Hingga saat ini, ternyata masih banyak yang belum tahu manfaat keladi tikus. Hal ini karena tanaman tersebut lebih dikenal di masyarakat sebagai tanaman hias yang hits dengan bentuk bunganya yang lucu dan unik.

Ya, bentuk keladi tikus ini memang unik, karena bunganya sekilas terlihat menyerupai seekor tikus. Menariknya, tanaman dengan nama latin Typhonium flagelliforme (Lodd) ini, punya banyak manfaat dalam kesehatan seperti antikanker, analgesic, antiinflamasi, serta antihepatotoksik.

Keladi tikus sendiri, termasuk dari macam-macam keladi yang banyak tumbuh di pulau Jawa. Nah, berikut ini beberapa manfaat penting dari tanaman tersebut.

BACA JUGA: 6 Manfaat Bunga Cempaka Serta Jenis & Cara Merawatnya

-->

1. Melawan sel kanker

keladi tikus
pexels

Dilansir dari Agromedia, berdasarkan pada penelitian oleh Mohan, S et al, (2010), kandungan asam dalam keladi tikus varigata linoleatnya ternyata mampu menghambat perkembangan sel kanker secara selektif.

Sedangkan hasil studi dari Choon (2008), membuktikan jika ekstrak keladi tikus bisa mencegah tumbuhnya kanker hati akibat adanya karsinogen. Tidak hanya itu, tanaman-tanaman yang satu ini juga mengandung Riboseme Inactiviting Protein (RIP), senyawa yang diyakini dapat melawan sel kanker.

Terlebih lagi, terdapat kandungan antioksidan dan zat kurkumin yang cukup tinggi. Perlu untuk Sedulur ketahui, kedua zat tersebut sering digunakan dalam terapi kanker.

2. Menjaga kesehatan hati

keladi tikus
pexels

Tidak hanya punya potensi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, ternyata ada juga manfaat tanaman keladi tikus asli untuk menjaga kesehatan organ hati. Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan oleh Huang di tahun 2004 lalu, berhasil membuktikan adanya kandungan phenylpropanoid glikosida, dan cerebrosida yang berada dalam umbi tanaman keladi yang satu ini.

Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai antihepatotoksik, yang sangat bermanfaat untuk menghambat kerusakan sel hati. Selain itu, ditemukan kandungan sterol yang dipercaya sangat efektif untuk mencegah kerusakan hari.

3. Mengatasi peradangan

keladi tikus
pexels

Banyak yang percaya jika bagian daun keladi tikus itu mampu mengatasi peradangan. Ya, tanaman tersebut memang terkenal dengan sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Antiinflamasi sendiri adalah zat yang terkandung di dalam obat-obatan, yang mempunyai aktivitas untuk mengurangi atau menekan peradangan.

Ya, kondisi radang seperti ini biasanya terjadi karena berbagai hal, seperti infeksi, luka fisik, infeksi, dan juga interaksi antigen-antibodi. Jadi bagi Sedulur yang sedang menderita peradangan, maka bisa mencoba tanaman keladi tersebut.

4. Menghambat pertumbuhan tumor

keladi tikus
pexels

Berhubungan dengan potensinya untuk membunuh sel kanker, tanaman keladi tikus asli juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel tumor. Adanya kandungan flavonoid di dalam tanaman ini, disebut mampu menghambat tumbuhnya sel tumor.

Hal itu juga sudah dibuktikan melalui penelitian dengan menggunakan tikus. Walaupun demikian, manfaat keladi tikus untuk benjolan atau tumor pada manusia masih perlu riset yang lebih jauh. Terlebih lagi, tumor atau benjolan di tubuh manusia itu bisa disebabkan oleh hal-hal lain. Maka dari itu, pemeriksaan lebih lanjut terhadap penyebab dan juga lokasi tumor itu harus dilakukan untuk pengobatan yang lebih tepat dan efektif.

5. Mengobati bisul

bisul
halodoc

Bisul menjadi salah satu penyakit kulit yang dialami oleh banyak orang. Walaupun hanya sebatas benjolan yang tidak terlalu besar, namun nyatanya penyakit ini terasa sangat mengganggu bagi para penderitanya, terlebih lagi untuk bisul yang ada di bagian-bagian tubuh tertentu.

