anthurium

Anthurium adalah jenis tanaman daun yang cukup diminati pecinta tumbuhan hias. Menurut Ensiklopedia Britannica setidaknya ada lebih dari 800 spesies. Mereka berasal dari wilayah tropis benua Amerika, tetapi kemudian disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Tanaman ini berbentuk daun yang cukup beragam. Beberapa memiliki bunga, sebagian lainnya tidak. Tertarik mengadopsi mereka untuk mempercantik rumah? Mari tengok fakta menarik serta jenis terpopuler dari tanaman cantik ini.

BACA JUGA: 18 Tanaman Pilodendron, Jenis, Harga & Cara Merawatnya

1. Anthurium andraeanum 

anthurium
Instagram @natinunba

Andraeanum adalah spesies paling populer dari tanaman anthurium. Ini karena penampakannya cukup mencolok, yaitu keberadaan bunga yang menyerupai daun, tetapi berwarna merah terang dengan spadix berwarna kuning. Bunga ini bisa tumbuh sepanjang tahun dan tergolong tanaman yang mudah dirawat. Andraeanum terbagi lagi jadi beberapa kategori tergantung pada ukuran dan warna bunganya. Jenis ini memiliki kemiripan bentuk dengan Anthurium scherzerianum.

2. Amnicola 

Instagram @snippiwippi

Buat Sedulur yang ingin kebunnya lebih berwarna, Amnicola bisa jadi pilihanmu berikutnya. Tanaman ini berjuluk anthurium tulip karena bentuk bunganya yang mirip dengan bunga tulip atau bunga terompet. Masih dengan spadix yang khas. Amnicola dibagi lagi jadi beberapa varietas yang dibedakan dari warna bunganya. Ada yang putih, keunguan, dan merah muda. Sedulur tinggal pintar-pintar pilih, nih.

3. Anthurium superbum 

anthurium
Instagram @plantshopchicago

Superbum adalah jenis tanaman daun yang cukup eksotis. Tanaman ini tidak memiliki bunga, tetapi punya struktur yang unik membentuk mangkuk. Inilah mengapa banyak burung yang menggunakannya sebagai spot membangun sarang di alam liar. Superbum bisa hidup tanpa air dan justru akan mudah busuk bila media tanamnya terlalu basah atau lembab. 

4. Radicans 

Instagram @forgottenelf

Dinamakan anthurium sirih karena bentuk daunnya yang mirip dengan daun sirih, Radicans memiliki tekstur daun yang menawan. Spesies ini suka dengan tempat lembab dan teduh. Tidak perlu disiram setiap hari karena justru akan mudah busuk bila terlalu basah. Radicans bisa ditanam di pot kecil maupun besar. 

5. Pedatoradiatum 

anthurium
Instagram @morisaarizona

Memiliki bentuk daun yang sangat unik, Pedatoradiatum adalah spesies yang cukup mencolok dari deretan anthurium yang beredar di pasaran. Daunnya membentuk jari-jari yang jumlahnya bisa mencapai 13 bila tumbuh besar. Pedatoradiatum tergolong baru di pasaran, tetapi bukan jenis tanaman langka yang harus berebut untuk mendapatkannya. 

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

6. Coriaceum 

anthurium
Instagram @myplant_corner

Daun Coriaceum berkilau dan cukup ramping dibanding jenis anthurium lainnya. Jenis ini memiliki tulang daun yang jelas di bagian tengah dan tekstur serat-serat halus di permukaan daunnya. Coriaceum tergolong tanaman low maintenance yang bisa dibiarkan dalam keadaan kering asalkan ditempatkan di lingkungan lembab. Pupuknya pun tidak perlu diganti terlalu sering. Coriaceum benar-benar menjadi tanaman yang handal di berbagai jenis lingkungan. 

7. Crystallinum 

anthurium
Instagram @sobat.tandur

Berasal dari Meksiko, tanaman ini adalah versi lebih besar dari Anthurium clarinervium. Jenis ini juga memiliki kemiripan dengan spesies Magnificum. Bedanya, Crystallinum lebih berkilau meskipun memiliki tekstur velvet. Saat ditaruh di rumah, tanaman ini akan memberikan kesan tropis yang khas. Sebaiknya diletakkan di tempat yang kelembabannya lebih dari 55 persen.

