Bacaan bismillah, atau yang lebih sering disebut dengan bacaan basmalah, merupakan sebuah lafaz yang sangat sering dilantunkan dan didengar oleh umat Islam ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Lafaz tersebut mengandung keberkahan, keutamaan, serta makna yang baik bagi setiap muslim yang membacanya.

Berikut ini merupakan pembahasan dari keberkahan, keutamaan, serta makna dari bacaan bismillah.

BACA JUGA: Nama-nama Surga dalam Islam Beserta Penghuninya

Bacaan bismillah

bismillah
Depositphotos

Kalimat bismillah atau bismillahirrahmanirrahim memang benar mengandung banyak keberkahan di dalamnya. Kalimat tersebut diawali dengan huruf hijaiyah “ba’” yang masuk dalam kategori huruf jar.

-->

Bacaan bismillah artinya adalah “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”

Para ahli bahasa Arab menjelaskan bahwa kalimat bismillah memiliki makna “khabar”, atau dengan kata lain menjadi kalimat penyempurna dari suatu perbuatan yang seseorang hendak kerjakan atau ketika hendak mengungkapkan sebuah informasi tertentu.

Maka dari itu, dengan makna “khabar” tersebut kaum Muslim hendaknya melafalkan kalimat bismillahirrahmanirrahim saat akan memulai aktivitas maupun mengungkapkan sesuatu. Keberkahan membaca kalimat tersebut saat mengawali berbagai aktivitas insyaAllah akan berpahala di hadapan Allah Taala.

Agar Sedulur lebih memahami tentang kalimat tadi, berikut merupakan bismillah tulisan Arab dari lafaz tersebut yang dapat dicermati.

  • Tulisan bismillah disertai dengan harakat

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  • Bismillah dalam tulisan arab gundul

بسم الله الرحمن الرحيم

BACA JUGA: Pengertian Yaumul Ba’ats Beserta Dalilnya dalam Ajaran Islam

Waktu yang tepat membaca bacaan basmalah

Depositphotos

Kalimat bismillah merupakan seuntai kalimat yang sangat mulia, begitu mudah ia dilafalkan dan juga mendatangkan banyak keberkahan bagi keseharian kita. Dengan kalimat tersebut, Allah Ta’ala membuka dan mengawali kitab Al-Qur’an yang mulia, dengan basmalah pula pembuka surat Nabi Sulaiman kepada Bilqis. Dengan membaca kalimat tersebut, kita berdoa semoga Allah selalu melimpahkan kepada kita keberkahan serta melindungi kita dari keburukan setan yang selalu mengincar.

Lalu, kapan saja waktu yang tepat membaca kalimat ini? Terdapat beberapa waktu yang disunnahkan bagi kita untuk membaca bismillah. Disunnahkan bagi kita membaca lafaz tersebut sebelum memulai pekerjaan, entah itu melakukan kegiatan dapur, bersuci diri, keluar masuk rumah, naik kendaraan, keluar masuk masjid, menulis, dan lain-lain. Disunnahkan pula untuk membaca kalimat basmalah sebelum masuk ke kamar mandi. 

Selain itu, pada saat berwudhu, kita dianjurkan untuk membaca basmalah agar wudhu kita sah. Seperti hadis dari Rasulullah berikut,

“Tidak sah wudhu seseorang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala (mengucap basmalah).” (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibn Majah, dan dishahihkan al-Albani)

BACA JUGA: 10 Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Beserta Peninggalannya

Keutamaan membaca bismillah

bismillah
Depositphotos

Kalimat yang mulia tersebut juga datang bersama dengan keutamaan-keutamaannya. Berikut merupakan beberapa di antara dari keutamaan membaca bismillah.

1. Membuat setan menjadi kecil

Imam Ahmad bin Hanbal pernah meriwayatkan tentang seseorang yang dibonceng oleh Nabi, ia berkata:

“Tunggangan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tergelincir, maka aku katakan: ‘Celaka setan.’ Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Janganlah engkau mengucapkan ‘celakalah setan.’ Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: ‘Dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia.’ Jika engkau mengucapkan bismillah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.’” (HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani)

Nah, dari penjelasan tersebut, terungkap lah bahwa setan sangat takut dan segan dengan kalimat bismillah sehingga ia menjadi kecil dan tidak berdaya melakukan segala tipuannya.