Untuk mengatasi penyakit kulit tersebut, Sedulur dapat coba menggunakan tanaman keladi tikus. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, tanaman tersebut mengandung sebuah zat yang bernama hepatoprotector. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa zat hepatoprotector itu dipercaya mampu mengatasi bengkak pada bisul yang disertai dengan keluarnya nanah.

BACA JUGA: 19 Fakta dan Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Meredakan stres

pexels

Pikiran dan juga perasaan yang tidak tenang, bisa menjadi tanda-tanda Sedulur mengalami stres. Jika terus diabaikan tanpa adanya penanganan dalam jangka waktu lama, stres ini bisa berujung menjadi masalah yang serius, lho.

Bayangkan saja, stres itu akan membuat penderitanya mengalami berbagai masalah seperti susah tidur, pola makan berantakan, tidak bisa fokus, dan akhirnya lebih mudah terserang penyakit. Tidak usah khawatir, stres tersebut sebenarnya bisa diatasi kok, salah satunya dengan menggunakan keladi tikus. Mengutip dari laman Brilio.net, efek zat-zat yang terkandung dalam keladi tikus itu hampir sama seperti kandungan di dalam obat penenang.

7. Sebagai antibakteri

antibakteri
brankaspedia.com

Seperti yang tadi sudah sempat dikatakan, jika keladi tikus itu sangat bermanfaat bagi kesehatan karena bersifat antikanker, analgesic, antihepatotoksik, serta antiinflamasi. Namun ternyata tidak hanya sampai di situ saja.

Dikutip dari Research Gate, penelitian yang dilakukan membuktikan adanya aktivitas antibakteri serta antioksidan yang berasal dari ekstrak daun keladi tikus ini. Hasil penelitian tersebut menunjukkan n-butanol fraksi etil asetat, dan air mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis.

Penelitian itu juga berhasil mengungkapkan aktivitas antibakteri dan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini disinyalir menjadi efek yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

8. Mengatasi gejala batuk

pexels

Batuk adalah salah satu gejala yang terjadi ketika kesehatan seseorang sedang dalam keadaan tidak baik. Tentu saja Sedulur sudah paham, jika batuk ini terasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu berbagai aktivitas kita sehari-hari.

Nah, Sedulur bisa memanfaatkan keladi tikus untuk mengatasi permasalahan batuk tersebut. Selain itu, tanaman ini juga dinilai efektif untuk mengatasi gejala flu, paru-paru, jantung, dan juga berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf.

Akan tetapi, batuk ini bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari penyebab yang umum seperti flu, hingga yang serius seperti penyakit jantung atau paru-paru. Jadi alangkah baiknya jika Sedulur menghubungi dokter terlebih dahulu, untuk mendapat penanganan yang terbaik.

9. Mengatasi rasa nyeri

pexels

Yang terakhir, ada manfaat dari keladi tikus untuk mengatasi rasa nyeri. Seperti yang diketahui, banyak hal yang menyebabkan rasa nyeri di bagian-bagian tubuh manusia. Nah, daun dari tanaman ini dinilai efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Adanya kandungannya yang bersifat analgesic, membuat tanaman ini sangat efektif untuk membantu menghilangkan rasa nyeri di berbagai bagian tubuh manusia. Kandungan tersebut, dipercaya mampu mengatasi rasa sakit yang diakibatkan berbagai hal.

Misalnya saja nyeri otot setelah berolahraga, kram karena menstruasi, peradangan sendi, sakit kepala, sakit gigi, nyeri setelah operasi, dan juga cedera setelah otot bekerja secara ekstra.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Jarak Serta Jenis & Efek Sampingnya

Bagi Sedulur yang ingin tertarik untuk membuktikan manfaat-manfaat di atas, ada satu hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai salah memilih tanaman keladi, ya. Ciri ciri keladi tikus ini seperti punya daun tunggal 16-17 cm berwarna hijau yang tersusun rapi. Lalu bentuk pangkal daunnya seperti jantung.

Kemudian untuk cara mengkonsumsi keladi tikus itu juga cukup mudah. Sedulur bisa merebus lalu menumbuk daun tanaman ini untuk diambil sarinya. Setelah itu, langsung saja dikonsumsi atau bisa juga ditambahkan dengan madu. Namun jika Sedulur justru merasakan efek samping seperti diare, maka dianjurkan untuk berhenti mengonsumsi tanaman tersebut.