8. Magnificum 

Instagram @bee_plants

Perbedaan Anthurium magnificum dan crystallinum sebenarnya sudah disinggung sebelumnya. Crystallinum memiliki daun lebih berkilau, sementara magnificum memiliki tekstur velvet atau seperti bludru yang lebih kentara. Dari lebarnya juga berbeda, magnificum memiliki bentuk daun yang lebih lebar ke samping. Beda dengan rekan sejawatnya yang daunnya lebih ramping dan panjang. Daun baru yang masih remaja akan berwarna sedikit kemerahan, baru akan berubah jadi hijau saat dewasa.

9. Faustino’s giant 

anthurium
Instagram @lejardinph

Faustinomirandae adalah jenis tanaman berukuran raksasa dengan daun polos mengkilap. Jenis ini berasal dari Meksiko dan berjuluk yang terbesar kedua setelah spesies Regale. Sama dengan kebanyakan anthurium lainnya, daun mudanya selalu berwarna kemerahan sebelum akhirnya menjadi hijau sempurna saat dewasa. Jika ingin memelihara spesies ini, pastikan dulu Sedulur punya lahan yang cukup.

BACA JUGA: 9 Manfaat Keladi Tikus, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

10. Bonplandii

Instagram @heathers.plant.boutique

Tanaman berikutnya bernama Bonplandii yang daunnya seperti karet, mengkilap dan cukup tebal. Daun mudanya tumbuh dalam keadaan warna cokelat keunguan sebelum akhirnya menjelma jadi hijau gelap. Bonplandii dikenal lambat pertumbuhannya, tetapi bandel dan mudah dirawat. Apalagi buat Sedulur yang malas atau sering lupa menyiram, Bonplandii bukan tipe tumbuhan yang manja, kok.

11. Anthurium bullatus 

anthurium
Instagram @zhiwu.zhiwu

Penampilan fisiknya mungkin mengingatkanmu pada daster dengan lengan pendek dan bagian bawahnya yang memanjang. Bullatus adalah salah satu spesies eksotis yang banyak diburu pecinta tumbuhan. Tanaman ini berasal dari Ekuador dan sangat suka dengan kelembaban. Meski begitu media tanamnya harus punya aerasi yang baik. Bullatus juga harus ditempatkan di area yang teduh, tidak boleh terpapar matahari langsung.

12. Clavigerum

Instagram @pluntco

Clavigerum juga bisa jadi kesayangan Sedulur berikutnya. Memiliki bentuk daun yang benar-benar unik. Seakan dipotong-potong acak di sana-sini. Tanaman hias ini juga bisa tumbuh besar tergantung dengan pot dan pupuk yang dipakai. Sejauh ini, clavigerum masih tergolong anthurium yang underrated. Keren, tapi masih jarang dibudidayakan.

13. Pendulifolium 

Instagram @rootsingarden

Daunnya beda dengan spesies-spesies lainnya. Pendulifolium memiliki daun yang sangat ramping dan cukup mengkilap. Saat tumbuh, daunnya seperti air yang tumpah dari wadah. Cocok untuk jadi tanaman gantung di dalam maupun luar ruangan. Perawatannya cukup susah dan harus teliti. Kalau terlalu banyak air, jenis tanaman ini bisa busuk dan mati.

14. Vittaria folium 

Instagram @plant.hunterhk

Memiliki kemiripan dengan spesies sebelumnya. Vittariafolium adalah jenis tanaman dengan daun memanjang yang seakan tumpah dari potnya. Berwarna hijau earthy yang adem dan netral untuk dekorasi ruangan. Daunnya juga tidak bertekstur, cenderung polos dengan hanya tulang daun di tengahnya. Cocok buat yang mencari tanaman minimalis. Saat digantung di dalam ruangan, letakkan di dekat jendela dan Sedulur juga perlu mengganti atau menambah pupuknya secara rutin.