2. Menjauhkan rumah dari setan

Keutamaan yang kedua dari bacaan bismillah adalah kemampuannya untuk menjauhkan rumah kita dari setan. Dari Jabir radiyallahu ‘anhu berkata, saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Jika seseorang masuk kedalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah setan, ‘Kalian mendapatkan tempat bermalam.’ Dan apabila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka setan berkata, ‘Kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih)

3. Terhindar dari ghibah dan fitnah

Membaca kalimat tersebut juga dapat menghindarkan kita dari bahaya ghibah dan fitnah. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Jika kalian duduk di suatu tempat, ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh siapa yang melakukan itu, Allah akan mewakilkan dengannya seorang malaikat yang akan mencegah mereka (manusia) dari bergosip sampai mereka tidak akan dapat memfitnah kalian.”

4. Menjauhkan keturunan dari bahaya godaan setan

Tahukah Sedulur bahwa membaca bismillah sebelum berhubungan badan dengan pasangan akan menjauhkan calon keturunan kita dari godaan setan? Hal tersebut ternyata benar adanya dan didukung oleh hadis shahih berikut.

Mengutip dari Kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Ibn ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seandainya salah seorang dari kalian hendak mencampuri istrinya ia membaca: ‘Bismillah allahumma janibnasy syaithaana wa janibisy syaithaana maa razaqtanaa (Dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami),’ maka jika Allah menakdirkan lahirnya anak, maka anak itu tidak akan diganggu oleh setan selamanya.”

BACA JUGA: Doa & Tata Cara Memandikan Jenazah yang Benar dalam Islam

Makna membaca bismillah

Depositphotos

Sebagai lafaz yang membawa berkah dan kesejukan hati, terdapat banyak makna yang tersimpan dari bacaan bismillah. Berikut merupakan penjelasan beberapa makna tersebut.

1. Bacaan bismillah merupakan pengantar lafal Asmaul Husna

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Allah memiliki 99 nama lain, yang dikenal juga dengan sebutan Asmaul Husna. Pada kalimat basmalah, terdapat dua nama suci sekaligus, yaitu ar Rahman dan ar Rahim. Keduanya berasal dari suku kata yang sama, yaitu “rahima”. Ar Rahman artinya Sang Pengasih dan ar Rahim artinya Sang Penyayang. Kedua lafal tersebut banyak disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Kedua nama tadi merujuk pada curahan kasih dan sayang Allah yang tiada habisnya bagi seluruh umat manusia.

2. Menjadi pembuka segala aktivitas yang baik

Dilihat dengan sudut pandang ilmu fiqih, lafal basmalah berperan penting sebagai pembuka segala aktivitas yang baik. Jika diperhatikan lebih jauh, sering-sering membaca lafal tersebut dapat menanamkan kebiasaan baik dan dan juga membuat kegiatan kita lebih positif karena terlebih dahulu mengingat kasih sayang dan berkah Allah Ta’ala. Allah puun tentunya akan meridhoi semua kegiatan yang kita llakukan, sebab kita melibatkanNya dalam setiap urusan.

3. Merupakan hiasan Al-Qur’an

Kalimat bismillah merupakan kalimat indah yang menyimpan pahala ketika dibaca. Maka dari itu, saat membaca Al-Qur’an sebaiknya kita selalu mengawali dengan bacaan tersebut. Selain itu, lafal ini sering disematkan saat permulaan surat, kecuali pada surat At Taubah.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh Allah subhanahu wa ta’ala menghias langit dengan benda-benda langit (matahari, bulan, dan bintang-bintang) dan menghias malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari dan istana-istana, menghias para nabi dengan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, menghias hari-hari dengan hari Jum’at, menghias malam-malam dengan lailatul qadar, menghiasi (di antara) bulan-bulan dengan bulan Ramadhan, menghias masjid-masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Al-Qur’an, dan menghias Al-Qur’an dengan bismillahirrahmanirrahim.”

Nah Sedulur, itu tadi merupakan ulasan mengenai bacaan bismillah. Bacaan tersebut merupakan suatu bacaan istimewa dalam agama Islam, yang tentunya mengandung berbagai keberkahan dan juga makna bagi umat Muslim. Pahala tentunya tidak akan terlewat bagi siapa saja yang membaca kalimat tersebut. Terlebih lagi, dengan adanya dua nama suci Allah, ar Rahman dan ar Rahim, keistimewaan kalimat tersebut semakin bertambah. Jadi Sedulur, jangan lupa untuk selalu memulai kegiatanmu dengan membaca lafal tersebut, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!