonesia berarti “kenapa atau mengapa” dapat menjelaskan tentang alasan atau latar belakang dari suatu peristiwa atau masalah yang sedang diulas. Kata tanya why dapat menjadi unsur pembantu dalam mengembangkan informasi terkait suatu peristiwa atau masalah tadi.

4. When yang dalam bahasa Indonesia berarti “kapan” dapat menjadi pertanyaan yang menitikberatkan pada pemberian keterangan waktu berkaitan terjadinya suatu peristiwa atau masalah. Kata tanya ini dapat membantu kita untuk mencari penjelasan tentang waktu dalam informasi, dengan akurat dan andal.

5. Where yang dalam bahasa Indonesia berarti “di mana” dapat menjadi salah satu keterangan yang bisa menjelaskan hal-hal berkaitan dengan tempat suatu kejadian atau tempat masalah terjadi. Kata tanya ini dapat menjadi unsur yang memberikan bukti fisik terkait berlangsungnya suatu peristiwa atau masalah tertentu.

6. How atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “bagaimana” ini dapat menjadi pertanyaan untuk mengetahui cara, penjelasan, juga deskripsi tentang suatu peristiwa atau masalah tertentu. Kata tanya how juga dapat berperan sebagai pernyataan yang mendukung dari kata tanya why.

BACA JUGA: 80 Kumpulan Peribahasa Lengkap Beserta Artinya

3. Contoh pertanyaan 5W+1H dan jawabannya

Contoh pertanyaan
Depositphotos

Unsur dalam 5W1H dapat memudahkan seorang wartawan, penulis, atau siapa pun itu dalam mencari tahu informasi dan juga menulis kabar berita. Biasanya memang sebuah kabar berita dimulai dengan kata tanya what dan who.

Contoh penulisan 5W1H

Dalam bahasa Indonesia, penulisan 5W1H dapat mengacu pada penggunaan subjek, predikat, objek, dan keterangan, atau yang lebih dikenal luas dengan SPOK. Contohnya adalah seperti:

Wali Kota Pekalongan (S) mengunjungi (P) Pantai Pasir Kencana (O) untuk meninjau tanggul banjir rob pada Senin lalu (K).

Contoh pertanyaan 5W1H

Dari kalimat contoh di atas, dapat kita kembangkan beberapa pertanyaan sesuai dengan kaidah 5W1H seperti berikut.

  1. What – Apa yang terjadi di daerah Pantai Pasir Kencana pada Senin lalu?
  2. Who – Siapa yang mengunjungi daerah Pantai Pasir Kencana untuk meninjau tanggul banjir rob pada Senin lalu?
  3. Why – Kenapa Wali Kota Pekalongan mengunjungi daerah Pantai Pasir Kencana?
  4. When – Kapan Wali Kota Pekalongan mengunjungi daerah Pantai Pasir Kencana untuk meninjau tanggul banjir rob?
  5. Where – Di mana lokasi yang dikunjungi Wali Kota Pekalongan untuk meninjau tanggul banjir rob?
  6. How – Bagaimana proses jalannya kunjungan Wali Kota Pekalongan ke daerah Pasir Kencana?

BACA JUGA: Arti Spill dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosial Media

4. Contoh dalam teks berita

teks berita
Depositphotos

Untuk lebih memahami unsur-unsur 5W1H, Sedulur dapat memperhatikan tulisan berita di bawah ini yang diambil dari Tempo.

Salah satu platform media sosial terkenal, Twitter, memutuskan untuk memblokir secara permanen akun Twitter pribadi dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada hari Sabtu, 9 Januari 2021. Keputusan untuk memblokir kehadiran orang nomor satu di Amerika Serikat di platform tersebut diambil lantaran demo rusuh di gedung kongres Capitol Hill dan juga hasutan-hasutan untuk melakukan kekerasan yang diserukan Trump.

“Setelah meninjau secara cermat Tweet baru-baru ini dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya, kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut,” ungkap Twitter dalam sebuah cuitan yang diunggah, Sabtu.

Twitter sebelumnya hanya melakukan pemblokiran sementara akun pribadi Donald Trump yang telah memiliki lebih dari 88 juta pengikut tersebut. Hal itu terjadi seketika setelah unjuk rasa dari masyarakat pro-Trump yang menjadi rusuh di kompleks Capitol Hill. Tetapi, setelah dirasa mengancam keselamatan masyarakat luas, akun Donald Trump akhirnya diblokir secara permanen karena pelanggaran-pelanggaran susulan yang ia lakukan.

Berdasarkan teks di atas, unsur 5W 1H berita yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

  • What – Pemblokiran akun Twitter pribadi Donald Trump
  • Who – Twitter, Donald Trump
  • Why – Rusuh demo di Capitol Hill, melanggar community guidelines dari Twitter
  • When – Sabtu, 9 Januari 2021
  • Where – Amerika Serikat, Twitter
  • How – Proses dan penjelasan soal pemblokiran

Nah, itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai 5W1H dan metodenya yang dapat digunakan dalam menulis kabar berita atau mencari tentang informasi tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!