15. Corrugatum 

anthurium
Instagram @bulbaesaurous

Spesies yang ini spesial karena tekstur bintil-bintil di permukaannya yang sangat jelas. Daunnya berbentuk hati dengan warna hijau pekat yang segar. Bisa tumbuh besar sehingga butuh lahan yang cukup pula. Spesies tersebut cukup langka di pasaran meski banyak permintaan. Ada beberapa jenis anthurium yang mirip dengannya, yaitu Rugulosum dan Splendidum. Ketiganya bertekstur bintik-bintik seperti busa sabun.

BACA JUGA: 18 Tanaman Hias Indoor yang Sehat dan Mudah Dirawat di Rumah

Harga

Saat ditanya anthurium harga sebenarnya cukup normal dan masuk akal, kok. Sedulur hanya perlu menyiapkan belasan sampai puluhan ribu saja untuk mendapatkan anakannya. Urusan akan besar atau tidak nantinya akan tergantung perawatan yang Sedulur lakukan.

Cara merawat anthurium

Berikut beberapa tips merawat tanaman hias anthurium yang perlu Sedulur tahu. 

  • Tanaman hias ini membutuhkan tempat yang lembab, jadi sebenarnya aman untuk negara tropis seperti Indonesia. Orang-orang yang tinggal di negara yang iklimnya cenderung kering mungkin akan membutuhkan humidifier untuk tanaman tropis semacam ini.
  • Harus berada di suhu 18—30 derajat Celcius untuk bisa hidup. Kurang atau lebih mungkin akan berpengaruh pada warna dan ketahanannya. Jangan letakkan di dekat AC atau pemanas.
  • Tergolong tanaman yang beracun sehingga harus dijauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak. 
  • Saat menemukan ada bunga atau daun yang kering, segera petik saja agar tanaman ini bisa fokus memberikan nutrisi untuk bagian tubuh yang masih sehat.
  • Suka tempat teduh atau sinar matahari tidak langsung. Terlalu panas atau terik bisa memicu kemunculan bintik putih pada daun.
  • Tidak perlu disiram setiap hari karena biasa hidup di media tanam yang kering. Pastikan Sedulur menanamnya di pot yang berlubang agar air yang berlebih dan tidak dibutuhkan bisa dibuang.
  • Siram saat tanahnya sudah terasa kering saja. Namun, jangan sampai sangat kering. Pastikan cukup lembab.
  • Suka dengan tanah yang cenderung asam dengan level 5,5 sampai 6,5.
  • Pupuk perlu diganti rutin dan cari yang kandungan fosfornya tinggi tetapi hanya berikan saat tanah masih lembab.
  • Jika bunga tidak kunjung tumbuh, mungkin karena kekurangan sinar matahari. Coba cari lokasi yang lebih terang buat tanaman hias kesayanganmu itu.

Masalah yang mungkin mengintai 

Namanya bercocok tanam tidak mungkin bebas dari masalah. Berikut beberapa isu yang mengintai anthurium. 

  • Daun yang menguning adalah indikasi bahwa terlalu banyak terpapar sinar matahari. Segera pindah ke tempat yang teduh. Selain menguning, warna cokelat dan bintik putih bisa jadi indikasi yang sama.
  • Sebaliknya, daun berwarna hijau gelap adalah tanda bahwa tanaman ini kekurangan cahaya. Untuk itu, silakan ubah posisinya ke tempat yang lebih terang. Namun, jangan langsung terkena terik matahari langsung.
  • Daun yang layu biasanya terjadi karena kebanyakan air hingga membuatnya tidak bisa berdiri tegak. Ini juga membuat batang jadi lemah karena menyimpan terlalu banyak air, sementata mineral lainnya kurang. Sebelum busuk coba ganti ke pot lain yang berisi media tanam lebih kering. 

Meski dianggap mudah dirawat, bila bisa dirangkum sebenarnya anthurium memiliki level perawatan sedang. Beberapa spesies bahkan lebih disarankan dirawat yang sudah berpengalaman. Namun, bukan berarti Sedulur yang pemula tidak boleh mencobanya. Silakan coba rawat mereka dari anakan dulu untuk menguji kebisaan Sedulur merawat tanaman eksotis tersebut. Selamat bercocok tanam!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.